Terima Kasih!
Home

 >>  

Blog

 >>  

Led Strip-Selang-Flex

 >>  

Aksesoris LED Strip

 >>  

Aksesoris LED Strip - Apa Saja yang Digunakan Bersamaan dengan LED Strip?

Aksesoris LED Strip

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

September 8, 2020

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Aksesoris LED Strip - Apa Saja yang Digunakan Bersamaan dengan LED Strip?

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp

LED strip merupakan solusi yang tepat untuk menerangi atau membuat sistem pencahayaan pada ruangan atau objek lainnya. Harganya yang tidak terlalu mahal, pilihan warna yang beragam dan kemudahan instalasinya, dan hemat energi membuat LED strip banyak digemari.

Namun apa saja yang aksesoris atau perangkat yang wajib untuk disediakan dalam memasang LED strip ini? Mari kita bahas satu per satu.

Aksesoris LED Strip -Power supply (driver)

Untuk menyalakan LED strip tentunya kita membutuhkan power supply atau yang biasa kita sebut driver LED strip. Bentuk dari power supply ini bermacam-macam, mulai dari bentuk adaptor seperti charger HP (biasanya untuk watt kecil), universal power supply, sampai yang berbentuk custom yang didesain dengan kebutuhan khusus.

Namun yang terpenting untuk memilih power supply ini adalah kita harus mencocokan kebutuhan daya dari LED strip dengan power supply-nya sehingga LED strip tidak mengalami under power saat bekerja dan membuat awet LED strip.

Power Supply LED Strip

Pertama yang harus diperhatikan adalah konsumsi daya LED strip yang digunakan. Perhitungan untuk total daya (Watt) sendiri adalah Q (Watt) = V (Volt) x I (Ampere).

Setelah mendapatkan gambaran kasar daya yang dibutuhkan oleh LED strip, kalian dapat memilih powersupply yang sesuai dengan watt yang dibutuhkan, namun direkomendasikan untuk menggunakan power supply yang memiliki daya sekitar 30% lebih besar dari perhitungan daya yang tadi agar beban power supply lebih ringan dan membuat lebih awet.

Contoh perhitungan untuk menentukan power supply

Sebagai contoh, untuk pemasangan LED strip dengan panjang 7 meter berjenis SMD 2835-120 dengan power sekitar 12W/meter, kita dapat menggunakan power supply sbb:

  • Besar daya lampu SMD2835-120 7 meter dapat kita hitung: 12W x 7m = 84 Watt. Sehingga dapat kita hitung kuat arus yang dibutuhkan: 84W / 12V = 7A.
  • Dari perhitungan tersebut dapat kita simpulkan kuat arus minimal power supply yang dibutuhkan adalah 7A, dengan menambahkan 30% dari kuat arus minimal sehingga didapat: 7A +30% = 9.1A, sehingga kuat arus pada power supply yang dapat digunakan dan tersedia di pasaran adalah power supply dengan kuat arus 10A.
  • Harga untuk power supply sendiri bervariasi bergantung dari daya yang dihasilkan mulai dari yang 30 ribuan sampai harga ratusan ribu.
Tabel panduan penggunaan power supply led strip
Tabel guidance untuk penggunaan power supply

Socket / konektor

Aksesoris LED Strip berikutnya adalah socket/konektor.

Untuk menyambung baik antar LED strip atau ke power supply ada dua pilihan yang dapat dilakukan, yaitu dengan menyolder atau dengan menggunakan socket. Tentunya untuk kepraktisan dan kecepatan, socket LED strip dapat menjadi pilihan yang terbaik.

Terdapat beragam variasi untuk socket ini di pasaran. Namun tentunya yang harus diperhatikan adalah soket yang digunakan harus sesuai dengan LED strip yang digunakan.

Minimal pin yang digunakan adalah 2 pin untuk kutub + dan -, sedangkan tipe LED strip RGB akan menggunakan lebih dari 2 pin konektor untuk mengendalikan warna RGB nya.

Harga soket / adaptor/ konektor untuk LED strip ini bermacam-macam bergantung dari jenis LED stripnya mulai dari harga ratusan rupiah sampai dengan puluhan ribu rupiah.

socket/konektor
Berbagai macam bentuk socket untuk LED strip

Controller dan remote

Controller adalah aksesoris LED Strip yang digunakan untuk jenis LED strip yang membutuhkan dimming (meredup) dalam pengoperasiannya, multicolor, dan addressable.

Jenis-jenis LED strip ini membutuhkan perangkat untuk mengatur pengoperasiannya. Pilihan controller sendiri ada yang dilengkapi remote untuk kemudahan pengaturan cahaya secara jarak jauh.

Tiap controller memiliki kemampuan yang berbeda-beda sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhannya.

Sebagai contoh jika kalian ingin mengontrol warna RGB LED strip dengan remote, gunakan controller RGB LED strip yang dilengkapi dengan remote atau jika kalian ingin menggunakan LED strip yang menyala sesuai dengan irama musik, kalian dapat menggunakan controller yang memiliki input untuk suara.  

Harga untuk controller LED strip bermacam-macam bergantung kemampuan yang dapat dihasilkan dari yangpaling murah sekitar 5000an rupiah yang digunakan untuk dimming sampai dengan ratusan ribu rupiah yang dapat diprogram.

controller dan remote led strip
Macam-macam jenis controller untuk LED strip

Casing dan tube

Kalian dapat menempelkan langsung LED strip dengan menggunakan double tape yang tersedia, selain itu kalian dapat juga menggunakan casing dan tube. Selain pemasangannya lebih rapi, casing dan tube ini juga memberikan proteksi lebih terhadap LED strip dan membuat cahaya yang terpancar lebih merata.

Casing biasanya digunakan untuk jenis LED strip berjenis hard (walaupun jenis soft juga memungkinkan). Casing ini biasanya dapat berbahan aluminium dan memiliki tutup transparan. Bahan aluminium digunakan untuk mendinginkan LED strip yang panas pada saat dinyalakan. Casing ini ada yang berbentuk U, V, atau L yang dapat digunakan untuk di sudut ruangan.

Harga dari casing LED strip ini mulai dari sekitar 12ribuan per meternya.

Casing LED Strip bentuk V, U, dan L

Untuk tube biasanya sudah terpasang pada LED strip yang kalian beli (untuk LED strip yang berjenis tube) walaupun ada juga yang menjual secara terpisah. Bahan tube ini biasanya berupa silicon dan fleksibel serta lebih tahan terhadap air, sehingga cocok untuk penggunaan di luar ruangan.

Selain itu, tube ini juga memberi efek cahaya seperti lampu neon.

Untuk harga tube ini berkisar antara 4500 rupiah per meternya (untuk selongsong silikonnya saja)

Sensor

Aksesoris LED strip juga dapat berupa sensor. Fungsinya adalah agar dapat menyala dengan otomatis untuk keadaan tertentu. Sensor yang digunakan dapat berupa sensor gerak, sensor musik atau suara, dan sensor cahaya.

Sensor gerak akan membuat LED strip menyala ketika sensor mendeteksi adanya pergerakan, sedangkan sensor musik atau suara akan membuat LED strip menyala sesuai dengan irama dari lagu, dan sensor cahaya akan membuat LED strip menyala secara otomatis jika keadaan sekitar gelap.

Kalian dapat mendapatkan sensor-sensor dengan harga mulai dari 50 ribuan bergantung dari merk dan kualitas serta kemampuannya.

Sensor untuk LED Strip
Berbagai sensor untuk LED strip

Nah, sekarang makin kenal kan dengan aksesoris LED strip? Kalian bisa menggunakan tambahan dan aksesoris LED Strip tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Jangan lupa untuk mampir dan membaca artikel lainnya di s-gala.com untuk dapat banyak informasi berkualitas.

Intip juga peluang usaha menarik seputar aksesoris LED strip melalui katalog dan kontak WA customer service kami.

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis Reseller
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
Rajin Review FREE HP Samsung A10s
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa