Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Mengenal Ukuran & Jenis Baterai Sekali Pakai

November 21, 2022
Cover Baterai Primer - S-gala.com
Iklan Sponsor

Baterai (Battery) adalah sebuah alat yang dapat merubah energi kimia yang disimpannya menjadi energi listrik yang dapat digunakan oleh suatu perangkat Elektronik.

Hampir semua perangkat elektronik yang portabel seperti Handphone, Laptop, Senter, ataupun Remote Control menggunakan Baterai sebagai sumber listriknya.

Dengan adanya Baterai, kita tidak perlu menyambungkan kabel listrik untuk dapat mengaktifkan perangkat elektronik kita sehingga dapat dengan mudah dibawa kemana-mana.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dapat menemui dua jenis Baterai yaitu Baterai yang hanya dapat dipakai sekali saja (Single Use) dan Baterai yang dapat diisi ulang (Rechargeable).

Kali ini kita hanya akan membahas mengenai Baterai yang hanya dapat dipakai sekali saja (single use) atau biasa disebut baterai primer.

==AS1==

Baterai Sekali Pakai / Baterai Primer

Baterai Primer

Baterai Primer atau Baterai sekali pakai ini merupakan baterai yang paling sering ditemukan di pasaran, hampir semua toko dan supermarket menjualnya. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang luas dengan harga yang lebih terjangkau.

Baterai jenis ini pada umumnya memberikan tegangan 1,5 Volt dan terdiri dari berbagai jenis ukuran seperti AAA (sangat kecil), AA (kecil) dan C (medium) dan D (besar).

Disamping itu, terdapat juga Baterai Primer (sekali pakai) yang berbentuk kotak dengan tegangan 6 Volt ataupun 9 Volt.

Jenis-jenis Baterai Sekali Pakai

Jenis baterai primer

Jenis-jenis Baterai yang tergolong dalam Kategori Baterai Primer (sekali Pakai / Single use) di antaranya adalah sebagai berikut.

==AS2=

a. Baterai Zinc-Carbon (Seng-Karbon)

Baterai Zinc-Carbon juga sering disebut dengan Baterai “Heavy Duty” yang sering kita jumpai di toko-toko ataupun Supermarket. Baterai jenis ini terdiri dari bahan Zinc yang berfungsi sebagai terminal negatif dan juga sebagai pembungkus baterainya.

Sedangkan terminal positifnya adalah terbuat dari karbon yang berbentuk batang (rod). Baterai jenis Zinc-Carbon merupakan jenis baterai yang relatif murah dibandingkan dengan jenis lainnya.

b. Baterai Alkaline (Alkali)

Baterai Alkaline ini memiliki daya tahan yang lebih lama dengan harga yang lebih mahal dibanding dengan Baterai Zinc-Carbon.

Elektrolit yang digunakannya adalah Potassium hydroxide yang merupakan Zat Alkali (Alkaline) sehingga namanya juga disebut dengan Baterai Alkaline.

Saat ini, banyak Baterai yang menggunakan Alkalline sebagai Elektrolit, tetapi mereka menggunakan bahan aktif lainnya sebagai Elektrodanya.

c. Baterai Lithium

Baterai Primer Lithium menawarkan kinerja yang lebih baik dibanding jenis-jenis Baterai Primer (sekali pakai) lainnya. Baterai Lithium dapat disimpan lebih dari 10 tahun dan dapat bekerja pada suhu yang sangat rendah.

Karena keunggulannya tersebut, Baterai jenis Lithium ini sering digunakan untuk aplikasi Memory Backup pada mikrokomputer maupun jam tangan.

Baterai Lithium biasanya dibuat seperti bentuk uang logam atau disebut juga dengan Baterai Koin (Coin Battery). Ada juga yang memanggilnya Button Cell atau Baterai Kancing.

==AS3=

d. Baterai Silver Oxide

Baterai Silver Oxide merupakan jenis baterai yang tergolong mahal dalam harganya. Hal ini dikarenakan tingginya harga Perak (Silver).

Baterai Silver Oxide dapat dibuat untuk menghasilkan Energi yang tinggi tetapi dengan bentuk yang relatif kecil dan ringan. Baterai jenis Silver Oxide ini sering dibuat dalam dalam bentuk Baterai Koin (Coin Battery) / Baterai Kancing (Button Cell).

Baterai jenis Silver Oxide ini sering dipergunakan pada Jam Tangan, Kalkulator maupun aplikasi militer.

Macam-macam Ukuran Baterai Primer

Ukuran baterai primer

Meski ada banyak ukuran baterai sekali pakai untuk berbagai kebutuhan perangkat elektronik, setidaknya ada lima jenis baterai yang paling umum digunakan.

1. AAA

Baterai AAA atau baterai A3 ini punya bentuk tabung kurus. Biasanya baterai ini digunakan untuk remote TV atau AC.

2. AA

Baterai AA atau baterai A2 berukuran lebih besar dari AAA. Dari daftar jenis baterai di pasaran, bisa dibilang baterai ini yang paling populer digunakan untuk beragam perangkat elektronik, mulai dari mainan, jam dinding, hingga senter.

==AS4==

3. C

Baterai C juga punya bentuk tabung yang lebih besar dibandingkan AA. Biasanya baterai C digunakan untuk senter.

4. D

Baterai D punya bentuk yang lebih besar dibandingkan C. Biasanya baterai ini digunakan untuk menenagai radio portable.

5. 9V

Baterai 9V sering disebut sebagai baterai kotak karena bentuknya berbeda sendiri dibandingkan baterai lainnya. Baterai ini biasa digunakan untuk gitar elektrik atau efek gitar.

==AS5==

Kalau kalian butuh berbagai jenis dan ukuran baterai, jangan ragu untuk segera beli di S-gala.com ya!

Barang lengkap, harga bersaing dan cocok sekali untuk dijual kembali.

Jika kalian tertarik juga untuk mulai berbisnis alat listrik dan lampu dengan modal mulai dari NOL Rupiah alias TANPA MODAL dan berpotensi untung jutaan rupiah per bulannya, yuk hubungi kontak WA CS kami berikut ini >> CHAT WA ADMIN

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup