Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Cara Kerja MCB (Miniature Circuit Breaker)

July 6, 2022
Cover Cara Kerja MCB
Iklan Sponsor

Seperti yang kita ketahui, MCB berfungsi sebagai pelindung rangkaian listrik di rumah / bangunan.

Kalau berbicara tentang MCB atau Mini Circuit Breaker, pertanyaan yang sering muncul adalah “Gimana sih cara kerja dari MCB sampai bisa memutus aliran arus listrik ketika terjadi beban arus berlebih / terjadi hubungan singkat?”

Nah, kali ini S-gala.com akan membahas dan mengupas bagaimana cara kerja Mini Circuit Breaker yang pastinya ada di rumah kalian.

Meskipun tampaknya rumit ternyata kalau sudah paham tidak sesulit itu lho!

Yuk kita pelajari bersama!

Cara Kerja MCB

Untuk memahami bagaimana cara kerja dari MCB, sebelumnya mari kita pelajari bagian-bagian dari MCB itu sendiri.

Komponen dari MCB
Gambar bagian-bagian dari MCB

Bagian-bagian / komponen dari MCB berdasarkan gambar di atas adalah sebagai berikut:

  1. Latch (pengait)
  2. Solenoid
  3. Switch/saklar
  4. Plunger (pendorong)
  5. Terminal input
  6. Arc chutes holder
  7. Arc chutes(coil/kumparan)
  8. Dynamic contact (kontak yang dapat bergerak)
  9. Fixed contact
  10. Holder untuk DIN Rail
  11. Terminal output
  12. Holder strip bimetal
  13. Strip bimetal

Secara sederhana cara kerja dari MCB dapat dijelaskan sebagai berikut, ketika terjadi arus listrik berlebih masuk melalui MCB, bimetal akan memanas dan membuat bimetal melengkung ke satu arah.

Lengkungan ke satu arah ini akan melepaskan pengait (latch) yang menurunkan switch (saklar) ke posisi off (mati) sehingga membuat arus listrik tidak dapat mengalir kembali.

Proses ini membantu mencegah dan melindungi peralatan listrik yang diakibatkan oleh kelebihan beban atau arus listrik. Untuk menyalakan atau meng-on-kan kembali arus listrik yang terputus, switch MCB harus di-on-kan kembali secara manual.

Cara Kerja MCB
Gambar prinsip kerja dari MCB

Pada kasus terjadinya hubungan pendek arus listrik (short circuit), arus listrik akan naik secara mendadak dan tidak dapat diprediksi.

Hal ini membuat bagian elektromekanik dan solenoid akan mendorong plunger yang mendorong mekanisme mekanik sehingga membuat latch akan terlepas sehingga switch akan berpindah ke posisi off.

Karena kedua sistem inilah MCB memiliki dua proteksi yaitu untuk kelebihan beban atau arus listrik dan hubungan arus pendek yang sama-sama berhubungan dengan arus listrik namun waktu kejadiannya yang berbeda.

Pada kasus overload (kelebihan beban), arus yang mengalir naik secara perlahan sedangkan pada saat terjadi hubungan arus pendek, arus listrik naik secara tiba-tiba sehingga diperlukan mekanisme trip yang lebih cepat juga.

Cara Kerja MCB - Menyalakan & Mematikan MCB (On/Off)

Posisi ON OFF pada MCB
Gambar MCB posisi off (kiri) dan posisi on (kanan)

Untuk membedakan saklar on dan off pada MCB cukup mudah, pertama perhatikan tulisan pada MCB yang biasanya jika pemasangannya benar akan menghadap secara benar tidak terbalik atas dan bawahnya.

Setelah kita menentukan bagian atas dan bawah (dengan posisi tulisan benar), maka posisi off adalah tuas saklar MCB di posisi bawah sedangkan posisi on tuas saklar akan berada di posisi atas dan biasanya terdapat tulisan “ON” atau “1”.

Selain itu kita bisa merasakan juga untuk memindahkan tuas saklar dari posisi off ke on akan terasa seperti ada per yang menahan namun jika sudah dinaikkan pada posisinya akan terasa ada mekanik yang menahan diposisi on tersebut.

Cara Menentukan Ampere MCB yang Tepat

Untuk membuat MCB bekerja dengan baik, maka perlu menggunakan MCB dengan besaran Ampere yang tepat.

Pilihannya sangat banyak maka pastikan MCB yang digunakan adalah sesuai dengan kebutuhan. Tidak terlalu besar karena dapat membuat proteksi kelebihan beban menjadi tidak berfungsi dengan baik dan tidak terlalu kecil karena akan membuat MCB sering trip (off) karena dianggap kelebihan beban.

Kalian dapat melihat patokannya pada KWH meter PLN yang adadi rumah kalian, bisa disamakan atau lebih kecil jika penggunaannya untuk membagi beban listrik di rumah.

Nah, sekian penjelasan kali ini tentang cara kerja dari Mini Circuit Breaker.

Kalau ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan, jangan ragu untuk segera menuliskannya di kolom komentar / diskusi ya!

Baca juga artikel lainnya mengenai pengertian MCB, fungsi, serta jenisnya hanya di blogpost S-gala.com.

Kalau kalian berminat untuk membeli MCB berkualitas baik namun dengan harga yang murah, ayo segera hubungi kontak CS kami melalui tautan berikut >> https://mauorder.online/blog-s-gala-com?produk=MCB

Kalian juga bisa mendapatkan informasi peluang bisnis menarik terkait jual beli MCB dan alat rumah tangga lainnya lho!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup