Terima Kasih!
Home

 >>  

Blog

 >>  

Lakban

 >>  

Cara Ngecat Dinding

 >>  

Cara Ngecat Dinding Dengan Masking Tape

Cara ngecat dinding menggunakan masking tape

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

May 30, 2020

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Cara Ngecat Dinding Dengan Masking Tape

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp

Apakah Anda pernah ngecat dinding dan hasilnya belepotan? Jika ya, itu karena cara ngecat dinding yang Anda lakukan belum tepat.

Atau apakah Anda memiliki rencana untuk ngecat dinding? Nah, ada tips sederhana namun ampuh agar hasil cat anda rapi dan tidak belepotan, salah satunya yaitu dengan menggunakan lakban kertas.

Jadi, bagaimana cara ngecat dinding yang tepat? Mari kita pelajari melalui tutorial berikut ini.

Bersihkan area yang akan ditempel oleh lakban kertas

Bersihkan dinding sebelum ditempel masking tape

Lakban kertas mengandung zat perekat yang membuatnya bisa menempel dengan rekat di dinding. Sebelum menempel lakban kertas di permukaan dinding, penting bagi kita untuk membersihkan dulu area yang akan ditempel menggunakan lap basah yang dilanjutkan dengan lap kering.

Setelah semua debu dan kotoran hilang dari permukaan dinding, lakban kertas akan dengan mudah tertempel dengan sempurna.

Pilih lakban kertas yang tepat

Masking tape yang tepat

Lakban yang digunakan haruslah berjenis painters tape, yang ditujukan khusus untuk menahan cat tembok dan mampu menempel dengan baik di permukaan tembok. Pilihan jenis lakban akan menentukan apakah cara ngecat dinding yang anda lakukan sudah tepat atau belum.

Baca juga artikel definisi lakban kertas & varian masking tape untuk penjelasan lebih rinci.

Gunakan dispenser lakban / aplikator untuk memudahkan penempelan

Dispenser masking tape
Aplikator masking tape

Sebenarnya Anda bisa menempelnya secara manual, namun hal ini akan memakan waktu yang lama, dan hasil tempelan belum tentu lurus dan rapi. Dispenser atau aplikator akan memudahkan Anda untuk menempel lakban kertas di permukaan dinding, serta memiliki fitur pemotong lakban juga.

Jika Anda tidak memiliki dispenser lakban, Anda tetap bisa menempelkan lakban kertas secara manual dengan rapi di area molding. Berikut tipsnya :

  • Tarik lakban kertas sekitar 15 cm, lalu tempel di area molding.
  • Tarik lakban secara perlahan dengan posisi roll lakban menempel ke dinding.
  • Tempel perlahan lakban kertas sambil Anda terus menarik roll.

Dengan cara tersebut, masking tape akan tertempel dengan rapi. Tapi tetap disarankan untuk menggunakan dispenser lakban untuk hasil maksimal.

Tekan lakban kertas agar tertempel dengan sempurna

Tekan lakban kertas sebagai cara mengecat dinding menggunakan masking tape

Setelah menempel, pastikan untuk menekan kembali lakban kertas terutama di bagian sisi-sisinya untuk memastikan tidak ada celah bagi cat dinding untuk merembes masuk ke bawah lakban. Anda bisa menggunakan berbagai alat, misalnya scraper atau pengerok cat. 

Jangan lupa untuk menutup area lain yang tidak dicat

Tutup area lain saat ngecat dinding

Gunakan plastik khusus untuk menutupi area-area yang tidak dicat agar terhindar dari cipratan atau tumpahan cat. Jika Anda tidak dapat menemukan plastik penutup, Anda bisa juga menggunakan kertas koran yang ditempelkan di area-area tersebut.

Namun hati-hati dan selalu perhatikan bila ada bagian yang sobek dari koran tersebut karena bisa menyebabkan adanya cipratan atau noda sisa cat di area yang tidak diinginkan.

Cara mengecat tembok sudut ruangan menggunakan lakban kertas  

Cara ngecat dinding menggunakan masking tape area sudut

Mulailah menempel dari tengah, baru ke ujung. Saat tiba di ujung dinding, potong lakban kertas dengan ukuran yang sedikit lebih panjang. Kemudian tekanlah lakban kertas sesuai kontur sudut dinding menggunakan scraper, lalu potong sisa atau kelebihan lakban tersebut.

Jangan mulai dari ujung dinding baru ke tengah, karena akan menyulitkan Anda untuk menutup area ujung dinding dengan rapi nantinya.

Gunakan kraft paper tape tanpa lem untuk melapisi area lantai dekat dinding dan area pintu

Cara ngecat dinding menggunakan kraft paper tape
Kraft paper tape tanpa lem (non-adhesive)
Mengecat dinding menggunakan kraft paper tape / masking paper

Tempelkan kraft paper pada area lantai yang tersambung dengan dinding menggunakan lakban kertas. Hal ini ditujukan agar cipratan cat tidak mengenai lantai. Sekali lagi, Anda dapat menggunakan kertas koran bekas bila tidak dapat menemukan kraft paper tanpa lem.

Jangan lupa juga “payungi” area pintu Anda sebelum mengecat dinding dengan cara yang sama seperti saat melapisi area lantai yang tersambung dengan dinding. Gunakan kraft paper tape tanpa lem dengan ukuran lebar sekitar 7.5 cm. Ukuran ini ideal karena kertas akan bisa dilipat 90 derajat sehingga bisa melindungi area pintu dari cipratan cat. Menggunakan kraft paper tape memang akan menambah biaya, tapi hal ini akan sebanding dengan hasilnya.

Cara ngecat dinding bagian sisi ujung ruangan, gunakan kuas

Gunakan kuas untuk cara ngecat dinding menggunakan masking tape area ujung dinding

Memang susah-susah gampang untuk mengecat bagian sisi ujung dinding agar menghasilkan garis lurus sempurna. Cara ngecat dinding bagian sisi ujung yang paling efektif adalah, cat dulu seluruh bagian dinding beserta dengan bagian sudutnya dengan cat dasar. Lalu setelah kering, tempelkan lakban kertas sekitar 3 mm dari sudut.

Lalu Anda bisa menggunakan kuas untuk mengecat lapisan ke-2 untuk memberikan hasil cat berupa garis lurus sempurna dengan memberikan warna gradasi cat yang tidak akan disadari oleh orang lain. Jangan menggunakan roller karena tidak akan bagus hasilnya.

Menggunakan masking tape untuk mengecat kusen jendela

Cara ngecat kusen jendela

Caranya sangat mudah dan tidak berbeda jauh dengan cara ngecat dinding. Lapisi kaca yang ada di semua sisi kusen/bingkai jendela, tekan dan rapikan ujungnya menggunakan scraper, lalu potong sisa lakban. Setelah itu Anda bisa mengecat kusen tanpa takut belepotan.

Cara mengelupas lakban kertas / painters tape

Kapan mengelupas masking tape dari dinding

Banyak masalah yang sering terjadi ketika mengelupas painters tape dari dinding. Jika dibiarkan terlalu lama, lakban bisa tertempel dengan sangat rekat di permukaan dan sulit dilepas. Jika cat baru setengah kering, cat untuk dinding bisa ikut terkelupas bersamaan dengan lakban. Serta ada banyak masalah lain yang terjadi.

Untuk menghindari masalah tersebut, kunci awalnya Anda harus memilih painters tape yang tepat. Jika Anda berencana untuk melakukan proses pengecatan dalam jangka waktu lama, pilihlah painters tape yang zat adhesifnya (lem) lama untuk mengeras/kering.

Setelah itu, toreh bagian sisi lakban kertas sebelum mengelupasnya. Idealnya, Anda harus mengelupas lakban kertas sebelum cat kering. Namun kenyataannya, kebanyakan cat dinding yang berbahan dasar air bisa kering dengan cukup cepat.

Jadi caranya, biarkan lapisan cat sampai kering dengan sempurna, lalu toreh bagian sisi lakban kertas untuk memutuskan cat di tembok dengan cat yang menempel di lakban kertas. Hal ini akan menjamin hasil cat anda tidak akan rusak saat lakban kertas dikelupas.

Trik akhirnya, setelah cat benar-benar kering, mulailah menarik painters tape dengan sudut 45 derajat (lihat gambar). Hal ini ditujukan untuk mengurangi resiko cat ikut terkelupas bersamaan dengan lakban.

45 derajat sudut yang tepat saat mengelupas masking tape dari dinding

 

Semoga tips dan trik cara ngecat dinding di atas bisa membantu. Anda dapat mendapatkan lakban kertas, scraper, kraft paper tape tanpa lem, serta bahan dan alat mengecat tembok lainnya di toko besi terdekat.

Jangan lupa untuk share informasi ini untuk kerabat anda yang hendak mengganti warna cat rumahnya ya!

Kami juga menyediakan alat serta perkakas tersebut dengan merk dan harga yang bersaing. Hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut.

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis Reseller
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
Rajin Review FREE HP Samsung A10s
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa