Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Waspada! Ini Dia Ciri-ciri Regulator Rusak!

July 6, 2022
Cover ciri-ciri regulator rusak
Iklan Sponsor

Dengan pentingnya fungsi regulator gas dalam kehidupan dan resiko yang bisa ditimbulkan, maka sudah sewajarnya kita membekali diri kita terkait ciri – ciri regulator rusak.

Jika kita sudah mengetahui ciri–cirinya anda bisa mengambil tindakan pencegahan sehingga bisa meminimalisir bahkan menghilangkan resiko akibat kerusakan regulator.

Berikut kita akan membahas ciri–ciri regulator yang rusak.

Ciri-ciri Regulator Rusak

1. Jarum regulator gas turun/tidak naik saat kompor dinyalakan

Meteran tidak naik regulator rusak

Ciri-ciri regulator rusak yang pertama adalah jarum regulator gas yang turun /tidak naik saat kompor dinyalakan, secara normal ketika kita menyalakan kompor jarum regulator harusnya naik karena ada tekanan yang mendorong gas untuk keluar dari tabung menuju kompor.

Saat ini terjadi kemungkinan yang rusak adalah jarum di regulator saja (jika tidak disertai dengan bau gas) karena tidak ada kebocoran gas disana.

2. Regulator bunyi saat kompor menyala

Tanda kedua dari rusaknya regulator adalah terdengarnya suara desisan dari gas yang keluar ketika Anda memasang regulator.

Suara mendesis ini kadang-kadang terdengarnya lirih sekali, namun tetap berbahaya karena menandakan adanya gas yang keluar.

Penyebabnya tak lain regulator yang tidak terpasang sempurna. Hal lain yang bisa membuat gas keluar adalah karet seal gas yang longgar, tetapi jika sudah diganti dan masih ada bunyi mendesis berarti ada kerusakan di regulator gas.

Untuk memastikannya coba lepas dan pasang kembali regulator, jika masih ada suara desisan maka sebaiknya anda mengganti regulator tersebut.

3. Gas tidak mengalir / keluar dari regulator

Ciri regulator rusak gas tidak mengalir

Hal selanjutnya yang bisa menjadi tanda bahwa regulator kompor gas di rumah anda rusak adalah gas yang tidak mengalir atau keluar dari regulator.

Hal ini terlihat dari tidak mau menyalanya kompor. Penyebab dari hal ini adalah regulator tidak bisa menyedot gas dari dalam tabung.

Alhasil kompor pun tidak bisa mendapatkan gas yang menjadi bahan bakar pengapiannya. Maka wajar sekali bila kemudian kompor gas pun tidak bisa menyalakan api.

Jika anda sudah mencoba melepas dan memasang regulator beberapa kali dan kompor masih belum menyala sebaiknya segera ganti regulator anda karena bisa menyebabkan ledakkan.

4. Regulator gas tidak bisa mengunci

Ciri regulator gas rusak selanjutnya yang bisa akan Anda temukan pada regulator yang rusak adalah penguncinya tidak berfungsi.

Regulator yang normal akan mengunci ujung tabung gas saatanda memutar tuas searah dengan putaran jarum jam supaya posisi regulator terkunci pada tabung gas.

Jika kondisi regulator ini sudah rusak, maka tuasnya tidak akan sanggup mengunci tabung karena kondisinya sudah longgar yang menyebabkan gas tidak bisa disalurkan dengan baik.

Bagian tuas pada regulator merupakan bagian yang sensitif, jika rusak, maka penguncian tabung tidak bisa dilakukan.

Kondisi regulator yang longgar sudah tidak layak untuk digunakan, sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru.

5. Tercium bau gas yang sangat menyengat

Gas LPG bocor

Ciri-ciri regulator rusak yang selanjutnya yakni terciumnya bau gas yang sangat menyengat, terutama dari arah regulator. Bau gas LPG sangat khas sehingga Anda pasti langsung bisa mengenalinya.

Ketika Anda mencium bau gas LPG saat memasang regulator, berarti regulator tersebut tidak terpasang dengan baik atau saat anda mencium bau gas menyengat padahal kompor sedang tidak digunakan.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh kebocoran gas karena regulator yang rusak atau tak terpasang sempurna.

Jangan sekali-kali menyalakan kompor gas sampai baunya hilang karena rawan terjadi ledakan. Salah satu penyebabnya, regulator yang Anda gunakan tersebut sudah rusak.

6. Api tiba – tiba padam adalah salah satu ciri-ciri regulator rusak

Jika sebelumnya regulator di rumah anda mampu bekerja dengan normal, kemudian regulator tersebut secara tiba-tiba mengalami kerusakan, salah satu dampak yang timbul yaitu nyala api pada kompor gas akan mati sendiri atau mengecil sendiri.

Maka bisa jadi penyebabnya karena regulator yang sudah rusak. Yang bisa anda lakukan coba buka dan pasang ulang regulator, jika masih mengalami hal demikian maka anda harus mengganti regulator.

Faktor-faktor yang Bisa Menyebabkan Regulator Rusak

Jika di atas kita membahas terkait ciri–ciri regulator rusak, berikut kita akan membahas faktor-faktor yang menyebabkan regulator mengalami kerusakan.

Hal ini penting untuk kita bisa memelihara regulator kita agar tidak cepat rusak, berikut adalah faktor – faktor tersebut:

Perbedaan tekanan udara yang ekstrem

Apabila tekanan udara pada selang jauh lebih tinggi daripada tekanan udara di luar regulator, maka dapat menyebabkan regulator rusak.

Kerusakan pada regulator juga bisa terjadi pada lapisan karet seal pada tuas penguncinya.

Apabila karet ini rusak, maka tuas tersebut pun tidak mampu berfungsi dengan normal. Tuas ini tidak dapat mengunci tabung gas dengan kencang.

Kesalahan saat memasang regulator

Kebiasaan pengguna saat memasang regulator ke tabung gas juga bisa menyebabkan komponen ini mengalami kerusakan.

Masalah ini biasanya bisa terjadi jika kompor gas langsung dinyalakan sesaat setelah Anda memasang regulator.

Sebaiknya Anda menunggu dahulu. Kebiasaan lain adalah pengguna terburu – buru dalam memasang sehingga ada bagian dari regulator yang rusak.

Apakah kalian pernah mengalami hal-hal diatas?

Atau pernah mengalami ciri-ciri regulator rusak lainnya? Tuliskan di kolom diskusi dibawah ya!

Kalau kalian mau beli/berbisnis jual beli regulator gas & alat listrik lainnya, jangan ragu untuk kontak CS kami melalui tautan berikut >>https://mauorder.online/blog-s-gala-com?produk=RegulatorGas

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup