Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Info Cerdas : Drop Hammer, Hammer Mill, & Reflex Hammer

July 6, 2022
Drop Hammer, Hammer Mill, Reflex Hammer
Iklan Sponsor

Jika di artikel– artikel sebelumnya kita membahas berbagai jenis palu yang mungkin sering kita jumpai dan familiar di kehidupan kita sehari – hari, kali ini kita akan membahas 3 jenis palu yang memiliki bentuk yang unik dan fungsi yang khusus serta jarang kita jumpai.

3 jenis palu yang akan kita bahas kali ini adalah:

  • Drop hammer
  • Hammer mill
  • Reflex hammer

Drop Hammer

Palu Pancang Bangunan
Drop Hammer

Drop hammer adalah sebuah alat pancang yang menggunakan double drum atau dengan crawler crane yang merupakan palu berat yang diletakkan pada ketinggian tertentu di atas tiang. Palu tersebut kemudian dilepaskan dan jatuh mengenai bagian atas tiang.

Fungsi & Cara Kerja Drop Hammer

Drop hammer ini biasanya digunakan untuk keperluan membangun fondasi dari sebuah gedung atau bangunan. Kalau di Indonesia kita sering mendengar pemasangan paku bumi, nah alat yang digunakan untuk memukul paku bumi hingga tertancap ke tanah adalah drop hammer ini.

Cara kerja dari drop hammer adalah penumbuk (hammer) ditarik ke atas dengan kabel dan kerekan sampai mencapai tinggi jatuh tertentu, kemudian penumbuk (hammer) tersebut dijatuhkan dengan bebas hingga menimpa kepala tiang pancang.

Untuk menghindari kerusakan pada tiang pancang maka pada kepala tiang biasanya dipasang topi/cap (shock absorber), cap ini biasanya terbuat dari kayu.

Hammer Mill

Palu Giling
Contoh Hammer Mill

Hammer Mill adalah sebuah jenis mesin yang didukung martil dengan permukaan yang dilengkapi banyak gerigi yang tajam.

Mesin hammer mill ini mampu menghancurkan berbagai jenis bahan baku keras dengan maksimal mulai dari kopi, tulang ikan, kayu dan berbagai bahan baku untuk keperluan industri lainnya.

Fungsi & Cara Kerja Hammer Mill

Hammer mill digunakan untuk menggiling berbagai jenis benda padat menjadi seperti tepung yang sangat halus.

Prinsip dasar darihammer mill sangat mudah, hamer mill merupakan drum yang berbahan dasar baja  berisi poros berputar vertikal atau horizontal yang dipasangi oleh palu.

Palu bisa dipasang bebas di ayunan ujung salib, atau tetap di rotor tengah. Rotor diputar pada kecepatan tinggi di dalam drum sementara bahan dimasukkan ke dalam hopperfeed.

Material akan dihancurkan oleh palu bar kemudian diparut dan dikeluarkan melalui sreen dalam drum sesuai ukuran yang dipilih.

Palu yang digunakan umumnya berbentuk potongan persegi panjang yang terbuat dari baja yang dikeraskan dan melekat pada poros yang berputar dengan kecepatan tinggi di dalam ruangan yang akan menghancurkan material yang masuk melalui delivery device dan terus berulang – ulang menumbuk material sampai halus.

Sreen logam berlubang, atau bar pengayak meliputi pembukaan debit mill untuk mempertahankan material yang masih kasar sehingga hasil yang keluar adalah material yang sudah halus dan memungkinkan bahan dengan ukuran besar untuk ditumbuk lagi sampai halus.

Material yangtidak bisa dihaluskan oleh palu seperti kaca, batu, atau logam akan keluar dari hammer mill melalui gravitasi.

Pneumatik hisap yang kita gunakan untuk membantu dalam pembuangan material yang lebih ringan seperti kayu, kertas, atau bahan yang belum halus dipisahkan dengan bahan yang telah halus.

Reflex Hammer

Palu Medis
Reflex Hammer

Reflex hammer memiliki bentuk yang mirip dengan palu pada umumnya, tetapi yang membedakan adalah jika palu pada umumnya terbuat dari material yang kuat dan berat, untuk palu ini terbuat dari bahan yang lebih ringan.

Hal lain yang membedakan adalah kegunaan dari palu ini, palu ini tidak digunakan untuk memukul benda seperti paku, batu, atau kayu tetapi palu ini digunakan untuk kegiatan medis.

Fungsi & Cara Kerja Reflex Hammer

Reflex Hammer/palu refleks merupakan alat medis yang digunakan oleh dokter untuk menguji refleks tendon dalam/lutut. Pengujian refleksitas pasien merupakan bagian penting dari pemeriksaan fisik neurologis untuk mendeteksi kelainan pada sistem saraf pusat atau perifer.

Alat ini berbentuk segitiga/tailor digunakan untuk memeriksa kemampuan refleksi dari bagian-bagian tubuh. Gagangnya terbuat dari besi stainless. Palu terbuat dari karet yang lembut sehingga tidak menyakitkan bagi pasien.

Cara menggunakkan Palu refleks atau Reflex Hammer yaitu dengan cara dipegang pada bagian gagang pegangan oleh dokter yang bersangkutan. Kemudian palu tersebutakan di ayunkan mengarah ke bagian dari tendon yang disinyalir memiliki kelainan.

Sekian info cerdas dari kami untuk jenis palu yang berbeda dari palu biasanya. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan anda.

Kalau kalian berminat untuk membeli atau tertarik menjadi reseller palu dan berbagai perkakas/alat rumah tangga lainnya, ayo segera kontak CS kami melalui tautan berikut >> https://mauorder.online/blog-s-gala-com?produk=Palu

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup