Terima Kasih!
Home

 >>  

Blog

 >>  

Led Strip-Selang-Flex

 >>  

Jenis LED Strip

 >>  

Jenis-jenis LED Strip – Mana yang Kamu Pilih?

Jenis LED strip

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

September 8, 2020

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Jenis-jenis LED Strip – Mana yang Kamu Pilih?

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp

Artikel kali ini akan membahas tentang jenis-jenis lampu LED Strip. LED Strip merupakan sarana pencahayaan yang sangat mendukung untuk menghasilkan tampilan dan nuansa yang keren dan didukung dengan pilihan warna yang beragam.

Jenis LED strip dapat dibagi berdasarkan :

  • Pengendaliannya
  • Pola menyala
  • Jenis sambungan yang digunakan

Mari kita mengenal satu per satu jenis dari LED Strip yang tersedia di pasaran saat ini, agar kita bisa menentukan jenis LED Strip mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

LED Strip berdasarkan pengendaliannya

Analog LED Strip

LED strip analog
LED Strip Analog

LED Strip analog biasanya memiliki 1 jenis cahaya yang dihasilkan (mono) ataupun spektrum warna lengkap (RGB). LED Strip analog biasanya akan menyala dengan pola yang sama untuk seluruh LED yang ada di dalamnya.

Biasa dijual dalam bentuk gulungan LED Strip dan bisa dipotong menjadi bagian/ruas kecil dari LED Strip.

Apakah bisa dipotong? Ya, bisa.

Setiap ruasnya biasanya terdapat tanda dimana LED Strip bisa dipotong, potongannya bisa sepanjang 5-10 cm dengan 3-5 buah LED, sehingga biasanya akan terdapat 30, 32, 60, atau 120 LED setiap meternya.

Tiap ruas LED yang terdapat di dalamnya dapat tersusun secara seri ataupun pararel.

Untuk LED strip yang tersusun secara seri, voltase yang diperlukan akan bertambah sehingga membutuhkan voltase listrik yang lebih tinggi.

Sedangkan LED Strip yang tersusun secara paralel akan memiliki voltase yang sama sepanjang LED Strip tetapi arus akan terus bertambah, sehingga semakin panjang LED strip daya yang diperlukan akan semakin tinggi.

Digital LED Strip

LED Strip tipe digital
LED Strip digital

LED Strip digital biasanya tersusun dari RGB LED dan memiliki chip yang berfungsi untuk mengendalikan LED satu per satu, atau sering disebut dengan istilah “addressable”.

Pada gambar LED strip digital di atas, pengendalian dilakukan oleh chip LPD8806, dan beberapa LED Strip digital lainnya menggunakan pengendali chip WS2801.

Chip pengendali biasanya sudah menyatu di dalam LED strip dan cukup mudah untuk dipotong menjadi bagian/ruas sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya listrik yang digunakan bertegangan 5 Volt. Nilai voltase ini mempermudah kita untuk menyambungkan LED strip ini ke microcontroller untuk diprogram sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya kalian juga dapat memasang LED strip digital pada voltase yang lebih rendah tapi cahaya yang dihasilkan akan menjadi kurang terang.

Microcontroller merupakan alat yang dapat diprogram untuk mengendalikan LED Strip dan bekerja sama dengan chip yang ada pada LED Strip untuk menghasilkan beragam pola menyala LED strip.

Hasil cahaya / nyala dari jenis LED Strip ini akan sangat keren dan variatif karena dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan kita.

Jenis berdasarkan pola menyala LED Strip

Standard LED Strip

LED strip tipe standar
LED Strip standard

LED Strip ini merupakan jenis LED Strip yang mengasilkan cahaya lampu yang konsisten seperti lampu pada umumnya.

Warna cahaya yang dihasilkan juga biasanya dalam 1 warna. Tetapi ada juga yang menggunakan LED RGB, maka warna yang diperoleh dapat lebih bervariasi.

Running LED Strip

LED strip tipe running
Running LED Strip

Running LED strip merupakan jenis LED Strip yang menghasilkan cahaya yang memiliki pola menyala bergantian. Pola ini memberikan efek cahaya yang bergerak, ataupun dapat berupa efek cahaya yang memenuhi LED Strip.

LED Strip dengan pola cahaya ini kebanyakan digunakan pada kendaraan seperti mobil ataupun motor sebagai penanda untuk belok (turn signal) yang menambah estetika tampilan kendaraan.

Horse Race LED Strip

LED strip tipe horse race
Horse Race LED Strip

Horse Race LED Strip menghasilkan cahaya yang memiliki efek adanya LED dengan warna yang berbeda yang bergerak mengalir sepanjang LED Strip dengan pola tertentu yang berulang, ini memberi kesan adanya cahaya yang saling berkejaran dalam strip lampu LED.

Horse race LED Strip banyak diaplikasikan untuk menghiasi meja ataupun mengelilingi sebuah objek.

Biasanya Horse Race LED Strip dilengkapi juga dengan berbagai warna dalam LED Strip dan mode atau pola nyala yang beragam, dan untuk mengatur pola cahaya biasanya digunakan remote atau perangkat untuk mengaturnya.

Jenis berdasarkan cahaya yang dihasilkan

Infrared LED Strip

Jenis LED Strip berdasar cahaya - infrared
Infrared LED Strip

Merupakan jenis LED strip yang digunakan untuk menghasilkan cahaya infrared (IR) yang berguna untuk mendeteksi objek dengan bantuan kamera dalam kondisi gelap (night vision).

Biasanya cahaya infrared cukup sulit untuk dilihat secara langsung dengan mata kita, namun dapat terlihat dengan mudah menggunakan kamera bahkan hanya dengan kamerah HP sekalipun.

Ultraviolet LED Strip

LED Strip ultraviolet
Ultraviolet LED Strip

Jenis LED Strip ini menghasilkan cahaya ultraviolet (UV).

Biasanya digunakan untuk mendeteksi uang palsu, membantu mempercepat proses kimia (salah satunya mempercepat proses penggunaan cat kuku / kutek), ataupun sebagai hiasan dalam ruangan yang membutuhkan pencahayaan yang tidak terlalu terang.

High CRI LED Strip

LED Strip HIGH CRI
High CRI LED Strip

Merupakan jenis LED Strip yang menghasilkan cahaya yang terang dan sangat teliti dalam warna yang dilihat oleh mata kita (high CRI).

Color Rendering Index (CRI) dikenal juga sebagai ketelitian warna.

CRI merupakan suatu pengukuran untuk melihat seberapa natural cahaya yang dihasilkan oleh lampu dibandingkan dengan cahaya matahari.

Matahari sebagai tolak ukur memiliki 100 CRI, dan kebanyakan LED Strip memiliki 60-70 CRI. High CRI LED Strip minimal memiliki nilai 92 CRI, sehingga warna objek yang dilihat akan mendekati warna yang dihasilkan saat objek disinari oleh matahari.

Perbandingan CRI terhadap objek
Perbandingan CRI pada objek

LED strip ini banyak digunakan dalam fotografi ataupun sinematografi karena menghasilkan keakuratan warna yang sangat baik.

Selain itu, LED strip high CRI juga banyak juga digunakan oleh pedagang dalam pusat perbelanjaan untuk memajang produk-produknya, karena dapat mendukung untuk membuat produk yang dijual menjadi semakin menarik.

Dotless LED Strip

LED Strip Dotless
Dotless LED Strip

Kebanyakan LED Strip digunakan sebagai pencahayaan tidak langsung (indirect), sehingga tidak terlalu masalah bila komponen LED terlihat berupa titik-titik cahaya. Namun apabila akan digunakan secara langsung dan LED Strip dapat terlihat dengan mudah maka dapat digunakan Dotless LED Strip yang menghasilkan cahaya yang lebih merata secara langsung.

Untuk menghasilkan cahaya yang merata maka dapat digunakan pelapis tambahan pada LED Strip ataupun dapat menggunakan jenis LED Strip yang telah dilapisi dari pabrikannya, yang akan semakin mempermudah dalam penggunaan LED Strip ini.

Inbouw LED Strip

LED Strip Inbouw
Inbouw LED Strip

LED Strip ini merupakan jenis LED Strip yang dipasangkan secara langsung pada permukaan benda yang akan dihiasi dengan cahaya dari LED Strip. Contoh pemasangannya seperti di permukaan meja, plafon rumah, ataupun dinding.

LED Strip inbouw ini akan menghasilkan efek pencahayaan yang seakan-akan menyatu dengan objeknya.

Fungsi inbouw LED Strip adalah menambahkan kesan elegan dan rapi.

Beberapa perusahaan menyediakan wadah untuk mengkonversi LED Strip yang kita miliki menjadi LED Strip berjenis Inbouw ini.

LED Strip yang dapat diredupkan (dimming)

LED Strip Tridonic
Tridonic LED Strip - LED Strip yang dapat diredupkan

Ada satu produsen terkenal untuk LED Strip yang memiliki fitur dimming, yaitu Tridonic.

Tridonic merupakan produsen LED Strip dan driver (pengendali) untuk LED Strip, dan dikenal dengan LED Strip yang dapat diredupkan cahayanya. Banyak digunakan sebagai dekorasi untuk ruangan.

Jenis LED Strip Berdasarkan Sumber Listriknya

LED Strip dengan driver/adaptor

LED Strip dilengkapi dengan driver

LED Strip pada umumnya memperoleh listrik dari sumber listrik (PLN) dan kemudian menggunakan driver (pengontrol) ataupun adaptor untuk menyesuaikan dengan kebutuhan listrik dari LED Strip tersebut.

Beberapa LED strip dapat kita beli dengan telah dilengkapi oleh driver ataupun adaptor, namun beberapa produsen ada yang menjual tanpa driver untuk LED strip tersebut.

SATA LED Strip

LED Strip SATA
LED Strip SATA

Merupakan jenis LED strip yang memperoleh listrik dari sebuah komputer dengan koneksi Serial AT Attachments (SATA), atau dengan kata lain LED Strip akan dihubungkan melalui koneksi yang biasa digunakan untuk penyimpanan data dalam komputer kita.

LED Strip SATA biasa digunakan untuk menghias perangkat komputer yang kita miliki khususnya box CPU kita. Biasanya memiliki beragam warna yang dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan.

Jadi pilihlah LED Strip yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kita, selamat mencoba!

Jangan lupa untuk mampir ke artikel kami yang lainnya ya!

Jangan lewatkan peluang bisnis menarik seputar LED Strip ini melalui Customer Service kami ya!

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis Reseller
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
Rajin Review FREE HP Samsung A10s
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa