Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Berbagai Jenis Regulator Gas

July 6, 2022
Cover Jenis Regulator Gas
Iklan Sponsor

Ada banyak jenis regulator gas karena kegunaannya yang berbeda – beda dan tabung gas yang digunakan juga berbeda. Dengan banyaknya kebutuhan di hidup kita tentu kita tidak bisa menggunakkan satu model untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Oleh sebab itu terdapat beberapa model produk regulator gas yang muncul sebagai bentuk inovasi untuk kebutuhan kita agar bisa terpenuhi.

Jenis Regulator Gas

Berikut adalah jenis–jenis regulator gas yang bisa menambah wawasan anda.

1. Regulator tekanan rendah (Low Pressure)

Regulator untuk gas kecil

Regulator ini yang paling sering digunakan di rumah–rumah untuk keperluan memasak. Biasanya regulator ini digunakan untuk tabung gas berukuran 3kg – 5kg.

Fungsi dari regulator ini hanya untuk mengalirkan gas dari tabung ke kompor. Regulator ini memiliki model yang simple hanya berupa kepala regulator dan gas meter saja dilengkapi dengan knop dan sambungan selang gas.

2. Regulator tekanan tinggi (High Pressure)

Regulator kompor api besar

Regulator jenis ini bisa digunakan dirumah jika tabung gas yang digunakan berukuran 12 kg. Selain dirumah regulator gas ini juga digunakan di restoran atau pabrik yang menggunakkan tabung gas berukuran besar (50 kg).

Model regulator ini lebih besar dari regulator gas bertekanan rendah selain itu yang paling membedakan adalah adanya kepala regulator yang bisa diputar untuk mengatur jumlah gas yang ingin dikeluarkan dari tabung gas.

Fungsi regulator ini adalah mampu mengalirkan gas dari tabung ke kompor serta mengontrol besarnya gas yang di alirkan.

3. Regulator pemindah gas

Alat pemindah gas

Regulator pemindah gas ini memiliki fungsi untuk memindahkan gas dari satu tabung ke tabung lainnya. Biasanya gas ini dipindahkan dari tabung yang berukuran besar ke tabung kecil seperti kaleng (untuk kompor gas portable) atau dari tabung 12 kg ke tabung gas yang lebih kecil.

Tapi ingat jangan melakukan ini untuk tidak kejahatan karena anda bisa saja ditangkap oleh polisi.

Model dari regulator ini bisa dilihat seperti di gambar terdapat 2 regulator dimana satu regulator berguna untuk mengalirkan gas dari tabung asal sedangkan yang satu lagi berguna untuk memasukkannya.

4. Regulator gas kaleng / kompor gas portable

Regulator untuk gas kaleng

Gas kaleng memiliki kepala tabung yang berukuran kecil dan tidak seperti tabung gas 3 kg atau 12 kg.

Dengan adanya perbedaan ini maka model dari regulator ini sudah pasti berukuran kecil, terdapat knop untuk mengunci regulator ke tabung gas kaleng. Tidak ada gas meter pada regulator ini karena akan memakan tempat jika dipasangkan.

5. Regulator gas putar

Regulator gas model putar

Model selanjutnya yang kita bahas adalah regulator gas putar. Jenis ini sebenarnya sama dengan regulator gas untuk tekanan rendah.

Yang membedakan adalah adanya pemutar diatas regulator yang berguna untuk memastikan regulator gas terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran gas saat pemasangan.

Fungsi regulator ini sama yaitu mengalirkan gas dari tabung ke kompor. Yang menjadi ciri khas dari regulator ini adalah adanya kepala yang bisa menekan regulator sehingga terpasang dengan baik.

Perlu diketahui kepala ini tidak memiliki fungsi untuk mengatur aliran gas yang dikeluarkan.

6. Regulator gas oksigen (Jenis Regulator Gas Medis)

Regulator tabung oksigen

Regulator Oxygen atau disebut juga sebagai O2 Gas Pressure Regulator adalah alat pengaturan yang dipasang pada katup dan pada sumber oksigen (Oxygen) untuk disalurkan ke pasien,

Regulator Oxygen diperlukan untuk pengaturan keluarnya oksigen sesuai dengan kebutuhan dari masing masing pemakai.

Regulator ini pastinya sering kita temui di rumah sakit, dan modelnya sendiri memiliki ciri khas yaitu adanya tabung air yang bisa menambah kelembaban oksigen saat akan dihirup pasien.

Hal ini dikarenakan ketika Anda menghirup oksigen dari udara bebas, hidung mengatur kelembaban. Regulator ini penting karena selain untuk menyalurkan oksigen juga berguna untuk mengendalikan tekanan oksigen yang diberikan kepada pasien.

Sistem pengamanannya pun tinggi karena terkait nyawa manusia.

7. Regulator gas otomatis

regulator otomatis

Sesuai dengan namanya, saat anda menggunakkan regulator ini anda tidak perlu membuka atau menutup gas jika ingin mengalirkan atau memberhentikan aliran gas dari tabung ke kompor.

Gas akan otomatis keluar ketika anda menyalakan kompor dan sebaliknya. Dengan adanya kelebihan pengaman ganda ini membuat anda tidak perlu khawatir untuk lupa memberhentikan aliran gas jika tidak menggunakkan kompor lagi karena standar keamanan yang tinggi.

Regulator ini tidak memiliki tutup kepala yang bisa diputar tetapi memiliki model yang biasa karena fungsi tutup kepala sudah ada di dalam regulator itu sendiri.

Salah satu model regulator gas yang paling disarankan adalah tipe otomatis ini.

8. Regulator gas cabang dua

Regulator cabang dua

Jenis regulator yang terakhir yang akan kita bahas, regulator ini memiliki model yang simple seperti huruf Y.

Regulator ini biasa bisa anda temui di warung pecel atau cocok untuk pedagang nasi goreng di mana pedagang biasanya membuat kompor custom dan mengalirkan gas dari 1 tabung saja untuk 2 kompor custom itu.

Ini dilakukan untuk menghemat biasa membeli tabung gas baru, karena harga tabung gas baru mahal.

Dari gambar diatas bisa kita lihat bahwa cabang yang memiliki katup merupakan cabang yang akan disambungkan ke kompor sedangkan cabang yang tidak memiliki katup merupakan cabang yang akan disambungkan ke tabung gas.

Dari sini aliran gas akan di bagi ke dua kompor sehingga kompor bisa hidup di waktu bersamaan dengan menggunakkan satu tabung gas.

Sekian pembahasan kita terkait jenis – jenis regulator gas. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu dalam memilih regulator yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Dapatkan rekomendasi regulator gas terbaik dengan harga terjangkau & tips memilih regulator dengan cara klik tautan berikut >> https://mauorder.online/blog-s-gala-com?produk=RegulatorGas

CS kami akan membantu kalian memilih dan untuk membelinya.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup