Annual Event
Home

 >>  

Blog

 >>  

Kabel Otomotif

 >>  

cara memasang kabel aki dan kabel gas pada motor

 >>  

Cara Memasang Kabel Aki Motor & Kabel Gas Motor

kabel aki dan kabel gas pada motor

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

February 5, 2021

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Cara Memasang Kabel Aki Motor & Kabel Gas Motor

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp




Memasang Kabel Aki Motor

Fungsi utama aki adalah untuk menyalakan atau menstarter mesin kendaraan, selain itu digunakan juga untuk menyalakan sistem kelistrikan seperti lampu, speedometer digital, dll.

Salah satu komponen pada aki adalah kabel aki. Kabel aki ini berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari aki ke komponen pelistrikan motor lainnya.

Produk aki banyak di jual di pasaran dengan berbagai merk dan jenis. Contohnya saja produk dari Pt. Astra Otoparts. Perusahaan ini menjual berbagai jenis aki motor dan aki mobil.

Usia pemakaian aki sendiri pada kendaraan bermotor untuk pemakaian normal biasanya berumur 1-2 tahun sebelum akhirnya harus diganti.

Untuk mengganti aki pada kendaraan bermotor pada khususnya sepeda motor bisa dikatakan relatif mudah.

Cara mengganti aki & memasang kabel aki motor

Langkah-langkah mengganti aki secara umum dapat dijabarkan sebagai berikut:

Menentukan atau mencari posisi aki pada sepeda motor

Posisi aki pada sepeda motor biasanya terletak di bawah jok motor atau di samping kiri atau kanan bodi motor.

Melepas kabel aki motor

Setelah posisi aki ditemukan, maka langkah selanjutnya adalah melepas terminal aki. Terminal aki terdiri dari dua kutub yaitu kutub positif (+) dan kutub negatif (-).

Untuk warna insulasi kabel aki motornya biasanya diwarnai merah untuk kutub positifnya dan warna hitam untuk kutub negatifnya.

Terminal ini biasanya dikencangkan dengan menggunakan baut dan untuk membukanya dapat menggunakan obeng plus atau minus atau menggunakan kunci pas.

Lepas terlebih dahulu kabel aki motor kutub negatif kemudian dilanjutkan terminal kutub positifnya. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kutub positif dan negatif tersambung atau short karena dapat menyebabkan percikan listrik atau hubungan arus pendek.

Gambar terminal kutub positif (lingkaran berwarna merah) dan terminal kutub negatif (lingkaran berwarna hijau) aki motor
Gambar terminal kutub positif (lingkaran berwarna merah) dan terminal kutub negatif (lingkaran berwarna hijau) aki motor

Setelah terminal kutub positif dan negatif dilepas, maka langkah selanjutnya adalah melepaskan aki dari rumah atau dudukannya yang biasanya hanya dikencangkan dengan karet pengait.

Memasang kabel aki motor

Setelah aki lama dilepas dan aki baru dipasang, maka kita tinggal memasang kabel aki kembali. Yang dilakukan pertama kali saat akan memasang kabel aki motor yaitu terminal kutub positif dan negatifnya.

Urutannya seperti melepas terminal aki namun terbalik, pertama yang harus dipasang adalah terminal kutub positif dan kencangkan dengan baut setelah itu pasang terminal kutub negatifnya dan kencangkan dengan baut.

Pastikan baut terpasang dengan baik dan kencang, setelah itu kalian dapat mencoba menyalakan sepeda motor dengan menstarternya.

Jika mesin motor dapat menyala dengan baik, maka dapat dipastikan aki sudah terpasang dengan baik.

kabel aki motor positif
Gambar aki motor kutub positif
Gambar aki motor kutub negatif
Gambar aki motor kutub negatif

Memasang Kabel Gas Motor

Sepeda motor tentunya tak lepas dari komponen yang satu ini, yaitu tarikan gas yang biasanya terletak pada stang motor bagian kanan yang gunanya untuk membuka pasokan udara yang masuk ke mesin untuk meningkatkan putaran mesin.

Secara umum ada dua jenis sistem untuk tarikan gas ini, ada yang menggunakan sistem mekanik dan sistem elektronik atau yang dikenal dengan drive by wire.

Namun untuk sepeda motor, kebanyakan masih menggunakan sistem mekanik karena lebih sederhana dan biayanya lebih kecil. Untuk sistem mekanik, tarikan gas ini menggunakan kawat baja yang dilapis dengan insulator untuk mencegah terjadinya karat.

Kawat ini akan menghubungkan tarikan gas yang ada di stang motor dengan bukaan gas pada karburator atau throttle body pada sistem bahan bakar injeksi.

Jika tarikan gas ini sudah terasa berat atau macet pada posisi tertentu, maka itu tandanya kabel gas tersebut sudah harus diganti.

Yang perlu diperhatikan dalam mengganti kabel otomotif motor gas ini adalah sesuaikan dengan merk dan tipe motor kalian, karena panjang dan ukuran kabel gas motor ini bermacam-macam bergantung merk dan tipe motor.

Gambar kabel gas motor
Gambar kabel gas motor

Cara mengganti kabel gas motor

Setelah mendapatkan kabel gas yang sesuai maka alat-alat yang dibutuhkan adalah obeng dan kunci pas. Langkah-langkah untuk mengganti kabel gas motor adalah:

Melepas kabel gas lama

Untuk melepas kabel gas yang lama, kita harus membuka ujung kabel gas yang terpasang pada karburator atau throttle body terlebih dahulu.

Buka penguncinya dengan menggunakan kunci pas dan lepas pengaitnya (Pada tahap ini mungkin pada beberapa motor diharuskan membuka body motor terlebih dahulu jika kabel gas terhalang oleh body motor).

Setelah ujung kabel pada karburator atau throttle body dilepas, selanjutnya adalah melepas ujung kabelnya yang menempel pada tarikan gas.

Untuk membukanya, kendorkan terlebih dahulu mur pengencang dengan kunci pas dan buka rumah dari tarikan gasnya dengan menggunakan obeng (biasanya menggunakan baut plus). Setelah itu kalian dapat melepas kabel gas motornya secara keseluruhan.

Memasang kabel gas baru

Untuk memasang kabel gas  yang baru langkahnya dibalik dari membuka kabel gas. Pertama pasang ujung kabel gas  pada handle tarikan gas terlebih dahulu dan terakhir pasang ujung satunya ke karburator atau throttle body.

Namun mur-mur penguncinya jangan dikencangkan terlebih dahulu karena kabel gas harus distel kekencangannya.

Menyetel kabel gas

Ada dua posisi untuk menyetel kabel gas, posisi pertama yang berada di bagian karburator atau throttle body (beberapa tipe motor tidak dapat distel).

Dan posisi kedua adalah di dekat handle tarikan gas. Untuk menyetelnya tinggal mengendurkan atau mengencangkan baut pemegang kabel gasnya.

Setel sedemikian rupa sehingga kabel gas tidak terlalu kencang atau longgar (ada speleng sedikit di tarikan gas).

Setelan yang benar adalah pada saat mesin dinyalakan, tarikan gas dapat berfungsi dengan baik dan jika stang dibelokan ke kiri dan ke kanan, putaran mesin tidak berubah (jika putaran mesin berubah, menandakan setelan terlalu kencang).

Gambar setelan kabel gas pada karburator
Gambar posisi setelan kabel gas motor pada karburator
Gambar Posisi setelan kabel gas pada handle tarikan gas
Gambar posisi setelan kabel gas motor pada handle tarikan gas

Untuk sistem yang sudah menggunakan drive by wire, untuk menggantinya tinggal melepas modul sensor tarikan gas pada handle tarikan gas dan menggantinya dengan yang baru.

Penyetelan secara mekanik tidak diperlukan karena sudah menggunakan modul elektronik dan diatur oleh ECU (Engine Control Unit).

Untuk membeli kabel aki dan kabel gas motor online, bisa kalian dapatkan di market place. Harga terbaru kabel aki untuk motor mulai dari Rp. 3.500,- sedangkan kabel gas dijual mulai dari Rp. 2.000,-.

Sekian informasi mengenai cara memasang kabel aki motor dan kabel gas pada motor, semoga bermanfaat ya!

Jangan lupa untuk membaca artikel bermanfaat lainnya di S-gala.com! Download juga aplikasi S-gala.com di playstore handphone kalian untuk mendapatkan promo dan peluang bisnis menarik dengan potensi untung jutaan rupiah per bulan! Atau segera hubungi CS kami untuk penjelasan lebih lanjut.



'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Harga 
This is some text inside of a div block.
SPANDUK KECIL 1 X 1
SPANDUK ALAT LISTRIK 2 x 1
STAND FAN KAKI BULAT MASTAP 16" M-16844
Harga Lengkap Produk
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review-img
google-review-img

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis ResellerKebijakan Privasi
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review
google-review
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa