Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kabel Audio Mobil

July 6, 2022
Kabel Audio Mobil
Iklan Sponsor

Dalam dunia kabel otomotif mobil, terdapat 1 bagian kabel yang berjasa untuk menghibur kita selama perjalanan di dalam mobil. Ketika kita berkendara menggunakan mobil, biasanya akan mencari hiburan dengan menggunakan audio yang ada di dalam mobil.

Audio di dalam mobil bisa membantu sebagai pengusir bosan, menciptakan suasana, dan sebagai media untuk tetap dapat mendengarkan informasi ataupun menerima telepon ketika dihubungkan ke suatu device tertentu.

Gambar macam-macam kabel audio mobil
Gambar kabel audio mobil full set

Kebayang dong kalo perjalanan panjang kita tidak mendapat hiburan sama sekali, pasti supir pun akan cepat bosan atau bahkan mengantuk yang berdampak pada risiko kecelakaan. Duh jangan sampai ya!!

Saat ini sudah banyak audio mobil yang terus ditingkatkan kualitasnya demi menunjang kenyamanan dan kemudahan pengguna. Nah di artikel kita kali ini, kita akan banyak membahas mengenai : “Definisi dan Fungsi dari Kabel dalam sistem Audio Mobil”. Karena ternyata penggunaan kabel di audio mobil itu beragam dan umumnya belum kita ketahui secara spesifik.

Ketika berbicara mengenai sistem audio pada mobil, kita tidak bisa terlepas dari kabel audio yang menghubungkan berbagai komponen dalam sistem audio tersebut. Kabel audio ini memastikan untuk menyalurkan arus listrik dari ACCU ke power amplifier.

Jenis Kabel Audio Mobil

Secara umum jenis kabel untuk sistem audio mobil dibagi menjadi 3 yaitu :

  1. Kabel RCA
  2. Kabel Speaker
  3. Kabel AUX

Kabel RCA

Kabel RCA
Gambar Kabel RCA

Kabel RCA memiliki tugas untuk menghantarkan sinyal suara head unit ke prossesor atau power. Jenis dan susunan lapisan kabel RCA bervariasi dan bisa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Maksud dari variasi RCA ini contohnya seperti jika susunan kabelnya dikepang. Variasi kabel yang dikepang ini agar arus bolak balik atau AC tidak merusak suara, suara yang jernih tentu akan semakin memanjakan telinga para pengguna.

Variasi lainnya misalkan pemakaian serat kabel berlainan ukuran dalam satu wadah dengan tujuan agar nada suara bisa dipilah-pilah. Wah, ternyata penyusunan untuk mendapatkan hasil terbaik banyak juga ya!!

Dari variasi ini produk kabel RCA memiliki harga yang beragam mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 3.000.000 per meter, tergantung pada jenis bahan yang digunakan.

Saat beli kabel RCA, pastikan untuk membeli kabel yang baik. Ciri kabel yang baik umumnya terbuat dari tembaga murni. Jadi harga kabel bukan hanya permasalahan besar dan kecil ukuran nya tapi darivariasi dan spesifikasi material yang digunakan.

Kabel Audio Mobil Speaker

Kabel Speaker
Gambar Kabel Speaker

Dari namanya kita sudah bisa mengetahui bahwa kabel ini berfungsi untuk menyalurkan sinyal suara, sama seperti kabel RCA. Namun diameter kabel speaker ini lebih kecil.

Terdapat berbagai macam ukuran kabel speaker, bergantung pada jenis speaker yang digunakan. Untuk kabel speaker yang paling umum digunakan adalah ukuran 16-18 AWG, sedangkan kabel untuk subwoofer biasanya menggunakan ukuran yang agak besar yaitu 12-10 AWG.

Beli kabel speaker dapat dilakukan di market place, biasanya harganya sekitar Rp 50.000 sampai Rp350.0000.

Kabel AUX

Kabel AUX
Gambar Kabel AUX

Kabel AUX merupakan teknologi berbentuk kabel yang menghubungkan device dengan tape mobil dengan lebih cepat dan mudah.

Kabel AUX biasanya berukuran 3,5 mm yang sudah pasti cocok untuk smartphone yang biasa digunakan pengguna untuk mendengarkan audio di mobil. Dengan bentuknya yang seperti kabel, maka secara kecepatan pemasangan tidak akan terlalu menyulitkan.

Banyak juga teknologi yang sudah menggantikan kabel AUX ini dengan Bluetooth sebagai media penyambung device dan audio mobil. Namun penggunaan AUX memastikan kemudahan, kecepatan, dan tidak ada potensi hilang koneksi / permasalahan sinyal antara audio dan device.

Kualitas suara yang dikeluarkan juga bisa lebih baik jika material logam kabel AUX yang digunakan berkualitas.

Oh iya, pake kabel AUX juga tidak bikin baterai handphone kamu drop dibandingkan jika menggunakan Bluetooth dimana handphone harus bekerja ganda untuk menyalurkan sinyal Bluetooth ke sistem audio.

Berbicara soal harga, kabel AUX dimulai dari harga 20.000 – 150.000 bergantung pada panjang kabel dan material yang digunakan.

Setelah kita memahami berbagai jenis kabel yang kita gunakan untuk sistem audio mobil, sekarang kita lihat lebih mendalam ke headunit atau tape mobil yang merupakan perangkat sumber suara dalam instalasi car audio.

Gambar warna kabel audio mobil
Gambar warna-warna kabel audio mobil

Dalam head unit atau tape terdapat berbagai warna kabel pada audio mobil yang meiliki fungsi masing-masing dalam penggunaan tape mobil. Berikut 10 warna kabel dan fungsinya dalam pemasangan tape:

  • MERAH(+)= 12V ACC (arus lewat kontak)
  • KUNING(+)= 12V BackUp (arus langsung)
  • HITAM(-) = Ground (massa-body)
  • UTIH = (+) Speaker
  • PUTIH-HITAM = (-) Speaker
  • ABU² = (+) Speaker
  • ABU²-HITAM= (-) Speake
  • HIJAU=(+) Speaker
  • HIJAU-HITAM=(-) Speaker
  • UNGU= (+) Speaker
  • UNGU-HITAM = (-) Speaker

Terdapat berbagai kabel yang terdapat pada audio tape mobil seperti kabel tape JVC, Pioneer, Fujitsu, namun untuk penggunaan kabel umumnya sama untuk semua merk tape yang digunakan untuk sistem audio mobil.

Sekian informasi lengkap mengenai kabel pada sistem audio mobil. Semoga bermanfaat ya!

Jangan lupa intip peluang bisnis berpotensi untung jutaan rupiah per bulan terkait dengan kabel audio mobil ini. Kalian bisa segera menghubungi customer service s-gala.com untuk penjelasan lebih lanjut.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup