Home

 >>  

Blog

 >>  

Kabel Listrik

 >>  

Kabel duct kabel tray klem kabel

 >>  

3 Sekawan : Kabel Duct, Kabel Tray, & Klem Kabel

Kabel Duct, Kabel Tray, Klem Kabel

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

January 3, 2021

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

3 Sekawan : Kabel Duct, Kabel Tray, & Klem Kabel

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp




Ada 3 aksesoris yang sering kali dilihat dalam dunia perkabelan yaitu: kabel duct, kabel tray, dan klem kabel. Ketiga aksesoris tersebut merupakan benda yang berfungsi untuk merapikan kabel, atau menempatkan sambungan kabel di tempat khusus supaya tidak berantakan.

Apa sih perlunya merapikan kabel di rumah atau di kantor? Mengapa hal ini menjadi penting?

Pentingnya Merapikan Susunan dan Jalur Kabel Listrik

pentingnya merapikan kabel
Manajemen penyusunan kabel listrik

Ternyata merapikan susunan dan jalur kabel listrik (ataupun kabel jaringan) merupakan hal yang sangat penting, lho! Ada beberapa manfaat lain mengapa kita harus merapikan kabel di rumah / kantor sebagai berikut :

  1. Kabel tidak mudah rusak akibat tertindih/tertendang
  2. Terhindar dari bahaya kebakaran, konsleting listrik, atau tersandung kabel
  3. Kabel akan terhindar dari panas berlebih
  4. Kabel tidak akan tergantung, kabel yang menggantung bisa ditarik dan membahayakan anak kecil
  5. Estetika yang lebih baik untuk dekorasi rumah / kantor

Nah, untuk mempermudah, ada 3 sekawan yang dapat membantu kalian menyusun serta merapikan kabel. Mereka adalah kabel duct, cable tray, dan klem.

Kabel Duct

cable duct

Nah, benda pertama yang kita bahas adalah kabel duct. Kabel duct adalah semua jenis rumah kabel yang konstruksinya dirancang khusus untuk dipasang di bawah permukaan tanah dan pemasangannya harus diletakkan dalam pipa-pipa di bawah permukaan tanah.

Intinya, kabel duct ini tertanam di rumah kalian tanpa terlihat karena berada di dalam dinding, atap, dll. Kabel duct ini menjadi “jalur lalu lintas” kabel listrik di rumah atau gedung tempat kalian beraktivitas.

Kabel duct terbuat dari bahan plastic PVC dengan berbagai warna. Ada juga kabel duct yang terbuat dari baja tahan karat. Namun yang biasa atau sering digunakan di rumah tinggal adalah kabel duct berbahan PVC.

Dengan meletakkan kabel di bawah tanah, memungkinkan kabel disembunyikan dari pandangan dan terlindung dari lalu lintas pejalan kaki.

Dalam dunia industri, penggunaan kabel duct memungkinkan banya dipasang melalui area lalu lintas tanpa menimbulkan bahaya bagi yang melintas.

Berdasarkan penggunaannya, produk kabel duct terbagi jadi 2 jenis :

Tipe Cable Trunking

trunking cable
kabel duct pvc

Kabel duct tipe cable trunking ini merupakan tipe yang paling sederhana dan biasa digunakan di rumah. Fungsinya untuk melindungi kabel dari debu dan air.

Bentuknya biasanya persegi panjang / kotak dengan salah satu sisinya bisa dibuka/tutup. Tapi ada juga bentuk lain seperti trapesium atau setengah lingkaran

Ukuran cable trunking bervariasi mulai dari 15 x 10mm sampai dengan 40 x 25mm.

Tipe Industrial Trunking

trunking industrial

Selanjutnya yaitu tipe industrial trunking. Biasanya kabel duct tipe industrial trunking terbuat dari material baja atau PVC tebal berkualitas tinggi. Bentuk dari industrial trunking ini juga bermacam-macam, mulai dari persegi panjang sampai dengan custom sesuai dengan kebutuhan industri itu sendiri.

Posisi penutup dan bautnya juga dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah teknisi untuk membongkar-pasang kabel saat perawatan atau perbaikan.

Ukurannya juga lebih besar daripada cable trunking biasa, mulai dari 50 x 25mm sampai dengan 200 x 100mm. Hal ini dikarenakan penggunaan kabel di dunia industri tentunya lebih banyak dibandingkan keperluan rumahan biasa.

Kabel Tray

cable tray

Kabel Tray adalah media untuk meletakkan susunan kabel agar rapi dan mudah ditelusuri. Meskipun fungsinya sama-sama untuk merapikan susunan kabel, tetap ada beberapa perbedaan antara kabel duct dan cable tray.

Perbedaan Kabel Duct & Kabel Tray:

  • Kabel duct memiliki penutup, cable tray tidak atau jarang memiliki penutup
  • Kabel duct biasanya untuk kabel yang ditanam, cable tray untuk kabel yang tidak ditanam (terlihat)
  • Kabel didalam kabel duck biasanya tidak diikat, kabel di dalam cable tray diikat menggunakan kabel ties
  • Kabel duct tidak memiliki lubang, cable tray terdiri dari banyak lubang yang berfungsi untuk memungkinkan kabel kecil dilewatkan keluar dari tray untuk disambungkan ke bagian tertentu

Ada beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan cable tray :

  • Baja Berkarat
  • Baja Galvanis (baja tidak berkarat)
  • Alumunium
  • Fiberglass yang diperkuat dan PVC (polyvinil chlorida)

Lalu bagaimana cara menentukan bahan yang tepat untuk digunakan? Bahan akan dipilih berdasarkan korosi dan hambatan yang digunakan untuk satu lokasi.

Ada beberapa jenis kabel tray :

  • Cable tray pejal
  • Cable tray berlubang
  • Cable tray tangga
  • Cable tray pagar

Mari kita bahas satu per satu.

Kabel Tray Pejal (Solid Bottom)

kabel tray pejal

Cable tray jenis ini memberikan perlindungan maksimum pada kabel, tapi membutuhkan pemotongan tray dari mulai kabel dimasukan sampai kabel keluar.

Cable Tray Berlubang (Perforated Tray)

Sesuai dengan namanya, cable tray jenis ini memiliki banyak lubang atau yang sering disebut dengan ventilasi tray. Tujuan dari ventilasi tray ini adalah agar sirkulasi udara baik di sepanjang kabel, selain itu debu dan percikan air dapat berjatuhan lewat lubang tersebut.

Kabel-kabel yang berukuran kecil juga dimungkinkan untuk dilewatkan keluar dari bagian lubang ventilasi yang terbuka.

Cable tray berlubang atau biasa disebut “Perforated Tray” ini adalah bentuk ideal untuk aplikasi dalam instalasi kabel yang menghasilkan panas yang sedang.

Lubang-lubang yang ada pada kabel tray berlubang memberikan ventilasi yang cukup yang berfungsi untuk melepaskan panas yang ditimbulkan oleh kabel listrik dan untuk menghindari terjebaknya panas di dalam rangkaian cable tray.

perforated tray
Cable tray berlubang bertutup, tipe C, & tipe U

Cable Tray Tangga (Cable Ladder Tray)

Kabel tray ladder adalah kabel tray yang dibentuk dari 2 batang besi pinggir yang dihubungkan oleh palang-palang besi sehingga membentuk cable tray yang menyerupai tangga.

Balok melintang yang terdapat pada cable tray ini biasanya memiliki interval reguler di urutan 4 sampai 12 inci (100 sampai 300 mm).

Tray ini memungkinkan kabel terlindungi dari kejatuhan objek, debu, maupun air karena ventilasinya sangat besar. Untukpenggunaan outdoor atau lingkungan yang sangat berdebu, gunakan juga penutup tray ya!

Cable tray ladder berbentuk tangga tersedia Tipe U (Slu), Tipe W (Slw) Dan Tipe Heavy Duty (Slhd).

cable ladder tray
Kabel tray ladder tipe U, W, heavy duty

Kabel Tray Pagar (Wiremesh Tray)

Cable tray pagar atau jaring ini biasanya digunakan untuk saluran instalasi kabel berukuran kecil, dimana kabel kecil yang digunakan jumlahnya sangat banyak. Contohnya untuk telepon atau kabel jaringan komputer.

wiremesh tray

Klem Kabel

Cable clamp

Klem kabel yang seringkali disebut penjepit kabel, merupakan sebuah fitting logam yang berfungsi untuk menggabungkan kabel. Ada beberapa kelebihan dari produk klem kabel ini, yaitu :

  • Klem kabel mencegah bagian kabel yang terbuka yang terpapar secara langsung agar tidak mudah mengalami kerusakan
  • Klem kabel membuat rapi susunan kabel
  • Klem kabel membuat instalasi lebih kuat dan aman
bentuk klem kabel
Gambar macam-macam bentuk klem kabel
ukuran klem kabel
Gambar berbagai ukuran klem kabel

Umumnya, harga klem kabel berkisar mulai Rp 5.000,- hingga Rp10.000,- untuk ukuran 12 mm. Sangat terjangkau bukan?

Sama halnya dengan ikat kabel, klem kabel juga dengan mudah ditemukan di mini market dan toko online. Biasanya, klem kabel dijual per pak. Dalam satu pak terdiri dari beberapa puluh klem kabel yang bisa digunakan berulang-ulang.

Tapi ingat, klem kabel punya ukuran masing-masing sesuai dengan besar kabelnya. Jadi, pastikan ukuran klem yang kamu beli sudah sesuai dengan ukuran kabel di rumah.

Isolasi listrik sebagai pelindung kabel sederhana

electrical tape

Isolasi listrik adalah lakban hitam yang berfungsi untuk menyekat atau mengisolasikan antara kabel arus positif dan kabel arus negatif yang dibalut di dalam kesatuan unit. Hal ini dilakukan untuk mencegah sengatan listrik, kesetrum, electric shock, yang akhirnya dapat mengakibatkan kebakaran rumah ataupun arus pendek listrik/konsleting listrik.

Isolasi listrik berbeda dengan isolasi plastik biasa, dimana isolasi listrik mempunyai ketahanan terhadap tegangan listrik hingga 600V dan mempunyai daya rekat dan elastisitas lebih tinggi, sehingga mampu bertahan di segala cuaca dengan umur pakai yang cukup lama.

kabel bisa pakai isolasi listrik

Jadi jikalau di rumah melihat ada kabel yang sedikit terbuka dan belum sempat untuk menggantinya, untuk sementara waktu kalian dapat menutup kerusakan tersebut dengan isolasi listrik.

Informasi lengkap mengenai isolasi listrik dapat kalian baca di artikel mengenai Isolasi listrik di blog S-gala.com ya!

Kesimpulan

Jadi dari ketiga sekawan diatas,bila dilihat dari beberapa sudut pandang yaitu :

Umur pakai

Dari umur pakai,kabel tray menjadi yang terbaik diantara ketiganya. Dengan bahan baja dan diameter yang cukup besar menjadikan kabel tray lebih awet.

Kemudahan instalasi

Untuk kemudahan, yang memiliki poin plus dalam hal ini adalah Klem kabel. Klem kabel sangat mudah untuk dipasang dan dibuka.

Estetika

Secara estetika, kabel duct menjadi pemenangnya karena tampilannya yang lebih rapi dan elegan.

Safety

Untuk safety, kabel tray menjadi pemenangnya walaupun tetap memiliki resiko untuk dimasuki binatang kecil juga.

Harga Beli

Jelas klem kabel. Harganya sangat ramah dikantong kita!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk download aplikasi S-gala.com di playstore handphone kalian untuk mendapatkan promo, daftar harga jual beli, dan peluang bisnis menarik dengan potensi untung jutaan rupiah per bulan! Atau segera hubungi CS kami untuk penjelasan lebih rinci.



'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Harga 
This is some text inside of a div block.
SPANDUK KECIL 1 X 1
SPANDUK ALAT LISTRIK 2 x 1
STAND FAN KAKI BULAT MASTAP 16" M-16844
Harga Lengkap Produk
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.com Google Map Alamat kami
fb-review-img
google-review-img

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis ResellerKebijakan Privasi
S-gala.com Google Map Alamat kami
fb-review
google-review
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa