img-event01img-event02
Home

 >>  

Blog

 >>  

Kabel Listrik

 >>  

Kabel Listrik

 >>  

SERBA-SERBI KABEL LISTRIK / KABEL ELEKTRIKAL PART 2

Kabel Listrik

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

June 28, 2021

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

SERBA-SERBI KABEL LISTRIK / KABEL ELEKTRIKAL PART 2

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp




Masih bingung soal kabel listrik? Yuk simak penjelasan mengenai hal apa saja yang orang cari tentang kabel listrik!

Tentunya kabel listrik atau kabel elektikal tidak pernah luput dari aktivitas sehari-hari kita. Semua barang elektonik yang kita gunakan hampir seluruhnya menggunakan kabel listrik. Kabel elektrikal mempunyai jenis dan tipe yang beragam.

Tipe-tipe kabel elektrikal yaitu :

1.    Coaxial cable

Gambar kabel sepaksi atau kabel koaksial atau coaxial cable
Gambar coaxial cable

Coaxial cable atau kabel sepaksi atau koaksial adalah kabel tembaga dengan pelindung logam dan komponen lainnya yang bertujuan untuk memblokir gangguan sinyal. Kabel ini ditemukan pertama kali oleh seorang insinyur dan matematikawan Inggris bernama Oliver Heaviside pada tahun 1880.

2.     Communications cable

Gambar kabel listrik komunikasi atau communication cable
Gambar communications cable

Kabel komunikasi adalah kabel yang dipakai untuk mengirimkan sinyal informasi dan merupakan kabel paling umum yang digunakan untuk transmisi telepon, telegraf, sinyal televisi, dan lainnya.

3.     Direct-buried cable

Gambar direct-buried cable atau kabel listrik tanam langsung
Gambar direct-buried cable

Direct-buried cable atau kabel tanam langsung merupakan sejenis kabel elektrikal komunikasi atau transmisi dengan desain sedemikian rupa yang di khususkan untuk di tanam di bawah tanah tanpa tambahan pelindung kabel.

4.     Flexible cables

Gambar kabel listrik flexible atau fleksibel
Gambar flexible cable

Kabel elektrikal jenis ini merupakan kumpulan dari banyak kawat berukuran sangat kecil dan bersifat elastis. Kabel listrik tipe ini dapat di tekuk atau di gulung dengan mudah tanpa mengalami kerusakan dan banyak ditemukan pada alat elektronik rumah tangga.

5.     Heliax cable

Gambar kabel listrik heliax
Gambar heliax cable

Kabel heliax ini merupakan kabel elektrikal yang dirancang untuk mentransfer sinyal pada radio AM/FM, TV VHF/UHF dan sistem komunikasi lainnya.

6.     Non-metallic sheathed cable

Gambar kabel listrik selubung non logam
Gambar non-metallic sheathed cable

Non-metallic sheated cable atau kabel non-metallic sheathed ini merupakan kabel elektrikal yang didalamnya terdapat dua atau lebih kabel berinsulasi dan dilindungi lapisan plastik. Tipe kabel elektrikal satu ini biasa di sebut kabel NM atau kabel Romex.

7.     Multicore cable

Gambar kabel listrik multicore
Gambar multicore cable

Kabel multicore atau kabel dengan banyak inti merupakan tipe kabel listrik yang menggabungkan beberapa sinyal atau umpan daya ke dalam satu kabel. Disebut kabel dengan banyak inti, yang di maksud inti kabel ini berpacu pada jumlah koneksi yang dapat digunakan, bukan berdasarkan jumlah konduktor atau kabel di dalamnya.

8.     Paired cable

Gambar kabel listrik berpasangan
Gambar paired cable

Paired cable /kabel berpasangan terdiri dari dua konduktor yang biasanya digunakan dalam aplikasi DC atau AC frekuensi rendah. Kabel berpasangan ini memungkinkan transmisi sinyal yang lebih seimbang. Terdapat juga kabel berpasangan yang dililit, biasa di sebut  dengan twisted paired cable. Twisted paired cable ini biasa digunakan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar.

9.     Portable cord / kabel portabel

Gambar kabel listrik portabel
Gambar portable cord

Kabel portabel adalah kabel elektrikal dengan banyak konduktor yang digunakan sebagai sambungan tenaga listrik sementara yang membutuhkan fleksibilitas. Biasanya kabel ini digunakan pada peralatan rumah tangga, mesin, ekstensi daya dan lainnya.

10.  Ribbon cable

Gambar kabel listrik pita
Gambar ribbon cable

Ribbon cable atau kabel pita merupakan kabel elektrikal yang terdiri dari banyak kabel penghantar yang berjalan sejajar satu sama lain. Dinamakan kabel pita karena bentuk kabel ini lebar dan rata, mirip selembar pita.

11.  Shielded cable

Gambar kabel listrik terlindung
Gambar shielded cable

Shielded cable atau kabel terlindung merupakan kabel elektrikal dengan komponen pelindung untuk menghalau gangguan elektromagnetik dari luar. Komponen pelindung tersebut bisa berupa anyaman tembaga atau alumunium.

12.  Single cable

Gambar kabel listrik tunggal
Gambar single cable

Single cable atau kabel tunggal adalah kabel yang hanya memiliki satu inti kabel yang terdiri dari kabel tembaga tunggal. Kabel elektrikal tipe ini banyak digunakan dalam instalasi listrik rumah tinggal.

13. Submersible cable

Gambar kabel listrik submersibel
Gambar submersible cable

Kabel submersibel adalah kabel elektrikal dengan pelindung karet yang kuat untuk pemasangan di dalam lingkungan yang kering, lembab, atau basah. Kabel elektrikal tipe ini biasanya digunakan dalam pemasangan pompa air.

14.  Twinax cable

Gambar kabel listrik twinax
Gambar twinax cable

Kabel twinax merupakan kabel elektrikal sejenis kabel coaxial / kabel sepaksi. Perbedaanya terdapat pada jumlah konduktor dalamnya. Kabel twinax memiliki dua konduktor dalam sedangkan kabel sepaksi memiliki konduktor tunggal.

15.  Twin-lead cable

Gambar kabel listrik timah ganda
Gambar twin-lead cable

Twin-lead cable atau kabel timah ganda merupakan kabel listrik datar dengan dua konduktor yang digunakan sebagai saluran transmisi seimbang untuk membawa sinyal frekuensi radio (RF). Kabel ini terbuat dari dua kabel tembaga atau baja berlapis tembaga berjarak yang terpisah oleh pita plastik.

Kabel vs Kawat 

Gambar contoh kawat besi dan kabel
Gambar kawat dan kabel

Kabel dan kawat, kedua istilah ini tidak asing lagi di telinga masyarakat luas. Walaupun kegunaannya sama-sama sebagai penghantar listrik, tapi kedua benda ini memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini perbedaan antara kawat dan kabel :

Gambar tabel perbedaan antara kawat dengan kabel
Gambar tabel perbedaan kawat dan kabel

Kawat cocok untuk di gunakan dalam banyak hal, seperti dalam hal medis (kawat gigi), konstruksi bangunan (ram kawat), kecantikan (aksesoris), dan lainnya. Sedangkan untuk produk kabel kebanyakan di pakai di bidang pelistrikan.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk download aplikasi S-gala.com di playstore handphone kalian untuk mendapatkan promo dan peluang bisnis menarik dengan potensi untung jutaan rupiah per bulan! Atau segera hubungi CS kami untuk penjelasan lebih rinci.



'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Harga 
This is some text inside of a div block.
SPANDUK KECIL 1 X 1
SPANDUK ALAT LISTRIK 2 x 1
STAND FAN KAKI BULAT MASTAP 16" M-16844
Harga Lengkap Produk
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review-img
google-review-img

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis ResellerKebijakan Privasi
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review
google-review
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa