img-event01img-event02
Home

 >>  

Blog

 >>  

Kabel Otomotif

 >>  

Kabel Grounding

 >>  

Mengenal Lebih Jauh Kabel Grounding Mobil Dalam Dunia Otomotif

Kabel Grounding

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

June 6, 2021

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Mengenal Lebih Jauh Kabel Grounding Mobil Dalam Dunia Otomotif

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp




Kabel grounding mobil atau grounding cable adalah suatu kabel yang keberadaanya penting untuk sistem kelistrikan pada otomotif. Kabel grounding dalam dunia otomotif mobil merupakan kabel yang menghubungkan kutub negatif aki ke bagian / area mobil tertentu.

Hal ini bertujuan agar pada bagian atau area yang dihubungkan oleh kabel grounding mobil memiliki kualitas listrik negatif yang baik sehingga peralatan elektronik yang tersambung dapat bekerja secara maksimal.

Secara umum, fungsi utama dari kabel otomotif mobil satu ini adalah untuk menjaga kestabilan arus listrik. Pada saat kita akan menggunakan kabel grounding mobil kita harus memilih kabel yang kualitas tembaganya cukup baik.

Gambar kabel grounding mobil
Gambar kabel grounding mobil

Salah satu ciri grounding cable yang kualitasnya baik adalah kabel tersebut terasa tidak kaku. Selain itu kabel tersebut memiliki ketahanan suhu yang cukup tinggi mengingat suhu disekitar mesin mobil yaitu 80 - 90°C.

Secara umum grounding cable yang tersedia di lapangan adalah jenis kabel NYAF 10 mm2. Kabel tersebut ada yang dijual dengan satuan meteran ataupun per set yang memudahkan konsumen pada waktu pemasangannya.

Apabila kita membeli grounding cable meteran, maka kita perlu menyiapkan beberapa komponen lainnya misalkan terminal tembaga, sepatu kabel dll.

Untuk grounding cable yang siap pakai, di pasaran satu set tersedia yang 5 dan 7 titik grounding masing-masing sudah di lengkapi dengan bushbar / header tembaga yang di pasang di kutub negative dari accu.  

Berikut ini adalah contoh grounding cable mobil siap pasang yang terdapat di pasaran.

Gambar kabel grounding 5 kabel
Gambar kabel grounding 5 titik

Kabel grounding mobil seperti diatas tersedia di situs market place dan dijual dengan harga berkisar Rp. 165.000,-

Gambar kabel grounding mobil 7 titik
Gambar kabel grounding mobil 7 titik

Kabel grounding mobil seperti diatas yang dijual di market place dengan harga berkisar Rp. 205.000.-

Tempat jual kabel grounding mobil dapat banyak kalian temukan di market place.

Titik Penempatan Kabel Grounding Mobil

Kabel grounding mobil ini menghubungkan kutub negatif dari accu ke bagian mobil lainnya,umumnya ada 5 bagian mobil yang di pasang kabel tersebut, yaitu pada:

  • Body / cassis mobil
  • Dekat alternator
  • Pada blok mesin
  • Kepala silinder
  • ECU

Body atau cassis mobil

Gambar kabel grounding mobil pada body
Gambar kabel grounding mobil pada body

Jalur ini biasa digunakan sebagai kutub negatif dari peralatan yang tersambung ke sistem kelistrikan mobil.

Peralatan tersebut adalah jenis peralatan yang sederhana misalkan lampu, power window, tape mobil, ataupun peralatan variasi mobil yang sederhana lainnya.

Apabila kualitas grounding di area ini kurang baik maka cahaya lampu mobil akan terasa kurang terang ataupun gerakan power window (naik atau turun) juga terasa agak lambat.

Selain itu hasil suara dari tape mobil pun terkadang terdapat suara “ nging ”, yang mana suara tersebut akan semakin jelas terdengar di telinga kita apabila mobil sedang kita gas. Suara seperti ini secara teknis sering disebut stroring.

Kabel Grounding Dekat alternator

Gambar kabel grounding mobil di dekat alternator
Gambar kabel grounding mobil di dekat alternator

Jalur grounding di sini diperlukan agar kinerja alternator menjadi baik. Mengingat fungsi dari alternator yang bertugas merubah putaran mesin menjadi energi listrik sebesar 12 Volt sampai dengan 14 Volt yang nantinya digunakan untuk mengcharge accu adalah cukup penting.

Jadi apabila sistem grounding di area ini tidak baik, maka kinerja alternator juga akan terganggu sehingga mengakibatkan sistem kelistrikan di mobil tidak dalam keadaan yang baik / optimal.

Dalam kondisi normal tegangan arus listrik di accu adalah 12 – 12,5 Volt, hal ini akan terus turun apabila accu sedang di gunakan untuk mendukung kerja sistem kelistrikan dimobil.

Oleh sebab itu, pada saat accu sedang di gunakan sebaiknya energi listrik yang berasal dari alternator juga harus siap untuk mengisi kembali accu.    

Blok mesin

Gambar blok mesin mobil
Gambar blok mesin mobil

Pada blok mesin di perlukan jalur grounding listrik yang baik hal ini dikarenakan pada blok mesin banyak peralatan elektronik seperti knock sensor, Engine Coolant Temperature, distributor, dipengapian, koil, Vehicle speed sensor, PNP switch, RPM sensor dan lain-lain yang menempel di permukaan atau terpasang di dalam blok mesin yang memerlukan kestabilan sistem kelistrikan yang cukup baik.

Sehingga dengan adanya jalur grounding yang baik maka kinerja dari mesin diharapkan baik juga karena sensor-sensor tersebut akan bekerja dengan optimal dan dapat memberikan informasi ke ECU dengan baik.  

Kepala silinder

Gambar kabel grounding dekat kepala silinder
Gambar kabel grounding dekat kepala silinder

Pada kepala silinder diperlukan jalur grounding yang baik, karena pada bagian ini terdapat proses pembakaran bahan bakar yang akan di rubah menjadi gerakan mekanik mesin yang berfungsi untuk mengerakan roda mobil.

Proses ini memerlukan sistem grounding yang baik agar ruangan bertekanan tinggi yang ada di permukaan piston bisa terjadi pembakaran yang sempurna.  

Gambar area pembakaran bahan bakar
Gambar area pembakaran bahan bakar

Pembakaran tersebut berasal dari bahan bakar yang ada di area tesebut yang di beri percikan bunga api oleh busi.  

Gambar busi api
Gambar busi api

Pada sistem grounding yang baik, maka api yang menyala di busi akan cukup besar. Hal ini disebabkan muatan listrik posisif yang ada di permukaan kepala busi akan melompat menuju permukaan besi yang melengkung di atas kepala busi.

Hal ini bisa terjadi karena besi tersebut terhubung ke sistem grounding sehingga bermuatan negative. Apabila sistem grounding tidak sempurna, maka api di busi tersebut kurang baik kualitasnya sehingga akan menurunkan performa mesin mobil kita.

ECU

Gambar ECU mobil
Gambar ECU mobil

Gambar diatas menunjukan model salah satu Ecu di mobil yang merupakan otak dari sistem kerja mobil. Salah satu tugas dari ECU adalah menganalisa temperatur mesin.

Sebagai contohnya, apabila mesin mencapai temperatur 80°C maka ECU akan memerintahkan kipas pendingin mesin untuk nyala dan apabila temperatur mesin sudah mencapai  50°C maka ECU memerintahkan kipas pendingin untuk mati.

Misalkan sensor temperature mesin merubah informasi temperatur mesin 80°C ke dalam bentuk tegangan listrik sebesar  5 Volt. Karena sistem grounding di ECU kurang baik, maka informasi temperatur yang di terima oleh ECU tidak 5 Volt lagi, biasanya berkurang misalkan menjadi 4,5 Volt.

Sehingga ECU mendeteksi temperatur mesin masih dibawah 80°C dan kipas pendingin belum perlu beroperasi. Hal ini akan membuat kondisi mesin tidak dalam temperatur yang normal.

Dalam waktu yang lama, apabila kondisi tersebut di biarkan akan mengakibatkan sistem pelumasan di mesin akan terganggu. Oleh sebab itu sistem grounding di ECU sebaiknya kita buat sebaik mungkin sehingga ECU dapat mengontrol sistem kelistrikan lebih baik.

Untuk grounding cable yang jumlahnya 7 titik maka biasanya pemasangannya sama dengan grounding cable 5 titik seperti penjelasan diatas namun untuk 2 titik kabel sisanya lagi, biasanya salah satu kabel di pasang di bagian body mobil sisi lainnya lagi yang belum terpasang grounding cable.

Lalu sisa 1 titik kabel lagi biasanya di pasang pada kompresor AC mobil seperti gambar di bawah ini.

Gambar kabel grounding dekat kompresor AC
Gambar kabel grounding dekat kompresor AC

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya!

Jangan lupa untuk download aplikasi S-gala.com di playstore handphone kalian untuk mendapatkan promo dan peluang bisnis menarik dengan potensi untung jutaan rupiah per bulan! Atau segera hubungi CS kami untuk penjelasan lebih rinci.



'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Harga 
This is some text inside of a div block.
SPANDUK KECIL 1 X 1
SPANDUK ALAT LISTRIK 2 x 1
STAND FAN KAKI BULAT MASTAP 16" M-16844
Harga Lengkap Produk
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-Gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review-img
google-review-img

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis ResellerKebijakan Privasi
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review
google-review
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa