Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Fungsi Kabel Grounding Tambahan pada Mobil

July 6, 2022
Cover Kabel Grounding Tambahan pada Mobil
Iklan Sponsor

Pada kendaraan bermotor pada khususnya sistem kelistrikan mobil atau motor, seringkali kita mendengar istilah kabel grounding.

Apa sebenernya kabel grounding itu dan mengapa harus ada pada kendaraan bermotor?

Mari kita bahas satu persatu.

Apa itu Kabel Grounding Tambahan pada Mobil?

Kabel grounding pada mobil adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan kutub negatif baterai (aki) ke bodi mobil atau motor.

Hal ini membuat seluruh bodi yang terbuat dari logam yang dapat menghantarkan listrik mendapat listrik negatif dari baterai.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan instalasi sistem kelistrikan dan dapat menghemat kabel yang digunakan karena tidak harus melulu menarik kabel negatif dari baterai.

Kabel ground ini juga berfungsi dapat menjaga supply arus listrik secara stabil dan memudahkan dalam pengecekan sistem kelistrikan pada kendaraan.

Selain terhubung dengan bodi kendaraan, kabel ground ini juga terhubung dengan bodi pada mesin kendaraan sehingga mesin dapat bekerja dengan baik.

Jenis Kabel yang Dipakai untuk Kabel Grounding Kendaraan

Contoh kabel grounding yang dijual di marketplace
Beberapa pilihan kabel ground yang ada di pasaran
Kabel grounding standard kecil vs custom besar
Perbedaan kabel ground AWG kecil (nomor besar) – kiri dan AWG besar (nomor kecil) - kanan

Karena fungsinya sebagai backbone (tulang punggung) yang mengalirkan arus listrik negatif, maka kabel ini harus berukuran cukup besar sehingga dapat menghantarkan arus listrik yang besar ke bodi mobil.

Kabel ini biasanya berjenis NYAF (serabut) berukuran minimal 4 AWG (American Wire Gauge) atau nomor yang lebih kecil (semakin kecil nomornya semakin besar ukuran kabelnya dan semakin besar dapat menghantarkan arus listrik) dan memiliki skun yang besar juga yang dapat dihubungkan ke terminal negatif baterai dan bodi mobil.

Dimana Memasang Kabel Ground Mobil?

Berikut ini adalah salah satu contoh titik-titik grounding pada mobil yang sudah dedesain sedemikian rupa oleh pabrik mobil.

Posisi pemasangan kabel grounding mobil
Salah satu contoh titik-titik pemasangan kabel ground pada kendaraan

Sebagai informasi tambahan, pabrikan mobil dan motor sudah memperhitungkan posisi atau titik penempatan pasang kabel grounding pada body mobil dan motor sehingga listrik dapat tersalurkan dengan baik, sehingga jika kalian memodifikasi atau mengganti kabel grounding, pastikan titik-titik terminal pada bodi kendaraan terhubung dengan baik untuk mencegah terjadinya kesalahan pada sistem kelistrikan kendaraan.

Biasanya pemasangan kabel grounding di dunia otomotif dilakukan di lebih dari 5 titik pada mesin kendaraan.

Selain itu pastikan kabel grounding yang kalian gunakan memiliki kualitas yang baik juga karena dengan kualitas atau pemasangan kabel grounding yang tidak baik akan membuat sistem kelistrikan pada blok-blok mesin kendaraan tidak dapat berfungsi dengan baik bahkan dapat membuat kinerja mesin tidak optimal.

Apalagi untuk kendaraan-kendaraan jaman sekarang yang sudah menggunakan sistem komputer (ECU dan sistem terintegrasi lainnya), maka sistem kelistrikan harus benar-benar sangat baik kinerjanya.

Jadi Apa yang Akan Terjadi Jika Tidak Menggunakan Kabel Grounding Tambahan Pada Mobil?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, peran penambahan kabel grounding mobil sangatlah penting.

Kabel grounding mobil ini memperlancar penyebaran energi ke seluruh area mobil.

Jika kabel grounding mobil kalian tidak baik atau bahkan tidak dipasangkan, maka yang akan terjadi adalah energi listrik akan menemui banyak hambatan saat mengalir.

Tentunya hal ini akan membuat kerja sistem mobil jadi berat ya! Selain itu, mobil dan motor kalian performa mesinnya juga jadi tidak akan optimal.

Ciri-ciri umum yang biasa terlihat jelas jika mobil kalian menggunakan sistem grounding yang buruk adalah lampu depan tidak dapat menyala optimal.

Selain redup, cahaya yang dihasilkan akan berkedip-kedip atau tidak stabil alias flickering.

Jadi pastikan mesin mobil dan motor kalian menggunakan sistem grounding dengan kualitas kabel yang baik ya!

Dapatkan kabel grounding mobil berkualitas harga bersahabat hanya di s-gala.com.

Intip juga peluang bisnis menarik dengan modal kecil berpotensi untung jutaan rupiah per bulan melalui kontak CS kami ya!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup