Annual Event
Home

 >>  

Blog

 >>  

Kabel Listrik

 >>  

Kabel Listrik 3 phase

 >>  

Mengenal & Mengukur Kabel Listrik 3 Phase

kabel listrik 3 phase

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

January 3, 2021

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Mengenal & Mengukur Kabel Listrik 3 Phase

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp




Arus listrik terbagi menjadi 2, yaitu arus listrik searah (Direct Current - DC) dan arus listrik bolak balik (Alternating Current - AC).

Dinamakan arus listrik bolak balik karena listrik ini mempunyai bentuk gelombang sinusoidal yang artinya polaritasnya berubah-ubah antara kutub positif dan negatif.  

Untuk listrik PLN sendiri, arus yang digunakan adalah arus AC. Arus AC digunakan karena lebih mudah untuk dinaik turunkan tegangan dan kuat arusnya serta kerugian listrik yang terjadi dapat lebih kecil pada transmisi jarak jauh.

Arus Listrik 1 Phase & 3 Phase

Pada arus AC ada 2 jenis fasa (phase) yaitu 1 phase (fasa tunggal) dan 3 phase (3 fasa).

Arus listrik 1 Phase

Tegangan 1 fasa merupakan instalasi listrik AC yang menggunakan dua kabel penghantar yaitu kabel live (fasa) dan kabel netral. Sistem 1 fasa di Indonesia sendiri menggunakan spesifikasi tegangan 220VAC, sedangkan untuk di beberapa negara lain besar tegangan ini bervariasi mulai dari 100 -240 VAC. Untuk jaringan 1 fasa ini biasanya digunakan pada perumahan atau industri kecil yang tidak menggunakan daya besar.

Arus listrik 3 Phase (R S T)

listrik 3 fasa
Gambar gelombang sinusoidal sistem 3 fasa dengan perbedaan sudut 120 derajat.

Sedangkan sistem kabel listrik 3 phase merupakan instalasi listrik yang menggunakan 3 gelombang sinusoidal yang mempunyai perbedaan sudut sebesar 120 derajat.

Jaringan 3 fasa ini digunakan oleh perusahaan listrik (PLN) untuk mensuplai listrik dari pembangkit listrik sampai ke Jaringan Tegangan Rendah (JTR) yang berada di wilayah rumah pelanggan listrik.

Dengan sistem 3 fasa ini akan membuat daya yang dihasilkan oleh pembangkit listrik bisa lebih besar sehingga dapat lebih banyak mensuplai rumah-rumah atau industri dan beban dapat terbagi juga dengan sistem 3 fasa ini.

Telah disebutkan sebelumnya bahwa untuk perumahan sendiri biasanya menggunakan jaringan listrik 1 fasa, namun untuk kebutuhan listrik yang besar, seperti diatas 3500VA pelanggan listrik biasanya akan diberikan 2 (diambil 2 fasa dari sistem 3 fasa) atau 3 fasa.

Untuk jaringan 3 fasa sendiri terdiri dari 4 penghantar listrik yaitu 3 kabel live (R S T) dan 1 netral (N) untuk jaringan 2 fasa terdiri dari 2 kabel live dan 1 penghantar netral.

Maka dari itu, jika kalian melihat jaringan SUTET, kalian akan melihat ada 3 kabel yang digunakan untuk 1 sirkuitnya (3 kabel untuk fasa). Jalur netral sendiri akan muncul setelah tegangan diturunkan oleh transformer.  

SUTET 3 phase
Gambar SUTET yang mengalirkan listrik 3 phase

PLN sendiri menggunakan tegangan 380VAC untuk sistem 3 phase ini, sedangkan untuk beberapa industri atau negara lain yang memiliki pembangkit listrik sendiri ada yang menggunakan tegangan 400VAC, 480VAC, dan 690VAC.

Rangkaian untuk Dasar Menyambung Kabel Listrik 3 Phase

Terdapat 2 rangkaian pada sistem kabel listri 3 phase, yaitu tipe rangkaian Y (star) dan delta. Rangkaian ini biasanya digunakan pada:

  • Transformer
  • Motorlistrik
  • Generator
  • Sistem distribusi listrik

Rangkaian Y (Star)

rangkaian y 3 phase
Gambar rangkaian 3 fasa bentuk star

Pada rangkaian star terdapat titik x atau pertemuan antara jalur fasa.

Titik x ini kita sebut dengan jalur netral dan rangkaian star ini biasanya digunakan ditransformer untuk distribusi jaringan ke perumahan sehingga menghasilkan 4 kawat penghantar (3 fasa dan 1 kabel netral) sehingga jika kita ukur dari titik ketitik (dengan asumsi tegangan yang digunakan 380VAC), maka bisa dibagi menjadi:

Tegangan fasa ke fasa:

Titik a ke b: 380VAC

Titik a ke c: 380VAC

Titik b ke c: 380VAC

Tegangan fasa ke netral:

Titik a ke x: 220VAC

Titik b ke x: 220VAC

Titik c ke x: 220VAC

Rangkaian Delta

rangkaian delta 3 phase
Gambar rangkaian 3 fasa bentuk delta

Rangkaian delta sendiri memiliki ciri khas berbentuk segitiga dan tidak terdapat titik tengah pertemuan dari ketiga fasa sehingga pada rangkaian ini tidak terdapat jalur netral dan hanya terdapat titik fasa ke fasa saja.

Rangkaian ini biasanya digunakan pada transformer yang mengalirkan listrik dari pembangkit listrik ke jaringan distribusi.

Sehingga jika kita ukur tegangannya dari titik ke titik (dengan asumsi tegangan listrik yang digunakan 380VAC), menjadi:

Tegangan fasa ke fasa:

Titik a ke b: 380VAC

Titik a ke c: 380VAC

Titik c ke b: 380VAC

Cara Mengukur Listrik 3 Phase

Setelah mengetahui sistem kelistrikan 3 fasa mari kita coba praktikan pengukuran titik ke titik pada salah satu panel listrik yang menerapkan sistem kabel listrik 3 fasa ini.

panel listrik 3 phase
Gambar panel listrik 3 phase untuk jalur yang akan diukur ditandai dengan titik A, B, C dan X (gambar kanan)
pengukuran kabel listrik 3 phase fasa ke fasa
Gambar pengukuran fasa ke fasa dari kiri ke kanan: titik A ke B, titik B ke C, dantitik A ke C yang terlihat menghasilkan pengukuran tegangan ±380VAC.
pengukuran listrik 3 phase fasa ke netral
Gambar pengukuran fasa ke netral (X) dari kiri ke kanan: titik C ke X, titik B ke X,titik A ke X yang terlihat menghasilkan pengukuran tegangan ±220VAC.

Menginstalasi kabel listrik 3 phase pada perumahan sendiri biasanya digunakan untuk menggerakan motor atau AC (Air Conditioning) dengan daya besar. Jadi jika kalian membutuhkan tegangan 380VAC, kalian dapat menghubungkan perangkat ke titik fasa ke fasa sedangkan jika tegangan yang dibutuhkan 220VAC, kalian dapat menghubungkan perangkat ketitik fasa ke netral.

Semoga artikel kali ini bermanfaat ya!

Jangan lupa untuk mampir ke artikel s-gala.com lainnya untuk memperoleh banyak ilmu berguna terkait dunia listrik.

Mampir juga ke katalog kami atau hubungi segera admin kami untuk mendapatkan informasi menarik seputar peluang bisnis dengan potensi untung jutaan rupiah per bulan!



'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Harga 
This is some text inside of a div block.
SPANDUK KECIL 1 X 1
SPANDUK ALAT LISTRIK 2 x 1
STAND FAN KAKI BULAT MASTAP 16" M-16844
Harga Lengkap Produk
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review-img
google-review-img

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis ResellerKebijakan Privasi
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review
google-review
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa