Annual Event
Home

 >>  

Blog

 >>  

Kabel Otomotif

 >>  

kabel otomotif mobil

 >>  

Bahas Tuntas Seputar Kabel Otomotif Mobil

gambar sistem kelistrikan mobil

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

February 5, 2021

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Bahas Tuntas Seputar Kabel Otomotif Mobil

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp




Pada artikel sebelumnya, kita membahas dengan rinci mengenai kabel otomotif. Kali ini kita akan fokus membahas tuntas mengenai kabel otomotif pada mobil.

PENTINGNYA SISTEM PERKABELAN PADA MOBIL

Sistem kabel otomotif mobil
Sistem kelistrikan pada mobil

Secara umum sistem kelistrikan pada mobil merupakan hal yang vital bagi kendaraan. Salah satu komponen yang penting untuk sistem kelistrikan adalah kabel otomotif.

Kabel ini digunakan untuk membawa atau menyalurkan arus listrik dari baterai ke komponen-komponen dalam pelistrikan mobil dan menghubungkan satu komponen dengan lainnya.

Kabel ini digunakan untuk membawa atau menyalurkan arus listrik dari baterai ke komponen-komponen dalam pelistrikan mobil dan menghubungkan satu komponen dengan lainnya.

Untuk menghubungkannya, kabel harus berasa pada posisi yg tepat. Mengapa? Karena ketika kita tidak memasang kabel secara benar dan tepat, dapat terjadi konsleting pada kendaraan kita.

Sistem kelistrikan mobil merupakan hal yang sangat penting bagi kendaraan karena sistem ini merupakan sumber tenaga penggerak bagi kendaraan.

Begitu pula penerangan pada mobil merupakan hasil dari sistem kelistrikan mobil.

Masih banyak komponen lain yang digerakkan oleh tenaga listrik, seperti pembakaran bahan bakar, motor starter, motor wiper, sistem pendingin atau air conditioner (AC), sistem penerangan lampu depan, lampu kota, lampu sein, lampu hazard, lampu plat nomor, rem lampu dan lampu mundur dan sebagainya.

Semakin modern suatu kendaraan maka semakin banyak menggunakan tenaga listrik.

Saat melakukan perbaikan pada kendaraan, beberapa rangkaian listrik / unit elektronik perlu dilepas untuk memudahkan pekerjaan agar hasil pekerjaannya optimal.

Setelah menyelesaikan pekerjaan reparasi tentunya mekanik dituntut untuk dapat mengembalikan komponen yang telah dilepas, hingga dapat berfungsi dengan baik kembali.

Komponen kelistrikan bodi antara lain sistem penerangan, sistem persinyalan (sein dan klakson), pengukur kombinasi, sistem wiper dan washer, serta komponen lain yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

JENIS, ARTI, DAN FUNGSI KABEL OTOMOTIF MOBIL

Kabel otomotif mobil terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :

  • Kabel audio mobil
  • Kabel busi mobil
  • Kabel body / grounding
  • Kabel temperatur mobil
  • Kabel AC
  • Kabel ACC
  • Kabel RPM

Kabel Audio Mobil

Kabel otomotif mobil kabel audio
Gambar kabel audio untuk mobil

Kabel audio mobil merupakan kabel yang digunakan sebagai penghubung gelombang listrik yang memiliki stabilitas muatan karakter sinyal terhadap komponen yang dihubungkan.

Kabel audio ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dan sinyal suara sehingga menghasilkan suara yang dapat didengar dan dinikmati pengendara mobil.          

Kabel Audio Mobil memiliki beberapa jenis kabel :  

Kabel setrum

kabel setrum audio mobil
Gambar kabel setrum pada mobil

Kabel setrum pada audio mobil berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari aki ke power amplifier. Kabel jenis ini memiliki beragam ukuran yang dibedakan menggunakan satuan AWG (American Wire Gauge).

Semakin kecil angka AWG, maka kabel tersebut akan semakin besar, dan begitu juga sebaliknya. Ukuran kabel harus disesuaikan dengan penggunaannya, semakin banyak power yang dipakai, maka kabel yang digunakan juga semakin besar.

Kabel RCA (Radio Corporation of America)

Kabel otomotif mobil RCA
Gambar kabel RCA

Kabel RCA berfungsi untuk menghantarkan sinyal suara head unit ke prosessor atau power. Jenis dan susunan lapisan kabel RCA bervariasi dan bisa mempengaruhi suara yang dihasilkan.

Misalnya saja ada yang susunan kabelnya dikepang agar arus bolak-balik atau AC tidak merusak suara. Ada pula dengan pemakaian serat kabel berlainan ukuran dalam satu wadah agar nada suara bisa dipilah-pilah.

Kabel speaker

kabel speaker mobil
Gambar kabel speaker pada mobil

Kabel speaker memiliki fungsi yang sama seperti kabel , yaitu menyalurkan sinyal suara. Namun, diameterkabel  ini biasanya lebih kecil dari kabel .

Ukuran kabel yang dipakai tergantung dari jenis speakernya. Untuk kabel biasanya menggunakan kabel dengan ukuran 16-18 , sedangkan kabel untuk subwoofer biasanya menggunakan ukuran yang agak besar, yaitu 12-10 .

Harga kabel speaker iniberkisar Antara Rp 50.000,- sampai dengan Rp 350.000,-.

Untuk penjelasan lebih rinci mengenai kabel audio pada mobil, bisa kalian baca pada artikel S-gala.com berjudul Kabel Audio Mobil, Si Penyelamat yang Buat Perjalananmu Menyenangkan Selama Di Mobil.

Kabel Busi Mobil

kabel busi mobil
Gambar kabel busi untuk mobil

Kabel busi merupakan salah satu kabel yang penting bagi mobil. Kabel busi pada mobil berfungsi untuk mengalirkan tegangan tinggi (30 ribu hingga 50ribu volt) yang dihasilkan oleh koil pengapian ke busi.

Ketika terpapar panas dan getaran, karbon pada kabel bisa menjadi longgar dan mengurangi konduksi di antara koil dan busi. Untuk performa mesin yang optimal, kabel busi harus diganti secara periodik.

Lalu bagaimana cara menguji kabel busi sehingga kita dapat memeriksa atau menghindari berbagai masalah seperti gagal distarternya mesin dan gangguan radio statis?

Cara menguji kabel busi

Periksa gejala-gejala. 

Kabel busi yang rusak akan menunjukkan tanda-tanda penurunan kualitas seperti : keadaan nirbeban yang tidak teratur, mesin gagal distarter, gangguan radio , jarak tempuh bahan bakar berkurang, Tes emisi yang gagal karena emisi hidrokarbon yang tinggi atau kode bermasalah yang menunjukkan silinder tidak nyala, dan lampu pengecekan mesin bermasalah.

Periksa kabel-kabel. 

Gunakan senter atau daerah yang bagus pencahayaannya untuk melakukan pemeriksaan visual pada kabel busi.

Hidupkan mesin. 

Cari busur listrik atau dengarkan suara berdentur yang menunjukkan kebocoran tegangan tinggi.

Gunakan kabel jumper untuk mentanahkan obeng yang terisolasi dengan baik. 

Tarik obeng ke arah panjang dari setiap kabel busi, di sekeliling koil, dan rumahan busi. Jika terlihat busur listrik dari kabel ke obeng, artinya ada kabel yang rusak.

Gunakan botol penyemprot berisi air untuk menyemprot kabel. 

Anda harus menyemprotkan air di dekat rumahan busi yang terpasang pada busi apabila ingin melihat terjadinya busur listrik dan adanya kabut.

ika ditemukan busur listrik pada rumahan busi di dekat busi, matikan mesin. Kemudian pindahkan rumahan busi dari busi dan periksa di dalam rumahan busi jika ada jejak karbon. Jika ada jejak karbon, busi juga perlu diganti.

Lakukan pengujian ketahanan kabel busi. 

Cari nilai ketahanan busi pada buku manual kendaraan.

Periksa klip pegas yang menahan kabel di dalam tutup distributor.

Klip yang rusak bisa menyebabkan kabel selip karena klip tersebut tidak menahan posisi kabel.

Pastikan busi Anda dirutekan dengan layak. 

Lihat buku manual kendaraan untuk membantu dalam tugas ini. Pengkopelan silang bisa menyebabkan pengurasan energi.

Untuk penjelasan lebih detai mengenai kabel busi bisa kalian cek di artikel blog S-gala.com dengan judul Kabel Aki & Kabel Busi Mobil, Penting Lho!

Kabel Otomotif Mobil Body / Kabel Grounding

kabel grounding mobil
Gambar kabel grounding body mobil

Kabel otomotif mobil pada body atau biasa disebut kabel grounding ini memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan arus listrik serta membuat performa kelistrikan semakin sempurna. Kabel ini menghubungkan aki negative dengan casis mobil.

Untuk penjelasan detail mengenai kabel grounding dapat kalian baca di artikel blog S-gala.com dengan judul Mengenal Lebih Jauh Istilah Kabel Grounding Mobil.

Kabel Temperature Mobil

kabel temperatur mobil
Gambar kabel temperatur pada mobil

Kabel temperature pada mobil merupakan indikator pengukur suhu mesin atau temperatur pada kendaraan yang sudah memiliki radiator.

Kabel otomotif mobil jenis ini memiliki fungsi sebagai patokan untuk melihat suhu keamanan mesin dalam berkendara. Selain itu dapat memberi info akurat tentang suhu mesin dalam batasan aman maupun tinggi.

Kabel AC

Kabel AC mobil
Gambar kabel AC pada mobil

Kabel AC adalah kabel untuk mekanisme pergantian udara dari dalam mobil ke luar mobil dengan fungsi pengaturan suhu ruang.

Kabel ACC

Kabel otomotif mobil satu ini mengalirkan daya listrik ketika pengguna mobil memasukkan kunci mobil ke sakelar. Kabel ini dihubungkan dengan bagian untuk menyalakan sakelar mobil.

Kabel ACC mobil
Gambar kabel ACC pada mobil

Ketika kita memasukkan kunci ke sakelar kontak kunci mobil dan memutarnya ke kiri, maka sirkuit ACC ini akan menyala.

Ini akan memungkinkan kita untuk mengoperasikan radio, jendela dan aksesoris lainnya, tetapi tidak menyalakan pompa bahan bakar dan kontrol mesin lainnya.

Hal ini menghemat daya baterai saat kita perlu mengoperasikan komponen kendaraan tanpa mesin menyala.

Kabel RPM

Gambar kabel RPM untuk mobil
Gambar kabel RPM untuk mobil

Kabel ini mengatur perputaran mesin dalam satuan RPM dengan cara menghubungan dengan panel spidometer sehingga dapat membaca putaran mesin.

Setiap jenis kabel otomotif mobil banyak di jual di pasaran dengan berbagai merk dan daftar harga yang berbeda setiap merk nya. Kamu akan dapat dengan mudah menemukannya di market place, website atau toko offline.

Sekian pembahasan tentang kabel otomotif mobil kali ini. Mudah – mudahan bermanfaat ya!

Jangan lupa untuk download aplikasi S-gala.com di playstore handphone kalian untuk mendapatkan promo dan peluang bisnis menarik dengan potensi untung jutaan rupiah per bulan! Atau segera hubungi CS kami untuk penjelasan lebih rinci.



'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Harga 
This is some text inside of a div block.
SPANDUK KECIL 1 X 1
SPANDUK ALAT LISTRIK 2 x 1
STAND FAN KAKI BULAT MASTAP 16" M-16844
Harga Lengkap Produk
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review-img
google-review-img

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis ResellerKebijakan Privasi
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review
google-review
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa