img-event01img-event02
Home

 >>  

Blog

 >>  

Kabel Otomotif

 >>  

Kabel otomotif motor

 >>  

Informasi Lengkap Seputar Kabel Otomotif Motor

Gambar mesin pada sepeda motor

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

February 5, 2021

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Informasi Lengkap Seputar Kabel Otomotif Motor

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp




Motor itu emang pakai kabel ya? Kabel di motor itu gunanya apa? Ada berapa jenis kabel? Pertanyaan awam yang sering kali ditanyakan oleh para pengendara motor yang belum mengetahui mengenai komponen-komponen yang ada pada dunia otomotif.

Ternyata kabel itu menjadi salah satu hal penting dalam rangkaian kelistrikan otomotif. Kabel merupakan komponen penghantar yang berfungsi untuk menghubungkan antara komponen satu dengan yang lainnya pada sebuah rangkaian kelistrikan.

Kabel yang digunakan pada kendaraan, baik pada kendaraan sepeda motor, kendaraan ringan maupun kendaraan diesel dikategorikan sebagai kabel otomotif yaitu spesifikasi kabel yang disesuaikan dengan keperluan kendaraan pada umumnya yang memiliki tegangan kerja 12/ 24 DC Volt.

Gambar kelistrikan pada sepeda motor
Gambar kelistrikan pada sepeda motor

Komponen Pada Kabel

Dalam kabel otomotif, terdapat komponen-komponen antara lain:

Penghantar

Penghantar atau konduktor adalah bagian dari kabel otomotif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik. Penghantar yang baik dan berkualitas biasanya terbuat dari tembaga murni.

Isolator

Isolator untuk kabel merupakan bagian dari kabel yang terbuat dari bahan dielektrik. Yang dimaksud dengan bahan dielektrik adalah bahan yang tidak dapat menghantarkan arus.

Isolator ini berfungsi untuk melindungi atau mengisolasi penghantar satu dan lainnya agar tidak saling berhubungan. Isolator juga berfungsi untuk melindungi lingkungan sekitarnya agar tidak terjadi kebocoran arus.

Isolator dilengkapi dengan komponen pelindung dari gaya elektromagnetik yaitu untuk melindungi arus listrik dari pengarus gaya elektromagnetik.

Pelindung luar

Bagian ini berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap kabel dari kerusakan mekanis, pengaruh bahan kimia, api dan hal-hal lain yang dapat merugikan.

Jenis dan Fungsi Kabel Otomotif Motor

Secara umum kabel otomotif motor digunakan untuk menunjang kinerja mesin pada sistem kelistrikan motor seperti aki, busi, klakson, dan spul.

Kinerja bagian-bagian mesin pada motor tidak lepas dari kabel yang menghubungkan satu bagian dengan bagian mesin lainnya.

Kabel aki motor

Gambar kabel aki motor
Gambar kabel aki motor

Kabel otomotif motor satu ini memiliki fungsi paling penting yaitu untuk menyalurkan arus listrik dari aki motor ke starter, untuk kemudian didistribusikan ke komponen listrik lainnya.

Kabel aki yang berkualitas terbuat dari tembaga sepenuhnya, bukan besi yang dilapisi tembaga. Nah kabel aki ini menggunakan kabel penghantar arus besar sehingga kabel ini tebal tapi tetap harus fleksibel agar mudah dilakukan instalasi.

Pastikan juga kabel terpasang dengan kencang dan disolder di terminalnya.

Kabel Busi

Gambar kabel busi motor
Gambar kabel busi motor

Fungsi utama dari kabel busi ini adalah menghantarkan arus listrik dari koil ke busi dengan tujuan agar aliran listrik dapat diubah menjadi bunga api oleh busi.

Sifat kabel busi tidak jauh berbeda dengan sifat elektrikal, yaitu semakin kecil hambatan pada kabel busi, kian maksimal pula kerja busi tersebut.

Untuk mendukung fungsinya maka kabel yang digunakan biasanya berdiameter besar agar beban listrik yang dikirimkan juga besar, tapi tetap disarankan untuk didukung dengan material kabel yang baik juga.

Kabel otomotif motor pada klakson

Gambar kabel klakson pada motor
Gambar kabel klakson pada motor

Klakson merupakan komponen yang penting keberadaannya untuk motor. Dengan menggunakan klakson maka kita bisa mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Klakson memberikan sinyal peringatan pada kendaraan lain dengan menggunakan suara. Komponen-komponen pada sistem kelistrikan klakson terdiri dari baterai, sekering atau fuse,relay, saklar, klakson dan kabel penghantar.

Dalam tahap pengembangannya saat ini ada klakson yang menggunakan relay dan tidak menggunakan relay. Fungsi utama relay adalah menjaga kestabilan daya listrik dari klakson,jadi arus listrik yang ditarik menjadi tidak terlalu besar, aki menjadi lebih awet.

Kabel pada klakson berfungsi untuk menyambung dan menghantarkan arus listrik untuk setiap bagian sistem kelistrikan pada klakson. Jika klakson tidak berbunyi, salah satu penyebabnya bisa dari kabelnya apakah ada bagian yang terlepas / putus.

Jika ada bagian yang lepas dapat segera di pasang kembali agar klakson dapat bekerja normal.

Kabel Spul

Gambar spull motor
Gambar spull dan kabel spull motor

Pada setiap spul (stator coil) sepeda motor tidak terlepas dari kabel yang berfungsi untuk menyalurkan arus atau penghubung arus dari komponen satu ke lainnya. Kabel spul ini berfungsi sebagai spul pengapian atau sumber pengapian yang dikeluarkan oleh busi. Jika spul ini lemah atau rusak maka sepeda motor tidak akan mengeluarkan api dari busi. Kabel spul ini terdiri dari 4 warna, yaitu:

Warna Kabel Hitam - Garis Merah

Warna kabel hitam garis merah dari spul digunakan sebagai kabel arus awal pada sistem pengapian. Kabel spul ini berfungsi sebagai spul pengapian atau sumber pengapian yang dikeluarkan oleh busi, jika spul ini lemah atau rusak maka sepeda motor tidak akan mengeluarkan api dari busi.

Warna Kabel Kuning 

Warna kabel kuning pada spul motor difungsikan sebagai arus awal dari lampu penerangan motor yang melewati kiprok terlebih dahulu untuk merubah arus AC dari spul menjadi arus DC ke lampu utama.

Warna Kabel Putih 

Warna kabel putih dari spul motor berfungsi sebagai spul pengisian untuk sistem pengisian (cas) Accu, agar tegangan Accu tetap stabil ketika dipakai untuk sistem beban.
Warna kabel putih ini akan masuk terlebih dahulu ke kiprok (regulator) kemudian akan dibatasi tegangannya menjadi 14,50 Volt sebelum masuk ke Accu.

Warna Kabel Biru - Garis Kuning 

Warna kabel biru garis dari spul berfungsi sebagai pulse, yang menormalkan ataupun menstabilkan sistem pengapian pada sepeda motor.

Kabel Setan

Kabel setan atau Accent Wire merupakan kabel penghubung yang bertujuan untuk memaksimalkan fungsi koil. Kabel tersebut membuat setrum dari aki lebih stabil dan teratur saat dihantarkan ke koil.

Hasil pemakaian kabel setan pada motor adalah pengapian yang dihasilkan dari koil ke busi disebut lebih optima sehingga dapat memberikan performa yang lebih baik.

Mengapa disebit kabel setan? Karena tidak ada yang tahu mengenai formulasi kabel ini selain pabrik yg membuatnya, namun hasilnya tidak mengecewakan.

Demikian penjelasan mengenai kabel otomotif motor. Semoga bisa membantu dan menambah wawasan kalian ya!

Jangan lupa untuk download aplikasi S-gala.com di playstore handphone kalian untuk mendapatkan promo dan peluang bisnis menarik dengan potensi untung jutaan rupiah per bulan! Atau segera hubungi CS kami untuk penjelasan lebih rinci.



'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Harga 
This is some text inside of a div block.
SPANDUK KECIL 1 X 1
SPANDUK ALAT LISTRIK 2 x 1
STAND FAN KAKI BULAT MASTAP 16" M-16844
Harga Lengkap Produk
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-Gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review-img
google-review-img

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis ResellerKebijakan Privasi
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review
google-review
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa