Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Kapton Tape, si Isolasi Tahan Panas dan Tahan Listrik

July 6, 2022
Kapton Tape
Iklan Sponsor

Kapton tape, lakban yang satu ini mungkin terdengar cukup asing bagi telinga Anda. Lakban ini memang digunakan untuk kebutuhan tertentu dan sangat jarang dipakai di keperluan rumah tangga. Tapi bagi Anda yang sering berkegiatan di bidang kelistrikan dan printing, tentu lakban ini bukan barang yang aneh lagi. Nah, mari kita perdalam wawasan kita mengenai isolasi tahan panas yang satu ini.

Definisi dan Fungsi

lakban tahan panas - lakban kapton
Gambar 1. Kapton Tape - isolasi tahan panas

Kapton tape merupakan jenis lakban yang bersifat isolator terhadap listrik dan memiliki ketahanan yang baik untuk temperatur yang tinggi.

Secara umum, isolasi tahan panas ini digunakan untuk melapisi / sealing hot end printer 3D dan sebagai lapisan printing 3D dengan bahan filamen ABS (Acrylonitril-butadieen-styreen)/ campuran ABS.

Kapton sendiri merupakan sebuah bahan film polymide yang dikembangkan oleh DuPont pada akhir tahun 1960, bahan ini sangat stabil di rentang temperatur yang lebar, dari -269 oC sampai +400oC.

Penggunaannya sendiri cukup banyak, dari bidang elektronik sampai pembuatan pesawat luar angkasa.

Hal ini disebabkan karena bahan kapton memiliki konduktivitas termal yang cukup tinggi pada temperatur rendah dan dibarengi dengan sifat dieletriknya yang baik, sehingga bahan ini menyediakan insulasi listrik pada temperatur yang rendah (sangat baik pada lingkungan cryogenic), sifat penguapannya yang rendah pada ruang hampa udara, serta dapat dibuat dengan bentuk yang tipis.

Spesifikasi

  • Panjang : 33 meter per roll
  • Lebar : 5mm, 10mm, 12mm, 15mm, 18mm, 20mm, 25mm, 30mm
  • Ketebalan : 0.05mm
  • Material : Polymide + PET
  • Warna : Cokelat keemasan
  • Suhu maksimal yang dapat ditahan : 150 derajat C - 200 derajat C
  • Daya tarik : 115N/25mm
  • Daya rekat : 7.5N/25mm

Penggunaan Kapton Tape

Kapton tape awalnya digunakan juga pada pesawat terbang, pesawat militer ataupun komesial karena sifatnya yang ringan daripada bahan insulator lainnya. Selain itu, karakteristik isolasi tahan panas yang dimilikinya dirasa cocok untuk lingkungan pesawat terbang.

kapton film aluminium
Gambar 2. Aluminized Kapton

Namun setelah penyeledikan lebih lanjut oleh FAA, isolasi tahan panas ini ternyata mengalami penurunan kualitas jika terlalu lama terpapar temperatur tinggi, lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi, atau jika terkena air laut.

Penurunan kualitas ini kebanyakan ditemukan pada kapton tape yang dipasang di pengikat kabel, pengikat kabel ini bergesekan pada saat pesawat bergerak.

Beberapa kasus sampai menyebabkan terjadinya arus pendek pada pesawat dan mengakibatkan kecelakaan. Jadi, sekarang isolasi tahan panas ini tidak lagi digunakan pada pesawat terbang.

Walaupun begitu, divisi Jet Propulsion Laboratory NASA menganggap kapton tape sebagai bahan yang baik dalam melindungi plastik yang digunakan pada panel surya karena tahan terhadap lingkungan luar angkasa.

Kapal luar angkasa New Horizon menggunakan insulasi bahan baru yang diciptakan dari bahan dasar Kapton yang disebut Thermos Bottle. New Horizon sudah melakukan perjalanan 3 milyar mil sampai ke Pluto pada tanggal 14Juli 2015.

Insulator ini mampu menahan panas di dalam pesawat luar angkasa sehingga peralatan elektronik dapat bekerja dengan baik dan juga melindungi dari mikro meteorit setelah digabungkan dengan beberapa material lain.

Selain New Horizon, pelindung matahari dari Teleskop ruang angkasa James Webb juga menggunakan bahan aluminized Kapton. ISS (International Space Station) juga menggunakan isolasi tahan panas ini untuk melakukan perbaikan sementara untuk kebocoran kecil pada Soyuz (Pesawat ruang angkasa Russia yang membawa astronot dari dan ke bumi).

James Webb Telescope menggunakan kapton film
Gambar 3. Kapton film yang digunakan pada James Webb Space Telescope

Kapton tape juga digunakan pada bahan kaca untuk yang digunakan untuk transmisi sumber sinar X. Lakban ini dipilih karena mudah digunakan, stabil terhadap temperatur, baik dalam mentransmisikan sinar X dan kuat terhadap paparan radiasi.

Karena sifat-sifatnya, isolasi tahan panas ini biasa digunakan pada produksi barang-barang elektronik sebagai insulator, lapisan pelindung terhadap listrik statis dan komponen elektronik yang rentan. Bahan ini tahan terhadap temperatur yang dibutuhkan dalam melakukan soldering, melindungi semua komponen dalam tahap produksi.

Lakban untuk baterai
Gambar 4. Kapton tape (berwarna kuning) yang digunakan unutk melindungi sel baterai

Pada 3D printing, campuran Kapton dan ABS sangat baik dalam proses pemakaian 3D printer. Lapisan Kapton tape membuat bahan ABS yang dihasilkan oleh 3D printer menempel dengan baik, mencegah ABS lepas dari permukaan saat proses pendinginan.

Nah, kapton tape ini juga dapat memberikan potensi bisnis yang bagus. Anda bisa melihatnya di katalog kami atau bisa menghubungi customer service pada nomor di bawah.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup