Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Fitur dan Komponen Lampu Belajar

July 6, 2022
Fitur lampu belajar
Iklan Sponsor

Lampu belajar sangat kita butuhkan untuk membantu dalam hal pencahayaan, terutama pada saat kita menulis atau membaca di meja ataupun berakitivas di area yang kondisinya gelap karena minim cahaya.

Model lampu belajar di marketplace  bermacam-macam. Harganya juga bermacam-macam, ada yang mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah per unit.

Lampu meja standar

Fitur dan Komponen Lampu Belajar Secara Umum

Meskipun dibuat dalam berbagai model, tapi pada umumnya lampu belajar dilengkapi dengan komponen berikut ini.

Bagian kaki lampu belajar

Bagian ini berfungsi mendudukkan lampu pada suatu permukaan, umumnya permukaan yang digunakan untuk menaruh lampu belajar adalah meja dengan permukaan rata.

Dengan demikan maka lampu akan berada di atas meja belajar dengan baik dan siap mendukung aktivitas kita.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen maka saat ini bagian kaki dari lampu belajar tersedia dengan model penjepit seperti pada gambar di bawah ini.

Pada gambar diatas, tampak lampu dijepitkan pada bagian pinggir permukaan meja dengan demikian terasa lebih praktis dan hemat tempat.

Bagian tiang penyangga lampu

Bagian ini merupakan salah satu hal yang cukup penting dari lampu belajar. Pada contoh gambar lampu belajar diatas tadi merupakan model lampu belajar yang memiliki tiang penyangga lampu yang cukup sederhana.

Gambar berikut ini merupakan model lain dari tiang penyangga dari lampu belajar.

Lampu dengan tiang fleksibel

Pada gambar diatas tampak tiang dari lampu belajar yang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh lampu belajar lainnya. Kelebihan tersebut adalah sbb:

  1. Memiliki tiga buah siku yang dapat ditekuk
  2. Memiliki tinggi sampai kurang lebih 55 Cm
  3. Bisa diputar baik kepala atau kaki lampu

Lampu belajar seperti ini banyak digunakan untuk mendukung kegiatan seorang arsitek di meja gambarnya ataupun kegiatan lainnya di kehidupan kita.

Bagian kap lampu

Bentuk dari kap lampu belajar akan disesuaikan dengan jenis lampu yang digunakan pada lampu tersebut.

lampu kapsul

Lampu model kapsul (bisa bohlam atau LED kapsul) merupakan lampu yang umum digunakan. Kalau lampu LED-nya jenis kapsul seperti ini, biasanya model kap lampunya agak besar dan kurang terkesan minimalis.

Apabila lampu belajar menggunakan lampu dengan jenis LED, maka model kap lampunya akan terlihat lebih simpel dan minimalis.

Berikut ini adalah salah satu contoh lampu belajar yang menggunakan lampu jenis mata LED sehingga model kap lampunya simpel dan minimalis.

Lampu belajar dengan mata LED

Komponen Lampu Belajar yang Tak Kalah Penting : Saklar

Dengan berkembangnya teknologi elektronika, maka saat ini lampu belajar banyak yang sudah menggunakan sistem saklar sentuh seperti gambar di bawah ini.

Saklar sentuh pada Lampu

Lampu belajar model seperti pada gambar diatas tersedia di marketplace dengan harga berkisar Rp 55.000. Pada lampu ini juga tersedia pengaturan 3 kondisi terang  cahayanya yaitu redup, sedang, dan sangat terang.

Hal ini dilakukan dengan cara menyentuh tombol power lampu tersebut. Apabila kita menyentuh tombol 1x maka cahaya lampu akan menyala dengan redup.

Selanjutnya jikakita menyentuh 2x maka lampu kan menyala dengan cahaya yang sedang, namun jika tombol kita sentuk 3x maka lampu akan menyala dengan lebih terang lagi.

Dengan demikian membuat lampu ini cukup nyaman bagi mata kita dan aplikasi dari lampu ini juga bisa lebih bervariasi.

Misalnya pada saat mode cahaya redup bisa kita gunakan untuk lampu tidur sedangkan mode cahaya yang cukup terang dapat kita gunakan pada saat kita menulis atau membaca.

Selanjutnya penggunaan cahaya yang lebih terang lagi dapat kita gunakan untuk mendukung kegiatan kita yang memerlukan cahaya lampu cukup terang.

Sambungan dengan Sumber Listrik

Umumnya, lampu belajar atau lampu meja tersambung dengan kabel yang bisa dicolokkan langsung ke stop kontak.

Tapi seiring berjalannya zaman & teknologi, sekarang banyak sekali lampu belajar/lampu meja yang dibuat portable atau wireless.

Model lampu belajar yang banyak dijual saat ini adalah menggunakan sumber energi baterai yang bisa diisi ulang apabila dirasakan cahaya lampu mulai meredup.

Lampu belajar Rechargeable

Jika kita akan mengisi ulang energi listrik dari baterainya, kita tinggal menyambungkan charger handphone yang saat ini banyak menggunakan model konektor mini usb seperti pada gambar diatas.

Untuk kabel listrik pada lampu belajar yang standar dan umumnya adalah model seperti gambar dibawah ini.

Sambungan kabel lampu belajar

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi elektronika maka kabel listrik untuk mendukung lampu belajar berubah menjadi lebih kecil dan praktis seperti gambar di bawah ini.

Lampu belajar cas dengan tangkai fleksibel

Lampu belajar pada gambar di atas tersedia di marketplace dengan harga berkisar Rp. 17.500. Seperti yang tampak pada gambar diatas, kabel listrik yang digunakan lebih simpel dan praktis.

Kabel listrik yang cukup kecil yaitu menggunakan konektor standar usb yang bisa dihubungkan langsung ke power bank yang sering kita gunakan dan dihubungkan ke handphone kita.

Selain itu kabelnya langsung berfungsi juga sebagai tiang lampu yang cukup kaku sehingga dapat mengatur arah cahaya dari lampu belajar tersebut.

Nah, kalau kalian mau beli lampu belajar dengan fitur lengkap serta kualitas komponen lampu belajar yang bagus tapi harga terjangkau, jangan ragu segera hubungi kontak CS kami ya!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup