img-event01img-event02
Home

 >>  

Blog

 >>  

Korek Api

 >>  

Korek Api

 >>  

Serba-serbi Korek Api

Korek api

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

October 8, 2021

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Serba-serbi Korek Api

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp




Kalian pasti udah ga asing lagi mendengar kata korek api. Korek api juga seringkali disebut dengan geretan, pematik, mancis, cricket, atau tokai.

Pemantik sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghasilkan api dan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Untuk memberikan pencahayaan di saat keadaan gelap atau tidak ada listrik, sebagai salah satu sumber untuk menghasilkan api (baik kecil maupun besar) dan bisa digunakan juga untuk membuat sebuah kerajinan tangan atau kreatifitas.

Sejarah Penemuan Korek Api

Prinsip dasar korek api pada awalnya ditemukan di negara China jauh sebelum masehi pada zaman fuxi dimana seorang ilmuwan dijuluki suiren, dia yang menemukan cara pertama untuk menghasilkan api dengan cara menggosokan 2 permukaan kayu maka akan menghasilkan percikan-percikan api.  

Prinsip dasar korek api
Prinsip dasar dari pembuatan korek kayu

Setelah model korek api kayu ini tersebar di seluruh penjuru dunia, beberapa ratus tahun kemudian barulah ditemukan korek gesek oleh Hennig Brandt dari Hamburg, Jerman pada tahun 1669.

Awal mula penemuan korek gesek ini merupakan percobaan gagal dari Hennig, yang bermaksud ingin membuat emas dari logam lain namun yang ia dapatkan adalah fosfor.

Kemudian asisten Hennig bernama Robert Boyle mencoba melapisi kertas kasar dengan fosfor dan serpihan kayu dengan belerang. Dan ketika dia menarik serpihan kayu di atas kertas fosfor tersebut, ternyata menghasilkan api. Namun penemuan Boyle kali itu dihentikan karena kurang sempurna.

Dari penemuan Boyle tersebut akhirnya para ilmuwan mencoba untuk menyempurnakan penemuannya.

penemu korek api
John Walker

Tahun 1826 seorang apoteker bernama John Walker yang kemudian disebut dengan bapak penemu korek api melakukan percobaan dengan cara mencampurkan sulfida antimon, potassium klorat, permen karet dan pati dengan tongkat kayu kemudian ia mengikis tongkat tersebut diatas batu dan tongkat itu terbakar.

Penemuannya itu akhirnya menghasilkan merk dagang “Lucifer”, namun tidak bertahan lama karena penemuan korek kayu tersebut menghasilkan bau belerang yang berbahaya.

Setelahnya, korek kayu ini dikembangkan terus oleh para ilmuwan menggunakan fosfor merah sampai seperti yang kita kenal sekarang ini.

Asal Mula Korek Api Gas

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi korek api, kayu berkembang menjadi korek gas. Dimana korek model ini mengggunakan gas cair yang nantinya akan menghasilkan api.

Penemuan ini ditemukan pada tahun 1823 oleh Johann Wolfgang Dobereiner. Temuan Johann akan menjadi prinsip dasar pematik yang ada di seluruh dunia sekarang ini.

Prinsip Johann menggunakan reaksi kimia antara seng dengan asam sulfat untuk menghasilkan gas hydrogen yang mudah terbakar.

Kemudian penemuan ini terus disempurkan sampai tahun 1910 oleh Louis Ronson yang berhasil menciptakan pematik yang sempurna dengan diberi nama Pist-O-Liter.

Kemudian pabrik Ronson Lighter mencipatkan pematik seukuran genggaman tahan dengan bahan bakarnya diganti dari hydrogen menjadi nafta. Berkat penemuannya tahun 1920 gaya hidup merokok sudah menjadi biasa di Eropa.

Awal mula Zippo
Model Pemantik Zippo pertama yang masih digunakan konsepnya hingga saat ini

Penemuan yang sangat terkenal hingga saat ini adalah berkat George G Blaisdell yang mengubah rancangan pemantik hingga sedemikian rupa dan dipakai sampai saat ini. Dan karya nya disebut dengan “Zippo”.

Semenjak saat itu banyak pabrik-pabrik yang bersaing untuk membuat pematik sehingga memuat harga pasar menjadi murah.

Memasuki tahun 1940 bahan bakar pematik berubah dari nafta menjadi butana. Dan kemudian menghasilkan banyak pematik yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari kita.

Produsen Pemantik Api Terbesar di Indonesia

Pabrik Pemantik Api Kayu di Indonesia

Produsen korek kayu di Indonesia adalah Java Match Factory yang tempatnya di Jakarta utara. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1949.

Pemantik api kayu menggunakan batang kayu pinus, albasia, gamelina, damar dan genitri. Untuk bahan kepala pemantik apinya (head composition), memakai aneka zat kimia seperti gelatin, powdered glass (bubuk kaca), mangan dioksida, potassium klorat, potassium bikromat, zineoxide, iron oxide, bubuk sulfur, dan parafine untuk splint (stick kayu).

Sedangkan untuk bahan tempat menggesek kepala korek atau disebut dengan istilah side coating terdiri dari fosfor merah, mangan dioksida, polysol, dan ore concentrade.

Selain dari korek kayu, korek gas lebih sering digunakan dan dipakai saat ini. Terutama untuk orang-orang perokok karena lebih simple, mudah dan praktis untuk digunakan.

Pabrik Pemantik Api Gas di Indonesia

Perusahaan terbesar untuk korek gas ini adalah PT. Tokai Dharma Indonesia yang bertempat di Depok, Jawa Barat.

Perusahaan ini awalnya berdiri pada tahun 1982 dengan nama PT. Tokai Apollon Indonesia yang berlokasi di Bogor dan dipimpin oleh Mr. T. Takeuchi yang merupakan keturunan Jepang. Perusahaan ini memang menfokuskan pada produksi korek gas yang hanya sekali pakai.

Nah, kini paham kan mengapa korek gas di Indonesia terkenal dengan sebutan Tokai? Ya, nama ini berasal dari produsen pembuatnya.

Tahun 1983 PT. Tokai Apollon berpindah lokasi ke Desa Sukamaju dan kemudian tahun 1990 berubah nama menjadi PT. Tokai Dharma Indonesia.

Memasuki tahun 2000 untuk memenuhi permintaan konsumen yang begitu besar dan mempercepat produksi akhirnya PT. Tokai Dharma Indonesia membuat lokasi kedua di Depok.

Produk korek gas pt tokai dharma Indonesia
Produk-produk yang diproduksi oleh PT. Tokai Dharma Indonesia

Jenis-Jenis Pemantik

Pada umumnya ada 3 jenis korek api yang kita kenal atau beredar di pasaran pada saat ini. Yaitu :

Pemantik api kayu

Korek kayu merupakan produk pertama yang ditemukan dalam sejarah korek api. Sampai saat ini pun masih diperlukan untuk kehidupan sehari-hari kita, harga jualnya pun sangat murah sehingga banyak orang yang masih mencarinya sampai saat ini, meskipun mungkin permintaannya sudah tidak sebanyak dahulu karena teknologi-teknologi baru yang muncul.

Geretan kayu
 Korek kayu

Korek gas

Korek gas saat ini banyak digunakan oleh orang-orang disekitar kita, karena design yang simple dan praktis serta mudah untuk di bawa kemana-mana.

Pemantik api gas ini menggunakan cairan seperti nafta atau butana yang menjadi bahan dasar untuk menghasilkan percikan api.

Harga yang ditawarkan cukup murah dan terjangkau, serta banyak model dan warna. Mungkin ini salah satu alasan juga kenapa orang-orang lebih tertarik dengan tokai atau pemantik api gas.

korek api gas

Korek api elektrik

Penemuan terbaru dalam dunia korek api adalah korek elektrik, dimana energi atau bahan yang diperlukan untuk menciptakan api atau membakar benda dengan menggunakan listrik dan sistem bara unik.

Sehingga korek tipe ini ini hanya perlu untuk dicharge menggunakan kabel USB hingga baterai terisi penuh dan kemudian dapat kita gunakan layaknya korek api.

Pemantik api jenis ini sangat praktis dan mudah di bawa kemana-mana serta lebih aman karena tidak menghasilkan api.

Keunggulan lainnya beberapa korek elektrik ini sudah menggunakan sensor tangan untuk menyalakan dan mematikannya.

Sungguh canggih bukan penemuan zaman sekarang? Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan sangat bervariasi mulai dari 50 ribu rupiah.

korek api canggih
 Korek elektrik dengan teknologi finger print

Demikian artikel pembahasan seputar korek api, untuk pembahasan lebih lanjut dan jelasnya kalian bisa ikuti terus artikel terkini dari blogpost www.s-gala.com ya!



'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Harga 
This is some text inside of a div block.
SPANDUK KECIL 1 X 1
SPANDUK ALAT LISTRIK 2 x 1
STAND FAN KAKI BULAT MASTAP 16" M-16844
Harga Lengkap Produk
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-Gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review-img
google-review-img

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis ResellerKebijakan Privasi
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review
google-review
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa