Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Kreasi Unik Senter Pada Kehidupan Sehari-hari

July 6, 2022
Kreasi Unik Senter Mini Selfie
Iklan Sponsor

Halo, kali ini S-gala.com mau membahas salah satu kreasi menarik yang dibuat oleh salah satu akun kreatif di Youtube yaitu Tobikin.com.

Masih berkaitan dengan tema pembahasan kita yaitu lampu senter murah, kita mau mereview ide dan cara membuat lampu senter / mini flashlight untuk selfie ala Tobikin.com.

Idenya menarik dan cukup mudah ditiru. Tentunya juga irit di kantong karena menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita.

Kreasi Unik Senter Mini / Mini Flash untuk HP

Di era modern kita sangat bergantung dengan handphone, selain sebagai alat komunikasi yang mudah untuk kita bawa kesana kemari, handphone juga alat yang digunakan untuk mendokumentasikan sesuatu atau moment.

Namun beberapa handphone hanya memiliki flashlight di belakang, sehingga bila kita ingin menggunakan kamera depan di tempat yang agak redup hasil yang didapatkan kurang maksimal.

Kreasi unik senter selfie light ini sangat membantu bagi teman-temanyang suka menggunakan kamera depan mungkin untuk selfie atau membuat content agar hasil yang didapatkan lebih jelas dan terang.

Alat dan Bahan untuk Kreasi Unik Senter Mini Flash untuk HP

Mari kita siapkan bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat selfie light ini :

  • Lampu LED kapsul/LED bohlam (merk apapun)
  • Botol air mineral bekas
  • Aluminium foil
  • Lem tembak atau lem apapun yang dapat merekat dengan baik
  • Cutter
  • Gunting
  • Paku payung (optional)
  • Kabel kecil
  • Stik kayu / stik ice cream
  • Colokan speaker handphone
  • Baterai 2 x AA dengan dudukannya
  • Saklar kecil
  • Solasi Listrik / Selotip hitam

Cara Membuat

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan di atas, mari kita mulai membuat kreasi senter ini.

Ambil LED Chip dari LED Kapsul

Pertama-tama lampu LED kapsul/LED bohlam yang kita miliki dibuka tutupnya, kemudian kalian akan lihat ada plat lampu LED (lampu LED kecil berbentuk kotak-kotak), kemudian ambil 1 lampu LED dengan cara digunting.

Cara menggunting chip LED

Potong botol air mineral

Kemudian ambil botol air mineral kosong dan ambil bagian atasnya, dipotong menggunakan cutter, seperti pada gambar di bawah ini.

Kemudian rapikan pinggirannya menggunakan gunting.

Menggunakan botol bekas sebagai casing DIY senter

Buat reflektornya

Kemudian lapisi semua bagian botol tersebut dengan menggunakan aluminium foil, sisakan bagian tutup botolnya.

Rekatkan aluminium foil dengan menggunakan lem tembak, pastikan alumunium foil benar-benar menempel pada botol.  Kemudian lubangi tutup botol kecil saja dengan cutter untuk tempat masuknya rangkaian kabel nanti.

Pasang Kabel di LED Chip

Lampu LED chip yang sudah kita gunting pada tahap yang pertama, kita buat 2 lubang di samping kanan dan kiri lampu tersebut dengan menggunakan paku payung.

Setelah itu kaitkan kabel ke dalam 2 lubang tersebut dengan baik. Rekatkan kabel tersebut, pastikan bahwa kabel tidak akan terlepas.

DIY senter menggunakan led chip bekas

Kemudian kita buat dudukan berbentuk kotak dari aluminium foil. Rekatkan rangkaian lampu LED yang sudah dibuat tadi ke potongan stick es krim yang nantinya akan ditempel di atas dudukan alumunium tersebut.

membuat dudukan lampu

Pasang rangkaian LED ke casing mini flashlight-nya

Kemudian masukkan kabel kedalam botol yang sudah dilapisi aluminium tadi dan rekatkan bagian dudukan rangkaian lampu LED tadi ke dalam botol tersebut. Pastikan dudukan lampu tertempel dengan baik pada dinding botol dan tidak akan terlepas.

Memasang rangkaian LED ke casing mini senter

Kemudian kabel panjang yang keluar di belakang tersebut kita masukkan ke dalam lubang tutup botol yang sudah dilubangi oleh cutter tersebut. Bagian atas dari lampu selfie ini sudah jadi.

Membuat penutup dudukan lampu senter DIY

Siapkan dudukan lampu senter selfie

Kemudian mari kita siapkan dudukan lampu selfie ini dengan menggunakan colokan speaker, baterai 2xAA dengan dudukan, saklar dan stick es krim.

Rekatkan colokan speaker ke kotak baterai pada bagian belakangnya seperti pada gambar di bawah ini.  Rekatkan juga stik es krim di bagian atasnya.

DIY dudukan saklar untuk mini selfie flashlight

Pasang saklar

Kemudian pasang saklar di atas dudukan baterai tersebut dengan menempel pada stick es krim, seperti pada gambar di bawah ini. Lalu kita bungkus rangkaian baterai dengan menggunakan selotip hitam kecuali bagian saklar tidak usah dibungkus.

DIY senter sederhana-memasang saklar

Pasang rangkaian kabel & tes rangkaiannya

Lalu pasangkan kabel pada bagian lampu dengan kabel saklar dan pastikan bahwa rangkian tersebut benar sehingga lampu dapat menyala.

Menyambung rangkaian DIY senter mini sederhana

Bila dipastikan lampu dapat menyala maka rekatkan bagian tutup botol dengan ujung stik es krim dan pastikan tidak akan terlepas. Maka kreasi lampu senter selfie sudah jadi dan dapat kita gunakan.

Cara Pakai

Cara menggunakannya, masukan colokan speaker ke dalam handphone kemudian nyalakan lampu selfie kita. Maka kita akan mendapatkan cahaya tambahan untuk selfie agar hasilnya bisa lebih terang dan jelas.

Kreasi unik senter selfie

Dengan membuat lampu selfie ini kita bisa mengaturnya untuk menambah cahaya di kamera belakang ataupun di kamera depan.

Mudah untuk membuatnya bukan? Dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Kalian bisa lihat perbedaannya dari menggunakan lampu selfie ini dan jika tidak menggunakan lampu. Lebih terlihat jelas setelah menggunakan lampu bukan?

Hasil kreasi unik senter mini flash

Untuk video pembuatan kreasi unik senter mini flashlight ini bisa kalian lihat pada video di akun Tobikin.com berikut ini ya :

Seru bukan? Jangan lupa juga mampir ke artikel lainnya hanya di www.s-gala.com untuk mendapatkan banyak informasi menarik.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup