Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

DIY : Cara Membuat Lampu Belajar dari Paralon / Bambu

July 6, 2022
Cover DIY Lampu Belajar dari Paralon
Iklan Sponsor

Lampu baca sudah banyak tersedia di pasaran dengan berbagai model dan fitur, namun ada kalanya model yang kita inginkan tidak sesuai sehingga kita harus membuatnya sendiri.

Salah satu bahan sederhana dan mudah didapat untuk membuat lampu belajar ini adalah pipa paralon atau bambu.

Yuk kita intip cara pembuatannya!

Lampu Belajar dari Paralon atau Bambu

Pada dasarnya untuk membuat lampu belajar unik dari pipa paralon atau bambu ini cukup mudah dan bahan-bahannya pun tersedia melimpah bahkan dapat juga membuatnya dari barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Bahan yang diperlukan

Ada beberapa bahan yang perlu disiapkan dalam membuat lampu baca secara DIY, diantaranya adalah:

Lampu

Lampu bisa menggunakan lampu LED model bohlam atau LED strip. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Namun yang perlu diperhatikan dalam memilih LED bohlam atau LED strip adalah sesuaikan watt dan warna cahayanya dengan kebutuhan.

Fitting

Untuk LED model bohlam kalian dapat menggunakan fitting model gantung karena ukurannya yang relatif kecil dan mudah diaplikasikan.

Perlu diperhatikan juga ukuran fitting dengan soket bohlam harus sesuai.

Sedangkan untuk LED strip kalian dapat menggunakan soket adapter yang terhubung langsung ke kabel atau langsung disolder ke terminal LED stripnya.

Switch & kabel

Untuk menyalakan atau mematikan lampu baca tentunya kalian membutuhkan switch.

Switch ini memiliki model yang bermacam-macam juga mulaiyang model tanam sampai model gantung, tinggal sesuaikan juga dengan kebutuhan.

switch lampu

Kabel juga dibutuhkan untuk menyalurkan listrik ke setiap komponen, pilihlah kabel sesuai dengan kebutuhan dan gunakan kabel yang berkualitas untuk mencegah konsleting listrik.

Power supply

Untuk LED model bohlam tentunya kalian tidak perlu menggunakan power supply tambahan, tinggal menghubungkannya langsung ke sumber listrik PLN dengan menggunakan terminal ke stop kontak.

Sedangkan untuk LED strip kalian membutuhkan power supply tambahan untuk mengkonversi menjadi tegangan DC sesuai dengan tegangan operasional dari LED strip yang kalian pilih.

Bodi atau casing lampu baca

Kalian dapat berkreasi sesuka hati untuk membuat bodi atau casing dari lampu baca ini. Bahannya tidak terbatas mulai dari menggunakan barang bekas, kayu, kardus bekas, bambu, kawat,botol bekas, dan pipa Pvc. Atau bahan lain sesuai kreativitas kalian.

Bentuknya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun yangperlu diperhatikan adalah desain yang digunakan tetap harus mengutamakan fungsi sebagai lampu baca.

Untuk alat-alat yang diperlukan dalam membuat lampu baca ini juga dapat menyesuaikan sesuai dengan dengan desain dan kebutuhannya.

Untuk sistem kelistrikan alat-alat yang diperlukan antara lain:

  • Obeng
  • Tang potong
  • Pisau cutter
  • Solder
  • Shrink tube (selang bakar) atau isolasi listrik untukmenutupi sambungan kabel, dll.

Sedangkan untuk membuat bodinya alat-alat yang diperlukan adalah berupa gergaji, bor, lem, dll.

Cara Membuat Lampu Belajar dari Paralon

Setelah kita mengetahui dasar-dasar membuat lampu baca secara DIY, mari kita coba membuat kerajinan lampu baca sederhana dengan menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Berikut adalah cara membuat lampu belajar dari pipa bekas yang biasa dipakai mengalirkan air dan menggunakan lampu jenis LED strip.

Bahan untuk DIY lampu belajar dari paralon

Pertama kita siapkan dulu bahan-bahannya seperti LED strip dengan adaptor konektornya, 2 buah pipa PVC yang panjangnya kurang lebih 25 cm, switch gantung dan power supply.

Aluminium tape

Salah satu pipa kita potong secara melintang pada bagian tengah dan sisakan sekitar 5cm pipa tetap utuh pada bagian ujungnya.

Kita siapkan juga selotip aluminium yang digunakan untuk reflektor dan pipa fleksibel bekas mesin cuci atau selang lain yang diameternya lebih besar sedikit dari diameter pipa.

DIY lampu belajar dari pipa

Tempelkan selotip aluminium (jika tidak ada kalian dapat menggunakan material lain untuk bahan reflektornya atau jika tidak ada sama sekali juga tidak apa-apa jika tidak menggunakan reflektor) di bagian dalam yang dipotong tadi.

Lampu belajar dari LED strip

Setelah itu tempelkan LED strip pada reflektor tadi dengan menggunakan lem atau double tape. Kalian dapat menutup sambungan LED strip atau bagian lainnya dengan selotip aluminium.

membuat lampu belajar dari paralon

Buatlah empat buah lubang kecil di ujung pipa yang terdapat lampu dan pipa yang satunya juga. Lalu kita masukan kawat pada lubang yang telah dibuat tadi sehingga kedua pipa menjadi terhubung.

Kawat ini berguna sebagai engsel yang dapat membuat lampu baca dapat disesuaikan sudutnya. Setelah itu kalian dapat menutup bagian engsel tersebut dengan selang.

Rangkaian lampu belajar DIY

Jangan lupa juga untuk membuat lubang sesuai dengan ukuran kabel dibagian ujung pipa PVC paralon lainnya.

Lubang ini digunakan sebagai jalur keluar kabel. Setelah itu kalian dapat menempelkan ujung pipa pada base dengan menggunakan lem. Basenya dapat berupa triplek, PCB bekas atau yang lainnya.

sistem kelistrikan lampu baca

Langkah terakhir adalah tinggal menghubungkan kabel dengan switch dan power supply.

lampu belajar murah DIY

Lampu baca siap digunakan. Seru dan mudah, bukan?

Kalian bisa mewarnai lampu tersebut sesuai keinginan juga ya! Selain itu, watt lampu bisa dikurangi juga jika langkah di atas dijadikan sebagai cara membuat lampu tidur dan juga membuat lampu hias dari pipa.

Sekian informasi kali ini, intip juga peluang bisnis menarik dengan modal kecil berpotensi untung jutaan rupiah per bulan dengan menjadi reseller S-gala.com!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup