Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Lampu Belajar, Lampu Meja, Lampu Baca, Apa Bedanya?

July 6, 2022
Lampu Belajar Lampu Meja
Iklan Sponsor

Untuk mendukung kegiatan kita pada malam hari, di marketplace banyak tersedia jenis lampu misalnya lampu belajar, lampu meja, ataupun lampu baca.

Pada gambar dibawah ini salah satu model lampu meja yang digunakan di rumah pada waktu jaman dahulu pada daerah yang belum tersedia jaringan listrik atau saat aliran listrik di rumah kita sedang menggalami gangguan.

Cempor zaman dulu

Lampu tersebut menggunakan bahan bakar minyak tanah. Cahaya lampu ini cukup baik dan stabil karena api pada lampu terlindungi oleh corong kaca sehingga apinya tidak terpengaruh oleh keadaan angin di sekitar lampu, dan kita juga lebih nyaman pada saat menggunakannya karena tidak terkena asap pembakaran yang terdapat pada api tersebut.

Lampu model seperti ini sering disebut lampu templok, istrilah tersebut memiliki arti atau singkatan yaitu tempel di tembok. Namun pada penggunaannya sering juga lampu tersebut diletakkan di meja.

Belajar pakai lampu teplok

Pada gambar di atas menunjukan salah satu contoh pemakaian dari lampu templok meja. Dengan melihat gambar tersebut, lampu meja model seperti gambar di atas juga dapat digunakan sebagai lampu belajar dan juga lampu tidur.  Ukuran fisik dari lampu tersebut dapat dilihar pada gambar di bawah ini

ukuran lampu cempor

Selain model lampu templok seperti gambar yang tampak di atas, di marketplace terdapat pula model lain yang memiliki corong nya lebih pendek sehingga tinggi lampu menjadi sekitar 12 -15 Cm.

Sebagai informasi tambahan lampu templok seperti gambar di atas tersedia di marketplace dengan harga sekitar Rp. 50.000,-

Lampu Meja

Dengan berkembangnya kemajuan teknologi dan mulai meratanya jaringan listrik, maka penggunaan lampu templok menjadi jarang. Hal ini karena di marketplace tersedia lampu dengan desain yang lebih menarik dan gampang digunakan .

Gambar di bawah menunjukkan salah satu contoh lampu meja yang tersedia di marketplace.

lampu meja modern

Model lampu meja seperti gambar di atas, memiliki ukuran fisik tinggi berkisar 40-50 cm dan diameternya berkisar 20 – 25 cm dan memiliki bahan utama dudukan lampu dari logam serta tudung lampu dari  bahan kainserta sebagai informasi di marketplace tersedia dengan harga berkisar di Rp. 325.000,-.

Lampu tersebut selain digunakan untuk variasi di rumah kita yang bertujuan untuk membuat suasana rumah lebih elegan dan menarik, namun banyak juga yang menggunakan lampu tersebut untuk penerangan di kamar tidur, pada saat lampu utama kamar dimatikan.

Hal ini tentunya dilakukan dengan memasang bohlam lampu dengan besarnya daya listrik yang kecil.

Dengan demikian cahaya dari lampu tersebut tidak terang yang akan membuat kita silau dan menjadikan tidur kita tidak nyaman.

Contoh lain dari lampu meja adalah seperti yang tampak pada gambar di bawah ini

lampu meja kaca

Lampu tersebut memiliki bahan utama logam serta tudung lampu terbuat dari kaca yang dibentuk sedemikan rupa sehingga elegan dan menarik.

Harga lampu meja kaca seperti itu di marketplace dibandrol di harga berkisar Rp. 1.100.000,-

Lampu meja sering disebut dengan istilah table lamp, memiliki  bentuk yang sangat bervariasi serta menggunakan lampu LED sehingga terlihat beda dengan lampu yang biasa dan tampak lebih modern.

lampu meja futuristik

Gambar lampu di atas menunjukkan salah satu contoh dari table lamp yang ada di marketplace yang menggunakan LED.

Ukuran fisik lampu tersebut bagian dasar lampu 16 cm dan tinggi nya 46 cm serta menggunakan material logam, sedangkan harga dari lampu tersebut berkisar antara Rp.400.000,-.

Contoh lain lampu meja yang ada di marketplace berbahan dasar kayu adalah seperti gambar di bawah ini.

lampu meja kayu

Lampu meja seperti gambar di atas baiknya menggunakan lampu yang berdaya maks 13 W. Lampu tersebut memiliki ukuran fisik lebar kap lampu 24 cm, tinggi 57 cm dan diameter dasar 27 cm.

Mengenai harga, lampu tersebut di marketplace tersedia dengan harga yang cukup ekonomis yaitu berkisar Rp. 400.000,-

Lampu Belajar & Lampu Baca

Pada saat kita melakukan kegiatan seperti membaca, menulis dan belajar sesuatu dari buku atau majalah maka kita memerlukan cahaya yang cukup agar kita nyaman dalam melakukan kegiatan tersebut.

Terkadang pada saat kita melakukan kegiatan tersebut dan mengandalkan cahaya lampu dari plafon, terasa kurang nyaman. Hal ini mungkin karena kurang terang ataupun arah cahaya terhalang badan kita. Untuk itulah diciptakan lampu belajar.

Di marketplace tersedia berbagai model lampu belajar dengan berbagai macam model yang berkarakter minimalis ataupun klasik serta praktis dalam penggunaannya karena memiliki ukuran mini bisa lipat ataupun di jepit pada meja belajarnya, dll.

Berikut ini adalah salah satu model lampu belajar yang ada di marketplace.

lampu baca berdiri

Gambar di atas merupakan salah satu model lampu baca berbahan aluminium yang ada di marketplace.

Lampu tersebut dapat digunakan dengan lampu maks 60 watt serta dapat kita atur ketinggiannya dari 50 cm sampai dengan 180 cm dengan demikian sangat fleksibel dalam penggunaannya.

Lalu ukuran diameter kepala lampu dan alasnya masing-masing berkisar 16 Cm dan 28 Cm.  

Berikut ini adalah model lain dari lampu belajar yang ada di marketplace yang modelnya cukup simpel dan praktis dalam penggunaannya.

lampu baca dengan tangkai fleksibel

Lampu belajar sering juga disebut dengan istilah study lamp ataupun reading lamp.

Lampu meja belajar diatas berbahan dasar plastik  yang cukup ringan dan memiliki tiang yang dapat diatur sedemikan rupa.

Lampu tersebut menggunakan lampu LED sehingga hemat energi, sehingga lampu dapat beroperasi dengan menggunakan energi batrai dengan ukuran AA sebanyak 3 buah.

Dengan demikian lampu dapat digunakan pada saat kita di luar rumah atau di area yang tidak adasumber listrik PLN. Lampu tersebut di marketplace tersedia dengan harga yang cukup ekonomis, yaitu berkisar Rp. 16.000,-.

Perbedaan lampu meja, lampu belajar, serta lampu tidur

Apabila kita perhatikan model lampu meja, lampu belajar serta lampu tidur sekilas memang hampir sama.

Yang membuat beda dari masing-masing lampu adalah sorot atau arah cahayanya.

Untuk lampu belajar,cahaya akan mengarah pada suatu area tertentu dengan cahaya yang tidak terlalu terang. Lampu belajar mirip dengan lampu baca, arah cahayanya serupa dan fungsinya juga sama.

Sedang lampu meja berfungsi membuat variasi di rumah kita sehingga kadang di perlukan cahaya yang cukup terang ataupun bisa juga redup tergantung lokasi penempatan lampu meja tersebut.

Berbeda lagi dengan lampu tidur, lampu ini akan memberikan cahaya yang cukup redup sehingga nyaman pada saat kita tidur. Biasanya penempatannya di samping tempat tidur.

Berikut ini adalah tabel standar kebutuhan cahaya pada suatu ruangan di  rumah kita.

standar terang lampu ruangan

Dengan acuan tabel diatas,maka kita dapat menentukan besarnya watt atau energi listrik pada lampu yang akan kita gunakan.

Misalkan ruang belajar / baca standarnya 200 LUX, jika area meja tersebut 1 m2 mak akita perlu cahaya sebasar 200 lumen.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah ilustrasi yang menunjukan perbandingan beberapa jenis lampu yang tersedia di marketplace.

lampu dan lumennya

Dari ilustrasi diatas, maka tampak lampu LED merupakan lampu yang hemat energi karena dengan 1 watt energi listrik mampu menghasilkan 84 lumen.

Maka berdasarkan informasi tersebut untuk kebutuhan lampu di ruang keluarga, jika kita menggunakan lampu LED maka diperlukan sekitar 2 - 3 watt.

Namun jika kita menggunakan lampu CFL maka perlu 4 watt, dan jika kita menggunakan lampu pijar maka perlu 10- 15 watt. Dengan demikian, maka terbukti lampu LED sangat hemat energi sehingga saat ini banyak digunakan untuk mendukung aktivitas kita.

Sekian informasi mengenai perbedaan lampu meja, lampu belajar, dan juga lampu tidur kali ini.

Jika kalian mau beli lampu meja, lampu hias, atau alat listrik lainnya, jangan ragu untuk segera menghubungi CS kami. Ada berbagai pilihan lampu yang bisa kalian pilih.

Dapatkan juga informasi menarik dari CS kami mengenai peluang bisnis bermodal kecil dengan potensi untung jutaan rupiah hanya dengan menjadi reseller S-gala.com.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup