Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Lampu Gantung, si Lampu Cantik yang Bikin Lampu Biasa jadi Mahal

July 6, 2022
Lampu gantung di istanbul palace
Iklan Sponsor

Lampu gantung atau yang seringkali kita sebut dengan "chandelier" merupakan lampu hias yang dirancang sedemikian rupa untuk di pasang pada langit-langit atau pada dinding rumah.

Chandelier pada umumnya menggunakan bola lampu pijar untuk penerangannya namun dengan kemajuan teknologi saat ini banyak lampu hias gantung yang menggunakan lampu LED.

Sejarah Chandelier

Ternyata kata chandelier tersebut berasal dari bahasa Latin yaitu candelabrum yang artinya adalah tempat lilin.

Pada awalnya chandelier hanya sebuah rangkaian sederhana dari kayu yang kemudian di atas batang kayu tersebut disimpan beberapa buah lilin untuk penerangannya.

Lampu gantung zaman dulu

Konsep inilah yang kemudian menjadi dasar pembuatan chandelier yang mewah dan juga megah.

Pertama kali adanya keinginan untuk mengembangkan chandlier menjadi konsep lampu yang mewah dan megah dimulai pada abad ke 9 di suatu daerah di Eropa.

Mereka menggunakan lilin yang berkualitas tinggi untuk memberikan sentuhan luxury pada chandelier tersebut.

Penggunaan chandelier awalnya hanya ditempatkan dalam gereja, istana, atau rumah orang kaya/pejabat.

Pada abad ke-15, lampu chandelier ini mulai menjadi terkenal dan merupakan salah satu item wajib yang ada di dalam rumah orang-orang kaya atau bangsawan.

Dan pada abad inilah muncul konsep chandelier yang dibuat dengan menggunakan batu Kristal untuk memberikan kesan luxury.

Untuk kelas yang menengah ke bawah biasanya mereka membeli chandelier yang terbuat dari kayu, timah, ataupun besi dan harganya pun murah.

Pada abad ke-18 konsep lampu chandelier didominasi oleh karya Bohemian dan Venetian yang merupakan seorang pengrajin kaca. Mereka membuat lampu chandelier dengan menggunakan potongan-potongan kaca yang dapat memantulkan cahaya sehingga penerangan menjadi lebih luas dan terlihat mewah.

Kemudian lama kelamaan trend meggunakan kaca ini bergeser ke bahan batu Kristal yang dinilai lebih mudah untuk dibentuk serta harganyapun bisa bervariasi ada yang lebih murah ada yang lebih mahal dan kesan yang diberikan pada lampu pun menjadi sangat mewah.

Kemudian pada abad ke-19 mulai muncul pendants lights yang konsepnya hampir sama dengan chandelier namun bedanya lampu pendants hanya menggunakan 1 lampu saja.

Konsep lampu pendants yang ditemukan pada abad ke-19 ini ternyata menjadi trend pada jaman sekarang ini karena memberikan kesan yang simple dan elegan.

pendant chandelier

Salah satu peninggalan lampu gantung kuno yang bisa kalian lihat saat ini berada di Istanbul’s famed domalbache Palace yang merupakan chandelier terbesar dengan menggunakan 750 buah lampu dan memiliki berat sebesar 4.5 ton.

Seperti yang sudah disebutkan di atas selain untuk penerangan pada umumnya, lampu hias gantung memiliki nilai-nilai lain yang dapat membuat kesan terhadap suatu rumah atau ruangan.

Lampu gantung dapat dijadikan sebagai hiasan serta pelengkap pada suatu ruangan agar tidak terkesan kosong, bahkan chandelier dapat menjadi symbol kekayaan seseorang.  

Lampu Gantung Kristal VS Pendant

Mana yang lebih baik? Lampu hias gantung kristal atau pendant?

Keduanya sama-sama bagus, bisa kita sesuaikan dengan besarnya ruangan dan juga kesan apa yang ingin kita sampaikan dalam ruangan tersebut.

Namun rata-rata lampu gantung kristal dipasang pada ruang tamu, ruang makan, atau ruangan tengah yang luas dan juga biasanya pada tangga rumah yang megah.

Di era saat ini lebih banyak digunakan lampu pendant yang simple, elegan, terjangkau dan penempatannya pun bisa kita pasang hampir di setiap ruangan.

Jenis Lampu pada Lampu Hias Gantung

Salah satu tips yang harus kita perhatikan sebelum membeli lampu gantung hiasan adalah tipe lampu yang digunakannya.

Biasanya lampu hias gantung menggunakan 4 tipe ini untuk bola lampunya, yaitu :

Incandescent

Lampu ini memberikan kesan yang warm atau remang-remang namun saat ini sudah sangat jarang digunakan karena orang-orang lebih memilih lampu yang lebih efisien dalam penggunaan energi listriknya.

Compact Flourescent Bulbs

Lampu ini lebih efisien dibanding dengan incandescent lamp namun tidak begitu aman karena lampu ini mengandung merkuri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh kita.

LED light

Lampu yang memiliki tingkat efisiensi yang tinggi dan juga dapat bertahan lama serta harganya pun terjangkau. Saat ini lampu LED menjadi lampu yang seringkali digunakan.

Halogen

Lampu halogen lebih efisien dibandingkan dengan lampu incandescent namun tetap kalah jika dibandingkan dengan lampu LED.

Cara Menginstalasi Lampu Pendant & Gantung Kristal

Untuk pemasangan lampu hias gantung sendiri sebenarnya mudah asalkan kita mengerti tentang perkabelan, namun jiga kalian merasa kurang paham atau ragu, lebih baik memanggil teknisi untuk pemasangan lampu tersebut.

Mari kita bahas bagian-bagian apa saja yangada di dalam lampu gantung sehingga memudahkan kalian untuk merangkai atau bagi kalian yang ingin memasang lampu hias gantung sendiri.

Mari perhatikan gambar di bawah ini

Komponen lampu gantung

Dengan memperhatikan gambar tersebut, sekiranya bisa memudahkan kalian untuk memasang lampu gantung sendiri di rumah, mungkin untuk bentuknya akan berbeda-beda namun secara umum rangkaian lampu hias gantung akan seperti gambar di atas.

Dan cara merawatnya pun mudah, untuk lampu yang bisa dilepas pasang washernya maka kalian bisa membersihkannya secara berkala, namun bila agak sulit untuk dilepas pasang, pastikan lampu dalam keadaan mati dan dibersikan dengan menggunakan semprotan berisi cairan pembersih dan lap untuk mengeringkannya.

Bahan Kap Lampu

Bahan washer alias kap lampu gantung sangat beragam dan memiliki bentuk serta warna yang bervariasi, sehingga kita dapat menyesuaikan sesuai dengan kesan yang ingin kita berikan pada ruangan kita.

Jenis lampu gantung berdasarkan bahan-bahan yang umum digunakan adalah :

  • Kaca : memberikan kesan yang elegan dan sangat cocok untuk dipasang di dalam suatu ruangan hanya kendalanya bahan kaca sangat rapuh dan mudah pecah bila tidak hati-hati.
  • Besi : lebih cocok ditaruh di luar ruangan serta bahas besi memberikan kesan yang berbeda namun unik untuk dilihat.
  • Plastik : merupakan pilihan untuk kalian yang mencari harga lebih murah serta ketahannya pun tahan lama.
  • Kayu atau bamboo : memberikan kesan vintage atau aesthetic yang merupakan trend saat ini namun utuk perawatannya harus lebih hati-hati karena menghindari adanya rayap.
  • Rotan : banyak digunakan untuk rumah-rumah yang bernuansa putih coklat atau vintage dan harganya pun terjangkau.
  • Kristal : bahan yang mewah dan megah, memberikan kesan luxury pada ruangan dan harganya pun cukup mahal.

Bentuk Lampu Hiasan Gantung

Selain dari bahan yang harus kita perhatikan, bentuk lampu hias gantung tersebut sangat beragam, yaitu :

Lampu Gantung Minimalis

chandelier minimalis

Mewah

Chandelier mewah

Klasik eropa

Chandelier klasik eropa

Industrial

chandelier industrial

Rustic

rustic chandelier

Inilah beberapa tipe dan bentuk dari chandelier, kita bisa memilih dan sesuaikan dengan keinginan kita sendiri.

Untuk kalian yang beminat untuk beli lampu hias gantung, ada beberapa rekomendasi merk lampu yang terkenal dan bagus:

  • Philips
  • IKEA
  • Ace hardware
  • Informa
  • Lumina

Sekian artikel mengenai lampu gantung, jangan lupa tekan tombol like & share jika informasi ini dirasa bermanfaat ya!

Intip juga peluang bisnis menarik seputar lampu & alat listrik hanya melalui kontak CS kami. Jadi tunggu apalagi, ayo gabung jadi reseller s-gala.com!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup