Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Tips Menggunakan Lampu Gantung untuk Plafon Tinggi

July 6, 2022
Cover Lampu Gantung untuk Plafon Tinggi
Iklan Sponsor

Lampu gantung memang sangat cocok sebagai hiasan di ruangan yang memiliki plafon tinggi. Penggunaan lampu gantung pada plafon tinggi bisa sangat mempercantik ruangan dan tentunya jadi sumber penerangan yang memiliki nilai estetika tinggi.

Coba lihat 2 gambar berikut ini :

lampu gantung kristal
Kiri : Lampu gantung hias 3m x 60 cm, seharga 5 juta rupiah. Kanan : Lampu hias 3m x 1m, seharga 14 juta rupiah.

Lampu gantung sendiri bisa didapatkan dengan harga beragam tergantung ukuran dan modelnya. Biasanya lampu gantung minimalis harganya akan lebih bersahabat dibandingkan lampu gantung kristal. Tapi tentu tergantung merk, ukuran, model, & pilihan lampu juga.

Tapi untuk langit-langit ruangan yang tinggi biasanya diperlukan lampu gantung rumah berukuran besar dan cukup panjang agar bisa mengisi ruang kosong.

Harga yang dibandrol untuk lampu gantung ukuran besar & panjang biasanya memang cukup mahal, bisa di angka jutaan rupiah per unitnya.

Yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Lampu Gantung untuk Plafon Tinggi

Pada saat kita memasang lampu gantung pada plafon tinggi ada beberapa hal harus kita perhatikan yaitu:

Pastikan posisi titik pada plafon yang merupakan tempat terkaitnya lampu ada pada bagian bangunan yang kuat

Pada posisi titik tersebut,  biasanya di bagian dalam plafon terdapat tulang-tulang bangunan yang terbuat dari balok – balok semen ataupun besi baja dan lampu gantung terkait pada tulang bangunan tersebut.

Lampu gantung biasanya terkait pada tulang bangunan

Bagian yang ditunjukan dengan anak panah warna hitam, merupakan tulang dari bangunan yang perlu kita lubangi dahulu apabila kita akan memasang lampu gantung dengan ukuran yang cukup tinggi.

Lubang tersebut nantinya digunakan untuk memasukan tali yang terbuat dari besi baja atau rantai yang berfungsi untuk menggantungkan lampu gantung.

Gunakan alat bantu scaffolding

Pada saat kita memasang atau membersihkan lampu gantung yang cukup besar, kita membutuhkan alat bantu yang disebut scaffolding yang berfungsi sebagai tangga dan dapat disusun beberapa tingkat sesuai kebutuhan kita.

Scaffolding untuk memasang lampu gantung

Pasang lampu gantung untuk plafon tinggi di area yang cukup luas

Karena membutuhkan alat bantu scaffolding yang ukurannya cukup besar, maka saat kita menentukan area yang akan dipasang lampu gantung yang cukup tinggi, maka sebaiknya area tersebut memiliki tempat yang cukup besar pula.

Hal ini bertujuan agar pada saat memasang peralatan lampu dapat leluasa, serta  dapat memudahkan kita pada saat proses pasang dan bongkar scaffolding.

Gambar di bawah ini adalah salah satu contoh pemakaian scaffolding pada saat digunakan untuk memasang atau merawat lampu gantung.  

Pasang lampu gantung besar di area yang luas

Pada waktu merangkai dan menyusun scaffolding, kita atur sedemian rupa sehingga lampu dapat berada di dalam scaffoldig seperti yang tampak pada gambar di atas. Dengan demikian kita akan lebih mudah saat mengerjakan perbaikan pada lampu gantung tersebut.

Setelah titik lokasi dan peralatan scaffolding sudah kita siapkan, proses pengerjaan perawatan, pemasangan, ataupun pembongkaran lampu gantung sudah siap dilakukan.

Perawatan lampu gantung menggunakan alat bantu scaffolding

Saat pemasangan, pastikan untuk mematikan aliran listrik pada lampu gantung

Kita harus memastikan aliran listrik pada lampu gantung sudah tidak ada  dengan cara mematikan saklar lampu ataupun MCB yang mengarah aliran listrik ke lampu gantung.  

Apabila aliran listrik sudah dimatikan, maka pengerjaan pada lampu gantung sudah aman untuk dilaksanakan.

Bersihkan bagian-bagian yang ada pada lampu gantung secara berkala

Untuk melakukan pemasangan lampu gantung, maka kita harus memasang bagian kerangka lampu yang biasanya terbuat dari pipa-pipa yang ukurannya sangat bervariasi dahulu.

Selanjutnya kita pasang peralatan pendukung seperti lampu dan bagian variasi lainnya sesuai dengan tempatnya.

Hal ini dilakukan secara terbalik pada saat kita akan membersihkan atau membongkar lampu gantung.

Karena pada saat kita akan membersihkan atau membongkar lampu gantung, kita harus membongkar dahulu peralatan pendukungnya terlebih dahulu selanjutnya apabila diperlukan kita lepas pipa-pipa bagian dari kerangka lampu tersebut dari dudukan utamanya.

Peralatan pendukung yang biasanya terbuat dari kaca tersebut, sebaiknya kita rendam di air yangsudah dicampur dengan sabun beberapa menit dan selanjutnya dibilas dengan air biasa serta  dikeringan dengan menggunakan lap yang lembut.

Dengan demikian diharapkan kotoran debu yang menempel dan berkerak di bagian tersebut dapat bersih kembali. Proses pembersihan seperti ini diharapkan menyeluruh ke semua bagian lampu gantung. Sehingga nantinya sinar yang dihasilkan dari lampu bisa terang dan indah.

Jangan ragu untuk menggunakan jasa ahli khusus saat pemasangan, perbaikan, perawatan, atau pembongkaran lampu gantung

jasa ahli lampu gantung

Pada waktu kita memasang ataupun merawat lampu gantung, memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu karena area pengerjaannya di tempat yang cukup tinggi, maka bahaya dan risiko kecelakaan juga jadi cukup tinggi.

Untuk itu, sebaiknya kita menghubungi pekerja yang sudah terbiasa melakukan pekerjaan terkait lampu gantung.

Dengan demikian diharapkan proses pemasangan atau pembersihan dapat lebih cepat selesai dan tentunya aman.

Mengenai biaya pengerjaan pemasangan atau perawatan lampu gantung, sangat bervariasi tergantung dari tingkat kerumitan pengerjaan pada lampu gantung tersebut.

Ingat selalu bahwa keselamatan dan keamanan adalah yang nomor 1.

Kalau kalian tertarik untuk membeli lampu gantung ataupun menjadi reseller lampu & berbagai alat listrik dengan modal kecil tapi potensi untung besar, ayo hubungi segera CS kami!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup