Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Lampu Motor – Jenis dan Fungsinya

November 8, 2022
Cover Lampu Motor
Iklan Sponsor

Lampu motor berperan penting dalam keselamatan berkendara, terutama di malam hari. Pernahkah kamu menghitung dan mengamati ada berapa jumlah lampu dalam sebuah unit motor?

Kali ini S-gala.com akan mengajak kalian untuk mengenali berbagai jenis, penempatan, dan jumlah lampu motor. Simak infonya sampai selesai ya!

==AS1==

Lampu Motor Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya lampu motor terbagi menjadi 4 bagian yaitu :

1. Lampu Utama / Headlamp

Headlamp motor

Lampu depan atau headlamp pada motor ini berfungsi memberikan penerangan utama. Lampu ini terbagi menjadi dua bagian, yakni lampu jarak pendek atau low beam, dan lampu jarak jauh atau high beam.

Lampu low beam merupakan lampu motor yang menerangi jalan di bagian bawah atau depan motor, sedangkan lampu high beam adalah lampu yang menerangi bagian tengah motor atau bidang yang sejajar dengan posisi lampu utama.  

Sesuai namanya, low beam mampu menerangi cuma untuk jarak pendek. Contohnya untuk mewaspadai adanya lubang atau jalan yang tidak rata. Lampu motor low beam juga dapat mengantisipasi polisi tidur dan sebagainya.

Sedangkan High Beam biasanya digunakan pada jalan dengan penerangan yang minim atau pada jalan yang berliku. Digunakan untuk melihat arah tikungan, batas jalan, dan juga melihat dengan lebih baik apakah dari arah depan ada kendaraan lain atau tidak.

==AS2==

2. Lampu Sein

Lampu sein motor

Lampu sein terletak di samping kiri dankanan lampu utama serta lampu rem. Lampu sein berguna sebagai indikator bahwa motor akan berbelok, sebagai petunjuk arah belok bagi pengendara di belakang.

Biasanya lampu sein berwarna kuning tua/oranye yang artinya isyarat hati-hati, serta dibuat kelap-kelip berfungsi untuk menarik perhatian pengendara lain.

3. Lampu Rem

Lampu rem motor

Lampu rem ternyata juga berfungsi sebagai lampu senja yang menyala lebih terang ketika Anda menekan tuas rem. Lampu rem ini berwarna merah yang artinya berhenti.

Fungsinya adalah sebagai tanda peringatan berhenti dan menandakan bagian belakang dari kendaraan karena memiliki cahaya yang mudah direspon pengendara di belakang serta tidak silau serta mudah dilihat.

4. Lampu Sorot Motor

Lampu sorot pada motor berfungsi untuk menambah penerangan terutama di jalanan yang minim pencahayaan. Selain itu, lampu sorot pada motor juga memungkinkan pengendara untuk melihat di tengahjalan yang berkabut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai lampu sorot motor dapat dilihat di artikel berikut >> Lampu Sorot Motor

==AS3==

Jenis Lampu yang Biasa Dipakai pada Motor

Itulah lampu motor berdasarkan fungsinya, sedangkan berdasarkan jenisnya lampu motor dapat dibagi sebagai berikut :

1. Tungsten

lampu tungsten untuk motor

Saat ini masih terdapat sepeda motor yang diproduksi di Indonesia, masih menggunakan lampu pijar

Tungsten dengan kelistrikan AC maupun DC. Dimana memang banyak keunggulan dari jenis lampu ini, penggunaan lampu jenis ini lebih efisien sehingga penggunaan listrik lebih hemat dan akan berpengaruh pula pada biaya perawatannya juga suku cadangnya yang akan lebih murah.

Namun, pada sepeda motor dengan kelistrikan AC, lampu jenis ini penerangannya tidak konsisten, pada saat motor berjalan lambat dengan tekanan gas yang rendah maka lampu ini akan ikut meredup menyesuaikan tekanan gas motor sehingga daya penerangan pada jenis lampu ini punbelum begitu sempurna dan rawan rusak.

2. Halogen

Halogen untuk motor

Lampu ini merupakan pengembangan baru dari bohlam pijar Tungsten, dengan pengembangan ini lampu Halogen memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan lampu pijar Tungsten.

Filamen lampu halogen lebih besar dengan tingkat pencahayaan lebih tinggi, penggunaan daya listrik pun cenderung lebih kecil dibanding lampu jenis tungsten.

3. HID

lampu HID motor

Jenis lampu HID ini biasa dikenal dengan sebutan Lampu Xenon,hal ini dikarenakan lampu ini memakai gas xenon untuk pencahayaannya. Kinerja pada lampu ini lebih konsisten menyala dibanding lampu pijar Tungsten dimana HID ini merupakan penyempurnaan dari beberapa jenis lampu yang lain.

Lampu ini tentunya mempunyai kelebihan yang baik dibanding lampu-lampu lain, yakni mempunyai daya terang yang baik karena tanpa menggunakan filament.

Penerangan tersebut berasal dari gas xenon, dimana tingkat keterangan lampu ini mencapai 2800 dan 3000 lumen dengan memakai daya 35 watt.

Selain itu lampu ini juga mempunai umur yang panjang bahkan awet hingga 3000 jam, jika dibandingkan dengan bohlam halogen berbeda cukup jauh, dimana bohlam halogen hanya mampu bertahan hingga mencapai 500 jam saja.

Dari segi wattnya bohlam halogen lebih besar yakni mencapai 55 watt dengan tingkat penerangannya yang lebih kecil hanya antara 700 sampai 2100 lumen saja.

==AS4==

4. LED

lampu LED motor

Selain jenis lampu yang disebutkan tadi, ada juga jenis lampu baru yakni LED. Lampu jenis ini, kini sudah jadi salah satu suku cadang OEM sepeda motor. Lampu LED ini mempunyai keunggulan yang cukup baik, seperti lebih hemat energy dan ramah lingkungan.

Bentuknya sangat kecil dengan tingkat penerangan yang tinggi, namun lampu ini tidak menghasilkan panas berlebih dan juga tahan lama serta tahan oleh goncangan.

Bagi pecinta otomotif, bebas untuk memilih jenis lampu untuk mempercantik motornya, asalkan tetap sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

==AS5==

Kalau kalian butuh berbagai lampu motor serta alat listrik lainnya, ingat selalu untuk beli di S-gala.com ya!

Dapatkan juga peluang bisnis menarik mulai modal NOL RUPIAH alias TANPA MODAL hanya melalui kontak CS kami berikut ini>> CHAT WA CS

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup