Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

10 Ide Kreasi Lampu Daur Ulang / Lampu Recycle

November 10, 2022
Cover Lampu Recycle
Iklan Sponsor

Coba lihat sekitar kalian, ada berapa banyak barang-barang tak terpakai yang ada di lingkunganmu?

Daripada dibiarkan menjadi sampah atau barang tak berguna, yuk daur ulang berbagai barang bekas di sekitarmu supaya menjadi sesuatu barang yang bermanfaat!

Kali ini S-gala.com akan mengajak kalian untuk melihat referensi lampu-lampu recycle dari barang bekas dan sampah, siapa tau bisa jadi bahan ide untuk kreasi lampu di rumahmu!

Yuk simak informasinya sampai selesai!

==AS1==

Ide Kreasi Lampu Recycle

Lampu adalah salah satu barang yang sangat esensial dalam hidup  manusia saat ini. Penerangan sangatlah dibutuhkan terutama di malam hari.

Terkadang harga lampu ada yang mahal, terutama lampu-lampu gantung dan lampu hias yang punya desain unik.

Daripada beli, ayo coba tengok barang-barang bekas dan sampah di sekitarmu! Siapa tau bisa membuat lampu recycle dari sampah tersebut.

Takut jelek? Eits! Nih, coba lihat kreasi lampu recycle berikut ini, dijamin bikin berdecak kagum deh!

1. Lampu Gantung dari Jepitan Kayu

Lampu recycle dari jepitan bekas
Lampu recycle dari jepitan bekas

Jepitan kayu yang sering digunakan sebagai penjepit baju atau kertas ini punya satu penyakit, yaitu agak mudah patah.

Ketika patah maka sudah tidak bisa lagi dipakai untuk menjepit.

Nah, kalian bisa membuat lampu gantung estetik dari jepitan kayu ini lho!

Atau kalau kalian mau menggunakan jepitan baju yang terbuat dari plastik juga bisa. Kalian bisa mengecatnya dengan warna tertentu supaya hasilnya lebih menarik.

Cukup buat rangka dari kawat sebagai kap lampunya, lalu jepit dengan penjepit kayu / plastik. Kalian bisa menempelkannya juga dengan lem supaya hasilnya lebih kuat.

==AS2==

2. Lampu Meja dari Botol Bekas

Lampu dari botol kaca
Kreasi lampu recycle dari botol kaca bekas

Botol bekas juga bisa kalian sulap jadi dudukan lampu meja yang indah lho!

Botol yang digunakan ada baiknya bila terbuat dari bahan kaca supaya kuat dan kokoh untuk menopang lampu, kap, dan rangkaian listriknya.

Kalau mau menggunakan botol plastik juga bisa, tapi pastikan bahan plastiknya yang cukup tebal dan kokoh ya!

Dudukan botol bekas untuk lampu recycle ini juga bisa kalian hias sesuai dengan kreatifitas masing-masing.

Selain sebagai dudukan lampu, botol bekasnya juga bisa dibuat jadi kap lampunya sendiri lho! Kalian bisa menggunakan LED tumblr yang dimasukkan ke dalam botolnya. Selain harganya murah, hasilnya juga indah ya!

3. Lampu Meja Estetik dari Kayu dan Tali Rami

Lampu dari kayu dan tali bekas
Lampu recycle dari kayu bekas dan tali rami

Punya potongan kayu bekas? Jangan dibuang!

Kalian cukup menggunakan 3 potong kayu seperti gambar diatas untuk membuat sebuah lampu meja yang keren.

Cara buatnya mudah, bahannya juga sangat mudah ditemukan. Warnanya juga bisa kalian sesuaikan.

Tinggal mengecat kayunya sesuai warna yang diinginkan, lalu melilitnya dengan tali dengan warna senada.

Cocok banget untuk lampu dekoratif di berbagai ruangan.

4. Lampu Recycle model Gantung dari Bahan Kertas Bekas

Lampu gantung dari kertas bekas
Lampu recycle dari kertas bekas

Tidak ada kayu, tidak ada botol, kertas pun jadi! Ya, cobalihat deh gambar diatas. Percaya atau tidak, lampu recycle tersebut terbuat dari kertas bekas lho!

Cara buatnya juga mudah, kalian tinggal membuat potongan-potongan kertas berbentuk seperti daun lancip, lalu menyusunnya secara bertumpuk di kap lampu sederhana yang berbentuk seperti lampion.

Kalau gak punya lampionnya, kalian juga bisa membuatnya dari rangkaian lidi bekas yang dilengkungkan sampai membentuk bola lalu dilapis kertas!

Wah, mudah dan murah banget ya!

Memang kalau dengan kreatifitas, barang bekas juga bisa menjadi sesuatu karya yang indah.

==AS3==

5. Lampu Keren dari Pipa Bekas

Pipa air bekas jadi lampu keren
Lampu recycle dari pipa air bekas

Hah? Lampu dari pipa bekas?

Ya, pipa air bekas yang sudah tidak terpakai juga bisa digunakan sebagai dudukan lampu yang sangat keren lho!

Contohnya seperti gambar diatas, dengan membuat rangkaian abstrak dari pipa yang dicat dengan warna dark bronze. Kesannya klasik, tua, tapi sangat keren ya! Apalagi ditambah dengan aksesoris seperti kompas meteran, bikin lampu ini jadi seperti mahakarya seni.

Siapa yang tertarik untuk bikin lampu recycle dari pipa bekas ini? Mimin S-gala sih YES!

6. Lampu Dekoratif dari Parutan

Lampu dekoratif dari parutan
Lampu recycle dari parutan bekas

Alat dapur juga ternyata bisa kita recycle atau daur ulang menjadi lampu lho! Salah satunya benda yang namanya parutan.

Biasanya di dapur parutan ini dipakai untuk memarut keju, wortel, bumbu dapur, dan bahan masakan lainnya. Tapi kadang bahan parutan yang terbuat dari logam ini jadi karatan dan kita tidak bisa menggunakannya lagi untuk bahan masakan.

Jadi kita bisa menggunakan parutan ini sebagai kap lampu kecil! Dijadikan sebagai penerangan dekorasi di teras lucu juga ya! Tapi pastikan areanya tidak terkena air kalau turun hujan supaya tidak konslet.

7. Menyulap Buku Bekas jadi Lampu

Menyulap buku bekas jadi lampu dinding
Lampu recycle dari buku bekas

Siapa yang punya buku yang sudah usang dan tidak pernah dibaca lagi?

Yuk kita sulap buku bekas di rumah jadi lampu dinding yang estetik banget!

Caranya mudah, kalian tinggal membuat dulu dudukan plastik berbentuk melengkung sebagai kap lampu. Lalu posisikan buku supaya tertutup dan potong persegi panjang kecil di bagian tengahnya sesuai ukuran dudukan yang sudah kalian buat.

Selanjutnya tinggal tempel-tempelkan buku yang sudah bolong tersebut ke kap lampu supaya terkesan seperti buku yang terbuka. Setelah itu kalian hanya perlu menyambungkan rangkaian instalasi listrik ke lampunya.

==AS4==

8. Lampu dari Roda Sepeda Bekas

lampu dari roda sepeda bekas
Lampu daur ulang dari roda bekas

Ternyata jari-jari roda bekas sepeda juga bisa kalian daur ulang jadi lampu yang super keren!

Contohnya seperti gambar di atas, jari-jari atau velg rodanya bisa dijadikan dudukan lampu yang sangat kokoh dan estetik.

Cocok banget untuk jadi penerangan di café, tempat usaha, bahkan kamar tidur sekalipun.

9. Lampu Meja dari Sedotan

lampu meja dari sedotan
Lampu recycle dari cup plastik dan sedotan

Lampu dari sedotan plastik dan gelas kertas? Kenapa tidak?

Kalian bisa menggunakan tumpukan gelas plastik / gelas kertas / mangkuk kertas sebagai dudukan dan menggunakan sedotan plastik / sedotan kertas menjadi kap lampunya.

Warna-warni dan menarik banget ya hasil akhirnya!

10. Membuat Lampu Daur Ulang dari Gantungan Baju

Lampu daur ulang dari gantungan baju bekas
Lampu recycle dari gantungan baju

Punya banyak gantungan baju yang tidak terpakai? Biasanya hal ini dialami oleh orang-orang yang pernah punya butik atau toko pakaian yang sudah tutup.

Nah, daripada nganggur di gudang, ayo manfaatkan gantungan baju jadi kap lampu!

Baik gantungan yang berbahan kayu, kawat logam, ataupun plastik tetap dapat dikreasikan kok.

==AS5==

Yuk tunggu apalagi? Buat kreasi lampu recycle sekarang! Bisa dijadikan peluang usaha juga lho!

Nah, ide lampu recycle mana yang jadi favorit kalian? Tuliskan di kolom diskusi ya!

Jangan lupa juga untuk selalu membaca update artikel dan informasi berkualitas lainnya di blogpost S-gala.com, seperti artikel berikutini >> Tips Penerangan Indoor

Dapatkan berbagai model lampu & alat listrik berkualitas dengan harga miring melalui kontak WA CS kami berikut ini >> CHAT WA ADMIN

Bisa banget buat jualan lagi lho!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup