Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Mengenal Lampu Mobil / Lighting Mobil Part 2

November 8, 2022
Cover lighting mobil
Iklan Sponsor

Pada artikel sebelumnya di pembahasan tentang Lampu Mobil Part 1, kita sudah membahas jenis-jenis lighting mobil berdasarkan bahan lampu dan intensitas cahayanya.

Nah kali ini S-gala.com akan mengajak kalian untuk memahami jenis-jenis lighting mobil berdasarkan fungsi dan penempatannya.

Yuk simak informasinya sampai selesai!

==AS1==

Jenis Lighting Mobil Berdasarkan Fungsinya

Selain dibedakan berdasarkan bahannya, lighting mobil juga dibedakan berdasarkan fungsinya :

1. Headlight

Lampu depan mobil

Headlight adalah lampu utama yang dipasang di bagian depan berfungsi untuk memberikan penerangan jalan bagi pengendara. Seperti yang kita tahu ada dua jenis lampu headlight yaitu headlight high beam (lampu jauh) dan headlight low beam (lampu dekat):  

a. Headlight High Beam

Lebih kita kenal dengan sebutan lampu jauh. Jarak penerangan lampu ini sekitar 10 meter. Memberikan penerangan ke jarak yang jauh ke depan untuk memberikan visibilitas pada kondisi jalanan sepi dan gelap.

Bagian dari lighting mobil utama ini lebih jarang digunakan karena bisa mengganggu pengendara lain yang datang dari arah berlawanan. Biasanya, halogen adalah jenis lampu yang digunakan pada lampu jauh.

b. Headlight Low Beam

Lighting mobil yang satu ini berfungsi menerangi jalan di depan mobil dalam jarak sekitar 5 meter. Lampu ini biasanya dinyalakan pada malam hari, saat jalanan sedang ramai, serta kondisi jalanan sedang terang.

Sorot lampunya tidak menyorot langsung ke depan seperti lampu jauh, melainkan mengarah ke jalan, sehingga lampu ini lebih ramah untuk pengguna jalan lain.

Pada kondisi gelap, seperti malam atau melintasi terowongan dan daerah gelap lainnya, lampu jenis ini menjadi pilihan utama para pengendara untuk meningkatkan visibilitas mereka pada kondisi jalan.

2. Lampu Senja

Lampu Senja Mobil

Lampu senja atau disebut juga lampu kota memiliki pancaran cahaya yang lebih rendah lagi dibandingkan dengan lampu dekat alias low beam.

Fungsi utama dari jenis lampu mobil ini adalah sebagai penerangan mobil saat hari sudah menjelang malam. Penggunaan lampu senja juga bisa sebagai DRL (daytime Running-light) yang dinyalakan pada siang hari sebagai salah satu kelengkapan berkendara.

Banyak yang menggunakan lampu LED sebagai lampu senja agar lebih irit. Lampu senja berada pada lampu kepala dan akan langsung menyala saat menekan saklar.

==AS2==

3. Lampu Kabut (Fog Lamp)

Fog Lamp

Sesuai dengan namanya, fungsi dari lampu kabut adalah sebagai alat penerangan yang digunakan ketika jalanan berkabut atau saat cuaca buruk seperti saat hujan lebat.

Lampu ini akan meningkatkan visibilitas pengemudi sekaligus memberi tanda ketika ada mobil dari arah yang berlawanan. Letaknya, lampu kabut ada di bagian bawah bumper dan berwarna kuning terang.

4. Lampu Sein

Lampu sein

Lampu sein bukan jenis lighting mobil yang digunakan untuk alat penerangan, fungsinya lebih kepada media komunikasi antar pengemudi di jalanan.

Menyalakan lampu sein akan memberikan tanda pada pengemudi lain saat Anda akan melakukan perpindahan jalur atau berbelok. Lampu ini dipasang baik di bagian depan dan belakang mobil. Lampu ini diharuskan berwarna kuning sebagai isyarat hati-hati.

5. Lampu Hazard

Lampu Hazard

Lampu hazard sering disamakan dengan lampu sein karena sama-sama berkedip saat beroperasi. Namun secara fungsi keduanya berbeda, lampu hazard berfungsi untuk memberikan tanda bahaya, biasanya dinyalakan ketika mobil berada dalam masalah.

Perbedaan lainnya adalah lighting mobil hazard menyala secara bersamaan kanan dan kiri.

==AS3==

6. Lampu Rem

Lampu rem

Lampu rem adalah lampu yang menyala saat pengemudi mengerem kendaraannya. Umumnya lampu ini berwarna merah dan dipasang di bagian belakang.

Fungsinya adalah memberi peringatan kepada pengendara yang ada di belakang bahwa mobil akan mengurangi kecepatan sehingga dapat menghindari terjadinya tabrakan.

7. Tail Light

Tail Light

Tail light adalah lampu berwarna merah yang terletak di bagian tail mobil. Lampu ini biasanya menyala bersamaan dengan lampu rem mobil.

Pada jenis mobil tertentu tail light sudah menjadi bagian dari mobil, namun pada beberapa mobil lampu ini menjadi aksesoris lighting mobil tambahan.

Fungsinya sendiri adalah untuk memberitahukan lebar kendaraan pada pengendara lain yang ada di belakang.

8. Lampu Mundur

Lampu Mundur

Lampu mundur berfungsi untuk memberitahukan pada pengendara lain bahwa mobil akan bergerak ke belakang. Biasanya lampu ini berwarna putih dan terletak berdekatan dengan lampu rem. Lampu mundur akan menyala secara otomatis ketika pengemudi masuk ke persneling R (Reverse) atau mundur.

==AS4==

9. Lampu Kabin

Lampu Kabin

Satu-satunya lighting mobil yang berada didalam interior mobil adalah lampu kabin. Lighting mobil yang satu ini digunakan untuk penerangan di malam hari. Lampu kabin biasanya berwarna kuning redup agar tidak mengganggu pandangan kendaraan yang ada di belakangnya.

Bagi pecinta otomotif, bebas untuk memilih jenis lampu untuk mempercantik mobilnya, asalkan tetap sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

==AS5==

Kalau kalian butuh berbagai lighting mobil serta alat listrik lainnya, ingat selalu untuk beli di S-gala.com ya!

Dapatkan juga peluang bisnis menarik mulaimodal NOL RUPIAH alias TANPA MODAL hanya melalui kontak CS kami berikut ini>> CHAT WA CS

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup