Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Gak Cuma untuk Listrik Rumah, Ternyata MCB Untuk Alat Elektronik Juga Lho!

July 6, 2022
MCB untuk alat elektronik
Iklan Sponsor

MCB (Miniature Circuit Breaker) termasuk ke dalam salah satu perangkat circuit breaker yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kelebihan beban karena penggunaan listrik yang melebihi kapasitas dan hubungan pendek arus listrik.

Selain fungsi MCB ini digunakan untuk membatasi beban listrik yang digunakan oleh pelanggan PLN dalam instalasi listrik, MCB ini juga digunakan di peralatan-peralatan listrik baik skala rumahan ataupun industri terutama peralatan listrik yang menggunakan arus listrik yang besar (Watt besar), seperti:

  1. AC (Air Conditioner)
  2. Peralatan listrik yang menggunakan motor listrik besar
  3. Genset
  4. Mesin-mesin produksi, dll
MCB untuk industri
Gambar MCB 3 fasa (kiri) dan 2 fasa (kanan)

MCB untuk Alat Elektronik

Pertanyaan pertama yang muncul adalah mengapa peralatan-peralatan listrik / alat elektronik jenis ini menggunakan MCB juga, padahal pada KWH meter yang disediakan oleh PLN juga sudah menggunakan MCB?

Ada beberapa keuntungan yang didapat jika setiap peralatan listrik (terutama yang membutuhkan arus listrik yang besar) menggunakan MCB.

MCB untuk Alat Elektronik Bisa Membatasi Arus Listrik

Pertama adalah membatasi arus listrik yang digunakan oleh peralatan listrik tersebut sehingga jika MCB trip / jeglek menandakan adanya gangguan pada peralatan tersebut yang menyebabkan arus listrik yang digunakan naik.

Melindungi Peralatan Elektronik

Kedua, untuk melindungi peralatan listrik lainnya jika terjadi hubungan pendek arus listrik.

Jika salah satu peralatan listrik mengalami hubungan pendek arus listrik maka tidak akan mengganggu peralatan listrik lainnya karena MCB utama pada panel KWH meter tidak mengalami trip juga yang menyebabkan matinya keseluruhan jaringan listrik.

Oleh karena itu, bisa dibilang MCB untuk alat-alat listrik ini berperan besar dalam mengamankan instalasi peralatan itu sendiri.

Saat listrik mengalir, alat elektronik ini dapat segera diputuskan dari rangkaian saat terjadi anomali.

Stop Kontak dan MCB untuk alat elektronik
Gambar stop kontak yang dilengkapi dengan MCB, cocok digunakan untuk AC atau peralatan listrik yang membutuhkan arus listrik yang besar

Mengisolir Peralatan Elektronik yang Bermasalah

Ketiga, untuk mengisolir peralatan listrik yang bemasalah. Dengan adanya MCB di setiap peralatan listrik maka untuk mengisolir peralatan listrik mana yang bermasalah atau mengganggu dapat dilakukan tanpa harus mematikan keseluruhan sistem kelistrikan yang ada.

Sebenarnya hampir di setiap peralatan listrik baik itu kecil maupun besar dilengkapi oleh circuit breaker namun jenisnya bukan MCB tetapi fuse yang fungsinya sama namun jika terjadi kelebihan arus atau hubungan pendek arus listrik tidak dapat direset untuk di-On kan kembali tetapi harus diganti alias sekali pakai.

MCB yang digunakan untuk peralatan listrik sama dengan yang digunakan pada KWH meter PLN, sehingga kalian dapat menggunakan MCB yang sama untuk peralatan listrik lainnya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan arus listrik atau beban daya yang digunakan oleh peralatan listrik dengan MCB yang digunakan dan banyaknya jalur (pole / fasa) karena beberapa peralatan listrik yang berdaya besar membutuhkan listrik 2 atau 3 fasa.

Berbagai macam brand MCB
Gambar berbagai merk MCB

Contohnya saja AC, MCB digunakan untuk memudahkan dalam melakukan perawatan berkala sehingga tidak perlu mematikan listrik secara keseluruhan pada saat service dan AC juga terlindungi jika terjadi masalah.

Mesin-mesin produksi pada industri juga dilengkapi MCB atau sejenisnya untuk melindungi mesin jika terjadi kerusakan dan tidak mematikan keseluruhan jaringan listrik jika terjadi hubungan arus pendek pada mesin tersebut.

Bisa dibayangkan kerugian yang dialami jika karena satu mesin mati dan membuat semua mesin ikut mati juga.

Genset juga sebagai sumber listrik pasti menggunakan MCB ini untuk melindungi generator dari kelebihan beban sehingga tidak merusak generator itu sendiri.

Apapun itu peralatan listriknya pasti menggunakan circuit breaker seperti MCB atau fuse sebagai perlindungan pertama.

Merk & Harga MCB untuk Peralatan Elektronik

Untuk harga dan merknya juga bermacam-macam bergantung nilai arusnya dan kualitasnya; mulai dari puluhan ribu untuk nilai arus yang kecil sampai ratusan ribu rupiah.

Merk-merk seperti yang tertulis di bawah ini cukup sering digunakan :

  • Schneider
  • Merlin Gerin
  • Broco
  • ABB
  • dll

Nah, kalau kalian butuh MCB untuk mengamankan alat elektronik dengan kualitas baik dan haga terjangkau; ayo segera hubungi kontak CS kami melalui tautan berikut >> https://mauorder.online/blog-s-gala-com?produk=MCB

Dapatkan juga peluang bisnis menarik dengan modal kecil berpotensi untung jutaan rupiah hanya dengan menjadi reseller alat listrik & alat-alat rumah tangga impor tangan pertama.

Yuk segera gabung! Karena sgala yang kalian perlukan ada di S-gala.com.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup