Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Macam-macam Sumber Modal Usaha

September 13, 2022
Modal Usaha
Iklan Sponsor

Jika Anda sudah punya ide bisnis yang keren dan inovatif, maka Anda mungkin perlu memikirkan stok barang, tim kerja, web jualan online, dan lainnya.

Hal lain yang penting untuk anda perhatikan sebagai faktor penting dalam Cara Memulai Bisnis adalah modal usaha.

Walaupun terkesan sulit, tapi ternyata ada banyak cara mendapatkan modal tersebut.

Jadi membangun sebuah usaha kecil tidak selalu harus mengeluarkan uang dari kantong sendiri.

Beberapa di antaranya bahkan ada yang didapatkan dari sebuah penggalangan dana di internet.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah sumber modal yang bisa didapatkan oleh Anda, para calon entrepreneur baru.

Sumber Modal Usaha

Secara umum ada 6 sumber modal usaha / modal bisnis yang bisa Anda dapatkan.

Yuk simak artikelnya sampai selesai!

1. Tabungan Pribadi

Tabungan pribadi sebagai modal bisnis

Salah satu cara paling mudah untuk mendapat modal usaha adalah dengan menggunakan tabungan sendiri.

Anda bisa mulai dengan menyisihkan sebagian dari gaji tiap bulannya. Dengan menggunakan tabungan sendiri, Anda dapat memulai bisnis tanpa perlu memikirkan hutang saat bisnis sudah mulai berjalan.

Namun di sisi lain, cara yang satu ini membutuhkan waktu yang lumayan lama. Perlu anda ingat bahwa, jangan gunakan tabungan pribadi seluruhnya untuk membangun bisnis.

Pastikan Anda menyisihkan uang lain setidaknya satu tahun biaya hidup tetap sehingga jika ada gejolak keuangan, anda masih dapat membiayai hidup.

2. Jual Aset

Jual Aset untuk modal bisnis

Cara mencari modal usaha lain yang bisaanda coba adalah menjual aset seperti barang-barang berharga, perhiasan, kendaraan pribadi, dan sebagainya.

Anda pun bisa menggabungkan sejumlah uang dari tabungan sekarang dengan hasil penjualan aset sehingga modal yang anda punya jadi lebih besar.

3. Pinjaman Bank dan Credit Union

Pinjaman online sebagai modal bisnis

Sumber modal yang pertama adalah dari pinjaman bank konvensional maupun penyedia kredit.

Bahkan saat ini ada banyak aplikasi pinjaman online yang bisa menyediakan pinjaman modal usaha. Tapi memang biasanya bunga yang diberikan cenderung jauh lebih tinggi dibandingkan bunga kredit bank. Selain itu waktu pelunasan juga lebih singkat dibandingkan bank konvensional.

Tapi pinjaman online memberikan kemudahan, berbeda dengan bank konvensional yang membutuhkan usaha dan kesabaran. Sebab tidak semua bank mau memberikan pinjaman untuk usaha kecil.

Oleh karena itu, yang pertama kali harus dilakukan adalah riset bank-bank yang mau meminjamkan modal ke usaha UMKM dan startup kecil. Atau cek juga penyedia pinjaman kredit online yang kredibel, standar OJK, dan memberikan suku bunga kredit yang cenderung bersahabat.

Karena ingat! Ketika Anda memulai bisnis biasanya tidak langsung bisa meraih profit besar. Pertimbangkan juga apakah pembayaran bunga akan sebanding dengan profit yang akan Anda dapatkan.

Jika Anda punya koneksi dengan staff atau orang yang pekerjaannya berhubungan dengan perbankan, gunakanlah koneksi tersebut semaksimal mungkin.

4. Mencari Rekan Bisnis

Rekan bisnis dengan modal usaha bersama

Kalau mengandalkan modal usaha sendiri terlalu berat, anda bisa mencari rekan bisnis sebagai pilihan cara mencari modal usaha lainnya.

Coba ajak teman yang Anda percaya serta memiliki visi dan minat yang cocok.

Namun sebelum memulai bisnis dengan teman, pastikan anda sudah membahas rencana secara rinci mulai dari strategi bisnis, goal yang ingin dicapai, pembagian keuntungan, dan hal-hal lainnya.

Dengan punya rekan bisnis, anda juga jadi punya partner untuk brainstorm dan mendiskusikan ide-ide untuk mengembangkan bisnis.

5. Suntikan Modal Usaha dari Investor

Investor menyuntik modal usaha

Cara yang ini jelas akan sangat membantu pengembangan bisnis anda karena biasanya investor mampu memberikan suntikan dana yang cukup besar.

Cara ini bisa menjadi opsi untuk anda yang baru mulai dan masih belum punya penghasilan untuk diputar kembali untuk kebutuhan bisnis.

Anda dapat mulai mencari calon investor modal yang berinvestasi di industri yang sesuai dengan bisnismu.

Selain itu, anda bisa mengikuti lembaga atau workshop yang melakukan pelatihan serta memberikan akses bagi pengusaha untuk mendapatkan modal usaha.

6. Crowd Funding

Crowdfunding untuk modal usaha

Kebanyakan bisnis yang dibuat oleh anak muda saat ini mendapatkan modal usaha dari penggalangan dana online alias crowdfunding.

Umumnya, bisnis yang membuat crowdfunding seperti ini adalah bisnis yang berjalan di bidang digital dan online serta bisa memberikan benefit tertentu untuk para pendana.

Melakukan crowdfunding secara online kini juga lebih mudah karena sudah ada platform khusus untuk para entrepreneur muda. Salah satu yang paling terkenal adalah Kickstarter dan Indiegogo.

Dengan Kickstarter, Anda bisa menjelaskan apa saja rencana dan goals bisnis tersebut kepada calon pendana.

Kesimpulan

Perlu diingat, jika anda mencari modal usaha di luar pendanaan pribadi, baik itu dari pinjaman maupun investor, pastikan ide bisnis anda sudah matang, supaya orang atau lembaga yang meminjamkan juga yakin untuk menanamkan modal pada bisnis Anda.

Buat presentasi singkat yang padat dan jelas untuk menjelaskan gambaran besar bisnis anda, solusi yang ditawarkan, goal, timeline, serta alasan mengapa anda memerlukan modal.

Dalam mencari pendanaan, salah satu hal penting untuk diperhatikan adalah kesan yang ditunjukkan dari ide bisnis Anda.

S-gala.com lowongan kerja tanpa modal

Nah, kalau Anda masih merasa kesulitan dan ingin mencoba bisnis TANPA MODAL, yuk gabung dengan keluarga besar S-gala.com!

Disini Anda bisa mulai berbisnis dengan modal NOL RUPIAH lho! Hubungi kontak WA CS kami sekarang juga untuk info lebih lanjut >> https://mauorder.online/blog-s-gala-com?produk=JadiMitraAgenReseller

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup