Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Cara Modifikasi Senter Jadi Lebih Terang

July 6, 2022
Cover modifikasi senter jadi lebih terang
Iklan Sponsor

Apabila kalian punya senter jadul yang kualitas cahayanya sudah kurang terang, sebaiknya jangan dibuang!

Kita bisa melakukan modifikasi senter jadi lebih terang dan tahan lama lho! Caranya adalah dengan mengganti bohlam senternya dengan LED.

Modifikasi Senter Jadi Lebih Terang & Jarak Jauh

Senter vintage

Senter tersebut biasanya menggunakan bohlam dengan tegangan 2,5 volt dan menggunakan 2 buah baterai. Bohlam senter tersebut tampak pada gambar di bawah ini.

bohlam kecil untuk senter jadul

Ganti Bohlam Pijar dengan LED

Untuk mengganti bohlam lampu pijar menjadi lampu LED, bagian kepala dari bohlam yang terbuat dari kaca harus kita pecahkan.

Dan selanjutnya kita ganti dengan lampu LED yang ada di marketplace seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

LED untuk senter - retrofitting

Harga lampu LED seperti gambar di atas pada marketplaceadalah sekitar Rp. 1000,-. Harga tersebut sangat terjangkau dan cukup menarik sehingga layak kita coba untuk modifikasi senter jadi lebih terang.

Ada banyak jenis lampu LED yang bisa kalian gunakan. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan & budget ya! Bisa pakai LED HPL, LED NYA, atau XML T6 kalau mau jadi super terang.

Gambar dibawah ini menunjukan tampilan lampu LED dari samping. Tampak ada 2 macam model plat yang di dalam lampu LED. Plat yang besar merupakan kutub negatif dari lampu sedangkan plat yang kecil merupakan kutup posistif dari lampu.

LED tampak samping

Lalu Lampu LED tersebut kita pasang  sedemikian rupa seperti gambar dibawah ini.

modifikasi bohlam jadi led

Ada kemungkinan lampu LED tersebut tidak bisa menyala karena salah penyambungan kaki positif dan negatif lampu LED. Pastikan kutub negatif dari LED terhubung ke bagian ulir dari lampu bohlam. Sedangkan kutub positif LED terhubung ke bagian bawah dari lampu bohlam.

Hal ini ditunjukan pada anak panah yang terdapat di gambar.

Apabila sambungan sudah benar, maka akan didapatkan cahaya senter yang baru dengan warna putih yang lebih terang seperti gambar di bawah ini.

senter dengan LED putih

Dengan menggunakan LED, cahaya senter akan lebih terang dan menjadikan kegiatan kita lakukan di tempat gelap bisa lebih nyaman.

Selain cara diatas, di marketplace juga sudah tersedia lampu LED untuk senter yang siap pasang. Lampu tersebut harganya berkisar Rp. 27.000,- dan model dari lampu tersebut tampak pada gambar di bawah ini.

Di marketplace tersedia beberapa macam lampu senter ada yang memiliki tegangan kerja 6 Volt yang digunakan untuk senter dengan 4 baterai dan 3 Volt untuk 2 baterai.

Dengan demikian mempermudah pekerjaan kita untuk memodifikasi senter agar menjadi lebih terang.  

Apabila kita menggunakan senter seperti diatas yang memiliki body ulir agak sedikit repot. Kita harus mencabut fitting lampunya sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini.

Senter dengan dudukan yang dimodifikasi untuk LED

Setelah fitting tersebut sudah tercabut seperti gambar diatas, maka kita tinggal menghubungkan lampu senter yang tadi ke blok baterainya. Namun apabila senter lama kita menggunakan bohlam lampu seperti gambar di bawah ini, maka kita memodifikasinya akan lebih mudah dan cepat.

Senter bohlam tanpa ulir

Jika lampu senternya seperti gambar diatas,maka kita tinggal ganti lampu tersebut dengan lampu LED. Hal ini disebabkan ukuran fisik dari bohlam lampu tersebut diatas sama dengan lampu LED yang tadi kita bicarakan.

Kita tinggal tentukan lampu LED yang akan digunakan 6 volt atau yang 3 volt. Hal ini disesuaikan dengan baterai yang ada di senter tersebut. Dengan menggunakan lampu senter LED, maka senter akan memiliki jarak fokus cahaya yang lebih jauh bila dibandingkan dengan bohlam biasa.

Hasil Modifikasi Senter Jadul

Gambar dibawah ini menunjukan perbandingan cahaya lampu senter LED dengan lampu senter bohlam pijar.

Senter modifikasi

Pada gambar diatas, tampak senter yang menggunakan lampu LED (kiri) cahayanya lebih terang bila dibandingkan dengan senter yang menggunakan lampu pijar biasa. Hal ini disebabkan sifat lampu LED yang efisien dalam penggunaan energi listriknya.

Yuk mulai modifikasi senter jadi lebih terang! Mendaur ulang barang lama memang menyenangkan ya!

Jangan lupa juga untuk membaca informasi berkualitas lainnya seperti DIY membuat senter sederhana hanya di blogpost www.s-gala.com!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup