img-event01img-event02
Home

 >>  

Blog

 >>  

Kabel Listrik

 >>  

Kabel Listrik Nirkabel

 >>  

Kabel Listrik yang Tetap Eksis di Tengah Zaman Nirkabel

Cover Penggunaan Kabel di Era Nirkabel

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

January 3, 2021

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Kabel Listrik yang Tetap Eksis di Tengah Zaman Nirkabel

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp




Teknologi wireless atau biasa disebut teknologi nirkabel merupakan teknologi yang menghubungkan dua perangkat atau lebih tanpa menggunakan kabel.

Dapatkah Kabel Diganti dengan Wireless Seutuhnya?

Metode wireless atau nirkabel memang dianggap efektif oleh sebagian orang, tapi tentu banyak batasan juga dengan perkembangan teknologi nirkabel ini, seperti:

  • Biaya yang mahal
  • Cuaca buruk yang dapat mengganggu koneksi
  • Keterbatasan jumlah perangkat serta jarak yang dapat dijangkau untuk 1 device

Keterbatasan ini tidak akan kita tidak temui jika kita menggunakan kabel. Jadi, tentunya penggunaan kabel tidak (atau belum) dapat dihilangkan sepenuhnya dari kehidupan manusia.

Eksistensi Kabel di Zaman Nirkabel

Kabel Listrik Kebutuhan Utama

Kebanyakan jenis kabel yang diganti atau dialihfungsikan menjadi nirkabel merupakan kabel jaringan, atau yang berfungsi untuk menghantarkan “sinyal” atau frekuensi gelombang. Misalnya, kabel telepon, kabel LAN, kabel Antena, dll.

Sedangkan untuk kabel listrik, ternyata eksistensinya belum dapat digantikan oleh media apapun. Fungsi utama kabel listrik adalah untuk menghantarkan aliran listrik dari sumber listrik menuju ke perangkat pengguna listrik, sehingga perangkat tersebut dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya.

Banyaknya jenis kabel listrik yang belum dapat digantikan oleh teknologi nirkabel

Jenis kabel listrik sangat beragam, kalian dapat membacanya secara lengkap di artikel “Informasi Lengkap Seputar Jenis-jenis Kabel” di website s-gala.com. Banyaknya jenis kabel ini disesuaikan dengan keperluan.

Berdasarkan tegangannya, kabel listrik dibedakan menjadi tiga, yaitu :

  1. Kabel listrik tegangan rendah
  2. Tegangan menengah
  3. Tegangan tinggi

Dalam kehidupan sehari-hari biasanya kita akan menggunakan kabel listrik dengan tegangan rendah sampai menengah. Tegangan tinggi biasanya digunakan di gedung perkantoran yang membutuhkan panel listrik dengan daya tinggi ataupun kabel yang digunakan PLN untuk instalasi listrik skala besar.

Jenis kabel untuk tegangan rendah sampai menengah yang biasa dijumpai adalah kabel NYM, NYY, dan NYA.

Jenis-jenis kabel

Secara fungsi ketiga kabel ini biasanya digunakan untuk listrik rumahan ataupun tempat yang tidak memerlukan skala daya listrik yang besar.

Perbedaan 3 jenis kabel ini hanya pada lapisan yang melindungi kabel tersebut. Untuk kabel NYM dan NYY sudah dilindungi PVC sehingga dengan adanya bahan isolasi yang lebih tebal, kabel ini bisa digunakan di daerah kering atau pun basah dan memiliki tingkat keamanan yang lebih baik daripada kabel NYA.

Harga untuk 3 kabel tegangan rendah sampai menengah ini cukup ekonomis berkisar Rp 250.000 – Rp 280.000 per 100 meter. Selain ekonomis,umur dari kabel ini juga panjang terutama kabel yang sudah dilindungi PVC.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Wireless Dibandingkan Menggunakan Kabel

Jaringan Nirkabel

Seiring perkembangan jaman seperti kita bahas di awal, fungsi kabel sebagai penghantar listrik mulai tergantikan dengan teknologi nirkabel.

Teknologi yang dikembangkan untuk membuat kegiatan menjadi lebih praktis. Namun tentu terdapat kelebihan dan kekurangan dari teknologi wireless ini. Berikut kelebihan dan kekurangan teknologi nirkabel dibandingkan dengan menggunakan kabel:

Kenyamanan

Teknologi nirkabel memiliki tingkat kenyamanan yang lebih handal daripada menggunakan kabel. Pengguna dapat bergerak bebas dalam menggunakan perangkat elektronik karena jangkauan area yang lebih luas.

Jika kita menggunakan kabel maka terdapat batasan untuk menjangkau seluruh area tersebut.

Koneksi

koneksi buruk menggunakan nirkabel

Jika kita menggunakan kabel, maka koneksi tidak rentan terhadap gangguan sinyal karena tidak terganggu oleh cuaca dan jaringan lain. Selain itu koneksi jaringan kabel lebih cepat dibandingkan dengan nirkabel.

Kecepatan umum koneksi nirkabel biasanya jauh lebih lambat daripada jaringan kabel baik untuk transfer data ataupun koneksi lainnya. Selainitu teknologi nirkabel juga terbatas pada struktur bangunan seperti dinding, langit-langit, dan tidak seluruh area bisa dijangkau dengan efektif.

Fleksibilitas

Jaringan nirkabel seringkali dapat menangani pengguna dalam jumlah lebih banyak. Menggunakan jaringan nirkabel mempermudah menambahkan perangkat ke jaringan karena tidak memerlukan pemasangan kabel baru.

Keamanan data/informasi

Wireless rentan di hack

Tingkat keamanan menggunakan kabel relatif tinggi jika dibandingkan dengan jaringan nirkabel karena terhubung langsung serta terpantau hubungannya.

Sedangkan jika menggunakan jaringan nirkabel pada beberapa kasus kurang aman, karena bisa terjadi hack/pengambilan data jika jaringan belum dipastikan aman (salah satunya dilindungi dengan menggunakan kata sandi).

Harga

Menggunakan kabel relatif lebih ekonomis, selain harga yang murah juga perawatan yang mudah cukup memastikan kabel yang anda gunakan tidak terkelupas dan terhubung dengan baik dengan perangkat.

Jika menggunakan teknologi nirkabel kita perlu mengikuti perkembangan teknologi dan tentunya biaya pengembangan nirkabel ini tidak murah.

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan menggunakan kabel dan nirkabel secara umum saat ini kita masih belum bisa terlepas dari penggunaan kabel sebagai penghantar listrik. Karena di dunia ini pun belum ada perangkat yang benar-benar tidak membutuhkan kabel.

Walaupun menggunakan teknologi nirkabel, perangkat utama/router untuk koneksi nirkabel ke perangkat elektroik lainnya tetap harus menggunakan kabel untuk mendapatkan daya listrik dari sumbernya.

Kabel menghantarkan jaringan dan daya listrik dengan baik

Kabel membantu kita memastikan daya listrik tersambung dengan baik dan aman.

Pengembangan nirkabel tentu dibutuhkan seiring perkembangan zaman, namun mengikuti perkembangan tersebut dengan beberapa keterbatasan perangkat nirkabel, kabel listrik tetap menjadi pilihan nomor satu untuk menghantarkan listrik dari tegangan tinggi hingga tegangan rendah dan memastikan seluruh kegiatan kita yang menggunakan listrik dapat terakomodir dengan baik.  

Nah, semoga artikel kali ini dapat memberikan informasi untuk kalian ya! Jangan lupa untuk membaca informasi menarik lainnya di website s-gala.com.

Intip juga peluang bisnis menarik terkait kabel melalui katalog s-gala.com atau melalui kontak CS kami ya!



'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Harga 
This is some text inside of a div block.
SPANDUK KECIL 1 X 1
SPANDUK ALAT LISTRIK 2 x 1
STAND FAN KAKI BULAT MASTAP 16" M-16844
Harga Lengkap Produk
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-Gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review-img
google-review-img

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis ResellerKebijakan Privasi
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review
google-review
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa