Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Pemanas Air Listrik VS Gas

November 10, 2022
Pemanas Air Listrik
Iklan Sponsor

Siapa yang suka mandi pakai air hangat? Kalau di tempat kalian, bagaimana cara mendapatkan air panas?

Memasak air di atas kompor?

Menggunakan pemanas air gas?

Atau menggunakan pemanas air listrik / elektrik?

Kali ini S-gala.com akan membahas water heater alias pemanas air, serta perbandingan mana jenis pemanas air yang lebih bagus untuk dipakai.

Simak informasinya sampai selesai ya!

==AS1==

Pemanas Air / Water Heater

Pemanas Air

Pemanas Air / Water Heater adalah alat yang menggunakan proses termodinamika dengan menggunakan sumber energi untuk memanaskan air di atas suhu awal.

Masing-masing jenis dan merek water heater memiliki pemanas yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan energi listrik dan adapula yang memakai pemanas dari gas. Walau demikian, keduanya sama-sama bisa memanaskan atau menghangatkan air.

Dengan menggunakan water heater kamu tidak perlu lagi memasak air untuk mandi atau memenuhi kebutuhan sehari-hari.

==AS2==

Jenis-jenis Pemanas Air / Water Heater

Saat ini ada beberapa tipe water heater yang dijual di pasaran diantaranya adalah :

Electric water heater / Pemanas Air Listrik

Water heater listrik

Pemanas air ini mengandalkan energi listrik sebagai sumber pemanasnya. Di pasaran ada banyak merek electric water heater yang dijual dengan harga bervariasi. Bila berminat kamu dapat mengunjungi toko sanitary untuk membelinya.

Gas water heater

Sesuai dengan namanya, alat pemanas air ini mengandalkan energi dari gas elpiji sebagai sumber pemanasnya. Water heater jenis ini dapat menjadi pilihan jika kamu ingin lebih hemat. Sebab biaya gas elpiji sendiri relatif murah dan kecepatan panasnya cukup tinggi.

Boiler water heater

Water heater Boiler

Boiler water heater adalah penghangat air yang mengandalkan energi boiler. Energi boiler sendiri adalah proses pemanasan air hingga menjadi uap. Biasanya, boiler water heater digunakan untuk kebutuhan air panas berkapasitas besar dengan suhu kisaran 80-100 derajat celcius.

Oleh karenanya, wajar bila alat ini lebih sering digunakan di pabrik atau hotel besar.

Solar water heater

Sama seperti namanya, alat ini mengandalkan energi matahari sebagai sumber pemanasnya. Konon solar water heater cukup mumpuni digunakan di Indonesia karena berletak di garis khatulistiwa dan beriklim tropis.

Sayangnya pada waktu tertentu alat ini tidak dapat berfungsi maksimal karena tidak ada panas matahari.

Namun tak perlu khawatir, dalam kondisi tersebut kamu dapat menggunakan energi listrik sebagai pemanas penggantinya. Dengan catatan kamu membeli solar water heater yang memiliki electric heater.

==AS3==

Water Heater Elektrik VS Gas

Untuk kali ini kita hanya akan membahas keunggulan dan kekurangan antara water heater listrik dan water heater gas saja. Beberapa diantaranya adalah :

1. Segi Aksesibilitas

Dalam hal fungsionalitas, water heater listrik biasanya lebih mudah dioperasikan daripada water heater gas standar.

Karena sistem kerja water heater listrik beroperasi murni dengan daya listrik, kamu tidak perlu repot-repot menyalakan gas untuk menyalakannya.

Hal ini pada akhirnya membuat aksebiilitas water heater listrik lebih mudah dikelola.

2. Segi Biaya

Total biaya untuk pembelian dan pemakaian water heater gas dan water heater listrik hampir identik. Namun, harga jual water heater gas cenderung lebih mahal sehingga biaya di muka yang lebih tinggi.

Namun, karena biaya gas rendah, kamu akan membayar tagihan utilitas bulanan yang lebih rendah secara keseluruhan.

Sedangkan, untuk biaya water heater listrik, memiliki biaya awal yang lebih rendah, tetapi biaya bulanannya umumnya lebih tinggi.

3. Segi Perawatan

Maintenance

Soal pemeliharaan atau perawatan, water heater gas memerlukan perhatian lebih dibanding water heater listrik.  Namun, kemungkinan besar kamu harus menyiram keduanya secara teratur agar endapan tidak menumpuk di dasar tangki.

Untuk water heater gas, saluran gas dan tangkinya perlu diperiksa secara berkala agar mencegah kebocoran gas atau penumpukan sedimen. Direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan tahunan pada kedua jenis water heater untuk memastikan penggunaannya lebih lama.

==AS4==

4. Segi Efisiensi

Jika membandingkan efisiensi water heater listrik dan water heater gas, water heater listrik lebih efisien. Meski lebih murah untuk dioperasikan setiap bulan karena biaya gas yang rendah, jenis water heater gas menggunakan lebih banyak energi untuk beroperasi dan melepaskan limbah ke lingkungan.

Produk water heater gas mengambil sebagian panasnya sehingga membuatnya kurang efisien daripada water heater listrik. Water heater listrik bagaimanapun akan menggunakan sebagian besar energi yang diterimanya untuk menghangatkan air sehingga membuatnya lebih hemat energi.

Meski begitu, ada beberapa water heater gas hemat energi tinggi yang menggunakan lebih sedikit energi secara keseluruhan. Sistem ini biasanya memiliki label Energy Star.

5. Segi Instalasi

Pemasangan pemanas air

Prosedur instalasi atau pemasangan water heater listrik dan water heater gas sangat mudah. Di sisi lain, cukup sulit untuk beralih dari unit water heater listrik ke water heater gas.

Proses ini lebih sulit karena saluran gas harus dipindahkan ke lokasi baru. Ini membutuhkan pembuatan ventilasi lain, yang mengarah pada pemotongan atau pengeboran ke sisi rumahmu. Hal tersebut pada gilirannya akan meningkatkan biaya dan jangka waktu pemasangan yang lama.  

Berdasarkan kelebihan & kekurangan masing – masing water heater, kita dapat menentukan mana water heater terbaik yang akan kita beli.

Anda tinggal menyesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan masing-masing.

==AS5==

Jangan lupa untuk cek selalu berbagai keterangan saat membeli alat elektronik, ya!

Dapatkan juga berbagai informasi menarik termasuk peluang bisnis berpotensi untung jutaan rupiah per bulan hanya melalui kontak WA CS S-gala.com berikut ini >> CHAT WA ADMIN

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup