Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Informasi Tentang Rangkaian Lampu Baca LED

July 6, 2022
Cover Rangkaian Lampu Baca LED
Iklan Sponsor

Rangkaian lampu belajar LED pada umumnya sama atau mirip dengan rangkaian lampu LED biasanya, yang membedakan hanyalah bentuk casingnya saja yang dibuat dengan tujuan sebagai lampu baca.

Bergantung pada watt atau dayanya, lampu LED yang digunakan pada rangkaian tentunya akan lebih dari satu chip LED.

Chip LED ini dapat dirangkaikan secara seri, parallel, atau gabungan antara seri dan parallel.

LED chip untuk lampu baca

Namun sebelum kita masuk kedalam rangkaian LED, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal yang umum tentang chip LED, diantaranya adalah:

  1. Chip LED hanya bekerja pada arus searah atau DC. Sehingga setiap chip LED memiliki polaritas positif dan negatif yang pemasangannya juga harus sesuai dengan polaritasnya.
  2. Setiap chip LED memiliki operasional voltase dan kuat arus tertentu untuk bekerja secara optimal. Voltase dan kuat arus operasional ini bisa berbeda-beda bergantung dari jenis chip LED yang digunakan, warna yang dihasilkan, dan ukuran dari chip LEDnya. Namun untuk memastikan voltase dan kuat arus operasional yang dibutuhkan oleh setiap chip LED, kita harus merujuk pada datasheet yang dikeluarkan oleh manufaktur chip LED tersebut.
  3. Karena setiap chip LED memiliki voltase dan kuat arus operasional masing-masing dan sumber listrik yang tersedia biasanya tidak selalu pas dengan voltase tersebut, biasanya pada rangkaian ditambahkan resistor yang dirangkaikan secara seri dengan chip LED untuk menghindari chip LED terkena voltase berlebih.

Rangkaian Lampu Baca LED

Setelah mengetahui beberapa hal umum mengenai chip LED, marikita bahas mengenai rangkaian LED yang dapat dirangkai:

Rangkaian seri

Rangkaian lampu baca seri
Gambar rangkaian LED seri

Pada rangkaian seri chip LED di rangkaian secara berderet pada jalur yang sama. Kaki positif chip LED dihubungkan pada kaki negatif chip LED dan chip LED bagian ujung dihubungkan dengan sumber listrik DC.

Kelebihan dari rangkaian ini adalah kesederhanaannya dan mudah untuk dirangkaikan.

Kekurangannya adalah jika ada salah satu chip LED yang mati, maka membuat rangkaian listrik menjadi putus dan menyebabkan semua LED juga mati.

Rangkaian parallel

Rangkaian lampu baca paralel
Gambar rangkaian LED parallel

Pada rangkaian LED parallel, setiap chip LED dirangkaikan pada jalur listrik yang berbeda.

Masing-masing kaki positif chip LED dihubungkan dengan sumber listrik positif dan masing-masing kaki negatif chip LED dihubungkan dengan sumber listrik negatif.

Kelebihan dari rangkaian ini adalah jika salah satu chip LED mengalami kerusakan, maka tidak mempengaruhi chip LED yang lain (chip LED yang lain akan tetap dapat menyala).

Kekurangan dari rangkaian ini adalah lebih rumit daripada rangkaian seri karena membutuhkan jalur listrik yang lebih banyak daripada rangkaian seri.

Rangkaian gabungan

Rangkaian lampu baca LED gabungan seri paralel
Gambar rangkaian gabungan seri dan parallel LED

Pada rangkaian ini, chip LED di rangkaian seri dan menjadi satu segmen, dan setiap segmen dihubungkan secara parallel, hal ini membuat jika salah satu chip LED mati, hanya akan membuat mati satu segmen saja, sedangkan segmen yang lain akan tetap dapat menyala.

Rangkaian ini biasanya terdapat pada LED strip.

Rangkaian ini juga memungkinkan kalian untuk memotong LED strip pada setiap segmennya.

Rangkaian lampu baca LED model bohlam di pasaran

Rangkaian lampu baca LED model bohlam
Gambar rangkaian listrik pada lampu LED model bohlam

Jika kalian membongkar lampu LED model bohlam atau model lainnya yang ada di pasaran, rangkaian listriknya agak sedikit berbeda.

Pertama karena dihubungkan langsung dengan listrik PLN 220VAC, maka diperlukan bridge rectifier (rangkaian/ic penyearah) untuk membuat arus listrik menjadi DC.

Selain rangkaian penyearah terdapat juga filter untuk mengurangi noise listrik. Filter ini berupa kapasitor dan resistor.

Keluaran dari brigde rectifier ini berupa tegangan tinggi DC yang bisa mencapai +- 300V, untuk menyederhanakan rangkaian, maka para produsen lampu menggunakan IC LED driver untuk mengatur keluaran voltase dan kuat arus yang diperlukan untuk menyalakan chip LED.

Chip LED dirangkaikan secara seri yang jumlahnya bergantung pada watt lampunya.

Tentunya sama dengan sifat rangkaian seri, jika salah satu chip LED rusak, maka membuat keseluruhan chip LED menjadi mati.

Lampu baca LED portable

Lalu bagaimana dengan lampu baca LED? Tentunya rangkaian yang digunakan memakai prinsip yang sama.

Chip LED akan dirangkaian secara seri atau parallel, bergantung kebutuhan dan desainnya. Untuk sumber listriknya pun ada yang menggunakan adaptor dengan keluaran arus DC, atau ada juga yang menggunakan bohlam LED yang terdapat dipasaran sehingga dapat dihubungkan langsung dengan sumber listrik PLN.

Sekian penjelasan tentang rangkaian lampu belajar LED kali ini. Semoga bermanfaat & jangan lupa share artikel ini ya!

Kalau kalian juga berminat untuk menjadi reseller lampu & alat listrik dengan modal kecil tapi berpotensi untung jutaan rupiah per bulannya, jangan ragu untuk hubungi CS kami.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup