Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Apa Bedanya Regulator Tabung Gas LPG & Regulator Bright Gas?

July 6, 2022
Cover Regulator Bright Gas VS LPG
Iklan Sponsor

Kalian pasti sudah familiar dengan dua jenis tabung gas ini : yang pertama tabung LPG yang biasanya berwarna biru dan satu lagi tabung gas bright gas yang memiliki warna yang mencolok seperti pink dan ungu.

Tabung LPG VS Tabung Bright Gas

Beda gas elpiji dan bright gas

Sebelum kita membahas apa saja perbedaan dari kedua tabung ini, ada beberapa informasi penting yang harus kalian ketahui.

Yang pertama isi tabung antara tabung LPG dan Bright Gas sama yaitu C3 (Propane) dan C4 (Butane), kemudian kedua tabung ini merupakan sama-sama hasil produksi dari Pertamina.

Apa sih yang membedakan kedua jenis tabung ini? Yuk kita bahas apa saja perbedaannya:

Keamanan Tabung

Bright Gas yang memiliki warna tabung warna-warni ini dilengkapi dengan security seal cap atau penutup tabung yang lebih aman, karena menggunakan teknologi double spindle dan karet pelindung.

Maka dari itu, tabung Bright Gas ini aman dan tahan benturan.

Ketersediaan Ukuran

Gas elpiji umumnya tersedia dalam dua ukuran, 3kg, 12kg, & 50 kg. Sementara Bright Gas tersedia dalam ukuran 3kg, 5,5kg dan 12kg.

Subsidi

Gas subsidi VS non subsidi

Ukuran gas elpiji yang terkecil, 3kg, mendapat subsidi dari pemerintah sehingga mudah dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.

Akan tetapi, gas elpiji subsidi ini hanya bisa didapatkan oleh masyarakat yang membutuhkan. Sehingga, tidak lagi dijual bebas.

Sementara ukuran Bright Gas terkecil, 5,5kg, tidak mendapat subsidi dari pemerintah sama sekali.

Hal lainnya yang membedakan adalah di dalam tabung LPG subsidi terdapat tulisan “Hanya untuk Masyarakat Miskin”. Tapi kini masyarakat disedikana juga opsi bright gas 3kg yang sifatnya nonsubsidi.

Keunggulan Bright Gas

Meski harga LPG Bright Gas lebih mahal, dalam penggunaan sehari-harinya Bright Gas dinilai lebih hemat jika dibandingkan dengan LPG subsidi.

Keunggulan LPG Bright Gas yang bisa lebih hemat ini tak lepas dari tingginya kualitas tabung Bright Gas sebab Bright Gas dilengkapi teknologi valve yang berfungsi mengurangi tekanan gas berlebih.

Selain itu, Bright Gas juga sudah dilengkapi dengan segel hologram, sehingga isinya lebih terjamin dan konsumen bisa langsung mengetahui apakah tabung elpiji tersebut asli atau tidak.

Regulator Tabung Gas LPG & Regulator Bright Gas        

Pada dasarnya, mekanisme dan sistem untuk regulator gas pada tabung gas LPG dan bright gas sama saja. Kalian juga bisa memilih regulator tekanan tinggi & rendah untuk bright gas.

Yang membedakan adalah fitur & spesifikasi regulator untuk volume tabung yang berbeda.

Seperti yang kita ketahui gas LPG & bright gas memiliki beberapa ukuran mulai dari 3kg, 5kg, 12kg, dan 50kg.

Untuk keempat jenis tabung ini kita memerlukan regulator yang berbeda, mengapa demikian?

Ini dikarenakan semakin besar tabung gas akan menghasilkan tekanan yang berbeda dan jika kita salah menggunakkan regulator bisa mengakibatkan kebocoran gas yang berisiko menyebabkan kebakaran.

Berikut adalah jenis regulator untuk bright gas & LPG yang bisa digunakan :

Regulator bright gas 3kg & 5kg

Regulator Tekanan Rendah

Regulator gas 3kg & 5kg ini biasa kita temui dan kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Terbuat dari besi, dilengkapi dengan gas meter sehingga kita bisa mengetahui tekanan di dalam tabung gas.

Regulator gas 12kg

Regulator gas tekanan tinggi

Berbeda dengan regulator 3 kg & 5 kg, regulator gas 12kg memiliki tutup tambahan yang bisa diputar.

Kegunaannya adalah untuk mengatur tekanan gas yang dikeluarkan dari tabung gas.

Ini berguna jika kita menggunakkan kompor yang kecil, kita bisa mengatur gas yang keluar sehingga pemakaian gas menjadi lebih hemat.

Sebenarnya untuk gas ukuran 12 kg juga kita bisa menggunakan regulator biasa (tekanan rendah) jika digunakan sekedar untuk kompor gas sederhana.

Sebaliknya, regulator tekanan tinggi ini juga bisa digunakan pada gas 3 & 5kg, tapi tentu akan lebih boros (gas cepat habis) karena tekanan yang dihasilkan lebih tinggi.

Regulator gas 50kg

Regulator untuk gas 50 kg

Regulator gas 50 kg berbeda jauh dari regulator gas 3, 5, dan 12 kg, dari gambar diatas terlihat regulator terlihat lebih kokoh dan simple.

Regulator gas 50 kg memiliki tekanan gas 2x atau bahkan 3x lipat dari tabung gas biasa. Terdapat tuas pemutar yang berguna mengatur pengeluaran gas.

Selain memilih regulator sesuai dengan ukuran tabung gas, hal lain yang penting yang perlu menjadi pertimbangan kalian dalam memilih regulator bright gas & LPG adalah adanya logo SNI. Dengan adanya logo ini mengartikan bahwa regulator sudah lolos standar SNI sehingga aman dipakai.

Dapatkan regulator gas terbaik dengan harga terjangkau melalui tautan berikut ya >> https://mauorder.online/blog-s-gala-com?produk=RegulatorGas

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup