Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

11 Rekomendasi Alat Catok Rambut Terbaik 2023

January 30, 2023
Cover Rekomendasi Alat Catok Rambut
Iklan Sponsor

Di zaman serba modern ini, kayaknya istilah bad hair day udah nggak relevan lagi. Sejak lahir dan berkembangnya berbagai hair styling tools, rambut kalian bisa tetap tampil keren setiap hari.

Ucapkan selamat tinggal sama istilah rambut lepek dan berantakan!

Dewasa ini, banyak banget variasi hair tools yang bisa kita pilih-pilih sesuai kebutuhan dan kualitas.

Bahkan hair tools kini sudah dilengkapi dengan teknologi mutakhir yang memungkinkan aktivitas styling dengan menyebabkan kerusakan yang minimal.

Salah satu alat hair styling yang jadi benda wajib tiap orang terutama wanita adalah alat catok rambut.

Tahu nggak sih, ternyata catokan bukanlah barang baru, lho! Kebiasaan menata rambut dengan bantuan logam panas sebetulnya sudah populer sejak zaman Babilonia, Yunani dan Mesir kuno sebagai penanda status sosial.

Namun hair tools modern mulai populer di kalangan umum sejak abad ke-19.

==AS1==

Jenis-jenis Alat Catok Rambut

Di pasaran ada banyak jenis alat catok rambut yang bisa kamu temukan. Beda fungsi, biasanya beda juga jenis alat catok rambut.

Secara umum ada 10 jenis alat catok rambut yang bisa kamu pilih.

1. Plat Besi

Flat hair iron straightener

Pernah menemukan catok rambut dengan harga sekitar Rp50 ribuan? Jangan langsung tergoda dengan harganya yang murah.

Cari tahu dulu jenis plat yang dipakai dan kualitasnya. Catok rambut dengan kisaran harga murah seperti ini, biasanya terbuat dari bahan dasar besi.

Ketika dipakai, plat besinya memang mengeluarkan suhu panas. Namun, panasnya tidak merata dan tidak stabil.

Tak hanya itu, hasil catokannya pun kurang bagus dan lurusnya tidak bertahan lama.

Rambut juga cenderung lebih cepat rusak, kering dan bercabang jika terus menerus menggunakan catokan dengan plat besi.

2. Plat Keramik

Pelurus rambut bahan keramik

Catokan dengan plat keramik merupakan salah satu catok rambut yang paling umum. Kemampuannya dalam mentransfer suhu panas lebih merata dan stabil, sehingga aman untuk pemakaian sehari-hari.

Selain itu, permukaan plat yang halus tidak akan membuat rambut menjadi kusut atau tertarik ketika sedang digunakan. Hasil rambut lurusnya juga lebih tahan lama.

Alat catok dengan plat keramik biasanya dibanderol mulai dari harga Rp 150 ribuan hingga Rp 400 ribuan.

3. Plat Tourmaline

pelurus rambut dengan plat tourmaline

Tourmaline adalah salah satu batu mulia yang mengandung mineral. Untuk catokan, biasanya batu tourmaline digerus halus dan dibentuk menjadi lapisan plat.

Ada juga catokan yang menjadikan lapisan halus batu tourmaline sebagai lapisan plat keramik, sehingga kualitas suhu panas yang dikeluarkan akan lebih baik.

Kesitimewaan bahan ini ada pada kandungan ion di dalamnya yang tidak menimbulkan efek statis pada rambut dan membuatnya lebih halus.

Selain itu, kandungan mineral di dalamnya juga tidak mengakibatkan rambut menjadi kering dan bercabang.

Hasil akhir penataan rambut dengan plat tourmaline juga lebih bagus dibandingkan keramik atau besi.

Karena kualitasnya yang baik dan harganya di atas Rp400 ribuan, banyak juga salon kecantikan yang menggunakan jenis catokan ini.

4. Plat Titanium

pelurus rambut bahan titanium

Meski sama-sama berbahan metal, tapi bahan plat titanium punya kualitas yang lebih baik dibandingkan besi.

Jenis plat ini juga menghantarkan suhu panas yang sangat baik, sehingga catokan lebih cepat panas tapi hasilnya tidak merusak rambut.

Alat catok rambut dengan plat titanium juga sangat cocok untuk rambut tebal. Kamu akan lebih cepat meluruskan rambut dengan hasil yang lembut dan berkilau.

Nggak hanya itu, mengeriting rambut dengan catokan ini hasilnya akan lebih natural, halus dan tahan lama.

No wonder, karena kualitasnya yang bagus, awet dan kokoh, alat catok dengan plat titanium jadi salah satu jenis catokan yang harganya mahal, berkisar antara Rp 600 ribuan hingga Rp 2 jutaan!

==AS2==

5. Hair Crimper

Hair crimper

Selain catok rambut dengan plat yang rata, ada juga catok rambut dengan plat bergelombang seperti genteng atau biasa disebut hair crimper.

Catok rambut keriting ini biasa digunakan untuk menciptakan tatanan rambut keriting dengan tekstur yang kecil-kecil atau untuk membuat rambut lebih bervolume sebagai pengganti sasak.

Hair crimper dengan beragam bahan plat, misalnya keramik dan titanium, bisa ditemukan mulai dari Rp 100 ribuan hingga Rp 1 jutaan.

7. Curling Iron

Ada juga yang namanya curling iron atau catokan keriting yang memang khusus dibuat untuk mengeriting rambut. Dengan curling iron, kamu akan lebih mudah menata beragam variasi gaya rambut keriting yang tampak natural.

Umumnya, catok rambut ini berbentuk lonjong seperti tongkat dan penjepit, serta terbuat dari bahan plat keramik tourmaline. Ada juga yang punya bentuk seperti tongkat dengan diameter yang semakin mengecil ke ujung.

Ada juga curling iron yang bisa berputar secara otomatis. Automatic curling iron ini juga punya banyak variasi. Ada yang memiliki 3 barrel berputar hingga barrel berputar dengan pelindung.

Untuk bahan plat yang bagus, kamu bisa mendapatkan alat catok ini seharga Rp 500 ribuan.

8. 2-in-1 Hair Straightener and Curler

2 in 1 hair straightener & curler

Ingin alat catok yang lebih praktis? Gunakan saja yang 2-in-1!

Ya, catok rambut 2-in-1 ini sudah didesain dengan 2 fungsi sekaligus, sebagai hair straightener dan hair curler.

Biasanya, bentuk catok rambut ini perpaduan antara flat iron dan curling iron dengan plat penjepit di bagian atas. Variasi harga yang ditawarkan untuk alat catok ini berkisar antara Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribuan.

9. Three Barrel Curling Iron/Hair Waver

3 barrel curling iron

Butuh tatanan rambut wavy dalam waktu singkat? Mungkin alat catok rambut yang satu ini bisa kamu pertimbangkan.

Bentuknya yang unik dengan tiga barel dapat menghemat waktu, karena alat catok ini lebih cepat panas. Gaya rambut ikal bergelombang dapat dibentuk dalam waktu cepat.

Harga catokan rambut ini biasanya dibanderol mulai Rp 500 ribuan.

10. Catok Sisir Blow

Catok sisir blow

Terakhir, macam-macam catok rambut yang wajib kamu tahu adalah catok rambut sisir blow. Pas untuk kamu yang hobi banget nge-blow rambut sebelum beraktivitas.

Sesuai namanya, alat styling rambut ini berbentuk sisir blow dengan tambahan teknologi pengering rambut atau plat panas. Jadi, lebih praktis, kan?

Kamu bisa mendapatkan catok sisir blow ini mulai dari harga Rp 200 ribuan untuk kualitas yang baik.

==AS3==

11 Rekomendasi Alat Catok Rambut Terbaik 2023

Kini masuk ke segmen yang paling ditunggu-tunggu, yaitu rekomendasi alat catok rambut terbaik yang hasilnya maksimal dan pastinya gak bikin rambut rusak.

Jangan lupa langsung checkout produknya di setiap tautan yang tertera supaya nggak kehabisan!

Semua penjual yang kami rekomendasikan terjamin kredibel, produk original, terlaris, dan pastinya pelayanannya maksimal.

1. Tescom Catokan Sisir Negative Ions 2 Ways Hair NTIR1832

Tescom 2 ways brush hair iron

Tescom NTIR1832 merupakan alat styling keluaran Tescom dengan dua fungsi yaitu Pengeriting (Brush Iron) dengan diameter 32mm dan Pelurus atau catokan (Straightener).

Nikmati menata rambut gelombang ataupun meluruskan hanyadengan satu alat.

Dilengkapi dengan Argan Rich coating plate dimana plat ini sangat baik dan tidak membuat rambut rusak serta dapat memperbaiki susunan rambut yg rusak akibat penggunakan catokan dengan panas berlebih.

Waktu pemanasan hanya 30 detik dan suhu konstan. Selain itu juga memiliki 3 suhu temperature (140, 160, 190 derajat Celcius).

Universal Voltage (100-240 Volt) dan daya listrik 62 Watt sehingga sempurna untuk travelling.

Otomatis mati jika tidak digunakan selama 30 menit (safety setting).

==AFT : https://invol.co/clfu5nl

==AFL : https://invol.co/clfu5no

2. Remington Straightener 200 – S1A100

Catokan remington

Tak dapat dipungkiri, Remington memang identik dengan harga yang cukup mahal. Tapi catokan remington selaras dengan kualitas yang ditawarkan kok!

Alat catok rambut ini punya plat berjenis ceramic yang nggak akan bikin rambut kusut. Suhu catokan juga bisa mencapai 200°C dalam 30 detik.

Tapi catokan ini nggak memiliki pengatur suhu ya. Kalau terasa terlalu panas, kamu bisa mematikannya sejenak saat styling.

Catokan ini juga dilengkapi plat yang dapat dikunci dan kabel sepanjang 1.8 meter.

==AFT : https://invol.co/clfu5k4

==AFL : https://invol.co/clfu5k0

3. Babyliss Pro Curling Iron Ceramic Coating

Babyliss Pro Curling Iron Ceramic

Memiliki 25 macam pengatur temperatur panas, Babyliss Pro Curling Iron Ceramic Coating adalah catok rambut tipe pengeriting yang menyediakan beberapa ukuran pelat, namun daya pemakaian listriknya sama.

Ada pilihan pelat berdiameter 19 mm, 24 mm, 32 mm, hingga 38mm.

Dengan panjang kabel mencapai 270 cm, Anda tak perlu berada di dekat stopkontak. Selain itu, adanya beberapa level pengaturan suhu juga memungkinkan Anda mengatur rambut agar tampilan keritingnya bisa lebihterlihat.

==AFT : https://invol.co/clfu5j2

==AFL : https://invol.co/clfu5hm

4. Elona Eclairre Cordless Styling Iron

Elona Catokan

Lebih leluasa tanpa adanya kabel! Ingin melakukan proses mencatok rambut di luar rumah tapi takut tidak ada sumber listrik?

Cukup gunakan Elona Eclairre Cordless Styling Iron, Anda bisa mencatok rambut di mana saja. Pasalnya, catok rambut terbaik ini menggunakan rechargeable battery.

Catok rambut tanpa kabel ini terdiri dari 3 tingkat panas yang bisa dioperasikan hingga 30 menit.

Bukan cuma itu, kemampuan menghantarkan panasnya juga baik. Catok rambut ini juga mampu merapikan rambut berantakan atau lepek akibat terkena gerimis atau sehabis pakai helm.

==AFT : https://invol.co/clfu5gy

==AFL : https://invol.co/clfu5h5

5. Beauphoria Hot Hair Balloon – HB01

Beauphoria Hot Hair Balloon

Praktis digunakan bahkan olehpemula sekalipun. Beauphoria menghadirkan catok rambut terbaik berbentuk sisir yang bisa digunakan oleh profesional maupun pemula.

Catok rambut dengan diameter 4.5 cm ini dapat digunakan untuk memberi gaya rambut wavy yang bervolume bagaikan hasil blow dari salon.

Dengan pelat berlapiskan keramik, Anda tak perlu khawatir rambut rusak akibat proses styling karena Beauphoria menjamin produk ini mampu menghantarkan panas dengan baik.

Produk ini juga cocok dipakai oleh Anda yang mempunyai rambut berminyak dan lepek.

==AFT : https://invol.co/clfu5fi

==AFL : https://invol.co/clfu5fr

6. Philips Selfie Straightener HP8302/00

Philips Selfie Catokan Rambut

Pelat halus membuat proses pelurusan berjalan mulus. Philips mengeluarkan catok rambut terbaik dengan konsep unik karena produk ini dirancang khusus sebagai pelurus rambut untuk swafoto.

Lapisan pelat keramiknya mampu hasilkan panas merata hanya dalam waktu 60 detik.

Pada bagian pelatnya sendiri, Philips menyertakan teknologi SilkPro Care yang akan memberikan suhu optimal untuk mengurangi gesekan, sehingga menghasilkan hantaran panas yang lebih sedikit.

Dengan begitu, alat catok rambut ini bisa meluncur mulus pada rambut untuk menghasilkan rambut lurus.

==AFT : https://invol.co/clfu5eq

==AFL : https://invol.co/clfu5ev

==AS4==

7. Elov Professional 8819 Perfect Precision Ready

Catokan rambut ELOV

Jika kamu butuh catokan dengan ukuran plat yang lebih lebar, coba deh catokan dari ELOV Professional.

Selain bisa membuat proses mencatok jadi lebih mudah, catokan ini juga dilengkapi pengatur suhu yang bisa mencapai 230 °C. Harganya juga cukup terjangkau, berada di kisaran Rp 200 ribu saja.

==AFT : https://invol.co/clfu5dx

==AFL : https://invol.co/clfu5dq

8. Xiaomi HS-532 Yueli Portable Mini Wireless Hair Straightener

Catokan rambut xiaomi

Bisa dibilang catokan yang satu ini unik banget, lho! Catokan keluaran Xiaomi ini punya desain portable, berteknologi wireless, dan tahan debu.

Dilengkapi juga dengan pengatur suhu 160 °C dan 200 °C sehingga rambut nggak akan mengalami overheating.  Platnya juga terbuat dari keramik jadi nggak perlu takut rambut rusak.

Selain bisa meluruskan rambut, catokan ini juga bisa menjadi power bank untuk mengisi baterai smartphone lho.

Power banknya memiliki kekuatan 2.500 mAh. Harganya juga masih cukup terjangkau untuk banyaknya fitur yang didapat.

==AFT : https://invol.co/clfu5cp

==AFL : https://invol.co/clfu5cr

9. Dyson Corrale Hair Straightener

Dysn Corrale Hair Straigtener

Dapat digunakan menggunakan kabel dan tanpa kabel, lho! Produk catokan keluaran dari Dyson ini akan disukai oleh Anda yang mengutamakan fleksibilitas.

Anda bisa menggunakannya di mana saja tanpa harus berdekatan dengan stopkontak sebab catokan ini dapat digunakan tanpa kabel.

Di sisi lain, catokan ini juga tetap nyaman digunakan dengan kabel karena memiliki kabel fleksibel yang dapat berputar 360°.

Catokan rambut ini dilengkapi dengan fitur yang canggih yaitu OLED screen yang menampilkan informasi suhu dan baterai.

Selain itu, catokan rambut Dyson juga mempunyai fitur mati otomatis dan pengunci pelat agar lebih aman saat tidak digunakan.

==AFT : https://invol.co/clfu5bk

==AFL : https://invol.co/clfu5b0

10. Alat Catok Rambut Han River

Han River hair straightener

Pilihan catokan rambut minimalis dan ekonomis. Jika Anda mencari catokan rambut yang tidak banyak memakan tempat, kami merekomendasikan catokan HAN RIVER.

Selain memiliki desain yang simpel catokan ini juga memiliki harga yang terjangkau. Catokan ini efektif untuk menata rambut karena memiliki pelat yang memanas dalam waktu singkat yaitu lima hingga sepuluh detik.

Selain itu, suhu pada pelat juga dapat diatur mulai dari 140℃ hingga 230℃.

==AFT : https://invol.co/clfu59p

==AFL : https://invol.co/clfu5a7

11. Panasonic Straight and Curl EH-HV10

Panasonic Straight and Curl

Bentuk yang compact dan elegan menjadi kelebihan catokan rambut ini.

Straight and Curl EH-HV10 diformulasikan dengan photoceramic coating untuk memaksimalkan ketahanan rambut lurus.

Suhu panasnya bisa mencapai 210°C dalam waktu 40 detik saja, lho! Harganya dibanderol mulai dari Rp300 ribuan.

==AFT : https://invol.co/clfu593

==AFL : https://invol.co/clfu58c

Tips Menggunakan Catokan Rambut

Untuk menghasilkan rambut lurus sesuai dengan yang diharapkan, terdapat aturan dalam menggunakan catokan rambut.

Berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat menggunakan catokan agar rambut tidak mudah rusak.

1. Gunakan saat rambut dalam keadaan kering

Perlu untuk diperhatikan bahwa menggunakan catokan dalam keadaan rambut masih basah dapat memperburuk kondisi rambut Anda.

Alih-alih ingin membuat rambut tampak rapi dan indah, kebiasaan ini justru malah memicu rambut cepat rusak.

Hal ini dapat terjadi karena memanaskan rambut yang basah akan membuat folikel rambut menjadi hangus dan mengakibatkan rambut rusak.

Maka dari itu, sebelum menggunakan catokan pastikan rambut Anda sudah dalam keadaan kering.

2. Mengaplikasikan heat protector

Mengaplikasikan heat protector sebelum memakai catokan dapat melindungi rambut serta meminimalkan kerusakan yang terjadi akibat suhu panas dari alat catokan.

Produk heat protector tersedia berbagai jenis mulai dari krim hingga spray. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu tinggal semprotkan atau oleskan produk heat protector ke seluruh permukaan rambut secara merata.

==AS5==

3. Atur suhu catokan dengan tepat

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat melakukan catok rambut adalah dengan memperhatikan suhu alat catokan. Karena pengaturan suhu ini berperan penting terhadap hasil rambut Anda setelahnya.

Penggunaan suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Terlebih jika jenis rambut Anda cenderung halus dan tipis.

Untuk pemilik jenis rambut tipis, suhu catok yang tepat untuk digunakan yaitu antara 120-150° Celsius, sedangkan untuk jenis rambut yang tebal dan cukup bergelombang gunakan suhu antara 180-200° Celsius.

4. Bagi rambut menjadi beberapa bagian

Cara menggunakan catokan rambut yang tepat selanjutnya yaitu dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses mencatok rambut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah rambut terbagi menjadi beberapa bagian, lakukan proses mencatok rambut dengan pola searah yaitu dari atas ke bawah.

Cukup lakukan sekali pada tiap bagian rambut dan hindari mencatok rambut berulang kali. Karena rambut bisa cepat rapuh, rusak, bahkan terbakar apabila terkena panas catok berulang.

Apabila tipe rambut Anda keriting dan perlu dilakukan berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, sebaiknya gunakan suhu yang tepat dan gunakan heat protector untuk mencegah terjadinya kerusakan.

5. Gunakan serum rambut

Menggunakan alat styling rambut seperti catokan dapat memberikan efek buruk terhadap rambut apabila digunakan secara terus-menerus tanpa memperhatikan cara perawatannya.

Ini karena suhu panas dari catok bisa merusak lapisan pelindung rambut atau kutikula maupun lapisan dalam rambut.

Dengan begitu, untuk menjaga kesehatan rambut, sebaiknya seimbangkan dengan perawatan rambut dengan memberikan serum dan vitamin setelah pemakaian alat catokan.

Cara ini bertujuan untuk memberi nutrisi sekaligus mengembalikan kelembapan rambut yang hilang akibat suhu panas dari alat catokan.

Demikian cara menggunakan catokan rambut yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup