Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

11 Rekomendasi Brand Fashion Lokal Terbaik 2022

November 25, 2022
Cover Brand Fashion Lokal
Iklan Sponsor

Pakaian termasuk ke dalam kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi. Secara biologis, pakaian mempunyai fungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca, sinar matahari, debu serta gangguan binatang, melindungi tubuh daribenda - benda lain yang membahayakan kulit, dan menutupi atau menyamarkankekurangan pemakainya.

Salah satu fungsi pakaian mampu melindungi tubuh dariberbagai hal yang dapat memberikan pengaruh negatif pada manusia sehinggapakaian yang digunakan harus sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan agartubuh terlindungi secara tepat dan maksimal.

Pakaian merupakan sesuatu yang dapat memperlihatkanseseorang dengan berbagai hal tentang siapa dirinya seperti status sosial,kepribadian, eksistensi diri, tujuan, aspirasi dan aspek psikologis lainnya,dimana pakaian dianggap dapat mencerminkan kehidupan yang dijalani seseorang.

Cara kita memilih pakaian dapat berfungsi sebagai suatupernyataan, sebagai sarana untuk menunjukkan bahwa kita berasal dari kelompoktertentu yang berbagi sekumpulan ideal tertentu.

Karena itulah Brand atau Merk untuk busana menjadi salahsatu unsur penting dalam pemilihan pakaian. Banyak brand fashion luar negeriyang berjaya dan sangat laku di pasar dunia termasuk Indonesia.

Tapi tahukah Anda? Saat ini banyak juga lho brand clothinglokal yang kualitasnya juga sangat bagus dengan model yang beragam.

Kali ini S-gala.com akan memberikan beberapa tips dalammemilih pakaian serta 11 rekomendasi brand fashion yang bisa Anda pilih.

Cara Memilih Baju Brand Fashion Lokal Terbaik untuk Anda

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untukmemperoleh merk baju lokal berkualitas terbaik.

1. Mengetahui material yang digunakan

Material Kain

Ada cukup banyak jenis bahan yang digunakan untuk membuatbaju brand lokal, salah satu yang paling sering dipakai adalah katun.

Bahan katun terbuat dari serat kapas dan dikenal sangat nyaman dipakai, adem, serta mudah menyerap keringat.

Jenis bahan katun sendiri cukup beragam, misalnya katun jepang yang bertekstur halus dengan daya serap yang baik, katun paris yang cukup tipis dan menerawang, serta katun silk sutra yang bertekstur licin dan mewah.

Bahan lain yang sering digunakan untuk membuat baju brand lokal adalah polyester yang kurang menyerap keringat, teksturnya agak kasar, dan dijual dengan harga murah.

Karena kualitasnya yang kurang bagus itulah bahan ini sering dipadukan dengan bahan kain lain, misalnya katun sehingga menghasilkan kain baby terry. Kain baby terry terbuat dari 80% katun dan sisanya polyester.

Kain polyester biasanya digunakan untuk membuat jaket atau sweater.

Berikutnya ada bahan denim yang terbuat dari katun twill dan sering dipakai untuk membuat celana jeans. Beberapa baju brand lokal bahkan menjadikan bahan ini sebagai signature-nya, seperti Logo Jeans.

Bukan hanya untuk membuat celana, bahan denim juga banyak dipakai untuk membuat jaket, rok, dan tas.

Rajut juga menjadi bahan yang banyak dipakai oleh baju brand lokal untuk berbagai produknya, seperti pakaian bayi, kaos polo, sweater, dan vest.

Perlu diketahui bahwa rajut terbagi menjadi 3 jenis, yaitu single knit dibuat menggunakan jarum khusus rajut, double knit yang bertekstur lembut dan motifnya beragam, serta stiper yang menggabungkan berbagai benang berwarna pada proses merajutnya.

2. Membandingkan spesifikasi produk dan bahannya

Fashion Pria

Selain bahan dan standar ukuran, Anda bisa memeriksa spesifikasi lain dari baju brand lokal yang akan dibeli, misalnya pilihan warna, detail yang ditambahkan, dan motif yang tersedia.

Jika dijual melalui e-commerce atau website, spesifikasi produk biasanya tercantum lengkap pada kolom deskripsi produk yang tersedia.

Setelah memastikan spesifikasinya, Anda bisa membandingkan harga baju brand lokal itu antara satu toko dengan toko lainnya.

Seringkali terdapat beberapa toko yang menjual produk dengan harga cukup murah, tetapi ternyata produknya tiruan dengan kualitas lebih buruk dibandingkan produk asli.

Meski harganya berada di kisaran ratusan ribu rupiah, namun banyak pihak yang meniru atau membuat KW dari merk baju lokal yang laris manis di pasaran.

11 Rekomendasi Brand Fashion Lokal Indonesia Terbaik

Saat ini ada banyak brand fashion lokal yang bisa Anda beli baik secara langsung maupun secara online.

Sebagai panduan dan bahan pertimbangan, ini dia 11 rekomendasi brand fashion lokal Indonesia terbaik versi S-gala.com.

1. Erigo

Brand Erigo

Erigo (Erigo Apparel) merupakan merek fashion lokal asli Indonesia yang populer. Kepopulerannya tersebut tak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga mancanegara.

Alasannya, selain memiliki kualitas yang bagus, desain jaket Erigo juga stylish. Sebagai contoh, beberapa model jaket Erigo mengusung tema Jepang yang unik.

Agar Anda makin mudah menentukan pilihan, secara khusus kami akan membahas cara memilih jaket Erigo untuk pria. Kami juga akan mengulas jaket Erigo, seperti Windbreaker, Track Top, Coach, dan Pullover series.

==AFT : https://invol.co/clf69tg

==AFL : https://invol.co/clf6xh1

2. Original Quzzy

Original quzzy

Salah satu rekomendasi brand fashion lokal yang hits tahun 2022 adalah Original Quzzy. Quzzy yang juga memiliki siluet streetwear siap memenuhi keperluan street style kamu.

Menyediakan beragam lineup seperti sweatshirt, kaus, outer, dan berbagai macam aksesori.

Apakah brand clothing yang satu ini adalah favorit kamu?

==AFT : https://invol.co/clf6ggo

==AFL : https://invol.co/clf6xik

3. Thanksinsomnia

Thanksinsomnia

Thanksinsomnia merupakan merek fashion asli Indonesia yang terinspirasi dari berbagai jenis seni mulai dari anime, Pop Culture, hingga 90's Grunge.

Ini adalah brand fashion lokal bertemakan streetwear yangdidirikan pada tahun 2011 dan ditemukan oleh Mohan Hazian. Pada awalnya Mohan berkerja disebuah konveksi milik orang lain dan akhirnya memutuskan membuat brand in-house Thankinsomnia.

Mohan Hazian pria kelahiran tahun 1990 asal Lampung ini, kerap kali menjadi perbincangan khalayak umum, sejak namanya mulai melambung tinggi menjadi founder Thanksinsomnia. Sekaligus sosok penulis yang dikenal akan tulisan terkait dunia bisnisnya.

Brand ini juga sempat membawa kabar mengejutkan karena project kolaborasinya dengan vtuber papan atas Jepang, Kizuna AI.

==AFT : https://invol.co/clf6ghl

==AFL : https://invol.co/clf6xo8

4. The Executive

The Executive

The Executive diproduksi oleh PT Delami Garment Industries atau Delami brands dan sudah berdiri sejak tahun 2000.

Pendiri baju brand lokal ini bernama Johanes Farial yang awalnya membuat celana panjang untuk busana pria dengan merk Wood dan John Far, lalu mengganti namanya menjadi Executive 99 pada tahun 1984, dan diganti lagi menjadi The Executive di tahun 2000 seiring bergantinya pemilik perusahaan.

Delami brands juga memegang merk baju lokal lain, seperti Wrangler, Colorbox, Et Cetera, dan Tira jeans.

Berdasarkan survei dari Indonesia Original Brand (IOB) tahun 2014, baju brand lokal ini menjadi favorit banyak eksekutif pria di Indonesia.

The Executive kini telah memiliki lebih dari 60 toko yang tersebar di berbagai kota, termasuk kota di luar Jawa, seperti Ambon, Bali, Banjarmasin, Batam, Makassar, Manado, Palembang, Jambi, dan Samarinda.

Selain baju pria, merk ini juga mengeluarkan pakaian untuk wanita, baik itu kemeja, rok, blazer, maupun dress. Pembelian produk The Executive sekarang juga bisa dilakukan melalui official store-nya dengan harga mulai dari 30 ribuan rupiah.

==AFT : https://invol.co/clf6gii

==AFL : https://invol.co/clf6xon

5. Logo Jeans

Logo Jeans

Baju brand lokal lain yang menawarkan kualitas bagus dan harganya masih relatif terjangkau  adalah Logo Jeans.

Merk yang menjadikan bahan denim sebagai signature-nya ini merupakan bagian dari LOGO DE CORPS yang sekarang menguasai pangsa pasar produk fashion di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan sudah adanya lebih dari 700 outlet di berbagai pusat perbelanjaan yang ada di Indonesia.

Baju brand lokal ini didirikan oleh Andrio Suhendro pada tahun 1980 yang dimulai dengan produk fashion kasual merk ‘LOGO’ untuk wanita remaja dan dewasa.

Selain jaket dan celana jeans, Logo Jeans juga memproduksi kemeja, dress, outer, dan masih banyak lagi yang dijual mulai dari 50 ribuan rupiah.

LOGO DE CORPS juga memiliki merk lain yang ditujukan untuk pangsa pasar yang berbeda, seperti BOMBBOOGIE untuk kalangan pria muda dan dewasa, NINETY DEGREES untuk wanita remaja, dan BODY TALK untuk Wanita.

==AFT : https://invol.co/clf6gj0

==AFL : https://invol.co/clf6xp7

6. This is April

This is April

This is April didirikan oleh Maria Anggraini yang berasal dari Jakarta pada tahun 2012. Pada masa awal virus Covid-19 melanda, This Is April memang terpaksa menutup beberapa gerainya, namun baju brand lokal ini bisa bangkit dari keterpurukan dan bisa meningkatkan penjualan online hingga 400 kali lipat dari penjualan sebelum masa pandemi.

Sejak awal didirikan, This is April menargetkan konsumen wanita yang usianya sekitar 20-45 tahun dengan status sosial menengah ke atas, baik itu mahasiswa, pekerja kantoran, pengusaha, dan jenis profesi lainnya.

Berbagai produk dari This Is April, seperti kemeja oversize, blazer, outfit denim, dan produk lainnya mengedepankan desain yang sesuai tren, nyaman dipakai, dan timeless sehingga bisa dikenakan untuk waktu yang lama.

Anda bisa membeli produk dari This Is April melalui website atau toko resminya di e-commerce dan harganya mulai 100 ribuan rupiah.

==AFT : https://invol.co/clf6gjf

==AFL : https://invol.co/clf6xq9

7. Cosmic

Cosmic Clothing

Brand lokal lama yang sampai saat ini masih eksis di indsutri fashion yaitu Cosmic. Cosmic merupakan merek clothing yang berkembang pesat, yang menyediakan pakaian berkualitas tinggi dan eksklusif.

Berdiri sejak 1 September 2001, Cosmic hadir untuk membawa pesan hidup tentang kegembiraan, kreativitas, dan inovasi ke dalam fashion.

Meski brand-brand clothing baru mulai bermunculan, namun Cosmic tetap memiliki banyak peminatnya, lho!

Karena Cosmic memiliki desain pada item-nya yang timeless sehingga cocok untuk dikenakan kapan saja.

==AFT : https://invol.co/clf6gk1

==AFL : https://invol.co/clf6xqp

8. Mules

Mules Jacket

Mules merupakan brand lokal yang sering ikut serta dalam bazaar offline seperti Jakcloth. Menyediakan berbagai macam item pakaian seperti kaus, kemeja, hingga jaket membuat Mules memiliki banyak peminatnya.

Selain itu, harga yang ditawarkan pun cukup murah untuk kantong pelajar. Sehingga diyakini brand clothing ini bakalan tetap hits ditahun 2022.

==AFT : https://invol.co/clf6gm7

==AFL : https://invol.co/clf6xrl

9. 3Second

3Second

3Second menjadi salah satu baju brand lokal yang menawarkan streetwear style untuk anak muda Indonesia yang telah hadir sejak 2002.

Selain eksis di Indonesia, 3Second juga sudah menghadirkan beberapa store di luar negeri, karena memang kualitas bahannya memang tidak perlu diragukan.

Selain kaos untuk pria, 3Second juga menghadirkan produk sweater, hoodie, jaket, dan celana denim, baik untuk perempuan maupun anak-anak.

Anda juga bisa membeli produk yang dijual oleh 3Second di official store-nya dengan harga mulai dari 50 ribuan rupiah.

==AFT : https://invol.co/clf6gmi

==AFL : https://invol.co/clf6xs4

10. Shopataleen

Shopataleen

Baju brand lokal asal Bandung lainnya adalah Shopataleen yang memproduksi baju dengan model yang unik, kasual, dan nyaman digunakan.

Sebagian besar baju yang diproduksi oleh Shopataleen terbuat dari katun dan ditujukan untuk wanita dewasa, yang bisa dikenakan untuk keperluan kuliah, bekerja, maupun jalan-jalan santai.

Untuk ukuran bajunya sendiri didesain all size, jadi bisa dikenakan oleh perempuan yang mengenakan ukuran baju mulai dari S-XL.

Kalau mau membeli produk baju brand lokal ini secara langsung, Anda bisa langsung datang ke outlet-nya yang berada di Bandung.

Namun untuk yang tinggal di luar Bandung, Anda juga bisa membelinya melalui official store Shopataleen yang ada di marketplace dengan harga mulai dari 150 ribuan rupiah.

==AFT : https://invol.co/clf6gmz

==AFL : -

11. Shining Bright

Shining Bright

Buat kamu penyuka gaya swag dan kekinian seperti hypebeast mungkin sudah gak asing dengan brand lokal yang satu ini. Shining Bright milik Tarra Budiman menghadirkan koleksi yang terinspirasi dari gaya Tarra sehari-hari.

Selain itu, kamu juga bisa temukan berbagai macam fashion item dengan desain dan motif yang unik. Koleksi yang ditawarkan mulai dari kartun legendari Scooby-Doo, Looney Tunes, Space Jam, Rick and Morty, dan masih banyak lagi.

Brand fashion yang sudah berdiri sejak tahun 2012 silam ini juga sudah memiliki banyak peminatnya. Maka tak heran kalau Shining Bright bakal makin moncer untuk merek pakaian pada tahun 2022 nanti.

==AFT : https://invol.co/clf6go2

==AFL : https://invol.co/clf6xx8

Keunggulan Brand Fashion Lokal dibandingkan Luar Negeri

Trend pemilihan fashion yang lagi ngetrend akhir-akhir ini justru adalah produk dengan brand lokal loh.

Banyak beberapa perusahaan dengan brand lokal mereka yang tak kalah menarik dan mampu bersaing dengan produk luar negeri. Berikut ini adalah 4 keunggulan brand fashion lokal.

1. Brand lokal memiliki desain yang tak kalah menarik dengan produk luar negeri

Salah satu alasan mengapa brand lokal saat ini kian diminati oleh anak muda adalah karena desain produk yang diciptakan tak kalah kerennya dengan produk luar negeri.

Terdapat beberapa brand lokal yang terkenal dengan produk fashion mereka yang juga menjadi desain favorit anak muda.

Kreativitas anak bangsa juga semakin berkualitas, karena diiringi oleh minat masyarakat yang tinggi terhadap produk lokal.

2. Bentuk kecintaan kepada negeri

Tentunya, membeli produk lokal merupakan salah satu wujud kecintaan kita pada karya anak bangsa. Dengan membeli produk lokal, kita bisa turut serta mengembangkan produk tersebut, bahkan menjadi trend fashion dunia.

Terdapat beberapa produk lokal yang justru telah memiliki jumlah ekspor yang cukup banyak hingga ke luar negeri dan justru memiliki peminat yang tinggi terhadap desain tersebut.

Lantas kita sebagai anak bangsa, tentunya juga ikut mengembangkan perusahaan brand lokal tersebut dengan membeli dan mensosialisasikan produk brand lokal tersebut secara positif kepada masyarakat.

3. Ikut membantu mengembangkan produk dalam negeri

Semakin kita membeli produk dengan brand lokal, secara langsung kita turut membantu dalam pengembangan produk dalam negeri semakin maju.

Hal ini didasari dengan berbagai faktor, tidak hanya karena faktor kecintaan terhadap produk dalam negeri melainkan juga karena produk yang dihasilkan memang bagus dan memiliki kualitas yang tinggi

Sehingga meskipun harga yang ditawarkan cukup mahal, pelanggan akan tetap setia membeli karena worth it dengan kualitas yang diberikan.

4.  Mengembangkan produk dengan kearifan lokal masyarakat

Salah satu produk lokal khususnya pada bidang fashion adalah dengan memadukan unsur kearifan lokal dalam produk mereka.

Produk yang dihasilkan justru menjadi trend baru yang memiliki kualitas tinggi juga. Sehingga, jika kita membeli produk tersebut, otomatis kita juga ikut mengeksistensikan budaya lokal Indonesia menjadi produk yang berkualitas tinggi pula.

Walaupun di zaman globaliasi ini telah banyak budaya luar yang masuk ke Indonesia, tetapi kita masih bisa tetap mempertahankan budaya kita dengan cara ikut berkompetisi dalam bidang fashion.

Demikianlah ulasan saya mengenai alasan memilih brand lokal sebagai produk favoritmu.

Nah, buat kamu yang sedang mencari produk dengan brand lokal mulai dari pakaian, celana, sepatu dan berbagai outfit lainnya.

Ada banyak produk brand lokal yang memiliki kualitas yang sama bagusnya seperti produk luar negeri loh. Maka dari itu, yuk cintai negeri kita ini dengan membeli brand lokal sebagai produk favoritmu ya.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup