Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

11 Rekomendasi Bumbu Dapur Instan Terenak 2022

November 10, 2022
Cover bumbu dapur instan
Iklan Sponsor

Yang suka masak tapi pengen cepat dan mudah ayo acungkan tangan! Mimin S-gala sih sudah jelas angkat tangan paling tinggi.

Ya, bumbu dapur instan merupakan solusi untuk kita yang mau masak tapi punya waktu terbatas dan ingin praktis.

Jenis bumbu dapur instan di pasaran juga sangat banyak, baik itu bumbu untuk olahan daging, ikan, sayur, maupun olahan sayur.

Bumbu instan ini juga mudah ditemui di pasar, mininimarket, maupun swalayan dengan harga yang sangat murah.

Nah, kali ini S-gala.com akan mengajak Anda untuk mereview berbagai merk dan jenis bumbu dapur instan yang pastinya enak, murah, dan mudah didapatkan!

Sebelum masuk ke daftar rekomendasi bumbu dapur instan, yuk kita pahami dulu bagaimana tips dan trik untuk memilih bumbu dapur instan yang bagus dan enak.

==AS1==

Tips Memilih Bumbu Instan yang Bagus & Enak

Banyaknya bumbu dapur instan, mulai dari pabrikan hingga buatan rumahan bisa jadi membuat Anda bingung ketika memilihnya.

Supaya bisa mendapat bumbu kemasan yang terbaik, coba deh beberapa tips di bawah ini.

1. Pilih kemasan & ukuran bumbu dapur instan sesuai dengan kebutuhan

Berbagai kemasan bumbu dapur instan
Bumbu dapur instan tersedia dalam berbagai bentuk kemasan

Umumnya ada 2 jenis kemasan bumbu dapur instan yang dijual di pasaran; yaitu bentuk sachet dan botol.

Biasanya bumbu dapur instan dikemas dalam bentuk sachet, karena bisa digunakan dalam sekali pakai dan dijual dengan harga murah, jadi lebih diminati oleh banyak orang.

Tidak heran jika bumbu sachet banyak dijual secara eceran oleh warung-warung kecil, karena modal untuk membelinya juga tidak terlalu besar.

Bentuk kemasan lainnya adalah botol, baik botol kaca maupun plastik, yang seringkali untuk mengemas bumbu dapur instan dengan berat bersih lebih dari 100 gram.

Kemasan botol juga sering dipakai untuk mengemas bumbu dapur yang berbentuk pasta, karena lebih mudah diambil dan disimpan kembali.

Selain bentuk kemasannya, Anda juga bisa mempertimbangkan porsi yang disarankan pada bumbu dapur instan yang dibeli.

Biasanya satu sachet bumbu yang berisi 20gram, 24 gram, 34 gram, atau 60 gram, sudah cukup untuk memasak 4 – 8 porsi masakan. Supaya rasa masakannya tidak hambar, pastikan untuk mengikuti instruksi porsi yang disarankan, ya!

==AS2==

2. Pilih tipe bumbu sesuai dengan masakan yang mau dibuat

Bumbu dapur instan
Macam-macam rasa untuk rekomendasi bumbu dapur instan

Beberapa bumbu dapur instan bisa saja digunakan untuk lebih dari satu jenis bahan masakan, misalnya bumbu gulai bisa digunakan untuk bahan sayur, daging sapi, dan ayam.

Atau contoh lainnya yaitu bumbu instan tempe goreng yang juga masih cukup lezat digunakan untuk memasak tahu maupun ikan goreng.

Namun untuk menghasilkan rasa masakan yang maksimal, sesuaikan jenis bumbu yang Anda beli dengan jenis bahan masakannya.

Contohnya pada bumbu Racik Instan yang disediakan oleh Indofood, sudah terbagi-bagi untuk setiap jenis masakan.

Mulai dari bumbu sayur sop, aneka gorengan, nasi goreng, soto ayam, gulai, opor ayam, hingga rendang, semuanya ada. Begitu juga pada merk bumbu kemasan lain, pasti sudah membagi setiap produk bumbunya sesuai dengan jenis masakan yang ingin dibuat.

3. Cek juga komposisinya

Komposisi bumbu dapur
Komposisi untuk bumbu instan biasanya ada di balik kemasan

Setiap bumbu dapur instan umumnya terbuat dari campuran berbagai rempah-rempah asli, meskipun itu merupakan produk buatan pabrik.

Namun hati-hati ya, beberapa produk ada yang ditambahkan dengan bahan tertentu, seperti pengawet maupun pewarna sintetis.

Bahan pengawet sintetis yang digunakan biasanya berupa benzoat atau garamnya dan bertujuan membuat bumbu bisa tahan hingga bertahun-tahun.

Selama masih dalam batas yang diizinkan, pengawet sintetis tidak berbahaya untuk tubuh dan bumbu dapur masih aman digunakan untuk memasak beragam jenis makanan.

Untuk menarik perhatian, ada juga produk bumbu dapur instan yang ditambahkan dengan pewarna sintetis, seperti tartrazin, kuning FCF, dan karmoisin yang memang aman sebagai bahan pangan.

Namun ada juga pewarna sintetis yang berbahaya untuk kesehatan, misalnya zat rhodamine yang seharusnya hanya untuk industri kertas dan tekstil, bukan makanan.

Jadi ketika membeli bumbu dapur kemasan, pastikan produknya tidak mengandung pewarna berbahaya tersebut.

Sebelum menggunakan bumbu dapur instan, pastikan bahwa kondisi tubuh Anda dan keluarga tidak alergi pada zat atau rempah tertentu ya!

==AS3==

4. Pastikan bumbu sudah lulus standar & sertifikasi makanan

Logo halal MUI pada bumbu instan

Meski bukan suatu keharusan, Anda bisa menjadikan merk bumbu terkenal sebagai pertimbangan utama ketika membeli bumbu dapur instan.

Biasanya merk bumbu yang terkenal sudah mendaftarkan produknya ke BPOM atau MUI, sehingga lebih terjamin kualitasnya.

Tetapi kalau Anda ingin membeli bumbu dapur produksi industri rumahan, pastikan sudah memperoleh nomor P-IRT atau sudah teregistrasi di DepKes.

Sebagai negara yang menghasilkan masakan yang dibumbui aneka rempah, tidak heran jika bumbu dapur instan selalu memiliki pelanggan di Indonesia.

Rekomendasi Bumbu Dapur Instan Terbaik 2022

Rekomendasi beberapa bumbu dapur di bawah ini bisa menjadi pilihan bumbu kemasan yang enak, namun harganya sangat terjangkau.

1.  Royco Bumbu Komplit

Royco bumbu instan
Rekomendasi bumbu dapur instan - Royco

Royco, produk keluaran PT. Unilever Indonesia Tbk ini sudah sangat terkenal dengan kaldu rasa ayam dan sapi. Tidak cukup sampai di situ, Royco juga turut mengeluarkan bumbu dapur instan yang dikenal lezat dan aromanya cukup kuat.

Beberapa varian bumbu dapur instan yang dikeluarkan oleh Royco cukup unik, di antaranya nasi goreng cabai hijau, ayam saus telur asin, sup krim kepiting dan jagung, sup krim ayam, ayam goreng belacan, nasi goreng soto, dan ayam bumbu rujak.

Seperti beberapa produk sebelumnya, Royco Bumbu Komplit dikemas dalam sachet dengan berat bersih 17 gram dan harganya hanya 2000-an rupiah.

==AFT : https://invol.co/clecido

==AFL : https://invol.co/clecifn

2. Sajiku Bumbu Praktis

Sajiku Bumbu Instan
Rekomendasi bumbu dapur instan - Sajiku

Dari deretan merk bumbu dapur instan yang ada di pasaran, Sajiku Bumbu Praktis juga banyak diburu oleh masyarakat Indonesia. Harganya yang murah, mudah didapat, dan rasa bumbunya kuat menjadi beberapa apalasan bumbu ini digemari.

Varian Sajiku Bumbu Praktis juga sangat banyak, ada yang untuk olahan nasi, seperti nasi goreng kecap dan nasi goreng rasa ayam, ada untuk olahan sayur, daging maupun ikan , seperti bumbu capcay, sayur sop, gulai padang, rawon, opor, ayam goreng tradisional, soto ayam, dan ikan goreng.

Dijual dengan harga 2000-an rupiah saja untuk kemasan saset 20 gram, Sajiku juga menyediakan bumbu untuk tahu dan tempe goreng lho.

==AFT : https://invol.co/clecid6

==AFL : https://invol.co/clecigo

3. Indofood

Indofood bumbu instan

Indofood Racik bisa disebut sebagai salah satu merk bumbu dapur instan yang sangat laris di pasaran. Bukan hanya distribusinya yang sudah sangat luas, rasa bumbu ini memang dikenal sudah enak untuk sebuah bumbu dengan harga kurang dari 5000-an rupiah per kemasan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk meracik Indofood merupakan rempah yang segar dan alami, kemudian diproses dengan cara pasteurisasi untuk menjaga kesegaran rempah maupun bumbu lainnya.

Indofood Racik hadir dalam banyak sekali varian, antara lain ayam goreng, nasi goreng, tempe goreng, ikan goreng, sayur asem, sayur sop, sayur lodeh, dan nasi goreng sosis.

Selain itu, ada juga varian rasa spesial yang merlukan banyak rempah dalam pembuatannya, seperyo rendang, gulai, kare, rawon, soto ayam, dan opor ayam.

Dikemas dalam sachet dengan berat bersih 26 gram yang cukup untuk 3-4 porsi masakan, Indofood Racik dijual dengan harga 6000-an rupiah.

==AFT : https://invol.co/clecib9

==AFL : https://invol.co/clecih5

==AS4==

4. Bumbu Bamboe

Bamboe bumbu instan
Rekomendasi bumbu dapur instan - Bamboe

Bumbu dapur instan Bamboe merupakan merk bumbu instan yang didirikan di Surabaya sejak tahun 1968.

Sejak saat itu, Bamboe konsisten mengeluarkan macam-macam bumbu dapur, mulai dari yang bahannya sederhana hingga yang bahannya rumit. Beberapa varian dari bumbu Bamboe bahkan ada yang tidak ditemukan di merk bumbu lain.

Kalau Anda mencari bumbu Bamboe di minimarket, mungkin bisa menemuan varian bumbu rawon, sop, rendang, semur, soto betawi, soto ayam nasi goreng, ayam goreng, dan nasi uduk.

Padahal masih ada banyak lagi varian bumbu dapur instan ini, di antaranya balado, tom yam, empal, bulgogi, ayam goreng kalasan, sambal goreng ati, soto daging, krengsengan, opor, mie goreng, nasi hainan, ayam kecap, kare, tongseng, lodeh, tahu campur, rica-rica, dan berbagai jenis saus.

Bumbu Bamboe dikemas dalam sachet dengan berat bersih 54 gram dan dijual 7000-an per kemasan.

==AFT : https://invol.co/clecib1

==AFL : https://invol.co/clecihl

5. Bango Bumbu

Bango bumbu instan
Rekomendasi bumbu dapur instan - Bango

Selain berbagai jenis kecap, Bango juga turut meramaikan pasaran bumbu dapur instan di Indonesia.

Meski varian bumbunya tidak sebanyak merk lain, baru ada nasi goreng kambing, soto betawi, mie goreng aceh, nasi kuning manado, opor ayam, rawon malang, dan tongseng, namun bumbu dari Bango cukup laris di pasaran karena rasa rempahnya yang cukup kuat.

Semua produk bumbu dari Bango juga dikemas dalam sachet dengan berat bersih 40 gram dan harganya 6000-an rupiah.

==AFT : https://invol.co/clecia9

==AFL : https://invol.co/clecihz

6. Bumbu Sasa

Sasa Bumbu Instan
Rekomendasi bumbu dapur instan - Sasa

Kalau Anda merupakan pengguna micin atau vetsin dari Sasa, coba deh rasakan juga gurihnya bumbu dapur instan Sasa.

Namun sejauh ini Sasa baru menyediakan bumbu untuk olahan daging dan nasi, seperti bumbu ungkep ayam kuning, ayam kalasan, nasi goreng ayam, lumur ayam, nasi goreng jawa, dan ekstrak daging sapi dan ayam.

Untuk kemasannya sendiri baru tersedia kemasan sachet dengan berat bersih 25 gram dan cukup untuk 3-4 porsi makanan. Harga bumbu dapur Sasa juga sangat terjangkau, hanya 2000-an rupiah per kemasan.

==AFT : https://invol.co/cleci9s

==AFL : https://invol.co/cleciiu

7. Munik Bumbu

Munik bumbu instan
Rekomendasi Bumbu Dapur Instan - Munik

Salah satu keunggulan bumbu dapur instan Munik dibandingkan dengan merk lainnya adalah menggunakan bahan-bahan berkualitas premium, sehingga menghadirkan rasa bumbu seenak bumbu makanan restoran.

Variannya juga sangat banyak, ada rendang, soto betawi, tom yam, kuah bakso, ayam goreng, rawon, sop buntut, sayur asem, opor ayam, sambal goreng kentang, soto ayam, nasi uduk, ayam panggang, semur, ayam woku, nasi kuning, soto mie, empal, sate padang, dan pesmol ikan.

Meski dijual dengan harga cukup mahal, sekitar 40 ribuan untuk kemasan dus dengan berat bersih 115 gram, bumbu Munik tetap punya banyak penggemar karena kelezatannya. Bumbu dapur ini juga menyediakan kemasan besar 1 kg yang dijual dengan harga 200 ribuan rupiah.

==AFT : https://invol.co/cleci8f

==AFL : https://invol.co/clecik0

8. Bumbu Cap Ibu

Rekomendasi bumbu dapur instan - Cap Ibu

Selain menggunakan bahan-bahan alami sebagaimana bumbu masakan aslinya, setiap bumbu dapur instan Cap Ibu mengandung tambahan penguat rasa dan pengawet.

Adanya pengawet tersebut membuat bumbu ini bisa tahan hingga 1 tahun jika disimpan di kulkas, dan bisa bertahan hingga 3 bulan di suhu ruang.

Varian bumbunya juga sangat beragam, ada bumbu Nasi goreng bawang putih, mie goreng, rendang, rawon, nasi goreng kunyit, tongseng, ayam goreng, soto ayam, ketupat sayur, ayam panggang, soto betawi, semur, laksa, empal goreng, pesmol ikan, pepes ikan, ayam rujak, sate, ketoprak, asinan buah, dan tidak ketinggalan beragam sambal.

Setiap produk bumbu dapur instan Cap Ibu dikemas dalam wadah botol kaca dengan berat bersih 230 gram. Harga produk ini juga tidak terlalu mahal, bahkan mulai dari 15 ribuan rupiah saja per kemasan.

==AFT : https://invol.co/cleci7h

==AFL : https://invol.co/clecikg

==AS5==

9. Bumbu Kraton

Kraton Bumbu iNstan
Rekomendasi bumbu dapur instan - Kraton

Berasal dari kota Surabaya, Jawa Timur, semua varian dari Bumbu Kraton terbuat dari bahan-bahan yang alami, segar, higienis, dan tidak mengandung MSG.

Selain memproduksi bumbu untuk makanan khas Jawa Timur, seperti rawon, produk ini punya varian lainnya, yaitu soto banjar, opor, sayur asem, rendang, ayam panggang bumbu rujak, kare, gule, nasi briani, dan soto jawa.

Semua produk dari bumbu dapur instan ini sudah dipastikan lolos uji BPOM sehingga aman dikonsumsi. Bumbu Kraton dikemas dengan berat bersih 150 gram dalam kemasa box yang sudah cukup untuk 6 – 10 porsi dan dijual dengan harga 30 ribuan rupiah.

==AFT : https://invol.co/cleci57

==AFL : https://invol.co/clecikw

10. SAORI

Saori Bumbu Instan
Rekomendasi bumbu dapur instan - Saori

Tidak perlu pergi ke Jepang untuk menikmati salah satu masakan dagingnya yaitu chicken teriyaki. Kini Anda bisa membuat ayam teriyaki dengan lebih mudah tanpa perlu repot menyiapkan bumbunya.

Cukup tumis potongan kecil daging ayam, lalu tambahkan Saori Saus Teriyaki, dan tunggu hingga matang. Ayam dengan citarasa manis dan asin khas Jepang bisa segera tersaji di meja makan Anda.

Selain itu Saori bumbu dapur instan juga menyediakan berbagai macam bumbu dalam bentuk pasta lainnya yang tentunya seenak buatan restoran!

==AFT : https://invol.co/cleci3f

==AFL : https://invol.co/clecilf

11. Kokita

Kokita bumbu instan
Rekomendasi bumbu dapur instan - Kokita

Kokita juga merupakan salah satu merk bumbu dapur instan yang sudah diakui kelezatannya oleh masyarakat Indonesia.

Beberapa varian bumbu Kokita yang saat ini sudah tersedia, antara lain nasi kuning, rendang padang, nasi goreng, ayamgoreng, serta bumbu inti.

Selain dikemas dalam sachet 60 gram, bumbu Kokita juga ada yang dikemas dalam botol kaca dengan berat bersih 250 gram.

Untuk harganya, Kokita kemasan sachet dijual 6000-an rupiah dan kemasan botol kaca dijual sekitar 25 ribuan rupiah.

==AFT : https://invol.co/cleci2i

==AFL : https://invol.co/clecilx

Kesimpulan

Bumbu dapur instan bisa menjadi solusi yang tepat dan mudah untuk memasak, terutama bagi orang-orang yang belum memiliki skill memasak dengan baik.

Pada artikel ini sudah dibahas mengenai cara memilih dan rekomendasi produk bumbu instan yang laris di pasaran.

Semoga bisa membantu Anda yang tengah mencari bumbu instan untuk keperluan sehari-hari.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup