Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

11 Rekomendasi Detergen Cair Pencuci Pakaian Terbaik 2023

January 26, 2023
Cover Rekomendasi Detergen Cair
Iklan Sponsor

Apa itu detergen? Anda pasti sudah sering menggunakan detergen, bukan?

Pengertian detergen sendiri lebih mudah dipahami dengan melihat kegunaannya. Kegunaan detergen erat kaitannya dengan proses mencuci pakaian agar pakaian tetap bersih dan wangi.

Tanpa menggunakan detergen saat mencuci, kuman dan bakteri cenderung masih bisa bersarang di pakaian yang menjadikan pakaian lebih rentan terkena bau apek.

Awalnya, detergen sintetis pertama kali dikembangkan ketika Perang Dunia I oleh ilmuwan Jerman bernama Fritz Gunther yang meracik surfaktan untuk menjadi campuran sabun yang lebih efektif membersihkan pakaian yang penuh lemak dan minyak.

Pada tahun 1933, barulah detergen mulai digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Kali ini S-gala.com akan membahas dan memberikan rekomendasi detergen pencuci pakaian terbaik untuk Anda.

Sebelum itu, yuk kita kenali dulu jenis-jenis detergen yang dijual di pasaran!

==AS1==

Jenis-jenis Detergen yang Dijual di Pasaran

Kegunaan detergen pada umumnya sama, walaupun jenisnya berbeda-beda. Jenis detergen sendiri umumnya dibagi berdasarkan bentuk dan teksturnya. Berikut ini adalah tiga jenis detergen yang biasa Anda temukan sehari-hari.

1. Detergen Bubuk

Powder detergent

Ini merupakan detergen yang paling umum digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Menggunakannya pun tidak sulit, yaitu Anda hanya perlu melarutkan bubuknya ke air hingga mengeluarkan busa.

Setelah itu, rendam pakaian kotor di dalam larutan tersebut sebelum Anda memulai proses pengucekan dan pembilasan.

Kekurangan dari detergen bubuk adalah sisa bubuk itu sendiri yang terkadang masih menempel pada serat pakaian.

Oleh karena itu, butuh pengucekan yang lebih maksimal ketika mencuci menggunakan detergen bubuk.

2. Detergen Cair  

Deterjen Cair

Detergen cair cenderung lebih cocok digunakan pada proses pencucian di mesin cuci. Anda tinggal menuangkan detergen cair tanpa harus menunggu detergen larut.

Menggunakan detergen cair untuk mesin cuci tidak hanya mampu membersihkan pakaian secara maksimal, tetapi juga membuat mesin cuci lebih awet.

Detergen cair dinilai lebih mampu melindungi pakaian Anda dari bakteri secara maksimal sekaligus menghilangkan bau tak sedap pada pakaian dibandingkan jenis deterjen yang lainnya.

3. Detergen krim

Sabun colek

Jenis detergen ini kerap dianggap pilihan tepat untuk membersihkan sebagian area kecil di pakaian yang terkena noda.

Pada dasarnya, detergen krim memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda dengan jenis detergen lainnya. Bentuk detergen krim sendiri sangat mirip dengan sabun colek.

4. Gel Ball

Gel ball, cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan tinggi. Bagi Anda yang sangat sibuk dan tidak sempat melakukan pekerjaan rumah tangga, kami merekomendasikan detergen gel ball.

Untuk menggunakannya, Anda cukup memasukkan gel ball ke dalam mesin cuci tanpa perlu mengukur takaran detergen saat proses pencucian. Cukup menghemat waktu, bukan?

Meski praktis digunakan, sebaiknya Anda memperhatikan lokasi penyimpanannya. Ada kemungkinan gel ball meleleh jika diletakkan di tempat yang panas atau lembap.

Kemungkinan lain apabila Anda meletakkan gel ball sembarangan adalah gel ball bisa termakan oleh buah hati karena dianggap permen.

Selain itu, memang gel ball ini cukup jarang di Indonesia karena harganya yang cukup mahal dan iklim di Indonesia cenderung panas. Sehingga kualitas produknya rentan berubah alias mencair.

==AS2==

11 Rekomendasi Detergen Cair Pencuci Baju Terbaik

Sekarang sudah lebih paham pengertian detergen, jenis-jenis, dan kegunaannya, bukan?

Kini, Anda bisa bijak dalam memilih jenis detergen apa yang sekiranya cocok digunakan untuk mencuci pakaian Anda dan keluarga di rumah.

Nah, kali ini S-gala.com akan memberikan rekomendasi 11 detergen cair terbaik untuk mencuci baju yang sangat aman untuk mesin cuci sekalipun.

Tak bisa dipungkiri, detergen bubuk dan krim memang murah, tapi keduanya memiliki dampak kurang baik apalagi bila Anda menggunakan mesin cuci. Sisa kerak sabun akan menempel pada bagian-bagian mesin.

Jadi tunggu apalagi, ini dia rekomendasinya dan jangan lupa untuk checkout produknya di setiap tautan yang tersedia!

Penjual kredibel, produk original, harga termurah, hanya untuk Anda!

1. Wings So Klin Bio Matic Liquid

Soklin Biomatic

Sabun cuci matic yang bagus untuk merawat performa mesin cuci Anda! Spesifik dibuat untuk mesin cuci dengan bukaan atas ataupun depan, bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan mesin Anda.

Detergen So Klin Biomatic sangat aman bagi mesin cuci Anda karena rendah busa dan mengandung bahan pembersih berukuran nano yang sangat efektif mengangkat kotoran.

Namun memang harganya cukup mahal dibanding detergen cair pada umumnya dan tidak tersedia dalam ukuran saset yang lebih ekonomis untuk uji coba penggunaan.

Jika Anda mencari detergen yang bagus untuk mesin cuci, produk ini layak dipertimbangkan.

Keunggulan lain detergen matic ini adalah adanya formula antibakteri, Anda juga tak perlu khawatir pakaian akan berbau tidak sedap saat cuaca mendung.

==AFT : https://invol.co/clfxr93

==AFL : https://invol.co/clfxr9a

2. Unilever Rinso Matic Detergen Cair

Rinso Matic Cair

Siapa sih yang nggak kenal dengan brand Rinso? Bisa dibilang merk ini adalah juaranya deterjen di Indonesia.

Kali ini Rinso mengeluarkan produk khusus yang ramah untuk mesin cuci Anda. Tiga kali lebih efektif angkat noda dan aman untuk mesin cuci Anda.

Rendah busa dan sangat minim residu sehingga turut merawat mesin cuci Anda awet. Bahkan sampai direkomendasikan oleh produsen mesin cuci terkemuka, seperti LG, Polytron, Sharp, Panasonic, Sanken, dan Midea.

Namun memang perlu diakui bahwa harganya paling mahal dibandingkan detergen cair khusus mesin cuci lainnya di pasaran.

Detergen ini diperkaya dengan formula yang tiga kali lebih efektif dalam membersihkan noda.

Produk ini bekerja langsung menyerap noda dari serat kain. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan formula high efficiency yang membuat Anda lebih hemat air dan listrik.

==AFT : https://invol.co/clfxr9h

==AFL : https://invol.co/clfxr9j

3. Mayora Indah Gentle Gen

Gentle Gen Deterjen Cair

Deterjen cair konsentrat yang tidak merusak kulit tangan. Gentle Gen menggunakan bahan aktif tumbuhan sehingga cocok untuk pemilik kulit sensitif.

Tersedia dalam tiga varian aroma yang tahan lama dan tutup botolnya dapat digunakan sebagai alat takar sekaligus alat penggosok noda.

Selain kemasan botol, Gentle Gen juga tersedia dalam kemasan sachet sehingga praktis dan hemat.

Gentle Gen merupakan solusi bagi Anda yang membutuhkan detergen yang tidak panas di tangan. Formula detergen cair konsentrat ini berbahan aktif tumbuhan dan tanpa zat aktif turunan minyak bumi sehingga lembut di tangan.

Selain tidak membuat tangan kasar, produk ini tersedia dalam tiga varian aroma wangi yang bisa Anda pilih. Ada Morning Breeze, French Peony, dan Parisiene Garden.

==AFT : https://invol.co/clfxr9t

==AFL : https://invol.co/clfxr9y

4. SoSoft Detergen

SoSoft Deterjen Cair

Salah satu rekomendasi sabun cuci baju untuk kulit sensitif adalah SoSoft Detergen.

Formula detergen yang satu ini mengandung bahan aktif dari tumbuhan dengan Nature + Technology, paduan seimbang teknologi dan kelembutan bahan alami yang bebas klorin dan paraben.

Detergen SoSoft juga mengandung Natural Perfume Essence yang membuat pakaian tetap wangi segar, lembut, dan tidak bau apek.

==AFT : https://invol.co/clfxra7

==AFL : https://invol.co/clfxra9

==AS3==

5. Sleek Baby Laundry Detergent

Sleek Baby Laundry Detergent

Untuk mencuci baju bayi, salah satu detergen yang direkomendasikan adalah Sleek Baby Laundry Detergent.

Produk detergen bayi ini terbuat dari Natural Plant Extract dan bebas SLS yang tidak meninggalkan residu pada pakaian dan mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi.

Formulanya yang antijamur dan anti bakteri mampu mencegahpakaian dari bau apek, sehingga baju si kecil bisa tetap wangi sepanjang hari.

==AFT : https://invol.co/clfxram

==AFL : https://invol.co/clfxrao

6. Attack Hygiene Plus Protection Liquid

Attack Hygiene Protection Detergent

Deterjen matic yang melindungi pakaian dari kuman dan bau apek. Bagi Anda yang menggunakan mesin cuci, Attack Hygiene Plus Protection Liquid bisa menjadi pilihan.

Deterjen matic ini cocok untuk semua jenis mesin cuci. Konsentrat tingginya mudah larut hingga ke serat kain dan tidak meninggalkan sisa deterjen pada mesin cuci.

Formula deterjen pakaian terbaik ini mencegah pertumbuhan kuman penyebab bau sejak proses perendaman.

Kekuatan anti baunya melawan bau air rendaman, bau apek, serta bau keringat pada pakaian Anda. Selain mencegah bau, deterjen ini juga menjadikan pakaian lebih higienis.

==AFT : https://invol.co/clfxray

==AFL : https://invol.co/clfxrb1

7. Rinso Molto Deterjen Cair Korean Strawberry Liquid

Rinso Molto Korean Strawberry

Membersihkan sekaligus merawat serat pakaian. Rinso Molto Detergen Cair Korean Strawberry adalah salah satu keluaran baru dari brand Rinso Unilever!

Kini Rinso cair hadir dengan teknologi anti bau apek dan perlindungan pakaian dari kuman dan bakteri.

Cairan masuk hingga serat kain terdalam, hilangkan noda bandel hanya dengan 1X kucek.

Dengan teknologi Smart Foam, busa lebih cepat hilang saat membilas, menghemat hingga setengah air bilasan, dan menjaga pakaian tetap cemerlang.

Memberikan keharuman menyegarkan buah Strawberry dari Korea dan wangi manis dari bunga sakura yang tahan hingga 21 hari.

Bahan pembersih dari alam menjaga tangan tetap lembut. Anti Noda, Proteksi Higienis, dan Anti Bau Apek dengan Rinso Detergen Cair.

==AFT : https://invol.co/clfxrbp

==AFL : https://invol.co/clfxrbr

8. Attack Easy

Attack Easy Detergent

Masih dari brand Attack keluaran KAO, ini dia versi murah dan terjangkau untuk deterjen cairnya. Attack Easy adalah merk deterjen terlaris yang menjadi rekomendasi berikutnya.

Deterjen Attack Easy mampu membuat proses pencucian menjadi ringan, serasa dibantu oleh kekuatan sepuluh tangan.

Attack Easy juga menggunakan formula terbaru yaitu bersih kilat yang membuat noda pakaian hilang dalam satu kali kucek dan busa deterjen hilang dalam satu kali bilas.

==AFT : https://invol.co/clfxrby

==AFL : https://invol.co/clfxrbz

9. Deterjen Total Almeera Fashion Care

Total Almeera Detergent Konsentrat

Total hadir dengan deterjen halal yang sudah memperoleh sertifikat resmi dari MUI. Sehingga akan memberikan rasa aman dan nyaman saat menggunakannya. 

Formulanya bisa mengikat air, sehingga lebih efektif mengangkat noda kotoran dan ditambah dengan wangi yang segar untuk menghilangkan bau. 

Kandungan didalamnya dapat membuat pakaian menjadi lembut dan tidak menyebabkan kasar pada tangan, karena produk ini ramah digunakan untuk mencuci manual.

==AFT : https://invol.co/clfxrcc

==AFL : https://invol.co/clfxrcd

10. Deterjen Yuri Matic

Yuri Matic Detergent

Deterjen Yuri adalah merk deterjen terbaik yang memiliki produk inovatif seperti salah satunya deterjen khusus hijab.

Deterjen Yuri ini mengandung bahan aktif yang membuat hijab semakin nyaman digunakan. Selain untuk hijab, deterjen ini juga cocok digunakan untuk kain jenis halus seperti kain sutra, kain katun, kain wol dan polyester.

==AFT : https://invol.co/clfxrcl

==AFL : https://invol.co/clfxrco

==AS4==

11. Deterjen Tide plus Downy Cair

Tide Detergent Downy

Deterjen Tide merupakan merk deterjen terbaik asal Amerika Serikat. Deterjen terbaik ini memiliki sejumlah keunggulan seperti, mampu membersihkan noda secara maksimal, bahkan noda yang berumur 7 hari sekalipun.

Deterjen ini menggunakan formulasi HE Turbo technology untuk membantu membersihkan noda membandel. Tidak heran, merk deterjen ini sangat populer dan menjadi pilihan favorit.

Dilengkapi dengan pewangi dari Downy, selain efektif membasmi noda deterjen ini juga membuat pakaian jadi wangi segar dan tahan lama.

==AFT : https://invol.co/clfxrcv

==AFL : https://invol.co/clfxrd0

Tips Memilih Detergen

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah memilih detergen berdasarkan noda atau kotoran yang ingin Anda bersihkan. Karena beda noda, beda juga cara dan larutan pembersihnya.

Berikut ini penjelasannya!

1. Hilangkan noda sehari-hari menggunakan deterjen dengan alkalinitas rendah

Sebagian besar noda pada pakaian dapat dihilangkan dengan detergen beralkalinitas rendah.

Beberapa jenis noda yang Anda temui sehari-hari, seperti keringat, noda minyak, dan tumpahan makanan, hampir semuanya bersifat asam.

Untuk menetralkan sifat asam pada noda, Anda dapat menggunakan detergen dengan alkalinitas rendah yang memiliki sifat berlawanan.

Dengan demikian, kotoran dapat hilang hingga tuntas. Namun, jika Anda ingin menghilangkan noda seperti bau ikan, pilihlah detergen dengan alkalinitas sedikit tinggi untuk menetralkannya.

2. Deterjen netral dapat menjaga tekstur bahan pakaian

Netral deterjen

Jika Anda ingin membersihkan pakaian bertekstur halus, seperti bahan rajutan atau 100% wol, pilih detergen yang lembut.

Tak hanya itu, bila Anda ingin mencuci pakaian yang sangat lembut, seperti sutra, pilihlah detergen netral atau detergen khusus. Pemilihan detergen ini dapat mencegah penyusutan dan perubahan warna pada pakaian Anda.

3. Pertimbangkan kandungan bahan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda

Selain bahan yang efektif menghilangkan noda, produsen biasanya juga menambahkan kandungan bahan lain yang bisa menjadi nilai lebih.

Pilihlah kandungan tambahan sesuai dengan yang Anda perlukan!

==AS5==

4. Untuk pakaian yang dijemur di dalam ruangan, pertimbangkan kandungan pemutih

Jika Anda mengeringkan pakaian pada ruangan tertutup, pilih detergen yang mengandung pemutih.

Pengeringan di dalam ruangan tentu membutuhkan waktu yang lebih banyak dibandingkan pengeringan di luar ruangan.

Oleh karena itu, kuman lebih mudah tumbuh. Berhubung detergen dengan pemutih lebih ampuh menghilangkan noda, kotoran penyebab bau tak sedap sudah bersih tuntas pada saat pencucian.

Pemutih akan lebih efektif apabila digunakan pada suhu sekitar 35 ℃ sampai 40 ℃. Jika aroma pakaian masih kurang sedap, penyebabnya bisa terjadi karena jumlah cucian kotor lebih banyak dibandingkan rasio detergen.

Ketika Anda mendapati detergen tidak efektif, sebaiknya Anda tidak langsung mengganti detergen. Namun, perhatikan metode pencuciannya.

5. Untuk melembutkan kain, pilih yang mengandung pelembut

Pilihlah detergen yang mengandung pelembut apabila Anda ingin membuat serat kain cucian Anda lebih lembut.

Selain itu, penggunaan detergen sekaligus pelembut dapat menghemat waktu, uang, dan tempat penyimpanan. Meski tidak bisa selembut dan seharum saat menggunakan pelembut khusus, setidaknya baju lebih halus dibandingkan saat memakai detergen biasa.

6. Untuk meningkatkan ketajaman warna putih pakaian, prioritaskan deterjen dengan kandungan fluorescent agent

Jika Anda ingin memutihkan pakaian, kami merekomendasikan detergen yang mengandung fluorescent agent.

Fluorescent agent dapat menyerap radiasi ultraviolet dan mengonversi radiasi menjadi sinar biru. Proses itu dapat membuat pakaian Anda tampak lebih cerah.

Alasan warna putih pada kain berangsur-angsur menjadi kusam adalah makin memudarnya fluorescent agent akibat pencucian berulang.

Jadi, apabila detergen Anda mengandung fluorescent agent, warna putih asli pada pakaian dapat dipertahankan dengan baik.

Meski begitu, penggunaannya perlu diperhatikan karena bahan ini sulit dihilangkan dari pakaian Anda. Selain itu, jangan gunakan detergen jenis ini pada pakaian berwarna gelap.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup