Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

11 Rekomendasi Kecap Manis Terenak 2023

February 7, 2023
Cover Rekomendasi Kecap Manis
Iklan Sponsor

Kecap manis adalah kecap kental yang memiliki cita rasa manis berasal dari gula aren. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan kecap manis adalah kedelai, tetapi populer dibuat dari kedelai hitam, gula kelapa, garam, dan air.

Kualitas kecap manis ditentukan oleh kandungan protein di dalamnya. Kecap manis yang mengalami masalah mutu pangan akan ditumbuhi jamur. Spesies jamur yang tumbuh pada kecap manis adalah Aspergillus flavus.

Kecap manis merupakan bahan tambahan pada makanan. Penggunaannya pada masakan dengan lauk yang berkuah. Kecap manis juga dapat digunakan sebagai pengganti gula.

Kecap Manis adalah salah satu penyedap yang berasal dari kacang kedelai hitam dan memiliki warna yang hitam pekat. Tekstur dari kecap adalah kental mirip dengan sirup.

Kecap memiliki rasa yang manis sehingga sangat pas untuk hidangan makanan seperti nasi goreng, ayam kecap, ataupun tumisan.

Kecap tidak hanya kecap manis saja, tetapi ada juga jenis kecap lainnya yaitu, kecap inggris, kecap ikan, dan kecap asin.

Semua rasa yang ditawarkan oleh ketiga kecap tadi yaitu gurih dan tidak manis seperti kecap manis.

Mengkonsumsi kecap dengan takaran yang cukup tidak masalah karena kecap mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Kecap merupakan olahan dari hasil fermentasi yang dilakukan selama berbulan-bulan.

Kecap manis

Kecap memiliki kandungan asam amino yang cukup tinggi yang berasal dari kedelai hitam sehingga dapat menghambat oksidasi kolesterol LDL. Selain itu kecap memiliki kandungan vitamin A, fosfor, kalsium, dan juga zat besi.

Kecap memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu menurunkan kadar kolesterol, memberikan tambahan asupan gizi, untuk obat penuaan dini, mengurangi adanya kerusakan ginjal, dan mencegah jantung koroner.

Untuk segi masakan, kecap berfungsi sebagai penambah rasa pada bumbu. Biasanya kecap yang digunakan pada saat memasak akan memberikan warna coklat pada masakannya. Menumis dengan menggunakan berbagai macam kecap akan menghasilkan rasa yang sedap dan gurih.

==AS1==

Manfaat penggunaan kecap manis

Selain membuat momen makan Anda makin nikmat, kecap manis juga memiliki berbagai manfaat. Di bawah ini, kami akan menjelaskan manfaat kecap manis dari segi kesehatan maupun dari segi rasa.

1. Sumber protein nabati yang tinggi

Terbuat dari kedelai, kecap manis menjadi bumbu dapur dengan sumber protein nabati yang tinggi. Protein nabati kaya akan asam amino yang baik untuk perkembangan sel dan jaringan otot.

Selain itu, kecap manis juga mengandung antioksidan yang baik untuk kulit dan dapat mencegah kanker & mengandung isoflavon untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kecap manis juga kaya serat untuk melancarkan pencernaan dan juga mengandung vitamin A yang baik untuk penglihatan

Bisa juga untuk mencegah anemia dan menstabilkan tekanan darah berkat kandungan zat besi, fosfor, dan zinc.

2. Penambah rasa

Sebagai bumbu masakan, tentunya manfaat utama dari kecap manis adalah sebagai penambah rasa. Meski lebih dominan manis, kecap manis juga memiliki rasa umami yang nagih. Inilah mengapa rasa kecap manis cenderung tidak membuat eneg atau membosankan.

3. Penetral rasa pedas

Menyantap masakan dengan cita rasa pedas akan menghadirkan kenikmatan tersendiri. Namun, jika tak kuat pedas, Anda bisa mengontrol atau menetralkan rasa pedasnya dengan menambahkan kecap manis.

4. Pewarna masakan

Kecap manis sebagai pemberi warna masakan

Selain sebagai bumbu, kecap dapat memberi warna pada masakan. Warna cokelat khas kecap manis akan membuat masakan Anda makin menggugah selera. Contoh makanan yang terlihat lezat dengan warna khas kecap adalah bacem, sate, mi ayam, semur, hingga nasi goreng.

==AS2==

11 Rekomendasi Kecap Manis Terenak

Karena digunakan di banyak sekali jenis masakan Indonesia, maka banyak merk dan produk kecap manis yang bisa Anda temukan.

Tapi mana sih yang paling enak?

Yuk simak daftar rekomendasi kecap manis terenak versi S-gala.com!

Langsung checkout juga keranjang belanjaanmu di link yang tertera di setiap segmen produknya ya!

Penjualnya terpercaya, dagangan terlaris, kredibel, dan pelayanan terbaik hanya untuk Anda.

1. Kecap Manis Cap Berambang

Kecap Manis Cap Berambang
Salah satu rekomendasi kecap manis lokal terenak - Kecap Manis Cap Berambang

Kecap Manis Cap Berambang menjadi pilihan masyarakat Indonesia terutama warga Jawa Timur dan Kecap Manis Cap Berambang ini sebagai kecap traditional yang berbahan dasar gula Jawa asli yang memiliki aroma dan rasa yang khas.

Kecap Manis Cap berambang yang menggunakan kedelai Non-GMO yang di fermentasi secara alami yang higienis dengan biji kedelai pilihan yang berkualitas dan premium.

Kini Kecap Manis Cap Berambang tersedia ukuran 140ml & 600ml.

Dapatkan produknya melalui tautan Official Store Kecap Menjangan di Tokopedia & Shopee berikut ini :

==AFT : https://invol.co/clgbulv(Tokopedia)

==AFS : https://shp.ee/cvre286(Shopee)

2. Kecap Bango

Kecap manis bango

Merek yang satu ini melekat dengan kata ‘mallika’. Kecap Bango telah ada di Indonesia sejak 1928.

Kualitasnya pun tak main-main karena dibuat dengan biji kedelai hitam berkualitas tinggi varietas mallika. Malika merupakan varietas kedelai hitam asli Indonesia yang memiliki kualitas di atas rata-rata. Produsen Bango dikenal dengan pengolahan kedelai malika dalam produk yang dihasilkan.

Kemasannya pun bervariasi mulai dari botol gelas, botol plastik, isi ulang, hingga sachet. Harganya mulai dari Rp1.176 untuk kemasansachet hingga Rp350 ribu untuk paket per dusnya.

Tak berlebihan jika kecap manis ini laris manis di pasaran. Jika dicermati, kecap ini juga populer dipakai di rumah-rumah makan, pedagang kaki lima, bahkan pedagang jajanan keliling.

==AFT : https://invol.co/clfjfma

==AFL : https://invol.co/clfjfvo

3. Kecap manis ABC

Kecap manis ABC

Merek ABC mungkin sudah terkenal dengan berbagai produk sehari-hari yang dikonsumsi. Mulai dari berbagai produk kecap hingga minuman pun ada di merek ABC.

Kecap manis keluaran ABC sendiri dibuat dengan proses fermentasi kedelai selama 120 hari.

Rekomendasi kecap manis berikut ini sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia. Produk ini ialah kecap manis ABC yang diolah dari bahan-bahan berkualitas.

Kecap ini menggunakan perasan kedelai pertama yang dipercaya memberikan cita rasa yang lebih kaya. Perasan pertama tersebut juga menghasilkan warna hitam yang pekat dan tekstur kental.

Sajikan kecap manis ini di rumah Anda. Dijamin, Anda dan keluarga akan betah makan di rumah!

Kecap yang satu ini dapat Mama beli dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp 16.000 hingga Rp 20.000 untuk kemasan 520 ml.

==AFT : https://invol.co/clfjfn0

==AFL : https://invol.co/clfjfvk

4. Kecap Manis Indofood

Kecap manis indofood

Meresap sampai ke dalam bahan masakan dengan teknik ungkep. Salah satu teknik memasak paling populer dalam mengolah masakan Indonesia adalah teknik ungkep.

Teknik ini dilakukan dengan cara memasak menggunakan api kecil dan sedang dalam waktu lama. Bahan makanan yang biasanya diungkep adalah daging sapi, ayam, tahu, dan tempe.

Untuk Anda yang terbiasa memasak dengan teknik ungkep, pilihlah produk kecap manis dari Indofood ini. Dibuat dari campuran kedelai kuning dan hitam serta gula aren, produk ini memiliki rasa manis dan gurih.

Dikarenakan tidak mengandung bahan kimia tambahan, Anda pun tidak perlu cemas ketika kecap manis ini meresap ke dalam masakan Anda.

==AFT : https://invol.co/clfjfnj

==AFL : https://invol.co/clfjfv8

5. Kecap Manis Nasional

kecap manis nasional

Rasa umami dan manis yang seimbang siap hadir dalam masakan Anda!

Produk kecap yang difermentasi menggunakan kedelai dan gula merah akan menghasilkan cita rasa umami dengan sendirinya. Rasa umami yang muncul biasanya light atau samar saja.

Namun, produk ini menambahkan zat yodium pada komposisi kecap manisnya. Produk ini biasanya digunakan oleh penjual nasi goreng keliling dan penjual siomai keliling.

Yodium sendiri sangat diperlukan oleh kelenjar tiroid, serta membantu meningkatkan kecerdasan. Untuk penikmat rasa gurih, gunakan Kecap Manis Nasional dalam hidangan Anda.

Komposisi yodium pada produk ini telah diatur sehingga rasa umami dan manisnya tetap seimbang. Produk ini dapat menggugah selera makan Anda!

==AFT : https://invol.co/clfjfo9

==AFL : https://invol.co/clfjfuy

==AS3==

6. Tropicana Slim Kecap Manis

Kecap manis tropicana slim

Rahasia aman konsumsi kecap manis saat diet ya rekomendasi kecap manis yang satu ini!

Saat sedang menjalani program diet, Anda pasti akan dihantui perasaan bersalah setelah mengonsumsi makanan manis.

Tentu sulit sekali menahan godaan agar menjauhi masakan manis yang lezat. Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi. Pilihlah produk pengganti kecap manis dari Tropicana Slim.

Kecap ini tidak menggunakan pemanis sorbitol yang rendah kalori. Produk ini juga memiliki kadar garam 30% lebih rendah daripada kecap manis biasa.

Mengonsumsi kecap manis saat sedang diet kini tak jadi masalah!

==AFT : https://invol.co/clfjfok

==AFL : https://invol.co/clfjfuj

7. Kecap Sedaap

Kecap manis sedaap

Kecap Sedaap menggunakan bahan-bahan alami bermutu tinggi dan sistem pengolahan yang canggih untuk memastikan kualitas kecap yang terbaik.

Seluruh bahan diolah dengan fermentasi alami serta penyaringan multifitrasi hingga tiga kali penyaringan, sehingga menghasilkan kecap manis berkualitas yang lebih hitam, gurih, dan kental.

==AFT : https://invol.co/clfjfox

==AFL : https://invol.co/clfjfub

8. Kecap Manis Anggur

Kecap manis anggur

Kecap Anggur, bukan rahasia lagi kalo kecap andalan rahasia Ibu-Ibu memanjakan lidah keluarga tercintanya ya Kecap Anggur. Kecap yang sudah turun menurun, terbuat dari biji kedelai dan gula pilihan, halal dan dikemas dalam kemasan yang sangat higienis.

Untuk Anda yang suka kecap manis yang sangat kental, wangi, pekat, dan hitam, ini adalah pilihan yang cocok.

Kecap manis cap anggur sangat cocok disantap dengan berabgai makanan seperti baso tahu, siomay, batagor, bakmi, Chinese food, dll.

==AFT : https://invol.co/clfjfpy

==AFL : https://invol.co/clfjfu0

9. Kecap Benteng SH

Kecap benteng SH

Rekomendasi kecap manis legendaris lainnya adalah Kecap Benteng Sh. Berasal dari Tangerang, kecap ini sudah bertahan selama 101 tahun.

Kecap Benteng sendiri sudah cukup populer sejak tahun 1920dan dibuat oleh Lo Tjit Siong. Kepopulerannya tidak hanya di warung kaki lima saja, tetapi juga di restoran-restoran besar daerah Tangerang dan Banten.

Rentang harga kecap ini berkisar dari Rp5000 untuk ukuran ekonomis dan untuk partai besar mencapai Rp365 ribu.

==AFT : https://invol.co/clfjfqs

==AFL : https://invol.co/clfjftt

10. Kecap Merk Korma

kecap manis sate cap korma

Kelezatan kecap ini memang patut diacungi jempol. Kualitas bahan baku dijaga dengan baik agar tetap halal dan sehat tanpa pemanis serta pewarna buatan.

Yang menarik adalah, Khadijah selaku pemilik merk Kecap Korma, selalu menyisihkan 2,5 persen pendapatannya untuk membantu sesama yang kurang beruntung.

Sungguh mulia bukan? Jika sering membeli produknya, berarti kamu juga ikut berkontribusi lho.

==AFT : https://invol.co/clfjfr0

==AFL : https://invol.co/clfjftl

11. Kecap Manis Merk Kipas Sate

Kecap manis merk kipas sate

Terbayang nikmatnya sate kambing dengan balutan bumbu kecap dengan irisan bawang? Ciri khas kelezatannya bisa kamu bayangkan pada kecap manis satu ini, Kecap Manis Cap Orang Jual Sate!

Salah satu rahasia manisnya yang unik dibanding kecap-kecap pada umumnya ada pada tekstur kecapnya yang encer, tidak sekental kecap-kecap pada umumnya.

==AFT : https://invol.co/clfjfr6

==AFL : https://invol.co/clfjfsz

==AS4==

Cara memilih kecap manis

Setelah mengetahui sejarah kecap, kandungan bahan, beserta manfaatnya, mari simak tips memilih kecap di bawah ini.

Kami telah menyusun ulasan ini agar Anda dapat menemukan kecap manis yang pas dengan preferensi Anda.

1. Kenali tipe kecap yang cocok dengan jenis masakan Anda

Setiap produsen pasti memiliki resep kecap manis yang berbeda-beda.

Meski sama-sama manis, jika dibandingkan dengan saksama, satu kecap dengan yang lain memiliki rasa dan aroma berbeda.

Kecap seperti apa yang cocok untuk sate, saus cocol, maupun masakan kuah? Mari simak tipikal kecap manis untuk tiap hidangan berikut ini!

2. Menu bakar, pilih kecap berwarna pekat

Ayam bakar dengan kecap

Sate, ayam bakar, dan ikan bakar adalah beberapa hidangan yang memerlukan kecap manis sebagai bumbu marinasi maupun sausnya.

Untuk menghasilkan warna bakaran yang menggugah selera, pakailah tipe kecap yang kental dan pekat.

Selain itu, kecap Bango yang terkenal dengan kedelai hitamnya juga sangat cocok untuk menu sate dan bakaran.

3. Hidangan kuah, paling pas dengan kecap bercita rasa rempah

Untuk hidangan kuah, seperti rawon dan semur, kecap dengan rempah dan bumbu yang kuat bisa Anda pertimbangkan.

Rempah atau bumbu dalam komposisi kecap ini akan menguatkan rasa serta aroma masakan Anda.

4. Sambal cocol, kecap yang agak encer bisa diandalkan

Apakah Anda tim makan gorengan dicocol kecap? Jika iya, Anda dapat memilih kecap manis yang agak encer. Untuk membuat saus cocol yang enak, tambahkan irisan cabai ke dalam kecap manis.

Dengan kecap yang tak begitu kental, Anda tak perlu lagi menambahkan air untuk mengencerkan sambal kecap.

Tak hanya sebagai cocolan, kecap yang agak encer juga pas untuk kondimen mi ayam, bubur ayam, siomai, dan batagor.

==AS5==

5. Pilih kecap berdasarkan kriteria komposisi

Selain kedelai, gula merupakan komposisi utama kecap manis. Jenis gula yang dipakai sebagai bahan pembuatan kecap adalah gula kelapa dan gula aren. Namun, seiring perkembangan zaman, ada juga kecap yang dibuat dengan pemanis rendah kalori, seperti sorbitol dan stevia.

Karena komposisi gula dalam kecap yang banyak, cita rasa kecap akan lebih mantap. Namun, untuk penderita diabetes, Anda harus lebih bijak saat mengonsumsi kecap manis biasa, ya.

Meskipun banyak digemari, masakan manis juga banyak dihindari, khususnya oleh orang-orang dengan riwayat kadar gula darah tinggi. Bagi Anda yang pantang mengonsumsi masakan manis, pilihlah produk yang rendah gula.

Produsen kecap manis rendah gula biasanya menggunakan pemanis dari stevia atau sorbitol. Kedua pemanis ini memiliki kalori yang kecil sehingga baik untuk menjaga kadar gula darah.

Gula stevia mengandung 0 kalori, tetapi rasanya tetap manis. Sementara sorbitol dikatakan memiliki kalori 35% lebih rendah dibandingkan gula pasir.

Jadi mana yang Anda pilih?

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup