Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

11 Rekomendasi Kopi Hitam Terbaik di Indonesia 2022

January 26, 2023
Cover rekomendasi kopi hitam
Iklan Sponsor

Kopi sudah menjadi salah satu minuman yang mendunia. Hampir semua orang di semua kalangan suka dengan minuman ini.

Gimana ngga, harumnya kopi, rasa pahit yang khas, hint rasa yang berbeda-beda dari setiap jenis bijinya, dan berbagai macam minuman yang bisa dikembangkan dengan basis kopi.

Hal-hal tersebut bikin kopi makin viral dan digemari. Selain rasa dan aromanya yang nikmat, kopi juga dipercaya bisa meningkatkan semangat dan menjauhkan kita dari rasa ngantuk.

Ini dia yang bikin kopi jadi minuman favorit di kala bekerja maupun kala santai.

Selain sebagai penghilang rasa kantuk, tahukah Anda bahwa minuman dengan rasa pahit ini juga menyimpan berbagai khasiat lain untuk kesehatan?

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Kopi kerap dijadikan minuman wajib yang dikonsumsi setiap hari bagi sebagian orang. Pasalnya, kopi diyakini dapat menjadi penambah energi saat memulai hari.

Sebelum lebih jauh membahas soal manfaat kopi, sebaiknya Anda memahami dulu kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Di samping karbohidrat, protein, dan sedikit lemak, kopi juga punya kandungan kafein, magnesium, serta bahan kimia tumbuhan.

Bahan kimia tumbuhan tersebut meliputi polifenol (mengandung asam klorogenat dan asam kuinat) dan diterpen (mengandung kafestol dan kahweol).

Kopi adalah minuman stimulan yang mengandung kafein. Kandungan tersebut dapat meningkatkan energi, kewaspadaan, suasana hati, serta fungsi otak.

Nah, jika diminum sesuai kebutuhan, berikut berbagai manfaat kopi untuk kesehatan tubuh Anda:

==AS1==

1. Menjaga kesehatan jantung

Kopi dan manfaatnya untuk jantung

Dikutip dari situs Harvard School of Public Health, minum kopi secara rutin mungkin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian yang disebutkan di situs tersebut.

Minum 4 atau lebih cangkir kopi hitam per hari disinyalir dapat menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Penelitian yang dipublikasikan jurnal Current Cardiology Reports membuktikan bahwa minum kopi secara rutin dalam dosis sedang tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan kardiovaskular.

2. Mempertahankan berat badan ideal

Manfaat lain yang dapat Anda ambil dari konsumsi kopi hitam adalah mempertahankan berat badan ideal, bahkan mungkin membantu menurunkannya.

Studi yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition mengamati perbandingan frekuensi minum kopi antara individu yang ingin menurunkan berat badan dengan yang tidak.

Hasilnya, mereka yang ingin menurunkan berat badan dilaporkan minum lebih banyak kopi dan minuman berkafein daripada mereka yang tidak.

Jadi, konsumsi minuman berkafein mungkin dapat mendukung pemeliharaan atau usaha penurunan berat badan seseorang.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Selain menurunkan berat badan, kopi hitam juga disebut memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

Mayo Clinic menyatakan bahwa terdapat beberapa studi yang membuktikan bahwa konsumsi kopi, baik yang mengandung kafein atau tidak, mungkin dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Namun, jika Anda sudah mengidap diabetes, kafein pada kopi berisiko memengaruhi kadar gula darah, entah menjadi lebih tinggi atau lebih rendah.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter Anda jika ingin minum kopi tetapi Anda memiliki diabetes tipe 2.

4. Menjaga kesehatan otak

Kopi dan bekerja

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak efek positif pada otak, seperti meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi.

Selain itu, jurnal Practical Neurology menyebutkan bahwa konsumsi kopi hitam dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, penyakit Parkinson, dan penyakit Alzheimer.

Artinya, asupan kopi dan kafein setiap hari aman untuk dimasukkan ke dalam diet yang seimbang dan sehat.

Bahkan, asupan kopi hitam juga tidak perlu dihentikan pada orang lanjut usia (lansia).

5. Menjaga kesehatan organ hati

Manfaat kopi selanjutnya berkaitan dengan kesehatan organ hati. Journal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa asupan kopi berpotensi mengurangi jumlah lemak pada hati.

Studi pada hewan yang disebutkan dalam jurnal itu menunjukkan bahwa kandungan kimia pada kopi dapat membantu proses detoksifikasi sel kanker pada hati.

Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan seberapa efektif kopi dapat membantu mengobati penyakit hati kronis.

==AS2==

6. Mengurangi risiko kanker

Seperti yang telah disebutkan di atas, kopi mungkin bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker pada organ hati.

Situs Harvard School of Public Health juga menyebutkan bahwa kopi dapat memengaruhi perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel kanker hingga kematiannya.

Kandungan kafein dalam kopi disebut dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

American Cancer Society menyebutkan terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa kopi mungkin dapat menurunkan beberapa jenis kanker, termasuk:

  • Kanker prostat
  • Kanker hati
  • Kanker endometrium
  • Beberapa kanker mulut dan tenggorokan

7. Mengurangi risiko batu empedu

Ada berbagai manfaat kafein dalam kopi yang disebut-sebut dapat mencegah pembentukan batu empedu.

Ini karena kandungan kopi mampu mencegah pembentukan kolesterol yang menyebabkan pembentukan kristal atau batu di kantung empedu.

Kandungan tersebut dapat merangsang kontraksi di kantung dan meningkatkan aliran empedu, sehingga kolesterol tidak menumpuk di sana.

Tips Memilih Kopi Hitam yang Enak

Kopi arabika, robusta, liberika

Untuk menikmati kopi hitam yang enak, kamu bisa pilih jenis kopi bubuk atau biji. Sesuaikan dengan selera dan kebutuhan kamu.

Misalkan kamu lebih suka membuat kopi hitam dari awal, maka kamu bisa mulai memilih biji kopi yang bagus.

Pilih biji kopi yang utuh dan beraroma enak. Sementara kamu yang tak mau ribet bisa langsung pilih kopi dalam bentuk bubuk. Kamu juga bisa memilih jenis bubuknya, apakah yang digiling super halus, medium atau masih sedikit kasar.

Selanjutnya kamu juga wajib memilih jenis kopi hitam terbaik. Kamu bisa pilih jenis kopi arabika yang memiliki cita rasa yang luar biasa.

Selain itu kamu bisa juga mencoba jenis kopi robusta namun dengan rasa yang lebih keras dan kandungan kafein yang lebih tinggi.

Pilihan lainnya lagi adalah kopi liberica yang umumnya tumbuh di daerah gambut. Aroma dan rasa kopi liberica mirip dengan kopi robusta yang full body dengan pahit yang dominan.

Bentuk Kopi yang Bisa Anda Pilih

Bentuk gilingan kopi

Kopi hitam tersedia dalam bentuk biji kopi utuh atau yang sudah digiling.

Ada beberapa varian ukuran yang umum ditawarkan untuk menentukan berbentuk biji (whole beans) atau digiling, yaitu :

  • Whole Beans (biji)
  • Extra Fine / Giling Super Halus, cocok untuk mesin espresso profesional
  • Fine / Giling Halus, cocok untuk mesin espresso rumahan
  • Medium / Giling Medium, cocok untuk V60, coffee maker, manual brew, vietnam drip
  • Coarse / Giling Kasar, cocok untuk cold drip, cold brew, manual brew teknik kasar, aeropress

==AS3==

11 Rekomendasi Kopi Hitam Terbaik di Indonesia

Nah, dengan segudang manfaat kopi bagi kesehatan tubuh, kini saatnya pilih produk dan checkout produk kopi hitam terbaik di keranjang belanjaanmu!

Kali ini S-gala.com sudah merangkum 11 rekomendasi kopi hitam terbaik di Indonesia selama tahun 2022.

Kopi hitam disarankan karena tidak mengandung gula dan sifatnya murni. Anda bisa meracik berbagai minuman lezat dari basis kopi hitam di bawah ini.

1. Kapal Api Drip Flores Manggarai

Kapal Api Drip Manggarai

Siapa yang tak kenal dengan merek kopi “Kapal Api”. Salah satu merek kopi yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun, apakah kamu tahu, kalau merek “Kapal Api” ada yang berasal dari biji kopi asal Flores?

“Kapal Api Drip Flores Manggarai” adalah salah satu produk “Kapal Api” yang menggunakan biji kopi terbaik yang berasal Flores sebagai bahan dasarnya.

Kopi “Kapal Api” jenis ini sering diseduh oleh barista-barista yang ada di coffee shop.

Namun, berkat adanya kemasan kopi bubuk ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk datang ke coffee shop karena kamu bisa menyeduhnya dengan racikan kamu sendiri atau racikan orang terkasih.

Kopi ini memiliki cita rasa yang sangat khas yaitu fruity.

Cara membuatnya juga sangat mudah karena sudah dilengkapi dengan filter atau saringan kopi. Kita tinggal memasang filter di atas cangkir, menuangkan bubuk kopi, lalu menuangkan air panas sehingga ampas kopi tidak akan ikut terbawa masuk ke cangkir.

Fitur cerdas ini sederhana dan tepat sekali disebut dengan istilah easy drip.

==AFT : https://invol.co/clfbwks

==AFL : https://invol.co/clfbwmf

2. Otten Coffee Aceh Gayo Honey Process

Otten Coffee Aceh Gayo Honey

Otten Coffee Aceh Gayo Arabica merupakan biji kopi olahan dengan honey process sehingga memberikan cita rasa yang unik dan cenderung ringan.

Berasal dari Atu Lintang di Aceh Tengah, biji kopi ini memberikan cupping notes syrupy body, fruity, chocolate flavor, dan blackcherry.

Biji kopi dari Otten Coffee digiling dengan mesin yang menghasilkan hasil gilingan yang presisi.

==AFT : https://invol.co/clfbwka

==AFL : https://invol.co/clfbwmo

3. Herd Coffee 50:50 Espresso Blend

Salah satu teknik yang bisa menjadi pembeda utama dalam pengolahan biji kopi adalah proses roasting atau pemanggangan biji kopi itu sendiri. Herd coffee and co adalah salah satu roaster kopi terbaik di Indonesia.

Bahkan sudah memenangkan beberapa kali kejuaraan dalam festival kopi nasional lho!

Salah satu varian yang wajib kamu coba adalah Lini Espresso Blend khususnya untuk Es Kopi Susu.

Profile yg digunakan sendiri merupakan penyempurnaan hasil riset bertahun-tahun berdasarkan kebutuhan pasar di Bandung & Jakarta yang membuat Blend Seri ini sangat disukai dan mudah dikalibrasi.

Style Roasting dilakukan oleh SCAI Certified Roaster & di Quality Check oleh Q Arabika Grader menghasilkan seri blend ini mempunyai aroma yang harum , manis , dan bold yang menghasilkan ekstraksi dengan crema terbaik.

Ditambah diroasting menggunanakan PROBATONE 5 & 25 KG membuat development kopi ini lebih maksimal sehingga menghemat pemakaian biji kopi per Cup.

Dengan ratio yg sama, kopi dari Herd Coffee and Co. memiliki rasa lebih SWEET & BOLD dari yg lain.

Biji kopinya berasal dari Arabica West Java Pangalengan dan Fine Robusta Temanggung.

Karaketeristik aroma utama yang ditawarkan adalah Dark Chocolate with Sweet Caramel Finish dengan roast profile-nya berada di kategori Medium to Dark.

==AFT : https://invol.co/clfbw5f

==AFL : https://invol.co/clfbwnl

4. Fry Roast Coffee Arabika Wamena

Fry Roast Coffee Arabika Wamena

Papua adalah pulau paling Timur Indonesia. Pulau Papua ini bisa dikatakan sebagai salah satu pulau penghasil biji kopi berkualitas. Salah satu daerah di Papua yang terkenal dengan hasil kopi arabika adalah daerah Wamena.

Kopi yang ditanam pada daerah ini menjadi sangat berkualitas karena cara penanamannya tidak memakai bahan-bahan kimia atau bisa dibilang hanya menggunakan bahan organik saja.

Berkat kualitas yang dijaga oleh para petani, biji kopi ini mempunyai cita rasa yang khas, sehingga biji kopi Wamena juga diekspor.

Salah satu merek kopi yang berbahan dasar biji kopi Wamena adalah Fry Roast Coffee Arabika Wamena.

Kopi ini ketika diseduh akan mengeluarkan aroma yang dapat menambahkan kenikmatan saat menyeruputnya.

Selain itu, kopi ini tidak begitu kental dan rasanya tidak begitu pahit, sehingga tanpa ditambahkan gula pun akan tetap nikmat.

==AFT : https://invol.co/clfbwjq

==AFL : https://invol.co/clfbwqm

5. Genesis Coffee Arabica Ciwidey Honey

Genesis Ciwidey Honey Arabica

Arabica Ciwidey Honey by Genesis Coffee merupakan biji kopi arabica yang berasal dari Jawa Barat. Rasanya yang kaya dan nikmat sangat cocok untuk kamu pecinta kopi hitam arabica.

Flavor Notes yang dimiliki biji kopi arabica ini adalah starfruit, fruity. Keasamannya termasuk medium jadi aman untuk dikonsumsi.

Proses setelah panen yang dipilih adalah honey process sehingga menghasilkan kopi yang nikmat dan kaya rasa.

==AFT : https://invol.co/clfbwit

==AFL : https://invol.co/clfbwr3

6. Kopi Arabika Malabar Single Origin

Kopi Malabar Arabica

Kopi Arabika Malabar Single Origin dibuat dari biji kopi arabika berkualitas premium dari Gunung Malabar, Jawa Barat.

Biji kopi disangrai dengan tingkat medium to dark untuk menghasilkan kopi dengan keasaman tinggi, kekentalan sedang, dan hint rasa jeruk mandarin.

Kopi ini memiliki rasa yang kaya sehingga cocok untuk dinikmati pecinta kopi.

==AFT : https://invol.co/clfbwik

==AFL : https://invol.co/clfbwr7

7. Kopi Robusta Aroma Bandung

Kopi Robusta Aroma

Kopi Robusta Aroma Bandung merupakan kopi asli dari Jawa Barat murni tanpa campuran apapun. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga aman untuk lambung.

Kopi Aroma Bandung juga memiliki varian lainnya yang Arabica Robusta, Moka Arabika, dan Arabica Toraja. Untuk varian robusta rasa yang dihasilkan cenderung pahit dan tinggi kafein.

==AFT : https://invol.co/clfbwi3

==AFL : https://invol.co/clfbwru

8. NESCAFE Classic Kopi Instan Kopi Hitam

Nescafe Classic Kopi Instan Hitam

Nescafe merupakan merek kopi instan yang sudah tidak asing lagi. Nescafe Classic merupakan kopi hitam instan yang dikemas dalam botol kaca sehingga aroma dan rasa kopinya tetap terjaga.

Nescafe Classic dibuat dari 100% biji kopi Robusta berkualitas yang menghasilkan kopi tanpa ampas dengan rasa dan aroma kopi yang mantap.

Kopi ini akan nikmat diminum panas maupun dingin dan bisa dicampurkan dengan krimer ataupun dibuat menjadi berbagai kreasi minuman atau makanan berbasis kopi.

==AFT : https://invol.co/clfbwho

==AFL : https://invol.co/clfbws3

==AS4==

9. Excelso Kopi Robusta Gold Bubuk

Excelso Kopi robusta gold

Excelso Kopi Robusta Gold merupakan kopi instan dari biji kopi hitam pilihan yang dipanen dari kebun yang dikelola secara profesional. Kopi robusta ini diracik khusus untuk menghasilkan rasa yang mantap dan eksklusif.

Dikemas dalam kemasan valve sehingga menjamin keutuhan rasa dan aroma kopi serta mencegah masuknya udara ke dalam kemasan. Excelso Kopi Robusta Gold cocok dinikmati dengan air panas.

Rasa yang dihasilkan adalah chocolate and nutty, sehingga cocok untuk Anda yang suka kopi dengan hint pahit dan tidak asam.

==AFT : https://invol.co/clfbwh3

==AFL : https://invol.co/clfbwso

10. JJ Royal Coffee Kopi Tubruk

JJ Royal Kopi Tubruk

JJ Royal Coffee Kopi Tubruk adalah kopi tubruk dari biji kopi grade spesial khas Indonesia. Dicampur dari tempat terbaik di seluruh Indonesia, kopi tubruk hitam ini murni tanpa gula yang dikemas dalam kemasan sachet sekali seduh.

Aroma dari kopi tubruk ini cukup kuat, dengan rich chocolate malt. Tingkat keasamannya rendah dengan after taste yang long lasting.

==AFT : https://invol.co/clfbwgs

==AFL : https://invol.co/clfbwsx

11. Kopi Tubruk Gadjah

Kopi Tubruk Gadjah

Untuk Anda yang menyukai rasa pahit yang kuat dari sebuah kopi, Kopi Tubruk Gadjah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Karena memang ditujukan untuk diseduh sebagai kopi tubruk, merk kopi hitam tanpa gula terbaik ini digiling dengan sangat halus. KopiTubruk Gadjah juga sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kehalalan produk ini.

Kopi Tubruk Gadjah dikemas dalam kemasan pouch dan berat bersihnya 150 gram. Anda bisa membeli merk kopi hitam tanpa gula terbaik ini di mini market maupun secara online dan harganya 10 ribuan rupiah.

Kopi Tubruk Gadjah bisa tahan selama 12 bulan dan sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga kualitasnya.

==AFT : https://invol.co/clfbwgd

==AFL : https://invol.co/clfbwts

Tips aman minum kopi

Satu cangkir kopi seduh umumnya mengandung sekitar 95 mg kafein. Minum kopi yang masih dianggap wajar adalah 3-5 cangkir atau rata-rata 400 mg kafein per hari.

Meski begitu, dosis kopi mungkin berbeda untuk setiap orang. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain.

Selain itu, kafein terbukti meningkatkan tekanan darah karena efek stimulannya pada sistem saraf.

Tekanan darah yang meningkat adalah faktor risiko serangan jantung dan stroke, karena dapat merusak arteri seiring waktu. Akibatnya, aliran darah ke jantung dan otak jadi terbatas.

Oleh karena itu pastikan dulu kondisi tubuh Anda sebelum mengonsumsi kopi secara bebas ya!

==AS5==

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi kopi:

  • Tentukan berapa banyak kopi yang Anda konsumsi dan bagaimana efeknya pada pola suasana hati dan pola tidur Anda.
  • Simpanlah kopi di tempat yang sejuk dan kering, jauhkan dari panas dan kelembapan.
  • Gejala putus obat biasanya terjadi setelah penggunaan kopi untuk periode yang panjang.
  • Kopi tidak selalu aman untuk dikonsumsi untuk semua orang. Jadi, sebaiknya diskusikan dengan dokter agar tahu dosis yang tepat untuk Anda.
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup