Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

11 Rekomendasi Penyedap Rasa Makanan Terenak & Aman 2022

January 26, 2023
Rekomendasi Penyedap Rasa Makanan
Iklan Sponsor

Pernahkah Anda mendapatkan makanan dengan rasa yang sangat sedap dan enak? Tak bisa dipungkiri, salah satu rahasia masakan yang lezat adalah dengan menggunakan penyedap rasa.

Penyedap rasa merupakan suatu bahan tambahan makanan yang telah umum ditambahkan ke dalam makanan dan didesain untuk dapat memperkuat rasa yang terkandung dalam makanan tersebut.

Penyedap rasa ini dibagi ke dalam dua bagian, yaitu penyedap rasa alami yang terdiri dari garam, gula, bawang putih, bawang merah, cengkeh, pala, merica, kunyit, ketumbar, maupun rempah-rempah lainnya.

Kedua adalah penyedap rasa buatan, yaitu MSG (Monosodium Glutamate) atau lebih dikenal dengan sebutan micin. MSG sendiri terbuat dari fermentasi tebu dengan bantuan bakteri. Dimana, ini akan digunakan sebagai penguat rasa protein.

Penyedap rasa buatan yang umumnya digunakan pada makanan adalah vetsin yang juga mengandung senyawa monosodium glutamate (MSG) atau Mononatrium glutamate (MNG). Selain itu, ada garam guanilat, garam inosinat, dan HVP (Hydrolysis Vegetable Protein).

Sesekali tentu saja tidak masalah bagi kita mengkonsumsinya. Namun, jika MSG digunakan secara terus menerus maka dapat berdampak buruk pada kesehatan, seperti peningkatan tekanan darah dan risiko akan penyakit kronis lainnya.

Adapun dosis maksimal penggunaan MSG yang ditetapkan WHO adalah 120 mg per kilogram berat badan.

==AS1==

Berbagai Manfaat Penggunaan Penyedap Rasa Makanan

MSG pada makanan

Di luar pro dan kontra dalam menggunakan campuran penyedap rasa dalam makanan, sebenarnya ada beberapa manfaat tersendiri terkait penggunaan penyedap rasa tersebut.
Apa saja manfaat dari penyedap rasa?

1. Meningkatkan Air Liur

Penyedap rasa memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan air liur.

Air liur bisa membantu lidah dan mulut, untuk menghaluskan makanan agar mudah masuk ke dalam sistem pencernaan.

2. Mengurangi Garam

Terlalu banyak menggunakan garam bisa membuat tingginya kadar natrium dalam tubuh, yang memicu penyakit darah tinggi.

Menggunakan penyedap rasa sesuai takaran harian, bisa membantu mengurangi asupan garam dalam tubuh dan membuat cita rasa masakan tetap gurih.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Penyedap rasa juga memiliki manfaat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.

Karena penyedap rasa ini meningkatkan produksi cairan lambung, sehingga orang yang mengonsumsi penyedap rasa sesuai aturan, bisa terhindar dari penyakit gastritis atrofik.

Cara Memilih Penyedap Rasa

Supaya Anda bisa lebih bijak dalam memilih penyedap rasa makanan, berikut ini ada 3 tips yang bisa Anda terapkan.

1. Pilih Bahan Bakunya

Penyedap rasa terbuat dari bahan baku yang berasal dari kaldu hewan dan kaldu tumbuhan. Kalau kamu seorang vegetarian, kamu bisa memilih penyedap rasa yang bahan bakunya terbuat dari tumbuhan, seperti penyedap rasa dari jamur.

Usahakan untuk melihat komposisinya terlebih dahulu, ya!

2. MSG

Untuk membuat makanan lebih gurih, kamu bisa memilih penyedap rasa yang memiliki kandungan MSG. Penyedap rasa yang mengandung MSG ini, bisa membantu mengurangi asupan garam harian.

==AS2==

3. Non MSG

Penyedap alami
Berbagai macam bumbu penyedap rasa alami

Kalau memiliki alergi terhadap MSG, kamu bisa menggunakan penyedap rasa non MSG atau yang tidak mengandung MSG.

Ada juga penyedap rasa yang tidak menggunakan tambahan MSG atau non-MSG lho. Penyedap rasa ini menggunakan bahan-bahan alami sebagai penyedap rasa.

Jenis ini cocok jika Anda memiliki alergi terhadap MSG ataupun digunakan sebagai bumbu makanan pendamping ASI (MPASI).

Apabila Anda sedang dalam program diet, penyedap tanpa MSG juga pas sekali untuk dikonsumsi. Kandungan sodiumnya tentu lebih rendah dan membuat makanan Anda lebih sehat.

Selain itu, penyedap tanpa MSG lebih menonjolkan rasa yang alami dan terasa lebih segar di lidah. Namun, harganya lebih mahal dibandingkan penyedap rasa ber-MSG.

Ada banyak merek penyedap rasa non-MSG yang tersedia die-commerce, yakni Pura, Pawon Ibun, dan Lemonilo.

Rasanya pun beragam, mulai dari rasa ayam dan sapi sampairasa udang yang gurih.

11 Rekomendasi Penyedap Rasa Makanan Terenak & Aman BPOM

Jangan sembarangan memilih penyedap rasa untuk makanan!Selain mengejar rasa enak dan aroma yang nikmat, Anda juga harus memastikan bahwa penyedap rasa yang digunakan sudah aman dan lulus BPOM ya!

Supaya mempermudah, S-gala.com sudah merangkum 11 rekomendasi penyedap rasa makanan yang enak dan pasti aman BPOM.

Untuk mendapatkan produknya, Anda bisa segera klik tautan yang tercantum dalam setiap segmen produknya.

Para penjual sudah disortir dan dipilih khusus oleh tim S-gala.com untuk Anda! Seller e-commerce yang kredibel, terlaris, termurah, dan pastinya pelayanan terbaik!

Yuk langsung masuk ke daftar rekomendasi penyedap rasa terenak berikut ini!

1. Royco Bumbu Kaldu Ayam

Royco rasa Ayam

Penyedap Rasa Makanan Enak yang pertama hadir dari brand Royco. Anda tentu sudah familiar dengan brand ini, bukan?

Royco merupakan bumbu penyebab masakan yang bisa membuat hidangan menjadi lebih gurih dan lezat. Dengan menambahkan Royco Kaldu Ayam kedalam masakan anda, masakan akan semakin istimewa.

Perlu diketahui, royco terbuat dari kandungan utama daging ayam pilihan yang dapat memastikan masakan anda menjadi lebih enak.

Adapun komposisi dari penyedap ini adalah bahan-bahan terbaik yang menghasilkan rasa yang sempurna.

Tak heran produk ini mampu membuat masakan apapun menjadi lebih enak, lezat dengan aroma yang sempurna.

Untuk takaran per sajinya, anda akan mendapatkan Energi total 0 kkal, energi dari lemak 0 kkal, lemak total 0 g, lemak jenuh 0 mg,kolesterol 0 g, protein 0 g, karbohidrat total 0 g, serat pangan 0 g, gula 0 g da0n natrium 540 mg.

==AFT : https://invol.co/clfk5ng

==AFL : https://invol.co/clfk5qz

2. Masako Kaldu Ayam

Masako Ajinomoto

Ingin masakan anda memiliki rasa yang sempurna dengan aroma yang menggoda, anda wajib mencampurkan penyedap rasa makanan enak yaitu Masako.

Masako merupakan produk kaldu bubuk keluaran dari pabrik Ajinomoto yang sudah sangat terkenal akan produk-produk penyedap dan bumbu untuk masakan.

Bumbu ajinomoto ini terbuat dari bumbu dan rempah pilihan yang bisa menambahkan kelezatan masakan anda.

Untuk komposisinya, ajinomoto masako ini terbuat dari bahan-bahan alami yang sehat. Dan kemudian bisa menghasilkan penyedap rasa yang sangat legendaris dan disukai oleh banyak orang.

Sebagai masyarakat Indonesia, anda tentu sudah familiar dengan penyedap rasa yang satu ini. Karena tak heran, produk ini hampir dimiliki oleh semua dapur Indonesia.

==AFT : https://invol.co/clfk5np

==AFL : https://invol.co/clfk5r5

==AS3==

3. Totole Kaldu Rasa Jamur

Totole Kaldu Rasa Jamur

Jika penyedap rasa biasanya disandingkan dengan MSG, perlu diketahui bahwa ada banyak penyedap rasa yang tidak mengandung MSG sama sekali.

Salah satunya adalah penyedap rasa makanan enak Totole Kaldu Rasa Jamur.

Produk ini adalah kaldu jamur yang bisa menggantikan penyedap rasa MSG. Tidak mengandung MSG, kandungan hewani, perlu diketahui bahwa produk ini sudah mengantongi sertifikasi halal.

Produk penyedap import yang satu ini terbuat dari bahan-bahan yang alami sehingga aman untuk dikonsumsi.

==AFT : https://invol.co/clfk5o3

==AFL : https://invol.co/clfk5rd

4. Maggi Seasoning Cair

Maggi Seasoning Cair

Takaran dan rasa lebih pas dengan bumbu penyedap cair!

"Masak jadi beda" adalah tagline dari produk Maggi Seasoning ini.

Apabila bumbu penyedap rasa kebanyakan berbentuk bubuk, tidak dengan produk yang satu ini. Maggi merupakan seasoning dalam bentuk cair yang bebas MSG.

Aroma dan rasanya dikenal khas karena terbuat dari fermentasi gandum. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti bumbu kecap asin dan kecap inggris. Karena berbentuk cair, Anda juga bisa menakar bumbu dengan lebih pas. Mulai dari menu sate maranggi hingga sup ikan patin, berbagai masakan pasti lezat dengan bumbu penyedap cair Maggi!

Mengandung MSG, Air, garam, gandum, gula, pewarna karamel, pengatur keasaman, perisa sintetik, penguat rasa, dan dekstrosa.

==AFT : https://invol.co/clfk5oa

==AFL : https://invol.co/clfk5rw

5. Lemonilo Kaldu Pelezat

Lemonilo Kaldu Pelezat Alami

Lemonilo merupakan merek yang lekat dengan produk makanan sehat. Di antara makanan sehatnya, Lemonilo memiliki penyedap rasa yang sehat.

Kaldu non-MSG Lemonilo ini dijamin bebas bahan pengawet, perasa, dan pewarna buatan. Penyedap ini aman untuk si anak dan juga seluruh anggota keluarga.

Lemonilo memiliki penyedap rasa dari sari ayam negeri dan sapi berkualitas terbaik. Kaldu pelezat non-MSG ini pas sekali untuk Anda yang menyukai cita rasa ayam dan sapi alami.

Rasa kaldunya nikmat dicampurkan ke dalam sup bening. Selain kaldu ayam dan sapi, Lemonilo juga punya varian kaldu jamur yang paling best seller karena rasa gurih alaminya.

Komposisi dari Lemonilo Kaldu Pelezat ini adalah :

  • Ayam: garam, gula, ekstrak ayam, bawang, lada putih, tepung maizena, kunyit
  • Sapi: garam, gula, ekstrak sapi, bawang, lada, tepung maizena, kunyit
  • Jamur: garam, ekstrak jamur, cabai, lada, bawang

==AFT : https://invol.co/clfk5oi

==AFL : https://invol.co/clfk5s5

6. Pawon Ibun Kaldu Tempe

Pawon Ibun Kaldu Tempe

Kaldu bubuk vegan bebas gula dan garam untuk diet sehat dan MPASI. Kami merekomendasikan kaldu tempe non-MSG dari Pawon Ibun untuk keluarga vegan yang ingin hidup sehat.

Produk ini juga cocok untuk Anda yang sedang diet sehat mengurangi asupan garam dan gula.

Penyedap non-MSG dari Pawon Ibun juga bisa menjadi solusi untuk permasalahan anak yang mogok makan.

Meski tanpa garam dan gula, rasa kaldu bubuk Pawon Ibun tetap gurih. Karena itu, kaldu bubuk dari Pawon Ibu ini juga sering direkomendasikan untuk bumbu MPASI.

Komposisi dari penyedap Pawon Ibu ini adalah tempe dan bawang putih.

==AFT : https://invol.co/clfk5ox

==AFL : https://invol.co/clfk5sd

7. Sasa Gourmet Powder

SASA gourmet powder

Cukup setengah sendok teh untuk melezatkan sajian Anda. Sasa Gourmet Powder terbuat dari fermentasi molasses tebu.

Penyedap rasa dari Sasa ini merupakan murni MSG sehingga penggunaannya tidak perlu terlalu banyak. Cukup gunakan setengah sendok teh untuk melezatkan masakan Anda.

Jika Anda membutuhkan penyedap rasa ekonomis untuk bisnis kuliner, Sasa Gourmet Powder adalah jawabannya!

==AFT : https://invol.co/clfk5p6

==AFL : https://invol.co/clfk5sr

8. Knorr Chicken Seasoning

Knorr Chicken Seasoning Powder

Knorr Chicken Seasoning adalah penyedap rasa makanan tanpa MSG yang cukup aman untuk Si Kecil.

Knorr dikenal sebagai merek bumbu penyedap dengan bahan-bahan alami. Penyedap rasa ini juga cocok bagi penderita alergi MSG, juga bisa ditambahkan ke MPASI Si Kecil agar semakin lezat.

Bumbu tanpa kandungan MSG ini akan terasa lebih alami di lidah.

==AFT : https://invol.co/clfk5p9

==AFL : https://invol.co/clfk5sy

==AS4==

9. Ajinomoto Plus

Ajinomoto Plus Umami Seasoning

Butuh sesuatu yang super ‘nendang’? Ini dia solusinya! Ajinomoto Plus khusus untuk Anda.

Dengan tambahan kunci rasa umami, rasa yang diciptakan lebih gurih.

Dengan asam glutamat, buat masakan jadi lebih gurih hingga 5x lipat lebih terasa dibandingkan MSG biasa.

Sering digunakan bagi para pengusaha katering karena buat masakan jadi lebih gurih dan hanya perlu gunakan sedikit saja.

==AFT : https://invol.co/clfk5pd

==AFL : https://invol.co/clfk5tb

10. Knorr Vegetable Stock Cubes

Knorr Vegetable Stock Cubes

Khusus untuk Anda yang vegetarian atau menjunjung tinggi pola hidup sehat, Knorr Vegetables Stock Cubes adalah pilihan yang cocok untuk Anda.

Terbuat dari kaldu sayuran yang gurih, harum, alami, non-gluten, dan non-MSG.

Kelebihan dari rekomendasi penyedap rasa makanan yang satu ini adalah rendah kalori, non-hewani, dan juga bebas gluten.

Namun rasa dan aromanya tetap kuat serta khas.

==AFT : https://invol.co/clfk5py

==AFL : https://invol.co/clfk5tg

11. Pura Seasoning Powder Bumbu Penyedap Non MSG

Pura Seasoning Powder

Bumbu penyedap yang lebih sehat! Bebas MSG, GMO, gluten, dan filler! Pura terkenal dengan produk garam himalaya dan sea salt yang sehat untuk diet.

Selain garam, Pura juga merilis bumbu penyedap non-MSG yang rendah garam, bebas gula dan gluten, serta non-GMO.

Tidak hanya itu, Pura Seasoning juga no filler yang artinya tidak mengandung bahan-bahan maltodex, dextrin, dan tepung.

Di samping varian rasa ayam dan sapi yang best seller, Pura juga menawarkan penyedap rasa khusus untuk vegan. Anda bisa menggunakan penyedap rasa Pura untuk meningkatkan nilai gizi.

Komposisi dari penyedap rasa Pura adalah sebagai berikut :

  • Ayam: chicken powder (ayam kampung), pura sea salt, bawang putih, bawang merah, lada dan pala
  • Sapi: beef powder, pura sea salt, bawang putih, bawang merah, lada dan pala
  • Vegan: Pura sea salt, natural yeast, bawang putih, bawang bombai, pala, bawang merah, merica, seledri, ketumbar, daun jeruk dan kemiri

==AFT : https://invol.co/clfk5qo

==AFL : https://invol.co/clfk5tv

Kesimpulan

Apabila Anda khawatir menggunakan penyedap rasa secara berlebihan, Anda bisa mengikuti tips berikut ini. Tips ini juga tepat dilakukan jika Anda ingin mengurangi penggunaan penyedap rasa saat memasak.

  1. Memasak dalam waktu yang tepat.
  2. Menggunakan garam dan gula dalam setiap masakan.
  3. Memperhatikan teknik memasak.
  4. Menambahkan tomat untuk membuat masakan lebih sedap dan segar.
  5. Mengganti MSG dengan bahan penyedap alami, seperti kaldu jamur.

==AS5==

Penyedap rasa berfungsi untuk membuat rasa masakan Anda makin lezat. Ada penyedap rasa yang menggunakan MSG dan non-MSG.

Perhatikan bahan-bahannya, terutama jika Anda menjalani gaya hidup vegetarian. Selain itu, sesuaikan pilihan varian rasa sesuai dengan masakan Anda.

Anda pun bisa menggunakan penyedap untuk MPASI bayi. Pastikan produknya benar-benar aman, ya. Semoga Anda sudah menemukan penyedap rasa yang cocok bagi seluruh anggota keluarga. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya hanya di blogpost S-gala.com!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup