Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

11 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik Terbaru 2022

November 10, 2022
Rekomendasi Rice Cooker
Iklan Sponsor

Nasi adalah makanan pokok sebagian besar orang terutama yang tinggal di benua Asia. Memasak nasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya :

  1. Diaron
  2. Diliwet
  3. Ala padang (menggunakan dandang)
  4. Ala india atau ala arab (memasak nasi di atas daun bersamaandengan berbagai lauk)
  5. Menggunakan rice cooker / penanak nasi otomatis

Nah, dari kelima cara tersebut, yang paling praktis dan mudah adalah cara ke-5 yaitu menggunakan rice cooker.

Sekarang ini, rice cooker terbaik hadir dengan banyak sekali pilihan dengan berbagai fitur yang canggih.

Ada berbagai merk rice cooker yang dijual di pasaran seperti Philips, Cosmos, Mito, dan Yong Ma merilis produk rice cooker terbaik dengan fitur dan keunggulan yang bermacam-macam. Bahkan merk seperti XiaoMi juga sekarang memproduksi alat yang satu ini.

Kali ini S-gala.com akan memberikan tips n trik tentang  cara memilih rice cooker yang bagus dan membagikan daftar review produk terbaiknya. Simak informasinya sampai selesai ya!

==AS1==

Tips dan Cara Memilih Rice Cooker yang Bagus

Sebelum masuk ke 11 daftar rice cooker pilihan S-gala.com, yuk kenali dulu bagaimana cara memilih rice cooker yang tepat.

1. Cek Jenis Pemanasan pada Rice Cooker

Proses pemanasan pada rice cooker

Umumnya, ada 2 jenis proses pemanasan pada rice cooker yang biasa dipakai di Indonesia :

a. Induction Heating (IH) - proses pemanasan merata ke seluruh permukaan panci

Tipe rice cooker ini mampu memanaskan beras secara keseluruhan. Tingkat kematangan nasi pun dipastikan sempurna, merata pada bagian terbawah hingga teratas nasi. Rice cooker tipe IH lebih cocok untuk memasak nasi dalam jumlah banyak untuk sekali masak.

==AS2==

b. Micro Controller - Memfokuskan daya pemanas pada bagian bawah panci

Selanjutnya adalah tipe pemanas yang daya pemanasnya tidak terlalu tinggi. Istilahnya adalah rice cooker micro controller. Ukuran dari rice cooker ini umumnya lebih kecil, namun tak sedikit juga yang besar dari segi ukuran.

Perbedaan tipe rice cooker ini dengan tipe IH adalah daya pemanas yang berpusat di bawah panci. Metode pematangan nasi dari tipe ini menyerupai mekanisme saat memasak nasi dengan panci menggunakan kompor gas.

Apabila Anda sudah berkeluarga dan ingin menyajikan nasi untuk 2 – 3 anggota keluarga, lebih tepat menggunakan rice cooker tipe IH yang memiliki kapasitas tampung cukup besar.

Akan tetapi harga jualnya lebih mahal dibandingkan tipe micro controller. Kemudian, bagi Anda yang jarang memasak di rumah, pilihlah yang tipe micro controller agar fungsinya pun tetap terasa maksimal.

2. Pilih Bahan Panci yang Tidak Berbahaya

Bahan panci rice cooker

Setiap pabrikan menggunakan bahan baku yang berbeda-beda untuk membuat panci pada rice cooker. Biasanya, bahan yang dipilih ini juga memengaruhi harga.

Baja : Nasi tetap hangat, lezat, dan bernutrisi

Bahan baja yang mudah menghantar panas sangat cocok untuk rice cooker dengan tingkat panas tinggi, seperti tipe pressure IH. Selain waktu masak yang lebih singkat, bahan ini juga bisa menjaga kelezatan dan nutrisi pada nasi.

Produk dengan panci berbahan baja tersedia dalam berbagai harga, mulai dari yang murah hingga mahal. Makin tinggi harga bahannya, maka makin berkualitas produknya. Bila Anda ingin kelezatan optimal, tentu saja kami merekomendasikan produk dengan kualitas panci terbaik.

Panci baja berkualitas tinggi rata-rata memiliki bobot yang berat. Namun, ada juga panci dengan baja ringan, seperti stainless steel. Jika Anda ragu dengan perawatannya, Anda dapat mengecek terlebih dahulu bobotnya. Bobot panci yang ringan tentunya akan memudahkan Anda dalam merawatnya.

Keramik : Fitur penghangat yang terbaik

Jika Anda kerap menggunakan fitur penghangat pada rice cooker, panci berbahan keramik sangat pas digunakan. Bahan keramik dapat menyimpan panas dengan baik sehingga suhu akan lebih merata dan tahan lama. Tentunya fitur ini akan menghemat tagihan listrik Anda.

Namun, panci dengan bahan keramik cenderung membuat nasi mudah berkerak. Selain itu, Anda perlu lebih berhati-hati ketika mencucinya karena cenderung mudah pecah dibandingkan bahan lain. Walaupun demikian, panci keramik mampu menjaga kandungan sari pati pada beras agar tidak menghilang. Harga panci keramik juga terjangkau sehingga banyak sekali yang menyukainya.

Tembaga : Nasi dapat matang dengan merata

Tembaga memiliki konduktivitas termal atau penghantar panas yang tinggi sehingga dapat mentransfer panas lebih cepat daripada baja. Berkatnya, nasi lezat dan manis dengan kematangan yang merata pun dapat Anda nikmati.

Beberapa produsen menerapkan bahan multi-layer pada produknya. Tembaga dicampur dengan bahan lain agar lapisannya lebih tebal. Walaupun demikian, di Indonesia sudah jarang sekali terdapat panci dari tembaga karena terlalu tipis dan ringan.

==AS3==

11 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik Tahun 2022

Selanjutnya, yuk kita mulai membahas daftar merk rekomendasi rice cooker terbaik tahun 2022!

S-gala.com telah mengulas berbagai merk produk dan merk terbaik terdapat sepuluh produk rice cooker terbaik yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan gaya hidup.

Anda bisa mengandalkan rice cooker ini untuk memasak nasi merah, putih, hitam, lauk pauk, atau bahkan memasak berbagai macam kreasi makanan.

1. Rice Cooker Philips HD 3127 Magic Com

Rice cooker philips HD 3127
Rekomendasi Rice Cooker – Philips HD 3127

Salah satu keunggulan dari rice cooker berkapasitas 2 liter keluaran Philips berikut terletak pada panci 5 lapis dengan pelindung resin yang membuat panci tidak mudah tergores.

Dengan begitu, saat ada kerak atau nasi kering yang melekat di permukaan dalam panci, Anda tak perlu takut panci akan terkikis karena keseringan digosok.

Selain itu, panci tersebut juga dipastikan anti lengket.Jadi, Anda tidak akan kesulitan saat proses membersihkan nasi untuk memasak beras baru.

Kemudian, Philips turut menambahkan lapisan dari basis emas yang efektif dalam mengirimkan panas untuk menghasilkan konveksi nasi yang sempurna. Nasi pun akan matang secara merata.

==AFT : https://invol.co/cledbc3

==AFL : https://invol.co/cledbdb

2. Magic Com Yong Ma YMC114 dengan Panci Stainless

Rice cooker yong ma ymc114
Rekomendasi Rice Cooker Terbaik – Yong Ma YMC114

Di Indonesia cukup banyak pengguna rice cooker keluaran Yong Ma. Bukanlah tanpa alasan orang memilih produk ciptaan Yong Ma, sebab kualitas yang ditawarkan memang tinggi.

Salah satu produk terbaiknya adalah YMC114. Rice cooker satu ini didesain dengan bentuk yang sederhana, namun tampilannya sangat elegan dengan balutan warna hitam dan perak yang mengkilap.

Pada pancinya terdapat lapisan eco ceramic untuk menjamin suhu panas merata hingga ke seluruh bagian. Bukan cuma mampu mematangkan nasi secara merata, rice cooker ini juga dilengkapi isolator panas pada pegangan panci. Dengan begitu, Anda bisa mengeluarkan panci dari badan rice cooker tanpa takut panas.

==AFT : https://invol.co/cledbam

==AFL : https://invol.co/cledbdu

3. Super Cook BOLDe Titanium Eco Rice Cooker

Bolde Super Cook
Rekomendasi Rice Cooker Terbaik – Bolde Super Cook Titanium

BOLDe Titanium Eco memiliki ukuran yang cukup kecil dan praktis. Bukan cuma hemat ruang ketika ditempatkan di meja dapur, tetapi produk ini juga ideal dipakai oleh Anda yang tinggal sendiri, kos, atau tidak memasak banyak nasi setiap harinya.

Rice cooker ini dapat memasak nasi dengan kapasitas panci 0,6 liter. Dengan kata lain, alat ini mampu menghasilkan nasi yang enak untuk kebutuhan 1 – 2 orang setiap harinya.

Di samping itu, rice cooker ini juga termasuk hemat listrik. Cukup menggunakan daya sebanyak 200 watt, alat ini sudah bisa beroperasi dengan baik.

==AFT : https://invol.co/cledb9h

==AFL : https://invol.co/cledbeo

==AS4==

4. Yong Ma Magic Com SMC8027

Yong Ma SMC 8027
Rekomendasi Rice Cooker Terbaik – Yong Ma Magic Com SMC8027

Rice cooker Yong Ma ini terkenal dengan kecanggihannya dan disebut rice cooker serba otomatis.

Benda yang satu ini memiliki banyak fitur yang menarik. Salah satunya adalah fitur auto resume yang bekerja setelah mati listrik.

Yong Ma Magic Com SMC8027 akan melanjutkan proses menanak secara otomatis ketika listrik hidup kembali. Produk ini tentunya merupakan salah satu rice cooker digital terbaik untuk Anda yang tempat tinggalnya sering mati listrik.

==AFT : https://invol.co/cledb8t

==AFL : https://invol.co/cledbge

5. Mito R5 Digital Rice Cooker 8in1

Mito R5
Rekomendasi Rice Cooker Terbaik – Yong Ma Magic Com SMC8027

Model yang unik dari Mito R5 menjadi nilai utama yang dimiliki oleh produk ini. Selain itu, rice cooker ini sudah dilengkapi dengan pengatur waktu untuk membantu Anda mendapatkan tingkat kematangan sesuai keinginan.

Selain itu, timer yang disematkan juga dapat Anda atur untuk mematikan alat secara otomatis.

Mito menambahkan lapisan tembaga atau copper coating pada panci rice cooker ini. Dengan begitu, setiap kiriman panas yang diterima akan cepat disebarkan dan dikunci ke setiap permukaan panci.

Panel kontrol dari rice cooker ini juga didesain bukan hanya futuristik, tetapi lengkap dengan 8 tombol sekali sentuh untuk membuat hasil masakan yang berbeda-beda.

==AFT : https://invol.co/cledb80

==AFL : https://invol.co/cledbgx

6. Miyako Rice Cooker PSG-607

Miyako Rice Cooker PSG-607
Rekomendasi Rice Cooker Murah – Miyako Rice Cooker PSG-607

Kapasitas mini yang cocok untuk anak kos, produk ini merupakan rice cooker yang bagus bila Anda tinggal sendirian. Ukurannya mini dengan kapasitas 0,63 liter saja. Karena itu, rice cooker Miyako ini cocok untuk anak kos secara dimensi dan kapasitasnya.

Rice cooker mini ini juga dilengkapi penampung uap air yang menjaga nasi agar tidak lekas busuk. Keunikan produk ini tentu adalah bodinya yang bercorak batik sehingga dapat mempercantik dapur atau kamar Anda.

==AFT : https://invol.co/cledb7g

==AFL : https://invol.co/cledbhm

7. Philips HD3128 Rice Cooker Jar Pro Ceramic

Philips HD 3128
Rekomendasi Rice Cooker Premium – Philips HD3128 Rice CookerJar Pro Ceramic

Dari tampilannya, siapa yang mampu menolak ke-eleganan dari produk ini? Sementara beralih mengulas komponen dalamnya, Anda akan melihat bahan pelapis Pro Ceramic yang canggih dan kekukuhannya 3 kali lebih keras dibandingkan panci biasa.

Lapisan ProCeramic pada rice cooker ini mampu menjaga nasi tetap hangat. Sewaktu proses memasak, beras pun akan menerima kiriman panas untuk meningkatkan kematangannya.

Produk ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga lebih ideal untuk dipakai di rumah. Berkapasitas 2 liter, Anda dapat memasak untuk dimakan hingga 14 kali pengambilan nasi per porsi.

==AFT : https://invol.co/cledb6o

==AFL : https://invol.co/cledbjk

==AS5==

8. Panasonic Rice Cooker - 3 in 1 SR-CEZ18

Panasonic Rice Cooker 3in1
Rekomendasi Rice Cooker Terbaik – Panasonic Rice Cooker - 3in 1 SR-CEZ18

Tetap berhemat anggaran meski kapasitasnya besar. Bagi Anda dengan banyak anggota keluarga, tentu konsumsi nasinya juga banyak.

Meski begitu, Anda tidak perlu menyiapkan banyak budget untuk mendapatkan rice cooker berkapasitas besar, lho.

Panasonic SR-CEZ18 memiliki harga yang terjangkau untuk kapasitasnya yang mencapai 1,8 liter, bahkan temasuk rice cooker anti lengket.Produk ini tentu cocok Anda manfaatkan sebagai rice cooker keluarga.

==AFT : https://invol.co/cledb4q

==AFL : https://invol.co/cledbka

9. Philips Digital Fuzzy Logic Rice Cooker

Rekomendasi Rice Cooker Terbaik – Philips Digital Fuzzy LogicRice Cooker

Terdiri dari 5 lapisan panci rice cooker ini, kemampuannya dalam menciptakan nasi panas, menghantarkan panas secara merata, serta menjaga panci tetap awet dan kuat merupakan kelebihan utama dari produk ini.

Philips menerapkan berbagai lapisan yang bukan hanya bermaterialkan keramik, tetapi berbagai bahan baku yang dipilih dengan fungsi paling optimal untuk ditempatkan pada setiap lapisannya.

Di samping itu, rice cooker ini juga telah dilengkapi fitur reheat yang berguna untuk membuat nasi kembali hangat saat Anda ingin menyantap nasi yang masih berkepulkan asap.

Kemudian, rice cooker Philips satu ini juga memiliki fitur timeryang dapat mengatur alat kapan akan memulai proses penanakan sesuai keinginan.

==AFT : https://invol.co/cledb2o

==AFL : https://invol.co/cledbl7

10. Cosmos CRJ 3201D Rice Cooker

Cosmos CRJ 3201D
Rekomendasi Rice Cooker Murah - Cosmos CRJ 3201D Rice Cooker

Cosmos CRJ 3201D dilengkapi oleh handle yang berguna untuk menenteng rice cooker.

Dengan adanya handle tersebut, Anda bukan hanya dipermudah ketika ingin memindahkannya, tetapi juga ideal untuk dibawa bepergian semisal di tempat Anda menginap hanya menyediakan sumber daya, tapi tidak terdapat fasilitas rice cooker.

Anda bisa memasak nasi hingga 1,8 liter beas pada rice cooker ini. Kapasitas tampung yang cukup besar memungkinkan Anda hanya sekali menanak nasi dalam sehari.

Dengan demikian, Anda juga bisa menghemat penggunaan listrik karena tidak lagi harus menanak nasi, tetapi hanya menghangatkannya saja.

==AFT : https://invol.co/cledb1g

==AFL : https://invol.co/cledblw

11. Sharp Apple Rice Cooker KSP8MY

Sharp Apple Rice Cooker
Rekomendasi Rice Cooker Dengan Desain Terbaik - Sharp AppleRice Cooker KSP8MY

Sharp Apple Rice Cooker KSP8MY memiliki desain yang unik dan stylish dimana rice cooker ini memiliki bentuk seperti buah apel. Jika diletakkan, produk salah satu pilihan rice cooker terbaik ini dapat memperindah dapur Anda menjadi lebih indah dan elegan.

Produk ini hadir dalam 3 warna yaitu merah, putih dan hijau jadi Anda bisa bebas memilih sesuai dengan nuansa dapur Anda. Selain memasak, Anda juga menggunakannya untuk mengkukus.

Selain itu, salah satu pilihan rice cooker terbaik ini memiliki kapasitas 0.8 liter saja. Sangat cocok bagi Anda tinggal sendiri atau mungkin bagi Anda yang tinggal di kos-kosan, produk merk sharp ini bisa Anda pertimbangkan.

Produk dari merk Sharp ini memiliki ketebalan 1.5 mm sehingga dapat menghantarkan panas secara merata ke permukaan panci. Mengonsumsi daya sebanyak 380 Watt saja, rice cooker ini dilengkapi dengan steamer dan juga sendok nasi sebagai aksesoris pelengkapnya.

==AFT : https://invol.co/cledazz

==AFL : https://invol.co/cledbnw

Fitur Umum pada Penanak Nasi Otomatis

Ada 3 fitur umum yang selalu ada pada rice cooker mulai dari yang paling sederhana sampai yang canggih sekalipun. Ini adalah informasi dasar yang perlu Anda ketahui.

1. Fitur On/Off

Pertama ada fitur rice cooker jenis on/off. Ini adalah rice cooker keluaran pertama kali. Fungsi yang dibekali pun hanya fungsi on dan off saja.

Artinya rice cooker ini tidak bisa digunakan untuk memanasakan nasi melainkan hanya memasak saja. Dengan fungsi yang sangat minim seperti itu, rice cooker ini kini sudah banyak ditinggalkan dan beralih ke rice cooker inovasi terbaru.

Namun tidak sepenuhnya ditinggalkan, rice cooker ini masih digunakan dalam beberapa kasus. Seperti pembelian budget yang terbatas dan juga kebutuhan untuk memasak saja.

Jadi, jika Anda memiliki kebutuhan hanya memasak nasi saja, Anda bisa memilih rice cooker yang satu ini.

2. Fitur Cook/Keep Warm

Setingkat lebih canggih dari rice cooker sebelumnya, rice cooker jenis yang ini sudah dibekali dengan fungsi keep warm yang digunakan untuk menjaga suhu nasi untuk selalu hangat sepanjang hari.

Dengan kata lain, Anda tak perlu repot untuk memanaskan nasi lagi secara manual. Penggunaan rice cooker ini sangat membantu dalam hal tersebut.

3. Fitur Smart Rice Cooker

Ketiga adalah inovasi fitur terbaru dan ini adalah jenis rice cooker yang paling canggih saat ini.

Rice cooker jenis yang satu ini tak hanya digunakan untuk menanak nasi dan menghangatkan nasi saja melainkan dilengkapi dengan beberapa elemen seperti:

  • Stream tray (nampan kukus)
  • Slow cook
  • Fast Cook
  • Preset (untuk mengatur dan menjadwalkan memasak)

Tips memasak nasi untuk hasil yang lebih enak

Selain soal rice cooker, cara memasak nasi pun sangat memengaruhi kualitas nasi yang dihasilkan. Agar nasi buatan Anda makin enak, ikuti tips memasaknya berikut dari kami.

a. Gunakan baskom saat mencuci beras

Mencuci beras pakai baskom

Tujuan mencuci beras yaitu untuk menghilangkan kotoran dan bekatul pada setiap butir beras. Jika Anda mencuci dengan panci rice cooker, kotoran tersebut akan tertinggal di panci. Jadi, sebaiknya gunakan baskom atau wadah lainnya untuk mencuci beras.

b. Gunakan kulkas sebagai tempat penyimpanan

Menyimpan beras di kulkas

Walaupun terdengar sedikit aneh, tempat terbaik untuk menyimpan beras adalah kulkas. Di dalam kulkas, beras dapat tersimpan dengan aman tanpa risiko rusak akibat suhu dan kelembapan. Sebagai informasi, Anda memerlukan kulkas ukuran 500 liter untuk memuat beras 10 kg.

c. Masak beras dalam waktu 2 bulan

Beras yang sudah tidak baik

Untuk menghasilkan nasi yang enak, beras sebaiknya dimasak dalam waktu sekitar 2 bulan. Jika lebih dari itu, beras akan mulai mengeluarkan aroma sehingga kualitas rasanya akan menurun.

Jadi, kami sarankan untuk mengonsumsinya sesegera mungkin.

Kesimpulan

Bicara soal rice cooker terbaik, maka ada kaitannya dengan hasil nasi yang diproses olahnya. Anda tentu ingin memakan nasi yang nikmat dan bertekstur pulen, bukan?

Oleh sebab itu, pilihlah produk yang memang terbukti unggul dari banyak sisi.

Apabila ingin menggunakan rice cooker terbaik untuk memasak selain nasi, Anda bisa memilih rice cooker yang multifungsi.

Dengan begitu, rice cooker bisa Anda manfaatkan juga untuk membuat bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan sebagainya.

Tapi kembali lagi pada kebutuhan dan sesuaikan dengan budget juga ya!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup