Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

11 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Sachet & Botol yang Enak (Terbaru 2022)

November 10, 2022
Cover Rekomendasi Sambal Terasi
Iklan Sponsor

Yang suka sambal terasi ayo acungkan tangan!

Wah, kalau udah makan pakai sambal terasi, mimin S-gala.com sih bisa sampai habisin nasi satu bakul!

Indonesia memiliki banyak sekali jenis sambal, salah satu yang populer adalah sambal terasi. Terasi yang ditambahkan bukan hanya membuat rasa sambal semakin nikmat, tetapi juga sangat menggugah selera.

Namun pembuatan sambal terasi masih dianggap merepotkan bagi sebagian orang, sehingga lebih memilih untuk membeli sambal terasi kemasan yang bisa langsung dikonsumsi.

Oleh karena itu, pada artikel ini S-gala.com akan memberikan tips & trik untuk memilih dan rekomendasi sambal terasi instan dan beberapa resep sambel terasi yang enak.

==AS1==

Tips & Trik untuk Memilih Sambal Terasi yang Enak

Sambal terasi dibuat menggunakan cabai rawit dan terasi sebagai bahan utama, kemudian ditambahkan dengan penguat rasa supaya semakin sedap.

Sambal terasi kemasan yang banyak Anda temui di pasaran biasanya ditambah dengan bahan lain supaya rasanya lebih pas dengan lidah banyak orang. Untuk memperoleh sambal terasi instan yang enak, coba terapkan beberapa tips di bawah ini.

1. Memastikan bagaimana kemasan sambal

Kemasan Sa
Macam-macam kemasan sambal instan

Biasanya sambal terasi instan dikemas dalam sachet, botol kaca, dan pouch. Sambal yang dikemas dalam sachet sangat praktis digunakan dan sudah ditakar untuk sekali makan.

Ukurannya yang kecil menjadikan sambal terasi sachet mudah dibawa-bawa dan cocok untuk orang-orang yang sering beradadi luar rumah.

Terlebih lagi kalau Anda sering bepergian ke luar negeri, sambal terasi sachet menjadi barang yang wajib dibawa, tinggal diselipkan saja ke dalam koper maupun tas Anda.

Selain kemasan sachet, banyak sambal terasi kemasan yang dikemas dalam kemasan botol kaca lengkap dengan penutup yang rapat, sehingga debu dan kotoran tidak masuk ke dalam sambal.

Meski demikian, sambal lemari kemasan botol kaca tetap harus segera dimasukkan ke lemari es setelah dibuka. Kalau disimpan di suhu ruang, sambal terasi dalam botol kaca hanya bisa dikonsumsi sekitar beberapa minggu, namun bisa bertahan hingga berbulan-bulan kalau disimpan dalam lemari es.

Untuk produk sambal terasi kemasan yang ukurannya besar, namun tetap murah maka bisa memilih kemasan pouch. Kapasitas sambal terasi kemasan pouch biasanya lebih besar dibangdingkan dengan sambal kemasan botol yang hanya 100 – 300 gram.

Penggunaan sambal teras kemasan pouch sangat direkomendasikan untuk Anda yang sangat gemar sambal terasi sehingga memerlukan stok dalam jumlah cukup banyak.

==AS2==

2. Mengecek komposisi bahan di dalamnya

Komposisi Sambal terasi
Jangan lupa untuk selalu cek komposisi sambal terasi sebelum membeli

Berikutnya, lakukan juga pengecekan pada sambal terasi yang akan dibeli. Bahan yang diperlukan dalam pembuatan sambal terasi sebenarnya tidak banyak; hanya rawit, tomat, garam, gula, bawang, rempah-rempah, dan terasi sehingga menghasilkan perpaduan rasa pedas, manis, gurih, dan asin.

Namun produsen sambal terasi kemasan, terutama yang pabrikan, bisa saja menambahkan bahan sintetis tertentu supaya tampilan dan rasa sambal terasi lebih lezat.

Bahan tambahan buatan yang dimaksud adalah penyedap rasa, penguat rasa, dan pengawet. MSG (monosodium glutamate) dan sodium benzoate menjadi contoh bahan pengawet untuk sambal terasi kemasan yang aman untuk kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Selain itu, adanya MSG juga membuat rasa sambal lebih sedap dibandingkan dengan penggunaan garam saja.

3. Memastikan produsen dan tanggal kadaluwarsa sambal

Tanggal kadaluarsa sambal
Best before sambal terasi

Sambal terasi sachet yang beredar dipasaran umumnya merupakan merk sambal terasi keluaran pabrik terkenal, seperti merk ABC, Sasa, dan MamaSuka.

Namun sekarang telah banyak dijual sambal terasi produksi homemade yang peminatnya tidak kalah banyak dengan sambal terasi buatan pabrik. Rasa sambal terasi homemade bisa dibilang mendekati sambal terasi buatan sendiri, karena dibuat tanpa campur tangan mesin.

Jika Anda ingin membeli produk sambal terasi kemasan homemade, pastikan bahwa produk yang dipilih sudah mengantongi sertifikasi penjamin mutu produk, seperti SPP-IRT (Sertifikat Produksi Pangan – Industri Rumah Tangga).

Sedangkan untuk sambal terasi keluaran pabrik, perlu dipastikan ada atau tidaknya label BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) atau Halal MUI, terutama untuk umat Muslim.

Terakhir, pastikan untuk selalu mengecek tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan sambal terasi kemasan.

Jangan lupa juga untuk membaca instruksi penyimpanan yang tertera, terutama pada produk yang diklaim tidak mengandung pengawet sintetis.

==AS3==

11 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Sachet & Botol yang Enak

1. ABC Sambal Terasi Sachet

Sambal terasi ABC
Rekomendasi Sambal Terasi - ABC

Heinz ABC dikenal sebagai salah satu produsen sambal yang enak, tidak terkecuali sambal terasinya. Sambal terasi kemasan ini diklaim mengandung terasi 50% lebih banyak dibandingkan dengan produk lain.

Dipadukan dengan bumbu-bumbu lain, seperti cabai, gula, minyak nabati, garam, penguat rasa (mononatrium glutamat dan dinatrium inosinat), dan bumbu kokumi, ABC Sambal Terasi menghadirkan rasa sambal ala rumahan yang manis, gurih, dan tentunya pedas.

Dalam sambal terasi kemasan ini terdapat kandungan pengawet kalium sorbat dan natrium metabisulfit, sehingga bisa bertahan hingga 18 bulan meski disimpan di suhu ruang. ABC Sambal Terasi Sachetbisa dibeli melalui berbagai toko maupun e-commerce dan harganya sekitar 12 ribuan rupiah per 10 sachet.

##BA##

LT = https://invol.co/cleawoh

LL = https://invol.co/cleawt1

##BA##

2. Dua Belibis Sambal Terasi

Sambal Terasi Dua Belibis
Rekomendasi sambal terasi - Dua Belibis

Dua Belibis merupakan salah satu brand sambal yang cukup besar dan terkenal di Indonesia. Berbagai produk dari Dua Belibis sudah dipasarkan secara luas di banyak pusat perbelanjaan, termasuk sambal terasi kemasan ini.

Dibuat dari bahan utama cabai asli dan terasi berkualitas terbaik, Dua Belibis Sambal Terasi menghadirkan cita rasa yang khas, gurih, dan sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat, ayam atau ikan goreng, serta lalapan.

Kalau di pasar atau warung, harga Dua Belibis Sambal Terasi sekitar 1000-an rupiah per sachet. Untuk memperoleh harga yang lebih terjangkau, Anda bisa membeli sambal terasi sachet ini di official store-nya, karena tengah ada promo beli 2 renceng gratis 1 renceng.

Setiap 1 sachet Dua Belibis Sambal Terasi memiliki berat bersih 15 gram yang sudah cukup untuk 1 porsi makan.

==AFT : https://invol.co/cleawp6

==AFL : https://invol.co/cleawtn

3. Finna Sambal Uleg Terasi

Finna Sambal Terasi
Rekomendasi Sambal Terasi - Finna

Jika Anda mencari produk sambal terasi sachet yang murah dan isinya cukup banyak, Finna Sambal Uleg Terasi bisa jadi pilihan tepat. Sambal ini terbuat dari beberapa komposisi, antara lain cabai, gula, minyak nabati, terasi, air, garam, penguat rasa mononatrium glutamat, pati termodifikasi, dan pengawet kalium sorbat.

Finna Sambal Uleg sangat cocok dijadikan sebagai pendamping beragam masakan, misalnya sambal untuk ayam goreng, bahan dasar balado, penyetan, cah kangkung, atau bumbu nasi goreng.

Dikemas dalam kemasan sachet dengan berat bersih 20 gram, sambal ini dijual dengan harga 13 ribuan rupiah per 10 sachet.

==AFT : https://invol.co/cleawpf

==AFL : https://invol.co/cleawu7

==AS4==

4. MamaSuka Sambal Terasi Sachet

Mamasuka Sambal Terasi
Rekomendasi Sambal Terasi - MamaSuka

Selain tepung bumbu dan aneka bumbu dapur, MamaSuka juga mengeluarkan produk sambal terasi kemasan yang dikemas dalam sachet.

Sambal ini terbuat dari cabai segar pilihan, terasi udang asli, lengkap dengan bumbu tambahan lain yang membuatnya terasa seperti sambal terasi ala rumahan.

Dengan harga hanya 1000-an rupiah per kemasan, MamaSuka Sambal Terasi sudah cukup untuk melengkapi hidangan yang Anda masak.

==AFT : https://invol.co/cleawpp

==AFL : https://invol.co/cleawug

5. Kokita Sambal Terasi

Kokita Sambal Terasi
Rekomendasi Sambal Terasi - Kokita

Sebagai produsen bumbu besar di Indonesia, Kokita juga turut meramaikan pasar sambal terasi kemasan di Indonesia. Produk ini terbuat dari perpaduan cukup banyak bahan, ada bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, terasi, dan lainnya yang menghasilkan perpaduan rasa manis, gurih, dan pedas.

Kokita Sambal Terasi bukan hanya enak dimakan secara langsung, tetapi juga bisa diolah sebagai bumbu dasar merah untuk nasi goreng, sayur lodeh, atau sambal goreng tempe. Dikemas dengan berat bersih 15 gram per sachet, sambal ini dijual dengan harga 19 ribuan rupiah per 10 sachet.

==AFT : https://invol.co/cleawq0

==AFL : https://invol.co/cleawv1

6. BAMBOE Sambal Terasi ala Medan

Bamboe Sambal Terasi
Rekomendasi Sambal Terasi - Bamboe

Selain memproduksi bumbu rumahan yang lezat, BAMBOE juga turut menghadirkan sambal terasi kemasan ala Medan yang tidak kalah enak dibandingkan dengan merk sambal terasi kemasan lainnya.

Mengandung terasi yang jumlahnya cukup banyak, sambal ini paling enak dikonsumsi bersama lalapan yang masih segar.

Di berbagai e-commerce BAMBOE Sambal Terasiala Medan dijual dalam paket 10 sachet dengan berat masing-masing 15 gram, jadi akan lebih hemat untuk berkali-kali makan. Untuk harganya juga sangat terjangkau, hanya 11 ribuan rupiah per 10 sachet.

==AFT : https://invol.co/cleawqg

==AFL : https://invol.co/cleawvd

7. Sasa Sambal Terasi

Sasa Sambal Terasi
Rekomendasi Sambal Terasi - Sasa

Untuk Anda penggemar sambal Sasa, maka jangan lewatkan varian sambal terasinya juga. Terbuat dari perpaduan berbagai bahan alami, antara lain cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi, sambal terasi kemasan ini sangat cocok untuk menikmati ikan maupun ayam goreng yang Anda buat.

Seperti produk sambal Sasa lain, Sasa Sambal Terasi juga diproses menggunakan dua kali tahap pemasakan untuk memastikan higienitas sekaligus kelezatannya. Sambal terasi kemasan dari Sasa ini dikemas dalam sachet dengan berat 21 gram dan harganya hanya 14 ribuan rupiah per 10 sachet.

==AFT : https://invol.co/cleawqw

==AFL : https://invol.co/cleawwc

8. Hejo Sambal Terasi Plant Based

Hejo Sambal Terasi
Rekomendasi Sambal Tearsi - Hejo

Ditujukan untuk para vegetarian, Hejo Sambal Terasi menggunakan terasi vegan dan minyak kelapa dalam komposisinya.

Sambal terasi kemasan ini diklaim tanpa pengawet, sehingga perlu disimpan dalam chiller atau freezer supaya bisa tahan selama 3 – 6 bulan lamanya.

Namun sayangnya Hejo Sambal Terasi baru tersedia dalam kemasan botol kaca dengan berat bersih 150 gram dan dijual sekitar 29 ribuan rupiah.

==AFT : https://invol.co/cleawr3

==AFL : https://invol.co/cleawx9

==AS5==

9. Hellyeah Sambal Terasi Udang

Hellyeah Sambal Terasi Udang
Rekomendasi Sambal Terasi - Hellyeah

Sambal Terasi Udang Hellyeah terbuat dari komposisi cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi udang, gula aren, garam, kaldu, dan minyak nabati.

Proporsi cabai rawit yang cukup banyak membuat sambal terasi kemasan ini terasa sangat pedas, gurih, dan hanya sedikit manis.

Rasa pedas yang dominan tersebut membuat Hellyeah Sambal Terasi Udang terasa sangat menggigit dan cocok untuk melengkapi berbagai jenis masakan buatan Anda, terutama ikan asin goreng, ayam goreng, ikan goreng, plus lalapan.

Sambal terasi kemasan Hellyeah mengandung pengawet natrium benzoat, sehingga bisa bertahan dalam waktu cukup lama, sekitar 6-8 bulan di suhu ruang. Namun produk ini baru hadir dalam kemasan pouch dan belum ada kemasan sachet, yang dijual sekitar 30 ribuan rupiah per 17 gram.

==AFT : https://invol.co/cleawrg

==AFL : https://invol.co/cleawxz

10. Sambal Bajak Bu Rudy

Sambal Bajak Bu Rudy
Rekomendasi Sambal Terasi - Sambal Bajak Bu Rudy

Di Surabaya, Depot Bu Rudy sangat terkenaldan sudah memiliki banyak pelanggan karena berbagai sambal yang dihasilkan terasa sangat enak.

Sambal bajak Bu Rudy ini, misalnya, terbuat dari campuran bumbu terasi, cabai, bawang merah dan putih, gula, garam, dan minyak sayur yang menghasilkan perpaduan rasa pedas, gurih, dan manis.

Meski merupakan sambal terasi kemasan homemade, namun Sambal Bajak Bu Rudy sudah memperoleh sertifikasi halal dari MUI. Sampai sekarang sambal ini baru tersedia dalam kemasan botol kaca dengan berat bersih 130 gram dan dibandrol 39 ribuan rupiah.

==AFT : https://invol.co/cleawrs

==AFL : https://invol.co/cleawyv

11. Chili Chila Sambal Terasi

Sambal Terasi Chilli Chila
Rekomendasi sambal terasi - Chilli Chila

Apakah Anda mencari sambal terasi yang mirip dengan sambal ulek buatan sendiri? Produk ini mungkin bisa dipilih.

Sambal terasi rumahan ini memiliki tekstur yang tidak halus, tetapi juga tidak terlalu kasar. Pas seperti sambal hasil ulek tangan! Selain itu, produk ini tidak menggunakan bahan pengawet, pewarna, dan MSG. Meskipun dikemas dalam botol plastik, tutupnya dilengkapi segel aluminium foil.

==AFT : https://invol.co/cleawsc

==AFL : https://invol.co/cleawzr

Kesimpulan

Dari sekian banyak jenis sambal yang ada di Indonesia, sambal terasi menjadi salah satu yang digemari oleh masyarakat. Menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai, dan tentunya terasi sebagai komposisi utama, rasa dan aroma dari sambal terasi memang menggugah selera.

Untuk menyajikan sambel terasi dengan lebih cepat, Anda bisa memanfaatkan berbagai produk sambal terasi kemasan yang sudah dibahas secara lengkap pada artikel ini.

Link pembelian bisa langsung kalian klik dibawah setiap rekomendasi produknya ya!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup