Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

11 Rekomendasi Tepung Terigu Serbaguna Terbaik (Terbaru 2022)

November 10, 2022
Rekomendasi Tepung Terigu
Iklan Sponsor

Siapa yang tahu tepung terigu itu terbuat dari apa? Ya, benar! Terbuat dari gandum.

Tepung terigu merupakan salah satu bahan makanan pokok beberapa negara di dunia. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, tepung terigu juga memiliki harga yang relatif terjangkau, sedangkan untuk proses pengolahannya sendiri cukup praktis.

Karena itulah tepung terigu banyak dijadikan sebagai bahan makanan pokok di berbagai penjuru dunia.

Tepung terigu mengandung banyak zat pati, yaitu karbohidrat kompleks yang tidak larut dengan air. Tepung terigu juga mengandung protein dalam bentuk gluten.

Gluten adalah senyawa pada tepung terigu yang berperan kualitas makanan karena sifatnya yang kenyal dan elastis.

Makanan dengan bahan tepung terigu kini banyak dijumpai di berbagai negara termasuk Indonesia. Hal ini karena kandungan gizi yang tinggi, pengolahannya yang mudah dan banyak ditemukan dengan harga yang terjangkau.

Semakin tinggi kadar gluten maka semakin tinggi protein yang ada didalamnya. Masih banyak hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membuat olahan makanan berbahan dasar tepung terigu.

Simak informasi S-gala.com kali ini sampai selesai ya!

==AS1==

Tips Memilih Tepung Terigu yang Bagus dan Baik

Agar kualitas makanan yang akan Anda olah dengan menggunakan tepung terigu maksimal maka perlu diperhatikan ketepatan dalam memilih jenis terigunya.

Berikut ini tips memilih tepung terigu yang bagus dan baik.

1. Pilih Kadar Proteinnya

Tepung terigu berprotein
Kadar protein pada tepung

Ternyata ada 3 jenis tepung terigu yang dijual di pasaran berdasarkan kadar proteinnya. Ketiga jenis tepung terigu itu adalah:

  1. Tepung terigu protein tinggi dengan kadar 12% –14%, cocok untuk pembuatan roti dan mie
  2. Tepung terigu protein sedang 10.5% – 11.5%, cocok untuk pembuatan bolu, donat, dan pastry / pie
  3. Tepung terigu protein rendah di bawah 10.5%, cocok untuk pembuatan aneka gorengan, biskuit, dan wafer

Ketiga jenis tepung terigu tersebut memiliki fungsinya masing-masing dan cocok untuk penggunaan yang berbeda.

2. Perhatikan Warna Tepungnya

Warna tepung terigu
Tiap tepung punya warna yang berbeda

Selanjutnya Anda perlu memperhatikan warnanya ketika memilih tepung terigu.

Setiap tepung memiliki warnanya masing-masing; ada yang berwarna kuning, merah, sedangkan tepung terigu sendiri berwarna putih.

Jangan sampai salah mengambil tepung karena banyak juga tepung dengan warna yang hampir sama misalnya saja tepung beras ketan dan juga tepung tapioka.

==AS2==

3. Pastikan Warnanya Putih dan Tidak Bau

tepung terigu basi
Contoh tepung terigu yang sudah tidak bagus kualitasnya

Kadang ada tepung terigu yang warnanya putih, putih kekuningan, bahkan kusam.

Lalu mana yang harus dipilih?

Usahakan memilih tepung terigu warnanya benar-benar putih dan tidak kusam. Hal ini karena kualitas terigu dipengaruhi oleh kadar air atau kelembaban sehingga jika warna yang kusam menunjukkan kualitas yang tidak baik.

Biasanya yang warnanya kusam (agak abu-abu) juga akan memiliki aroma yang kurang sedap.

Jumlah kadar air harus lah pas dan tidak boleh berlebih karena mempengaruhi daya penyimpanannya. Jika terlalu berlebihan pun tepung terigu cepat rusak, berjamur dan bau apek.

4. Teksturnya Halus

tekstur tepung terigu
Rekomendasi tepung terigu yang bagus adalah yang bertekstur halus

Tepung terigu yang berkualitas baik akan halus ketika disentuh dengan tangan, sedangkan tepung yang kasar mungkin karena memiliki benda asing seperti kotoran maupun kerikil.

Tekstur yang menggumpal menunjukkan bahwa tepung tersebut sudah terlalu lama disimpan dan tidak fresh.

Jadi pastikan untuk memilih tepung terigu yang halus dan tidak menggumpal.

5. Cek Sertifikasi Produknya

standar tepung terigu
Daftar sertifikasi untuk tepung terigu

Produk yang telah melalui uji kontrol kualitas makanan akan memiliki sertifikat.

Hal ini perlu Anda perhatikan dengan tanda GMP (good manufacturing practice) dan HAACCP (Hazard Analysis and CriticalControl Point) pada kemasannya. Sementara untuk negara kita kita haruslah memiliki sertifikat BPOM.

Nah setelah tahu tips cara memilih tepung terigu yang bagus, berikutnya Anda akan diberikan daftar rekomendasi tepung terigu serbaguna terbaik versi S-gala.com.

==AS3==

Rekomendasi Tepung Terigu Serbaguna Terbaik 2022

1. Sania Tepung Terigu

Sania tepung terigu
Rekomendasi tepung terigu serbaguna - Sania

Sania adalah merk berbagai sembako yang cukup terkenal dan terpercaya di Indonesia. Mulai dari minyak goreng, beras, dan berbagai tepung diproduksi oleh merk yang satu ini.

Tepung terigu serbaguna Sania adalah termasuk yang terbaik dan bautan lokal asli Indonesia. Tepung dengan protein sedang ini sangat cocok untuk membuat kue, hasil adonan kue yang dibuat akan memiliki tekstur yang lembut.

Kelebihan lainnya adalah harganya yang terjangkau dengan warna yang benar-benar putih bersih, halus, serta tidak menggumpal.

Kualitasnya yang bagus membuatnya tidak mudah berjamur ketika disimpan dan ketika dipegang tepung terigu ini memiliki tekstur yang halus.

Tepung ini sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan. Merk tepung ini tersedia ditoko-toko online dengan kemasan berukuran 1 kg.

==AFT : https://invol.co/clebo1i

==AFL : https://invol.co/cleboc6

2. Bungasari Hana Emas

tepung terigu hana emas
Rekomendasi tepung terigu protein rendah - Hana Emas

Siapa yang sudah pernah mendengar brand yang satu ini?

Bungasari Flour Mills adalah salah satu produsen tepung terigu yang terperacaya di Indonesia. Bungasari Hana Emas adalah salah satu produk unggulannya.

Tepung terigu yang satu ini adalah jenis terigu dengan kandungan protein rendah 0-8% sehingga cocok untuk olahan kue kering.

Produk ini tersedia dalam ukuran 1 kg jadi sangat cocok untuk pembuat kue kering rumahan. Untuk mendapatkan produk ini Anda masih harus membelinya secara online.

Kelebihan lain tepung terigu hana emas adalah kualitasnya sudah premium dan menyerap air dengan maksimal sehingga kue atau olahan gorengan yang dibuat menjadi renyah dan krispi.

Ketika disimpan tepung ini tidak mudah berubah warna dan menimbulkan bau tengik. Jadi tunggu apalagi, dengan satu jenis tepung ini, Anda bisa membuat berbagai macam cemilan renyah dan juga lezat.

==AFT : https://invol.co/clebo1s

==AFL : https://invol.co/cleboci

3. Bungasari Golden Eagle

Bungasari Golden Eagle
Rekomendasi tepung terigu protein tinggi - Golden Eagle

Yang satu ini masih produk keluaran dari Bungasari Flour Mills. Produk tepung terigu ini diakui aman dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Tak hanya itu, tepung terigu ini juga mengandung protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk ukurannya, tepung ini tersedia dalam ukuran 1 kg hingga 25 kg dantersedia dalam toko-toko offline maupun online.

Untuk pembuatan roti yang berkualitas maka Anda memerlukan jenis terigu dengan kadar protein tinggi. Hal ini agar roti yang dibuat lembut dan mengembang dengan sempurna.

Anda bisa memilih Merk Bungasari Golden Eagle karena selain memiliki protein yang tinggi, teksturnya juga sangat pas.

Selain itu, untuk pembuatan adonan mie, merk tepung ini sangat bisa diandalkan agar mie yang dibuat kenyal dan tidak mudah terputus ketika dibentuk.

==AFT : https://invol.co/clebo2m

==AFL : https://invol.co/clebocx

==AS4==

4. Tepung Terigu Kompas

Kompas tepung terigu
Rekomendasi tepung terigu protein sedang - Kompas Tepung Serbaguna

Untuk Anda yang hobi memasak, pasti membutuhkan tepung serbaguna yang bisa membuat segala jenis masakan. Anda mungkin ingin membuat roti, kue brownies, donat, ataupun gorengan.

Ya, Anda tidak salah baca, tepung protein sedang ini juga bisa membuat roti yang enak.

Meski tidak selembut roti dengan tepung protein tinggi, roti yang Anda buat tetap dapat mengembang dan hasilnya pun cantik. Yang lebih penting rasanya dijamin enak.

==AFT : https://invol.co/clebo2z

==AFL : https://invol.co/cleboda

5. Sriboga Tepung Terigu Hime

Tepung sriboga hime
Rekomendasi tepung terigu untuk pizza - Sriboga Hime

Daftar merk berikutnya datang dari Indonesia yakni Sriboga Tepung Terigu Hime. Tepung gandum yang satu ini memiliki kualitas yang sangat bagus dengan kandungan protein yang tinggi 12%-13,5%.

Terigu ini dirancang khusus untuk roti khas seropa seperti pastry dan bakery. Sangat cocok untuk membuat adonan yang dipanggang diperapian seperti pizza dan roti tungku khas croissant atau baguette.

Memiliki cita rasa yang enak dan aroma yang kuat sehingga cocok juga untuk membuat roti biasa dan kue basah khas Indonesia.

Salah satu tepung terigu serbaguna terbaik ini terbuat dari gandum utuh pilihan untuk memastikan kualitasnya selalu terjaga tetapi harganya yang tidak terlalu mahal.

Untuk ukurannya, produk ini tersedia dalam kemasan 1 kg hingga 25 kg. Jadi bagi Anda yang ingin mencari rekomendasi tepung terigu yang satu ini, Anda juga masih harus membelinya di toko-toko online.

==AFT : https://invol.co/clebo3r

==AFL : https://invol.co/cleboe3

6. Bob’s Red Mill Natural Foods Organic Whole Wheat Flour

Bobs Red Mill Tepung Terigu
Rekomendasi tepung terigu impor - Bob's RedMill Natural Organic Whole Wheat Flour

Selanjutnya ada rekomendasi tepung terigu serbaguna terbaik dari Bob’s Red Mill Natural Foods Organic Whole Wheat Flour.

Tepung terigu yang satu ini diimpor dari Amerika Serikat oleh PT Indospirit Natura yang berlokasi di DKI Jakarta. Kualitasnya tentu saja terbaik dan juga berbahan organik dengan gandum utuh.

Berbahan organik yang sehat tanpa pengawet sehingga aman dikonsumsi oleh anggota keluarga. Memiliki nutrisi yang cukup tinggi dan aman untuk semua usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Sangat cocok digunakan untuk membuat olahan makanan yang memiliki tekstur kuat. Untuk mendapatkan produk ini, Anda bisa membelinya secara online.

Memiliki ukuran 2.27 kg dengan serat yang tinggi sehingga Anda tak perlu meragukan lagi kualitas dari tepung yang satu ini.

==AFT : https://invol.co/clebo56

==AFL : https://invol.co/clebofn

7. Bogasari Taj Mahal

Bogasari Taj Mahal
Rekomendasi tepung terigu untuk makanan timur tengah - Bogasari Taj Mahal

Rekomendasi tepung terigu serbaguna terbaik lainnya adalah Bogasari Taj Mahal. Ya, bogasari memang sudah jadi juaranya produsen tepung terigu di Indonesia.

Tepung terigu ini memiliki kualitas terbaik karena dibuat dari biji gandum utuh berkualitas tinggi. Selain itu tepung ini juga mengandung serat yang tinggi sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi.

Diproduksi dengan teknologi canggih dengan tahapan cermat agar tidak merusak aroma dan cita rasanya.

Jika Anda suka dengan kue-kue khas timur tengah dan juga india maka merk tepung terigu ini sangat cocok untuk Anda.

==AFT : https://invol.co/clebo5s

==AFL : https://invol.co/clebogu

8. Indofood Bogasari Cakra Kembar

Bogasari Cakra Kembar
Rekomendasi tepung terigu untuk roti dan mie - Cakra Kembar

Rekomendasi merk tepung terigu serbaguna terbaik selanjutnya adalah Indofood Bogasari Cakra Kembar.

Tepung terigu yang satu ini diproduksi oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Kemasan nya berwarna hijau terang sangat khas dan mudah dikenali oleh pembeli.

Memiliki ukuran kemasan 1 kg hingga 25 kg dan mengandung kadar protein yang tinggi hingga 13%.

Tepung terigu serbaguna ini sangat cocok untuk semua jenis roti, mie, burger, dan juga martabak.

Merk tepung ini tergolong salah satu yang paling mudah ditemukan di pasar, swalayan, ataupun warung-warung kecil lainnya. Anda juga bisa membelinya secara online.

==AFT : https://invol.co/clebo7b

==AFL : https://invol.co/clebohd

==AS5==

9. Tepung Terigu Tali Emas

Tepung Tali emas
Rekomendasi tepung terigu untuk roti protein tinggi - Tali Emas

Daftar merk tepung terigu berikutnya datang dari dalam negeri yakni Tepung Terigu Tali Emas. Tepung gandum yang satu ini memiliki kualitas yang sangat bagus dengan kandungan protein yang tinggi 11.4%.

Salah satu tepung terigu serbaguna terbaik ini sangat cocok untuk membuat roti manis dan roti tawar.

Memiliki tekstur yang halus, bersih seputih susu dan juga tidak kotor. Merk tepung ini bisa digunakan untuk menghasilkan roti yang empuk dengan tekstur yang lembut dan mengembang dengan sempurna.

Untuk ukurannya, produk ini tersedia dalam kemasan 1 kg hingga 25 kg. Kemasan dari tepung terigu tali emas ini memiliki warna yang cerah layaknya emas. Memiliki kemasan yang cukup tebal sehingga tidak mudah rusak meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Jadi bagi Anda yang ingin mencari rekomendasi tepung terigu yang satu ini, Anda bisa membelinya di toko-toko online.

==AFT : https://invol.co/clebo7r

==AFL : https://invol.co/cleboi3

10. Tepung Terigu Lencana Merah

Tepung Lencana Merah

Selanjutnya ada merk tepung terigu serbaguna produksi dari Bogasari juga, yaitu Tepung Terigu Lencana Merah. Tepung ini sangat cocok digunakan untuk membuat aneka gorengan dan jajanan pasar.

Selain harganya yang murah dan ramah di kantong, tepung ini juga berkualitas tinggi lho!

Jadi cocok sekali dan menjadi rekomendasi tepung terigu untuk Anda yang berbisnis di bidang kuliner. Merk tepung terigu terbaik yang satu ini juga cukup tahan lama dan tidak mudah rusak ketika disimpan.

==AFT : https://invol.co/clebo8a

==AFL : https://invol.co/cleboix

11. Tepung Terigu Nippon Komachi

Tepung nippon komachi
Rekomendasi tepung terigu dari Jepang - Nippon Komachi

Terakhir di list rekomendasi tepung terigu serbaguna berikutnya datang dari Negeri sakura jepang yakni Tepung Terigu Nippon Komachi.

Diproduksi oleh Nippon Flour Mills Co.,Ltd. – Jepang, tepung terigu yang satu ini memiliki kualitas yang sangat bagus dengan kandungan protein yang tinggi 13%- 14%.

Sangat cocok untuk membuat adonan seperti roti, donat, dan makanan lainnya yang melibatkan ragi. Selain itu, cocok juga digunakan untuk membuat kue basah tradisional Indonesia.

Teksturnya sangat lembut dan diimpor langsung dari jepang sehingga roti yang dibuat menjadi halus, empuk dan tahan lama. Salah satu merk tepung terigu serbaguna terbaik ini banyak digunakan oleh para pengusaha makanan karena terkenal dengan rasanya yang enak.

Ciri khasnya adalah ketika adonan dimasak maka aroma gandum akan lebih menonjol dibandingkan aroma rotinya. Untuk ukurannya, produk ini tersedia dalam kemasan 1 kg hingga 25 kg. Saking terkenal akan kelezatanya, bisa dijamin roti yang Anda buat dirumah akan seenak roti-roti yang dijual di toko

==AFT : https://invol.co/clebob0

==AFL : https://invol.co/clebojn

Kesimpulan

Itulah 11 Produk Rekomendasi Tepung Terigu Serbaguna beserta dengan reviewnya.

Bagaimana? Apakah Anda sudah pernah menggunakan salah satu tepung terigu diatas untuk membuat olahan makanan? Bagaimana dengan hasilnya? Tentu sangat nikmat, bukan?

Nah, bagi Anda yang masih belum pernah menggunakannya, sekarang saatnya Anda harus mencobanya.

Tunggu apalagi, dapatkan sekarang di toko favorit Anda. Tidak ketinggalan, Anda perlu tahu bahwa 11 rekomendasi tepung terigu serbaguna terbaik yang telah dibahas sudah memiliki sertifikat BPOM ya, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup