Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

DIY Senter dengan Energi Alternatif – Aki, Solar Cell, & Engkol

July 6, 2022
Senter dengan energi alternatif
Iklan Sponsor

Hampir semua senter menggunakan baterai sebagai sumber listriknya. Baterai digunakan karena kepraktisan dan bentuknya yang relatif kecil serta memiliki daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan senter sampai beberapa jam.

Dengan baterai juga membuat senter menjadi portable sehingga dapat dibawa kemana-mana dan digunakan kapanpun. Baterai yang digunakan biasanya terbagi menjadi 2 yaitu baterai sekali pakai dan baterai yang dapat diisi ulang.

Baterai sekali pakai tentunya sesuai dengan namanya, jika baterai sudah habis dipakai maka tinggal mengganti baterainya sesuai dengan bawaan senternya. Sedangkan baterai yang dapat diisi ulang, jika baterai sudah habis, maka tinggal melakukan pengisian kembali.

Senter dengan Sumber Energi Aki

Baterai yang dapat diisi ulang ini cukup banyak tipenya, mulai dari jenis lead acid sampai dengan lithium ion yang masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya.

Sebagai informasi tambahan, jenis baterai lead acid atau biasa kita sebut dengan aki dan baterai NiCd memiliki sistem pengisian yang sederhana dan lebih mudah dibuat secara DIY daripada baterai NimH dan Lithium Ion.

Namun alternatifnya kalian dapat membeli alat atau modul untuk mengisi kembali baterai-baterai tersebut. Berbicara mengenai aki, kalian dapat membuat senter sendiri dengan menggunakan sumber baterai aki dengan mudah.

Senter ini dapat berguna pada saat kalian memperbaiki mobil atau motor dengan sumber listrik aki pada mobil atau motor tersebut.

Bahan Membuat Senter Aki

Bahan-bahannya cukup sederhana yaitu bohlam biasa atau LED untuk mobil atau motor, reflektor (bisa menggunakan box lampu motor atau mobil bekas), kabel dan capit buaya.

lampu kendaraan
Bohlam biasa dan LED untuk mobil dan motor
reflektor untuk lampu kendaraan
Reflektor lampu

Untuk tipe lampu yang digunakan dapat disesuaikan dengan reflektor yang digunakan sehingga dudukan lampu tidak perlu diubah atau dimodifikasi.

Kabel gunakan yang serabut dan berkualitas bagus (yang perlu diperhatikan adalah gunakan kabel dengan awg yang tepat yang disesuaikan dengan daya lampu yang digunakan untuk mencegah kabel terbakar atau panas saat digunakan).

Standar AWG Kabel
Standard nilai AWG kabel
Kabel serabut positif negatif
Gunakan kabel yang berbeda warna untuk kutub positif dan negatif
Capit buaya untuk kabel
Capit buaya ukuran besar

Cara Membuat Senter dengan Energi Aki

Setelah semua bahan tersedia, maka yang dilakukan selanjutnya adalah merangkainya. Pasang lampu kedalam box lampu beserta dengan soket lampunya kemudian sambungkan kabel dari kutub positif lampu ke capit buaya berwarna merah dan kutub negatif lampu ke capit buaya berwarna hitam.

Untuk menyalakan lampu tinggal mencapit kutub positif dan negatif aki dengan capit buaya (jika menggunakan lampu LED, pemasangan jangan sampai terbalik karena akan membuat lampu LED tidak dapat menyala bahkan rusak).

Rangkaian lampu senter dengan aki
Skema pemasangan lampu ke aki

Untuk memudahkan dalam bekerja, kalian dapat melengkapi senter dengan pengait sehingga dapat digantung di kap mobil atau bagian bodi motor.

DIY Senter dengan Energi Alternatif Solar Cell

Satu hal yang menjadi masalah jika senter kalian menggunakan baterai yang dapat diisi ulang adalah pada saat kalian pergi ke tempat yang tidak terdapat jalur sumber listrik utama seperti di hutan atau pedalaman.

Bagaimana caranya mengisi kembali daya baterainya?

Tentunya ada beberapa cara untuk mengisi daya baterai dengan sumber energi alternatif. Power bank dapat digunakan, namun tetap terbatas. Salah satu energi yang berlimpah dan ada di kehidupan sehari-hari adalah energi dari cahaya matahari.

Kita bisa memanfaatkan perubahan energi dari panas cahaya matahari menjadi energi listrik.

Bahan untuk DIY Senter Solar Cell

Jika senter kalian hanya menggunakan 5VDC (charger handphone kebanyakan) untuk mengisi kembali daya baterai, kalian dapat membuatnya dengan beberapa komponen sederhana. Diantaranya adalah:

  1. Solarcell
  2. IC78L05 (jika solar cell kalian berukuran besar dapat menggunakan IC LM7805)
  3. Soket micro USB tipe A atau female USB tipe A
  4. Kabel kecil
  5. 2 buah kapasitor keramik 100nF

Cara Membuat Senter dengan Energi Alternatif Solar Cell

Komponen-komponen di atas dirangkaikan sbb:

Merangkai solar cell dengan USB
Rangkaian 7805 dengan solar cell

Dengan rangkaian diatas kalian dapat mengisi kembali senter kalian selama terdapat cahaya matahari. Output arus listrik dari rangkaian ini adalah sebesar 5VDC (diregulasi oleh IC 7805) pada saat solar cell terpapar sinar matahari secara penuh.

Semakin banyak solar cell (dirangkaikan secara paralel) yang kalian gunakan maka kuat arus yang dihasilkan dapat semakin besar dan proses pengisian baterai dapat berlangsung cepat.

Output voltase solar cell
Rangkaian solar cell dengan 1 cell dapat menghasilkan output voltase +- 5VDC  
Ngecas senter dengan tenaga matahari
Dengan 1 solar cell cukup untuk dapat mengisi kembali baterai senter (terlihat indikator pengisian menyala – gambar bawah) walaupun mungkin memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai fully charge.

Senter Engkol

Selain solar cell ada beberapa lampu senter juga yang dilengkapi dengan engkol yang dapat diputar menggunakan bagian tubuh manusia (tangan). Engkol ini terhubung secara mekanik ke motor listrik yang pada saat diputar akan menjadi energi listrik untuk dapat menyalakan atau mengisi kembali baterai pada senter.

Tentunya akan sangat berguna pada saat tidak ada energi alternatif lainnya (pada malam hari atau di tempat yang gelap).

Senter dengan energi engkol
Senter yang dilengkapi engkol

Kini semakin banyak tahu mengenai senter bukan? Yuk jangan lewatkan artikel menarik lainnya seperti DIY Membuat Senter Sederhana hanya di blogpost www.s-gala.com!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup