Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Senter Police / Senter Army / Senter SWAT

July 6, 2022
Senter Police
Iklan Sponsor

Pada saat kalian mencari senter di marketplace tentunya sangat banyak pilihannya. Mulai dari senter biasa sampai senter keperluan untuk camping.

Namun diantara senter-senter tersebut, ada salah satu senter yang disebut dengan senter police/SWAT/Army.

Apa sih maksudnya senter police dan apa bedanya dengan senter biasa? Mari kita bahas pada artikel kali ini.

Senter Army
Senter Taktis

Senter Police/SWAT/ARMY

Senter police/SWAT/ARMY termasuk ke kategori senter taktis (tactical flashlight).

Awal munculnya senter jenis ini adalah hasil pertemuan dari seorang yang bernama Ken Good (mantan anggota NAVY SEAL dan pendiri dari Sure Fire Institute) dan Dr. John Matthews (pendiri dan pemilik dari Sure Fire LLC).

Hasil pertemuan kedua orang ini menghasilkan sebuah senter prototipe yang menjadi cikal bakal senter Sure Fire 6P yang merupakan senter pertama yang memiliki desain yang kompak dan memiliki output cahaya yang tinggi pada jamannya.

Namun Good masih kurang puas dengan cahaya yang dihasilkan dan ketika Dr. Matthew menanyakan kepada Good harus seberapa terang cahayanya?

Good menjawab, “Ketika saya menyorotkan senter ke mata seseorang, saya ingin melihat cahayanya keluar dari kupingnya.”

Pada awalnya senter Sure Fire 6P menggunakan lampu xenon yang mengeluarkan 110 lumen dan menggunakan baterai lithium CR123 non-rechargeable. Baterai ini tergolong sangat mahal dan hanya dapat menyalakan senter tersebut hanya dalam hitungan menit saja.

Panas yang dihasilkan juga menjadi masalah utama karena lampu xenon ini menghasilkan cahaya hanya 10% dari energi yang dikonsumnya sedangkan sisanya yang 90% diubah menjadi panas.

Artinya, senter ini hanya membuat tangan menjadi panas. Walaupun demikian, kemunculan perdana dari Sure Fire 6P ini menjadi cikal bakal dari senter police.

Senter Taktis Mounted pada senjata
Senter Police yang tertanam (mounted) pada senjata api
Non-mounted police light
Senter Police non-mounted

Seiring perkembangannya, senter police ini semakin hemat daya dan cahaya yang dihasilkan semakin terang berkat penggunakan teknologi LED.

Pada awalnya penggunaan LED hanya menghasilkan warna putih kebiruan dan sangat tidak fokus sehingga hanya cocok digunakan untuk penggunaan jarak dekat.

Namun lama kelamaan senter police ini semakin berkembang yang mana sekarang terdapat 1 sampai 3 sel baterai yang digunakan dan dapat menghasilkan 200 – 800 lumen.

Dan yang terpenting sorot cahaya yang dihasilkan semakin fokus dan kompak. Cahaya yang dihasilkan dapat mencapai 180 – 270 meter tergantung kualitas udaranya.

Sorot cahaya senter police
Sorot cahaya yang dihasilkan oleh senter taktis

Fungsi

Selain digunakan untuk menerangi objek di kegelapan, senter police digunakan juga sebagai pelengkap senjata yang digunakan oleh petugas keamanan seperti polisi, tentara, dll.

Pada penggunaan senjata, senter ini berguna untuk mengidentifikasi target yang secara bersamaan juga menerangi objek yang dijadikan target pada saat keadaan gelap.

Senter police ini dapat digunakan secara terpisah atau disatukan dengan senjata yang digunakan.

Selain itu, senter ini juga dapat digunakan sebagai pertahanan diri karena cahayanya yang terang dapat membuat seseorang buta dan kehilangan orientasi sementara jika diarahkan ke mata orang tersebut.

Karena penggunaan inilah, maka senter police biasanya akan terbuat dari bahan logam, baterai dan LED high power, memiliki fitur tahan terhadap guncangan dan air, tidak mudah rusak dan ringan.

Macam-macam bentuk senter police
Bermacam bentuk senter taktis

Senter taktis ini juga dapat digunakan untuk keperluan lain seperti berkemah, atau treking pada malam hari terutama karena fitur cahaya yang dihasilkan sangat terang dan casingnya yang kuat serta tahan lama.

Saat ini sudah banyak vendor dan merk yang membuat senter taktis, model serta spesifikasi LED yang digunakan pun bermacam-macam, harganya berkisar belasan sampai ratusan ribu rupiah.

Tips Memilih Senter Taktis

Beberapa tips untuk memilih senter taktis:

Cahaya yang dihasilkan

Cahaya yang dihasilkan dari sebuah senter sangat bergantung pada LED yang digunakan. Ada beberapa jenis LED yang beredar dipasaran seperti high power LED dan Cree LED.

Semakin tinggi lumennya maka semakin terang cahaya yang dihasilkan. Namun perlu diperhatikan juga penggunaan dayanya, semakin besar dayanya maka akan semakin cepat juga baterai yang digunakan habis.

Selain jenis LED-nya perlu diperhatikan juga reflektor dan lensa yang digunakan. LED yang baik tidak akan menghasilkan sorot lampu yang baik jika tidak menggunakan reflektor atau lensa yang berkualitas.

Ukuran

Senter taktis ini ukurannya bervariasi mulai dari yang kecil yang muat di kantong sampai dengan yang besar.

Baterai yang digunakan

Senter taktis memerlukan baterai sebagai sumber listrik, baterai yang digunakan pun bermacam-macam, mulai baterai biasa seperti AA atau AAA sampai dengan baterai jenis lithium yang dapat diisi ulang (contoh: baterai tipe 18650).

baterai untuk senter taktis

Fitur

Saat ini senter taktis dilengkapi dengan beberapa mode pencahayaan. Secara umum terdapat 6 mode pencahayaan, yaitu:

  1. Kedipan sementara
  2. Kedipan terus-menerus
  3. Output cahaya redup sementara
  4. Output cahaya redup terus-menerus
  5. Output cahaya terang sementara
  6. Output cahaya terang terus-menerus

Catatan: senter taktis yang beredar di pasaran mungkin memiliki mode yang berbeda.

Selain fitur mode cahaya tersebut terdapat pula fitur-fitur lainnya yang menunjang untuk kegiatan outdoor tertentu seperti opsi pemilihan warna cahaya, ketahanan terhadap air dan goncangan, terdapat solar cell atau engkol untuk mengisi kembali daya baterai, radio, selobong berwarna untuk untuk mengatur lalu lintas, lampu tambahan, dll.

senter police dengan fitur radio & engkol
Senter taktis yang memiliki fitur radio dan engkol

Seru sekali ya pembahasan mengenai senter Police kali ini!
Jangan lupa mampir ke artikel lainnya yaa supaya makin banyak tahu!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup