Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

PENTINGKAH MENGECEK SOKET KABEL MOTOR SECARA RUTIN?

July 6, 2022
Gambar soket kabel motor
Iklan Sponsor

Topik yang akan kita bahas kali ini akan berhubungan dengan dunia kabel otomotif motor. Nah, yang akan kita bahas detail mengenai soket kabel untuk motor. Yuk kita bahas di artikel ini!

Gambar soket kabel pada motor
Gambar soket kabel pada motor

Soket kabel pada motor adalah media penghubung untuk menghantarkan arus listrik pada motor. Mengapa dibutuhkan soket?

Sebuah kendaraan bermotor pasti memiliki banyak komponen eletronik (accu, ecu, saklar lampu, sensor injeksi dll) sehingga untuk menguhubungkan seluruh alat elektronik tersebut digunakanlah soket sebagai media penghubung untuk menghindari adanya arus pendek atau konslet yang dapat terjadi dikarenakan perbedaan tegangan listrik.

Soket kabel motor rusak
Gambar soket kabel yang rusak pada motor

Apakah soket kabel pada motor penting untuk rutin dicek? Sangat penting. Dikarenakan soket itu terbuat dari bahan plastik dan lempengan kuningan.

Seiring berjalannya waktu, soket kabel tersebut dapat mengalami penurunan kualitas yang diakibatkan oleh aliran listrik terus-menerus yang menghasilkan panas, sehingga kualitas plastik akan menurun seperti pecah / gosong / retak.

Selain itu, plat kuningan juga dapat berkarat dikarenakan udara dan air hujan yang mengenai kendaraan bermotor.  Aliran listrik pun akan terhambat jika terdapat butiran kecil seperti debu bertumpuk di plat kuningnya.

Untuk pemasangan soket kabel dianjurkan untuk dilakukan oleh tenaga ahli misalnya jasa mekanik yang sangat paham mengenai sistem pelistrikan motor.

Namun jika sedang dalam keadaan darurat, akan lebih praktis jika kita dapat melakukannya sendiri.

Memasang Soket Kabel Motor Sendiri

Gambar soket kabel dan kabel motor
Gambar soket kabel dan kabel motor

Berikut ini tips dan tahap-tahap yang dapat dilakukan untuk memasang soket kabel pada motor sendiri :

Lubangi tempat dipasangnya soket kabel motor

Sebelum melubangi tempat yang akan dipasangi soket, cek dahulu apakah di belakangnya ada ruang yang cukup atau tidak agar tidak mentok di belakang.

Pisahkan kabel

Kabel negatif (-) langsung disambung ke jalur negatif aki. Sementara kabel positif (+) langsung disambungkan kesaklar, melalui sekring berdaya 10 ampere.

Beri perekat

Setelah terpasang, rumahan soket listrik diberi perekat untuk mencegahnya kemasukan air.

Pasang Saklar

Terakhir pasang saklar untuk mengatur aliran listrik soket. Karena aliran listrik dari aki pasti naik turun terutama saat dalam kondisi jalan.

Rumahan soket listrik akan secara otomatis membuat tegangan menjadi merata / flat, yaitu pada tegangan 5,1 volt.

Perlu diperhatikan pula oleh para pemotor bahwa jika terjadi kesalahan faktor kelistrikan dapat menyebabkan motor terbakar.

Tak sedikit kasus kebakaran kendaraan yang disebabkan korsleting listrik. Faktor lain adalah menyangkut kualitas kabel yang digunakan.

Jika kabel yang digunakan tak sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan, maka akan berpotensi menimbulkan panas yang berujung pada terbakarnya kabel hingga menyebabkan korsleting.

 Bagaimana cara perawatan dan pengecekan soket?

Gambar soket kabel untuk motor
Gambar soket kabel untuk motor

Tidak hanya kabel otomotif motor saja yang harus di rawat, soket kabel pun butuh perawatan. Alangkah baiknya jika kita rutin mengecek kabel beserta soketnya.

Berikut cara merawat dan mengecek soket kabel pada motor :

Buka bagian tangki

Buka bagian tangki dengan membuka 3 baut pengikat yang umumnya mengunakan baut 10 mm dan 8 mm.

Copot slang bensin

Setelah baut terlepas, jangan lupa copot slang bensin yang menghubungkan tangki dan karburator. Copot juga soket indikator bensin yang bisa dilepas setelah tangki setengah terangkat.

Gunakan cairan electric cleaner (EC)

Gambar cairan electric cleaner
Gambar cairan electric cleaner

Untuk membersihkan soket-soket kelistrikan,jangan gunakan cairan sembarangan. Pakailah cairan electric cleaner (EC) yang biasa dibanderol Rp 30 - 50 ribuan di pasaran.

Kelebihan EC, dibuat denganbahan yang tidak mudah terbakar. Beda dengan karburator cleaner yang menggunakan cairan thinner yang mudah terbakar.

Pasang soket kembali

Setelah semua bersih, pasang kembali soketdan pastikan rapat agar tidak terjadi konslet. 

Pada intinya, soket kabel yang baik dengan mudah dapat dilihat dari  plastik soket yang tidak pecah/ retak/ gosong, dan pada lempengan kuningan tidak gosong dan tidak berkarat.

Soket kabel untuk motor dapat dibeli di toko elektronik. Kisaran harga ada pada range Rp 2.400,- sampai dengan Rp 3.100,-.

Apabila kalian hendak membeli di toko online, memang kebanyakan soket kabel yang dijual adalah tanpa merk. Jadi hati-hati ya untuk memilih soket kabel yang berkualitas.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk membaca artikel bermanfaat lainnya di S-gala.com! Download juga aplikasi S-gala.com di playstore handphone kalian untuk mendapatkan promo dan peluang bisnis menarik dengan potensi untung jutaan rupiah per bulan! Atau segera hubungi CS kami untuk penjelasan lebih lanjut.

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup