Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Sulitnya Mencari Kerja di Negara Sendiri

November 23, 2022
Sulitnya Mencari Kerja di Negara Sendiri
Iklan Sponsor

Mendapatkan pekerjaan ternyata tidak mudah walaupun di negeri sendiri.

Banyak lulusan SMA dan S1 masih belum mendapatkan kerja, apalagi hanya lulusan SD dan lulusan SMP, hal ini dikarenakan sedikitnya lowongan pekerjaan tetapi banyaknya pencari kerja.

Sulitnya mendapat sebuah pekerjaan juga akibat adanya kesenjangan antara kompetensi atau keterampilan yang dibutuhkan perusahaan dengan keterampilan pencari kerja itu sendiri.

Sehingga tidak sedikit perusahaan yang kesulitan merekrut talenta atau mencari tenaga kerja yang sesuai kriteria atau kebutuhan mereka.

==AS1==

Penyebab Sulitnya Mencari Kerja di Negara Sendiri

Ada beberapa hal yang menyebabkan tambah sulitnya untuk mendapatkan pekerjaan yang baik di negara Indonesia ini:

1. Jumlah tenaga kerja lebih banyak dibandingkan dengan posisi yang tersedia.

Banyaknya pencari kerja
Sulitnya mencari kerja di negara sendiri

Jika suatu perusahaan memasang lowongan pekerjaan di media, jumlah orang yang melamar untuk posisi tersebut bisa sangat banyak sekali.

Hal ini menyebabkan persaingan kerja jadi sangat tinggi, atau potensi lamaran yang ‘terselip’ juga jadi semakin tinggi.

2. Adanya sistem kerja kontrak.

Saat ini sangat sulit untuk mendapatkan status karyawan tetap karena banyak perusahaan yang lebih memilih sistem karyawan kontrak, terutama perusahaan retail.

Sesuai aturan pemerintah sistem karyawan kontrak hanya bisa diperpanjang selama 3 periode, setelah itu pilihannya pemutusan hubungan kerja atau karyawan yang punya kinerja baik bisa menjadi karyawan tetap.

Pada kenyataannya sangat sulit untuk mendapatkan status karyawan tetap.

==AS2==

3. Masih banyaknya persaingan tidak sehat untuk mendapatkan pekerjaan.

Banyak perusahaan yang masih mengutamakan orang yang punya relasi atau hubungan dengan orang yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

Apalagi ada saudara yang punya posisi di level manager, sangat memudahkan kerabatnya untuk mendapatkan pekerjaan dan juga fasilitas di perusahaan tersebut.

4. Pilih – pilih pekerjaan

Tidak sedikit lho, pencari kerja yang punya banyak syarat.

Misalnya mau pekerjaan dekat rumah, gajinya besar, dapet fasilitas ini itu, job desc enak, cuti gampang, dapet bos baik, sering dinas ke LN, dsb.

Terlalu tinggi harapan kita akan sebuah pekerjaan ternyata mempersulit kita untuk mendapat pekerjaan di masa sekarang ini.

Masalahnya rata-rata harapan pencari kerja di Indonesia adalah seperti contoh di atas.

Sehingga tidak jarang ada yang minta resign setelah pekerjaan yang di dapat tidak sesuai harapan.

Tips Untuk Kalian Para Pencari Kerja

Beberapa tips yang mungkin dapat kita lakukan ketika mencari pekerjaan :

Motivasi pencari kerja

a. Perbanyak skill / Kemampuan

Hal yang terpenting adalah kita punya skill/kemampuan yang levelnya sesuai kebutuhan industri.

b. Perkaya pemikiran

Pola pikir itu penting banget, fondasi dari semua yang kita lakukan. Kita emang nggak bisa mengukur seberapa dalam dan luas pola pikir yang kita miliki.

Tapi percayalah orang lain bisa. Jangan pernah berhenti belajar mengenai segala hal.

c. Berpikiran terbuka

Toleran terhadap perubahan, dan juga bersiap untuk itu.

Zaman dengan era digital ini mewajibkan kita untuk terus dinamis dalam mengikuti setiap perkembangan.

Ketika kita dapat mengikutinya maka dapat menjadi nilai plus untuk perusahaan merekrut kita.

d. Perindah CV Kalian

Ikut e-course, sertifikasi, kompetisi, dst. Coba-coba sesuatu yang baru, misalnya cara bikin akun buzzer, jadi admin medsos pribadi, buka blog, dst. Banyak hal yang bisa kita coba di era digital ini.

==AS3==

Bekerja di Dalam Negeri VS Luar Negeri

Memang kalau dilihat sekilas, bekerja di Indonesia dan di luar negeri memiliki standar yang berbeda jauh.

Rata-rata pekerjaan di luar negeri menawarkan gaji yang jauh lebih tinggi daripada di Indonesia (tapi ini juga tergantung jabatan serta jenis pekerjaan yang kamu jalani ya!).

Selain itu fasilitas serta kesejahteraan karyawan yang ditawarkan kalau kerja di luar negeri rasanya jauh lebih baik daripada perusahaan-perusahaan di dalam negeri.

TAPI…

Jangan salah, karena untuk masuk ke pasar persaingan kerja luar negeri itu TIDAK MUDAH!

Anda tidak hanya perlu skill, tapi juga latar belakang Pendidikan yang baik.

Selain itu kalian juga harus pandai mencari peluang serta koneksi.

Peluang Bisnis di Dalam Negeri

Peluang Usaha Cuan Besar

Kalau kalian merasa begitu sulitnya mencari kerja di negara sendiri, ayo coba geser pola pikirnya!

Kenapa kalian tidak membuka bisnis kalian sendiri?

Selama ada NIAT dan TEKAD, kalian bisa kok membuka usaha sendiri! Bahkan kalian-lah yang bisa menjadi pembuka lapangan kerja bagi orang lain.

Bingung gimana cara memulai bisnis-nya?

==AS4==

Yuk, gabung di keluarga besar S-gala.com! Kami adalah perusahaan penyedia berbagai lampu dan alat listrik berkualitas tinggi namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Bisa banget untuk kalian jualan lagi.

Gak ada modal atau modal tipis? Jangan kuatir, karena di sini SEMUA BISA BEKERJA, bahkan TANPA MODAL lho!

Tunggu apa lagi?

Dapatkan penawaran dan penjelasan lengkapnya melalui kontak WA CS kami di tautan berikut >> CHAT WA

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup