Home

 >>  

Blog

 >>  

Lakban

 >>  

Thermal Tape

 >>  

Thermal Tape, Pengunci Heatsink yang Tahan Panas

Thermal Tape

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

May 14, 2020

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Thermal Tape, Pengunci Heatsink yang Tahan Panas

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp

Definisi & Fungsi

Thermal tape adalah salah satu tipe dari lakban berperekat yang digunakan di antara komponen elektronik dan heatsink (bahan yang sangat baik untuk melepas panas / pendingin). Thermal tape seringkali digunakan ketika tidak ada pengunci atau pemegang heatsink pada PCB (Printed Circuit Board).

Thermal tape bertindak sebagai perantara untuk menahan heatsink pada komponen sekaligus mengisi sela-sela yang sangat kecil antara dua permukaan. Tujuannya agar panas dapat ditransfer keluar dari komponen dengan lebih baik.

thermal tape untuk heatsink
Gambar 1. Thermal tape sering digunakan pada heatsink

Dalam penggunaannya di komputer, ada masa dimana CPU (Central Processing Unit) tidak menggunakan heatsink. Tetapi seiring perkembangannya, saat ini CPU semakin powerful dan mengeluarkan panas lebih banyak lagi. Tentunya panas ini sangat buruk untuk menjaga performance dari CPU.

Ketika pertama kali muncul, heatsink ini merupakan pilihan aftermarket. Maksudnya, motherboard yang tersedia tidak memiliki mekanisme penahan atau pengunci untuk menahan heatsink ini.

Karena itu, thermal tape menjadi salah satu solusi yang paling baik karena menyelesaikan dua permasalahan, yaitu menahan heatsink tetap di tempatnya dan mengisi sela-sela mikroskopik di antara permukaan heatsink dan CPU sehingga dapat mengalirkan panas dengan baik dan menjaga performance CPU.

Bahan Pembentuk Thermal Tape

Thermal tape ini tentunya harus dilengkapi dengan bahan perekat yang dapatmenghantarkan panas dengan baik. Bahan perekat ini biasanya merupakan dua bagian resin epoksi (untuk produk berupa pasta) atau cyanoacrylate (untukproduk tape).

lakban heatproof
Gambar 2. Thermal tape

Material konduktor panas dari thermal tape dapat bermacam-macam seperti logam, logam oksida, silika atau microceramic. Namun untuk bahan logam, penggunaannya harus hati-hati karena dapat menimbulkan arus pendek pada motherboard jika terkena.

Sekarang, jika kalian membeli heatsink untuk CPU biasanya sudah built-in dengan thermal tape yang sudah menempel. Sehingga kalian tinggal memasangnya saja di atas CPU.

Namun untuk beberapa produk yang biasanya dijual melalui distributor komponen elektronik, thermal tape ini dijual terpisah dan diperuntukkan penggunaannya untuk profesional.

Penggunaan thermal tape juga tak hanya untuk CPU komputer saja tapi juga untuk komponen elektronik lainnya yang diharuskan memiliki manajemen panas yang baik.

Anda bisa melihat spesifikasi produk thermal tape di katalog kami, atau bisa menanyakannya melalui customer service kami.

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis Reseller
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
Rajin Review FREE HP Samsung A10s
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa